H.R. Bukhari: 6757 – Tentang Rasulullah Adalah Orang Yang Paling Mengenal Allah Dan Paling Takut Kepada-Nya

Siapakah orang yang paling takut kepada Allah?

Hadits Sahih Riwayat al-Bukhari: 6757

عَنْ عَائِشَة رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا: صَنَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَيْئًا تَرَخَّصَ فِيهِ وَتَنَزَّهَ عَنْهُ قَوْمٌ، فَبَلَغَ ذَلِكَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَحَمِدَ اللَّهَ وَأَثْنَى عَلَيْهِ ثُمَّ قَالَ:

مَا بَالُ أَقْوَامٍ يَتَنَزَّهُونَ عَنْ الشَّيْءِ أَصْنَعُهُ، فَوَاللَّهِ إِنِّي أَعْلَمُهُمْ بِاللَّهِ وَأَشَدُّهُمْ لَهُ خَشْيَةً.

 

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha: Nabi ﷺ melakukan sesuatu yang merupakan rukhshah, namun sebagian kaum menjauh dari hal itu (enggan melakukannya). Berita itu kemudian sampai kepada Nabi ﷺ, maka beliau memuji Allah dan memuji-Nya, lantas bersabda:

Apa alasan kaum itu menjauhi sesuatu yang aku lakukan, demi Allah, aku adalah manusia yang paling mengenal Allah dan paling takut kepada-Nya.

 

Pesan hadits yang disampaikan:

1. Rasulullah ﷺ adalah orang yang paling mulia dan diampuni dosanya, namun demikian beliau adalah orang yang paling takut kepada Allah. Hendaklah kita sebagai umat Rasulullah ﷺ mencontoh baginda dalam hal tersebut.

2. Larangan berlebihan dalam agama, karena Allah memberikan rukhsah atau keringanan dalam syariat Islam demi kebaikan dan maslahat manusia.





Pembahasan ▪ hr muslim 6757

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya





Video

Panggil Video Lainnya
Iklan


Ikuti RisalahMuslim
               



Copied!

Email: [email protected]
Made with in Yogyakarta


Ikuti RisalahMuslim