HR. Bukhari: 6660 – Tentang Tidak Menggulirkan Pemimpin

Salah satu isi bai’at sahabat Rasulullah ﷺ, untuk tidak menggulirkan pemimpin!

Hadits Sahih Riwayat al-Bukhari: 6660

عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ قَالَ:

بَايَعْنَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى السَّمْعِ وَالطَّاعَةِ فِي الْمَنْشَطِ وَالْمَكْرَهِ، وَأَنْ لاَ نُنَازِعَ الأَمْرَ أَهْلَهُ، وَأَنْ نَقُومَ أَوْ نَقُولَ بِالْحَقِّ حَيْثُمَا كُنَّا لاَ نَخَافُ فِي اللَّهِ لَوْمَةَ لاَئِمٍ.

 

Dari Ubadah ibn Al-Shamit, ia berkata:

Kami berbai’at kepada Rasulullah ﷺ untuk mendengar dan taat, baik ketika giat maupun tidak suka, dan untuk tidak menggulingkan kekuasaan dari orang yang berwenang terhadapnya, dan mendirikan atau mengucapkan kebenaran dimana saja kami berada, tidak khawatir terhadap celaan orang yang mencela.

 

Pesan hadits yang disampaikan:

Ketika mendapatkan pemimpin yang tidak adil dan zalim, hal pertama yang harus dilakukan oleh rakyat adalah berkaca. Karena sebagaimana salah satu riwayat hadis dikatakan, Sebagaimana kalian, maka kalian akan dipimpin seperti itu pula.

Seorang pemimpin adalah cerminan dari rakyatnya, karena itu jika mendapat pemimpin yang zalim, hendaknya rakyat memperbaiki diri terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengambil jalan kekerasan dan menggulirkan pemimpin yang saat itu memimpin mereka.

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. Al Anfaal (Harta rampasan perang) – surah 8 ayat 75 [QS. 8:75]

Dan orang-orang yang beriman setelah kaum muslim awal yang berhijrah itu, yang kemudian akhirnya mereka berhijrah sesudah melewati waktu yang cukup lama dan berjihad bersamamu, maka mereka termasuk go … 8:75, 8 75, 8-75, Surah Al Anfaal 75, Tafsir surat AlAnfaal 75, Quran Al Anfal 75, AlAnfal 75, Al-Anfal 75, Surah Al Anfal ayat 75

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #10

Sejak wahyu di Surah Al Muddasir : 1-7, Rasullullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mulai berkhotbah. Awalnya nabi melakukan dakwah kepada

Pendidikan Agama Islam #15

Mujahadah berasal dari bahasa Arab, yang berasal dari kata jahada, yang berarti … perlawanan kembali suci bersungguh-sungguh berkorban berbahagia Benar!

Pendidikan Agama Islam #30

بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةًArti dari hadist diatas adalah … Carilah ilmu walau satu ayat Sampaikanlah kepadaku walau satu ayat. Sampaikanlah

Instagram