QS. Fushshilat (Yang dijelaskan) – surah 41 ayat 5 [QS. 41:5]

وَ قَالُوۡا قُلُوۡبُنَا فِیۡۤ اَکِنَّۃٍ مِّمَّا تَدۡعُوۡنَاۤ اِلَیۡہِ وَ فِیۡۤ اٰذَانِنَا وَقۡرٌ وَّ مِنۡۢ بَیۡنِنَا وَ بَیۡنِکَ حِجَابٌ فَاعۡمَلۡ اِنَّنَا عٰمِلُوۡنَ ؓ
Waqaaluuu quluubunaa fii akinnatin mimmaa tad’uunaa ilaihi wafii aadzaaninaa waqrun wamin baininaa wabainika hijaabun faa’mal innanaa ‘aamiluun(a);

Mereka berkata:
“Hati kami berada dalam tutupan (yang menutupi) apa yang kamu seru kami kepadanya dan telinga kami ada sumbatan dan antara kami dan kamu ada dinding, maka bekerjalah kamu, sesungguhnya kami bekerja (pula)”.
―QS. 41:5
Topik ▪ Tugas-tugas malaikat
41:5, 41 5, 41-5, Fushshilat 5, Fushshilat 5, Fushilat 5, Fusilat 5, Fussilat 5

Tafsir surah Fushshilat (41) ayat 5

Tafsir Kementrian Agama RI

Tafsir QS. Fushshilat (41) : 5. Oleh Kementrian Agama RI

Pada ayat ini disebutkan sebab orang-orang musyrik yang mengingkari dan mendustakan ayat-ayat Alquran.
yaitu:

1.
Mereka menyatakan bahwa hati mereka telah tertutup, tidak dapat dimasuki oleh seruan kepada iman, seruan melaksanakan petunjuk-petunjuk Alquran dan seruan lain yang disampaikan Muhammad ﷺ.

2.
Mereka menyatakan bahwa telinga-telinga mereka telah tersumbat sehingga tidak dapat mendengar seruan Muhammad dan ayat-ayat Alquran yang dibacakan kepadanya.

3.
Mereka mengatakan bahwa antara mereka dan kaum Muslimin ada dinding pemisah yang menghalangi mereka menerima seruan itu.

Sebagian ahli tafsir berpendapat bahwa yang diterangkan ayat ini merupakan gambaran keadaan orang-orang musyrik yang jiwa dan hati mereka tidak dapat lagi memahami seruan Rasulullah ﷺ dan mengikuti petunjuk Alquran.
Hati mereka diserupakan dengan suatu benda yang terletak dalam suatu tempat yang tertutup, telinga mereka diserupakan dengan telinga orang pekak yang tidak dapat mendengar sesuatu pun, dan keadaan mereka diserupakan dengan orang yang berdiri di samping dinding tebal dan tinggi, sehingga mereka tidak mengetahui apa yang terjadi di balik dinding tembok itu.

Karena orang-orang musyrik telah demikian halnya, tidak berfaedah sedikitpun seruan itu kepada mereka, mereka disuruh melakukan segala yang mereka ingini, termasuk usaha tipu daya, menyiksa dan menyakiti orang-orang yang beriman, menjauhkan manusia dari Muhammad dan menghancurkan Islam dan kaum Muslimin, dan Allah pun akan menjaga kaum Muslimin dari tindakan mereka itu.

Tafsir al-Misbah
Oleh Muhammad Quraish Shihab:

Orang-orang kafir mengatakan kepada Rasulullah ﷺ., “Hati kami terhalangi oleh penutup yang sangat tebal untuk menerima pengesaan Allah yang kamu serukan, telinga kami pun tuli sehingga kami tidak dapat mendengarkan hal-hal yang kamu serukan kepada kami.
Dan di antara kami dan kamu terdapat tabir tebal yang menghalangi kami untuk menerima apa-apa yang kamu bawa.
Oleh karena itu, berbuatlah sekehendak hatimu dan kami juga akan berbuat sekehendak hati kami.”

Tafsir al-Jalalain
Oleh Jalaluddin al-Mahalli & Jalaluddin as-Suyuthi:

(Mereka berkata) kepada Nabi ﷺ, (“Hati kami berada dalam tutupan) tertutup dari (apa yang kamu seru kami kepadanya dan di telinga kami ada sumbatan) yakni penutup (dan di antara kami dan kamu ada dinding) pemisah dalam masalah agama (maka bekerjalah kamu) sesuai dengan tuntunan agamamu (sesungguhnya kami bekerja pula”) sesuai dengan tuntunan agama kami.

Tafsir Ibnu Katsir
Oleh Ismail bin Umar Al-Quraisyi bin Katsir Al-Bashri Ad-Dimasyqi:

Firman Allah subhanahu wa ta’ala:

Mereka berkata, “Hati kami berada dalam tutupan.” (Q.S. Fushshilat [41]: 5)

Yaitu dalam keadaan terlapisi oleh penutup.

(yang menutupi) apa yang kamu seru kami kepadanya dan di telinga kami ada sumbatan.
(Q.S. Fushshilat [41]: 5)

Maksudnya tuli, tidak dapat mendengarkan apa yang engkau sampaikan kepada kami.

dan di antara kami dan kamu ada dinding.
(Q.S. Fushshilat [41]: 5)

yang menghalang-halangi apa yang kamu katakan kepada kami, maka tiada sesuatu pun darinya yang sampai kepada kami.

maka bekerjalah kamu; sesungguhnya kami bekerja (pula).
(Q.S. Fushshilat [41]: 5)

Yakni bekerjalah kamu menurut caramu, kami pun akan bekerja menurut cara kami, kami tidak akan mengikutimu.

Imamul Alim Abdu ibnu Humaid di dalam kitab musnadnya mengatakan:

telah menceritakan kepadaku Ibnu Abu Syaibah, telah menceritakan kepada kami Ali ibnu Misar, dari Al-Ajlah, dari Az-Zayyal ibnu Harmalah Al-Asadi, dari Jabir ibnu Abdullah r.a.
yang telah menceritakan bahwa pada suatu hari orang-orang Quraisy berkumpul, lalu mereka mengatakan, “Carilah oarng yang paling pandai di antara kalian mengenai ilmu sihir, tenung, dan syair, lalu suruh dia mendatangi lelaki ini (maksudnya Nabi ﷺ) yang telah memecah belah persatuan kita dan mengacaukan urusan kita serta mencela agama kita.
Hendaklah ia berbicara dengannya dan kita akan melihat apa yang akan dikatakan lelaki itu.” Sebagian dari mereka menjawab, “Kami tidak mengetahui seseorang yang menguasai hal itu selain dari Atabah ibnu Rabi’ah.” Lalu mereka berkata, “Engkaulah yang maju, hai Abul Walid (nama panggilan Atabah).” Lalu Atabah mendatangi Nabi ﷺ dan berkata kepadanya, “Hai Muhammad, engkaukah yang lebih baik ataukah Abdullah (maksudnya ayah beliau)?”
Nabi ﷺ diam, lalu Atabah bertanya lagi, “Engkaukah yang lebih baik ataukah Abdul Muttalib?”
Rasulullah ﷺ diam, dan Atabah berkata, “Jika engkau mengira bahwa mereka lebih baik daripada kamu, maka sesungguhnya mereka telah menyembah sembah-sembahan yang kamu cela.
Dan jika engkau mengira bahwa dirimu lebih baik daripada mereka, maka berbicaralah agar kami dapat mendengar pendapatmu.
Sesungguhnya kami, demi Tuhan, belum pernah melihat seekor anak kambing pun yang dianggap lebih membawa kesialan oleh kaummu selain dari kamu sendiri.
Engkau telah memecah belah persatuan kami dan mengacaukan urusan kami; engkau cela agama kami dan engkau permalukan kami di mata semua orang Arab, hingga telah tersiar di kalangan mereka bahwa di kalangan Quraisy terdapat seorang ahli sihir, dan di kalangan orang Quraisy terdapat seorang ahli tenung (tukang meramal).
Demi Allah, tiada yang kami tunggu selain pecahnya bisul yang berakibat sebagian dari kami menyerang sebagian yang lainnya hingga saling membunuh.
Hai laki-laki, jika engkau memang mempunyai suatu keperluan, kami sanggup menghimpun dana untukmu hingga kamu nanti menjadi orang Quraisy yang paling kaya tanpa saingan.
Dan jika sesungguhnya kamu mempunyai keinginan untuk kawin, maka pilihlah wanita Quraisy yang manakah yang kamu sukai, maka kami akan mengawinkanmu dengan sepuluh orang wanita dari mereka.” Maka Rasulullah ﷺ balik bertanya, “Sudah selesaikah kamu?”
Atabah menjawab, “Ya.” Lalu Rasulullah ﷺ membaca firman-Nya: Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
Ha Mim.
Diturunkan dari Tuhan Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
(Q.S. Fushshilat [41]: 1-2) sampai dengan firman-Nya: Jika mereka berpaling, maka katakanlah, “Aku telah memperingatkan kamu dengan petir, seperti petir yang menimpa kaum ‘Ad dan kaum Tsamud.”(Q.S. Fushshilat [41]: 13) Maka Atabah berkata, “Cukup, cukup, apakah engkau tidak mempunyai yang lain?”
Rasulullah ﷺ menjawab, “Tidak.” Kemudian Atabah kembali kepada orang-orang Quraisy, lalu mereka bertanya, “Bagaimanakah hasilmu?”
Atabah menjawab, “Tiada suatu hal pun yang ingin kalian bicarakan dengannya melainkan telah kukemukakan kepadanya.” Mereka bertanya, “Apakah dia menjawabmu?”
Atabah menjawab, “Ya, tidak, demi yang telah membuat sembah-sembahan ini dengan keyakinan, aku tidak dapat memahami sesuatu pun dari apa yang diucapkannya, hanya dia memperingatkan kepada kalian akan adanya petir seperti petir yang telah menimpa kaum ‘ Ad dan kaum Tsamud.” Mereka berkata, “Celakalah kamu ini, bukankah lelaki itu berbicara denganmu memakai bahasa Arab, lalu kami tidak memahami apa yang dikatakannya?”
Atabah menjawab, “Tidak, demi Allah, aku tidak memahami sesuatu pun dari apa yang telah diucapkannya selain penyebutan adanya sa’iqah (petir) itu.”

Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Al-Hafiz Abu Ya’la Al-Mausuli di dalam kitab musnadnya melalui Abu Bakar ibnu Abu Syaibah berikut sanadnya yang semisal dengan sanad hadis di atas.

Imam Al-Bagawi telah mengetengahkan hadis ini di dalam kitab tafsirnya berikut sanadnya melalui Muhammad ibnu Fudail.
dari Al-Ajlah alias Ibnu Abdullah Al-Kindi Al-Kufi yang berpredikat sedikit daif, dari Az-Zayyal ibnu Harmalah, dari Jabir ibnu Abdullah r.a.
Lalu disebutkan hadis yang semisal sampai dengan firman-Nya: Jika mereka berpaling, maka katakanlah, “Aku telah memperingatkan kamu dengan petir, seperti petir yang menimpa kaum ‘Addan kaum Tsamud.” (Q.S. Fushshilat [41]: 13) Kemudian Atabah menutupkan tangannya ke mulut Rasulullah ﷺ seraya memohon kepadanya demi pertalian rahim (persaudaraan) yang ada di antara keduanya.
Lalu Atabah kembali ke rumah keluarganya dan tidak pergi ke tempat orang-orang Quraisy serta mengurung dirinya.
Maka Abu Jahal berkata, “Hai golongan orang-orang Quraisy, demi Allah, kita tidak memandang Atabah melainkan dia telah masuk agama baru bergabung dengan Muhammad, rupanya makanan Muhammad telah memikatnya.
Dan itu tiada lain karena dia sedang dilanda kesengsaraan.
Maka marilah kita pergi menemuinya.” Abu Jahal membuka pembicaraan, “Hai Atabah, mengapa engkau tidak melapor kepada kami hingga kami tidak mempunyai pandangan lain kecuali engkau telah bergabung dengan Muhammad memeluk agama baru dan kamu terpikat oleh makanannya.
Maka jika engkau memang sedang dilanda kesengsaraan, kami akan mengumpulkan dana untukmu dari harta kami sehingga engkau tidak perlu lagi kepada makanan (jamuan) Muhammad.” Mendengar ucapan itu Atabah marah besar dan bersumpah bahwa dia tidak mau bicara lagi dengan Muhammad untuk selamanya, lalu ia mengatakan, “Demi Allah, kalian telah mengetahui bahwa diriku ini termasuk orang Quraisy yang paling banyak memiliki harta.
Pada mulanya aku datang kepadanya dan kukatakan kepadanya semua yang ingin kalian bicarakan kepadanya.
Maka dia menjawabku dengan sesuatu yang demi Allah, ia bukanlah syair, bukan tenung, bukan pula sihir.
Dia membaca firman-Nya: Jika mereka berpaling, maka katakanlah, “Aku telah memperingatkan kamu dengan petir, seperti petir yang menimpa kaum Ad dan kaum Tsamud.”(Q.S. Fushshilat [41]: 13) Lalu aku tutup mulutnya dengan tanganku dan aku memohon kepadanya —demi pertalian silaturahim yang ada— agar diam.
Dan tentu kalian sudah mengetahui bahwa Muhammad itu apabila berbicara tidak pernah dusta, maka aku merasa takut bila memang benar akan diturunkan kepadamu azab.”

Teks hadis ini mirip dengan teks hadis yang diriwayatkan oleh Al-Bazzar dan Abu Ya’la, hanya Allah-lah Yang Maha Mengetahui.

Kisah ini telah diriwayatkan pula oleh Imam Muhammad ibnu Ishaq ibnu Yasar di dalam Kitabus Sirah-nya, tetapi dengan penyajian yang berbeda.

Dia mengatakan, telah menceritakan kepadaku Yazid ibnu Ziyad, dari Muhammad ibnu Ka’b Al-Qurazi yang menceritakan bahwa ia pernah mendengar Atabah ibnu Rabi’ah yang termasuk penghulu kaumnya pada suatu hari duduk di tempat perkumpulan orang-orang Quraisy (klub mereka), sedangkan Rasulullah ﷺ saat itu sedang duduk di dalam Masjidil Haram sendirian, Atabah mengatakan, “Hai golongan orang-orang Quraisy, bolehkan aku bangkit menuju kepada Muhammad, aku akan berbicara kepadanya dan menawarkan kepadanya beberapa perkara, barangkali dia mau menerima sebagiannya, lalu kita berikan kepadanya dan dia menahan dirinya tidak mengganggu kita lagi?”

Peristiwa ini terjadi di saat Hamzah r.a.
telah masuk Islam, dan orang-orang Quraisy menyaksikan bahwa sahabat Rasulullah ﷺ kian bertambah banyak dan Islam semakin pesat kemajuannya.
Mereka menjawab, “Benar engkau, hai Abul Walid.
Bangkitlah engkau kepadanya dan berbicaralah dengannya.”

Atabah bangkit menuju ke tempat Rasulullah ﷺ berada, lalu duduk di dekatnya dan membuka pembicaraan, “Hai anak saudaraku, sesungguhnya engkau adalah dari kalangan kami, saya mengetahui bahwa engkau dari keturunan yang terpandang dan terhormat dalam nasab lagi mempunyai kedudukan.
Dan sesungguhnya engkau telah mendatangkan kepada kaummu suatu perkara yang besar (meresahkan) sehingga berakibat engkau cerai beraikan persatuan mereka, engkau nilai bodoh orang-orang pandai mereka, dan engkau cela sembah-sembahan mereka dan juga agama mereka.
Ini berarti engkau mengingkari agama nenek moyang mereka yang terdahulu.
Maka dengarkanlah dariku, aku akan menawarkan kepadamu beberapa perkara yang sebaiknya engkau mempertimbangkannya terlebih dahulu, barangkali saja kamu mau menerima sebagian darinya.”

Maka Rasulullah ﷺ menjawab, “Katakanlah, hai Abul Walid, aku akan mendengarmu.” Atabah berkata, “Hai anak saudaraku, jika sesungguhnya engkau menginginkan di balik apa yang engkau sampaikan dari urusanmu itu sejumlah harta yang banyak, maka kami akan menghimpunkannya untukmu dari harta kami hingga engkau menjadi orang yang paling banyak hartanya di kalangan kami.
Dan jika engkau di balik itu menginginkan kedudukan yang terhormat, maka kami akan menjadikanmu sebagai orang yang berkuasa di kalangan kami, dan kami tidak berani memutuskan suatu perkara pun tanpa seizinmu.
Jika di balik itu engkau menginginkan kerajaan, maka kami akan mengangkatmu menjadi raja kami.
Dan jika apa yang datang kepadamu itu merupakan gangguan kejiwaan yang selalu membayang-bayangimu, sedangkan kamu tidak mampu menolaknya dan mengusirnya dari dalam jiwamu, maka kami akan mencarikan para tabib untuk menyembuhkanmu, dan kami akan membelanjakan semua harta kami untuk pengobatan ini hingga kami dapat menjadikanmu sembuh.
Karena sesungguhnya adakalanya orang yang kesurupan itu dapat dikalahkan oleh yang merasukinya hingga ia memerlukan pengobatan dari pihak luar yang akan mengusirnya,” atau kalimat lain yang semisal.

Setelah Atabah selesai dari mengutarakan maksudnya yang semuanya itu didengar oleh Rasulullah ﷺ, lalu Rasulullah ﷺ bertanya, “Sudah selesaikah engkau, hai Abul Walid, dari maksudmu?”
Atabah menjawab, “Ya.” Lalu Rasulullah ﷺ bersabda, “Sekarang dengarkanlah diriku.” Atabah mengatakan, “Lakukanlah.” Rasulullah ﷺ membaca firman-Nya: Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
Hd Mim.
Diturunkan dari Tuhan Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
Kitab yang dijelaskan ayat-ayatnya, yakni bacaan dalam bahasa Arab, untuk kaum yang mengetahui, yang membawa berita gembira, dan yang membawa peringatan, tetapi kebanyakan mereka berpaling (darinya); maka mereka tidak (mau) mendengarkan.
(Q.S. Fushshilat [41]: 1-4)

Kemudian Rasulullah ﷺ melanjutkan bacaannya.
Dan ketika Atabah mendengarkannya, maka ia diam mendengar dengan penuh perhatian, lalu meletakkan kedua tangannya ke belakang punggunya seraya bersandar pada kedua tangannya sambil mendengarkan bacaan Rasulullah ﷺ hingga bacaan beliau sampai pada ayat sajdah yang ada padanya, lalu melakukan sujud tilawah.
Sesudah itu beliau ﷺ bersabda, “Hai Abul Walid, sekarang engkau telah mendengarkan apa yang barusan kamu dengar, maka terserah engkau begaimanakah penilaianmu terhadapnya.”

Maka Atabah bangkit menuju tempat teman-temannya, dan sebagian dari mereka berkata kepada sebagian yang lain, “Kita bersumpah dengan nama Allah, sesungguhnya Abul Walid datang kepada kalian dengan ro­man muka yang berbeda dengan saat ia pergi menemuinya.”

Setelah Abul Walid bergabung duduk dengan teman-temannya, lalu mereka bertanya, “Hai Abul Walid, bagaimanakah hasilmu?”
Atabah menjawab, “Hasil yang kudapat ialah aku telah mendengar suatu ucapan yang demi Allah aku belum pernah mendengar hal yang semisal dengannya.
Demi Allah, itu bukanlah sihir, bukan syair, bukan pula tenung.
Hai orang-orang Quraisy, turutilah perkataanku ini, dan dengarkanlah saranku ini.
Biarkanlah antara lelaki ini (Nabi ﷺ maksudnya) dengan apa yang menjadi urusannya, asingkanlah saja dia, sesungguhnya akan terjadi suatu berita besar dari ucapannya yang telah kamu dengar ini.
Jika dia dapat dikalahkan oleh orang-orang Arab (selain kalian), berarti kalian telah terhindar dari gangguannya melalui orang-orang selain kalian.
Dan jika dia beroleh kemenangan atas orang-orang Arab, berarti kemenangannya adalah kemenangan kalian juga, kejayaannya adalah kejayaan kalian juga dan kalian akan menjadi orang-orang yang paling berbahagia karena memilikinya.”

Orang-orang Quraisy berkata, “Dia telah menyihirmu, demi Allah, hai Abul Walid, melalui lisannya.” Atabah menjawab, “Ini hanyalah pendapatku tentangnya, maka lakukanlah oleh kalian apa yang kalian pandang baik.”

Teks hadis ini mirip dengan hadis yang sebelumnya.
Hanya Allah-lah Yang Maha Mengetahui.


Informasi Surah Fushshilat (فصلت)
Surat Fushshilat terdiri atas 54 ayat termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Al Mu’min.

Dinamai “Fushshilat” (yang dijelaskan) karena ada hubungannya dengan perkataan “Fush­shilat” yang terdapat pada permulaan surat ini, yang berarti “yang dijelaskan”.
Maksudnya ayat­ ayatnya diperinci dengan jelas tentang hukum-hukum, keimanan, janji dan ancaman, budi pe­kerti, kisah dan sebagainya.

Dinamai juga dengan “Haa Miim As Sajdah” karena surat ini dimulai dengan “Haa Miim” dan dalam surat ini terdapat ayat Sajdah.

Keimanan:

Al Qur’an dan sikap orang-orang musyrik terhadapnya
kejadian-kejadian langit dan bumi dan apa yang ada pada keduanya membuktikan adanya Allah
semua yang terjadi dalam alam semesta tidak lepas dari pengetahuan Allah.

Hukum:

Tidak ada pembahasan hukum yang spesifik dalam surat ini.

Lain-lain:

Hikmah diciptakannya gunung-gunung
anggota tubuh tiap-tiap orang menjadi saksi terhadap dirinya pada hari kiamat
azab yang ditimpakan kepada kaum ‘Aad dan Tsamud
Permohonan orang-orang kafir agar dikembalikan ke dunia untuk mengerjakan amal-amal saleh
berita gembira dari malaikat kepada orang­ orang yang beriman
anjuran menghadapi orang-orang kafir secara baik-baik
an­caman terhadap orang-orang yang mengingkari ke-Esaan Allah
sifat-sifat Al Qur’an Al Karim
manusia dan wataknya.

Ayat-ayat dalam Surah Fushshilat (54 ayat)

Audio

Qari Internasional

Q.S. Fushshilat (41) ayat 5 - Oleh Syekh Mishari Alafasy
Q.S. Fushshilat (41) ayat 5 - Oleh Syekh Sa'ad Al-Ghamidi
Q.S. Fushshilat (41) ayat 5 - Oleh Syekh Muhammad Ayyub

Murottal al-Qur'an & Terjemahan Indonesia
Q.S. Fushshilat - Oleh Syekh Misyari Rasyid Alafasy
Full ayat 1 sampai 54 & Terjemahan


Gambar



Statistik Q.S. 41:5
  • Rating RisalahMuslim

Ayat ini terdapat dalam surah Fushshilat.

Surah Fussilat (Arab: فصّلت, "Yang Dijelaskan") adalah surah ke-41 dalam al-Qur'an.
Surah ini terdiri atas 54 ayat dan termasuk golongan surah-surah Makkiyah.
Surah yang diturunkan sesudah Surah Al-Mu’min ini dinamai Fussilat (Yang Dijelaskan) diambil dari kata Fushshilat yang terdapat pada permulaan surah ini.

Nomor Surah 41
Nama Surah Fushshilat
Arab فصلت
Arti Yang dijelaskan
Nama lain Ha Mim as-Sadjah, Mashabih
Tempat Turun Mekkah
Urutan Wahyu 61
Juz Juz 24 (1-46) & juz 25 (47-54)
Jumlah ruku' 5 ruku'
Jumlah ayat 54
Jumlah kata 796
Jumlah huruf 3364
Surah sebelumnya Surah Al-Mu’min
Surah selanjutnya Surah Asy-Syura
4.8
Ratingmu: 4.8 (16 orang)
Sending

URL singkat: risalahmuslim.id/41-5







Pembahasan ▪ Fushilat 5

Iklan

Video

Panggil Video Lainnya


Ikuti RisalahMuslim
               





Copied!

Email: [email protected]
Made with in Yogyakarta


Ikuti RisalahMuslim