HR. Bukhari: 1883 – Tentang Waktu Lailatul Qadar

Rasulullah ﷺ hendak memberitahu kita kapan Lailatul qadar, namun..

Hadits Sahih Riwayat al-Bukhari: 1883

عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ قَالَ: خَرَجَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِيُخْبِرَنَا بِلَيْلَةِ الْقَدْرِ، فَتَلاَحَى رَجُلاَنِ مِنْ الْمُسْلِمِينَ، فَقَالَ:

خَرَجْتُ لأُخْبِرَكُمْ بِلَيْلَةِ الْقَدْرِ فَتَلاَحَى فُلاَنٌ وَفُلاَنٌ فَرُفِعَتْ، وَعَسَى أَنْ يَكُونَ خَيْرًا لَكُمْ، فَالْتَمِسُوهَا فِي التَّاسِعَةِ وَالسَّابِعَةِ وَالْخَامِسَةِ.

 

Dari Ubadah ibn Al-Shamit, dia berkata: Nabi ﷺ keluar untuk memberitahukan kami tentang Lailatul Qadar. Tiba-tiba ada dua orang dari Kaum Muslimin yang beradu mulut. Maka beliau bersabda:

Aku datang untuk memberitahukan kalian tentang (waktu terjadinya) Lailatul Qadar namun fulan dan fulan beradu mulut sehingga (kepastian waktunya) diangkat (menjadi tidak diketahui).
Namun semoga saja ini lebih baik untuk kalian, maka carilah ia (Lailatul Qadar) pada malam yang kesembilan, ketujuh dan kelima (pada sepuluh malam terakhir dari Ramadhan).

 

Pesan hadits yang disampaikan:

Riwayat lain menceritakan bahwa malaikat hendak memberitahu Rasulullah ﷺ kapan Lailatul qadar, namun ada dua sahabat yang bertengkar, hingga malaikat itu pergi dan waktu Lailatul qadar tidak diketahui.

Namun Rasulullah ﷺ berdoa agar itu menjadi yang terbaik untuk kita, dan memberitahu kita bahwa lailatul qadar ada di malam ke 9, 7 dan 5 terakhir Ramadhan.

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. Al Muddatstsir (Orang yang berkemul) – surah 74 ayat 8 [QS. 74:8]

8-10. Kesulitan dalam dakwah tidaklah seberapa, akan ada saat yang lebih sulit lagi, maka apabila sangkakala ditiup yaitu hari Kiamat telah tiba, maka itulah hari yang serba sulit, bagi siapa saja. Te … 74:8, 74 8, 74-8, Surah Al Muddatstsir 8, Tafsir surat AlMuddatstsir 8, Quran Al-Mudatsir 8, Al-Muddatstsir 8, Al Mudasir 8, Al-Muddassir 8, Surah Al Mudasir ayat 8

QS. Al An ‘aam (Hewan Ternak) – surah 6 ayat 48 [QS. 6:48]

Kalau pada akhirnya orang-orang yang zalim itu mendapat siksa dari Allah, seperti dijelaskan pada ayat sebelumnya, hal ini bukan karena Allah berbuat sewenang-wenang, karena telah sampai kepada mereka … 6:48, 6 48, 6-48, Surah Al An ‘aam 48, Tafsir surat AlAnaam 48, Quran Al Anaam 48, Al Anam 48, AlAnam 48, Al An’am 48, Surah Al Anam ayat 48

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #26

Surah yang terpanjang dalam Alquran adalah … Yasin An-Nisa’ Al-Baqarah Al-Maidah Ali Imran Benar! Kurang tepat! Penjelasan:Surah Al-Baqarah adalah surah

Pendidikan Agama Islam #4

Kejujuran adalah karakteristik dari seorang Muslim, sementara berbohong atau ketidakjujuran adalah fitur dari orang … muttaqin muhsin beragama mukmin munafik

Pendidikan Agama Islam #1

Dalam Asmaul Husna, Allah memiliki sifat Al Matiin yang tercantum dalam Alquran surah … Al Hadid ayat 3 Al A’raf

Instagram