HR. Bukhari: 573 – Tentang Setan Mengganggu Seseorang Yang Shalat

Saat azan dikumandangkan, setan pergi sambil melakukan hal ini?!

Hadits Sahih Riwayat al-Bukhari: 573

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:

إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاَةِ أَدْبَرَ الشَّيْطَانُ وَلَهُ ضُرَاطٌ حَتَّى لاَ يَسْمَعَ التَّأْذِينَ. فَإِذَا قَضَى النِّدَاءَ أَقْبَلَ، حَتَّى إِذَا ثُوِّبَ بِالصَّلاَةِ أَدْبَرَ، حَتَّى إِذَا قَضَى التَّثْوِيبَ أَقْبَلَ، حَتَّى يَخْطِرَ بَيْنَ الْمَرْءِ وَنَفْسِهِ يَقُولُ: اذْكُرْ كَذَا اذْكُرْ كَذَا لِمَا لَمْ يَكُنْ يَذْكُرُ، حَتَّى يَظَلَّ الرَّجُلُ لاَ يَدْرِي كَمْ صَلَّى.

 

Dari Abu Hurairah: Bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

Jika panggilan shalat (azan) dikumandangkan, maka setan akan menjauh sambil buang angin supaya ia tidak mendengar suara azan.
Apabila panggilan azan telah selesai maka setan akan kembali, dan bila iqamat dikumandangkan setan kembali menjauh, jika iqamat telah selesai dikumandangkan dia kembali lagi, lalu dia menyelinap masuk ke dalam hati seseorang seraya berkata:
Ingatlah ini dan itu yang orang itu tidak ingat sebelumnya.
(Dia terus saja menggoda orang tersebut) hingga seseorang tidak mengetahui berapa rakaat yang sudah dia laksanakan dalam shalatnya.

 

Pesan hadits yang disampaikan:

Setan senantiasa mengganggu seorang manusia yang sedang shalat, karena itu mintalah perlindungan kepada Allah dari godaan setan sebelum anda shalat, dan berusahalah agar mempertahankan kekhusyuan dalam shalat.







Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya





Video

Panggil Video Lainnya
Iklan


Ikuti RisalahMuslim
               




Masukan & saran kirim ke email:
[email protected]

Made with in Yogyakarta