Kata Pilihan Dalam Surah Yaa Siin (36) Ayat 36
Lafaz ini adalah bentuk jamak dari az zawj.
Ibnu Faris berkata,
"Kata ini pada mulanya untuk membandingkan sesuatu dengan sesuatu yang lain, antaranya adalah suami dan isteri.
la juga mengandung makna setiap satu ada bersamanya yang lain dari jenisnya, bentuk yang memiliki lawan baginya seperti, basah dan kering, lelaki dan perempuan, malam dan siang, pahit dan manis, isteri, sahabat.
Ar Razi berkata,
"Ia bermakna lawan dari seorang dan setiap dari keduanya dinamakan az zawj juga.
Oleh karena itu, dikatakan bagi dua adalah zawjan dan kedua-duanya adalah zawj
Al Qur’an tidak menyebut "ta marbutoh" untuk lafaz az zawjah (isteri).
Ar Raghib berkata,
"Tidak ada dalam Al Qur’an perkataan yang menyebut " wazawwajtuhaa huuzan sebagaimana yang dikatakan zawwajtuhu mra atan Hal ini adalah perkara yang perlu diperhatikan.
Hal ini tidak berlaku seperti biasanya antara kita dengan jalan pernikahan."
Kata azwaaj disebut 52 kali di dalam Al Qur’an yaitu pada surah:
• Al Baqarah (2), ayat 25, 234, 240, 232, 240;
• Ali Imran (3), ayat 15;
• An Nisaa (4), ayat 12, 57;
• Al An’aam (6), ayat 139, 143;
• At Taubah (9), ayat 24;
• Ar Ra’d (13), ayat 23, 38;.
• Al Hijr (15), ayat 88;
• An Nahl (16), ayat 72, 72;
• Tha Ha (20), ayat 53, 131;
• Al Mu’minuun (23), ayat 6;
• An Nuur (24), ayat 6;
• Al Furqaan (25), ayat 74;
• Asy Syu’araa (26), ayat 166;
• Ar Rum (30), ayat 21;
• Al Ahzab (33), ayat 6, 14, 28, 37, 50, 50, 52, 53, 59;
• Faathir (35), ayat 11;
• Yaa Siin (36), ayat 36, 56;
• Ash Shaffaat (37), ayat 22;
• Shad (38), ayat 58;
• Az Zumar (39), ayat 6;
• Al Mu’min (40), ayat 8;
• Asy Syuura (42), ayat 11, 11;
• Az Zuhkruf (43), ayat 12, 70;
• Al Waaqi’ah (56), ayat 7;
• Al Mumtahanah (60), ayat 11, 11;
• At Taghaabun (64), ayat 14;
• At Tahrim (66), ayat 1, 3, 5;
• Al Ma’aarij (70), ayat 30;
• An Naba’ (78), ayat 8.
Lafaz azwaaj di dalam Al Qur’an mencakup makna yang berbeda-beda, bersesuaian dengan kaitan dan hubungan perkara yang dibincangkan, antaranya adalah:
Pertama, ia bermakna bidadari-bidadari seperti dalam surah Al Baqarah, ayat 15.
Dalam tafsir Safwah At Tafasir, lafaz azwaaj bermakna wanita-wanita dari bidadari-bidadari yang suci dari kotoran dan najis yang hissi (nampak) dan manawi (dari segi kejiwaan), haid, nifas dan sebagainya.
Kedua, ia bermakna jenis atau macam sebagaimana makna dari surah Tha Ha, ayat 53; Al An’aam, ayat 143 dan Az Zumar, ayat 6.
Al Fayruz Abadi berkata,
"Makna azwaaj dalam surah Tha Ha ialah bermacam-macam tumbuhan yang sama, berbagai warna, di mana setiap warna terdapat yang sama.
Begitu juga dengan tafsirannya dalam surah Al An’aam, yang bermakna delapan jenis hewan.
Ketiga, ia bermakna sahabat atau teman seperti penafsirannya dalam surah As Saffat, ayat 22 dan Tha Ha, ayat 131.
Pada surah Ash Shaffaat, Ibnu Katsir berkata,
"Ia bermakna sahabat-sahabat mereka sebagaimana yang diriwayatkan oleh Sufyan Ats Tsawri dari Samma’, dari Nu’man, dari Umar bin Khattab.
An Nu’man bin Basyir berkata,
"Makna azwaaj di sini ialah yang serupa dan sama seperti mereka."
Syarik meriwayatkan dari Samma’ dari Nu’man, beliau berkata,
"Aku mendengar Umar bin Khattab berkata,
makna azwaaj ialah asybahahum (yang serupa dengan mereka), yaitu datang orang yang berbuat zina bersama orang yang berbuat zina, dan orang yang melakukan riba bersama dengan orang yang melakukan riba, dan orang yang meminum arak dengan orang yang meminum arak pula."
Begitu juga dengan makna azwaaj dalam surah Tha Ha.
Allah mengabarkan kepada rasul Nya supaya jangan melihat orang yang berada dalam kemewahan dan yang sama dengan mereka yang diberikan kepada mereka kemewahan.
Sumber : Kamus Al Qur’an, PTS Islamika SDN BHD, Hal:94-95