Keluarga Anda ada yang belum mahir membaca Alquran? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

QS. Az Zukhruf (Perhiasan) – surah 43 ayat 32 [QS. 43:32]

اَہُمۡ یَقۡسِمُوۡنَ رَحۡمَتَ رَبِّکَ ؕ نَحۡنُ قَسَمۡنَا بَیۡنَہُمۡ مَّعِیۡشَتَہُمۡ فِی الۡحَیٰوۃِ الدُّنۡیَا وَ رَفَعۡنَا بَعۡضَہُمۡ فَوۡقَ بَعۡضٍ دَرَجٰتٍ لِّیَتَّخِذَ بَعۡضُہُمۡ بَعۡضًا سُخۡرِیًّا ؕ وَ رَحۡمَتُ رَبِّکَ خَیۡرٌ مِّمَّا یَجۡمَعُوۡنَ
Ahum yaqsimuuna rahmata rabbika nahnu qasamnaa bainahum ma’iisyatahum fiil hayaatiddunyaa warafa’naa ba’dhahum fauqa ba’dhin darajaatin liyattakhidza ba’dhuhum ba’dhan sukhrii-yan warahmatu rabbika khairun mimmaa yajma’uun(a);
Apakah mereka yang membagi-bagi rahmat Tuhanmu?
Kamilah yang menentukan penghidupan mereka dalam kehidupan dunia, dan Kami telah meninggikan sebagian mereka atas sebagian yang lain beberapa derajat, agar sebagian mereka dapat memanfaatkan sebagian yang lain.
Dan rahmat Tuhanmu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.
―QS. Az Zukhruf [43]: 32

Do they distribute the mercy of your Lord?
It is We who have apportioned among them their livelihood in the life of this world and have raised some of them above others in degrees (of rank) that they may make use of one another for service.
But the mercy of your Lord is better than whatever they accumulate.
― Chapter 43. Surah Az Zukhruf [verse 32]

أَهُمْ mengapa mereka

Do they
يَقْسِمُونَ mereka membagi-bagi

distribute
رَحْمَتَ rahmat

(the) Mercy
رَبِّكَ Tuhanmu

(of) your Lord?
نَحْنُ Kami

We
قَسَمْنَا Kami membagi-bagi

[We] distribute
بَيْنَهُم diantara mereka

among them
مَّعِيشَتَهُمْ penghidupan mereka

their livelihood
فِى dalam

in
ٱلْحَيَوٰةِ kehidupan

the life
ٱلدُّنْيَا dunia

(of) the world,
وَرَفَعْنَا dan Kami tinggikan

and We raise
بَعْضَهُمْ sebagian mereka

some of them
فَوْقَ di atas

above
بَعْضٍ sebagian

others
دَرَجَٰتٍ derajat

(in) degrees
لِّيَتَّخِذَ agar mengambil

so that may take,
بَعْضُهُم sebagian mereka

some of them,
بَعْضًا sebagian

others,
سُخْرِيًّا pekerjaan

(for) service.
وَرَحْمَتُ dan rahmat

But (the) Mercy
رَبِّكَ Tuhanmu

(of) your Lord
خَيْرٌ lebih baik

(is) better
مِّمَّا dari apa

than what
يَجْمَعُونَ mereka kumpulkan

they accumulate.

Tafsir

Alquran

Surah Az Zukhruf
43:32

Tafsir QS. Az Zukhruf (43) : 32. Oleh Kementrian Agama RI


Ayat ini menunjukkan penolakan terhadap keinginan orang-orang musyrik yang tak mau menerima pengangkatan Muhammad ﷺ sebagai rasul;
seakan-akan merekalah yang paling berhak dan berwenang membagi-bagi dan menentukan siapa yang pantas menerima rahmat Tuhan.
Allah menyatakan,
"Sekali-kali tidaklah demikian halnya, Kamilah yang berhak dan berwenang mengatur dan menentukan penghidupan hamba dalam kehidupan dunia.

Kami-lah yang melebihkan sebagian hamba atas sebagian yang lain;
ada yang kaya dan ada yang lemah, ada yang pandai dan ada yang bodoh, ada yang maju dan ada yang terbelakang, karena apabila Kami menyamakan di antara hamba di dalam hal-hal tersebut di atas, maka akan terjadi persaingan di antara mereka, atau tidak terjadi situasi saling bantu-membantu antara satu dengan yang lain, dan tidak akan terjadi saling memanfaatkan antara satu dengan yang lain, sebaliknya mereka saling mengejek.
Semuanya itu akan membawa kepada kehancuran dan kerusakan dunia.

Kalau mereka tidak mampu berbuat seperti tersebut di atas mengenai urusan keduniaan, mengapa mereka berani menentang berbagai kebijaksanaan Allah di dalam menentukan siapa yang pantas diserahi tugas kerasulan itu.



Ayat ini ditutup dengan penegasan bahwa rahmat Allah dan keutamaan yang diberikan kepada orang yang telah ditakdirkan memangku jabatan kenabian dan mengikuti petunjuk wahyu dalam Alquran yang telah diturunkan, jauh lebih baik dan mulia daripada kemewahan dan kekayaan dunia yang ditimbun mereka.

Demikian dikarenakan dunia dengan segala kekayaannya itu berada di tepi jurang yang akan runtuh dan akan lenyap tidak berbekas sedikit pun.

Tafsir QS. Az Zukhruf (43) : 32. Oleh Muhammad Quraish Shihab:


Orang-orang musyrik itu tidak memiliki kunci risalah sehingga dengan seenaknya memberikan risalah kepada tokoh mereka.
Bahkan Kamilah yang menanggung penghidupan mereka karena mereka tidak mampu melakukan sendiri hal itu.


Sebagian mereka Kami berikan rezeki dan kedudukan lebih banyak dan lebih baik dari yang lain, agar mereka dapat saling menolong dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
Masing-masing menopang yang lain dalam mencari penghidupan dan mengatur kehidupan.


Dan karunia kenabian, dengan kebahagiaan di dunia dan akhirat sebagai konsekwensinya, jauh lebih baik dari kedudukan yang paling tinggi di dunia sekalipun.

Oleh tim Mujamma’ Raja Fahd arahan Syaikh al-Allamah Dr. Shalih bin Muhammad Alu asy-Syaikh:


Apakah mereka yang membagi-bagi kenabian sehingga mereka bisa memberikannya kepada siapa yang mereka kehendaki?
Kamilah yang membagi rezeki dan makanan mereka sebagai penghidupan di dunia ini.
Kami tinggikan sebagian dari mereka beberapa derajat atas sebagian yang lain sehingga ada yang kaya dan ada yang miskin, ada yang kuat dan ada yang lemah agar sebagian mereka melengkapi sebagian lainnya dalam hidup.


Wahai Rasul, rahmat Tuhanmu dengan memasukan mereka ke surga adalah lebih baik dari harta kekayaan dunia fana yang mereka kumpulkan.

Oleh Jalaluddin al-Mahalli & Jalaluddin as-Suyuthi:



(Apakah mereka yang membagi-bagi rahmat Rabbmu?) yang dimaksud dengan rahmat adalah kenabian


(Kami telah menentukan antara mereka penghidupan mereka dalam kehidupan dunia) maka Kami jadikan sebagian dari mereka kaya dan sebagian lainnya miskin


(dan Kami telah meninggikan sebagian mereka) dengan diberi kekayaan


(atas sebagian yang lain beberapa derajat, agar sebagian mereka dapat mempergunakan) golongan orang-orang yang berkecukupan


(sebagian yang lain) atas golongan orang-orang yang miskin


(sebagai pekerja) maksudnya, pekerja berupah, huruf Ya di sini menunjukkan makna Nasab, dan menurut suatu qiraat lafal Sukhriyyan dibaca Sikhriyyan yaitu dengan dikasrahkan huruf Sin-nya


(Dan rahmat Rabbmu) yakni surga Rabbmu


(lebih baik daripada apa yang mereka kumpulkan) di dunia.

Oleh Ismail bin Umar Al-Quraisyi bin Katsir Al-Bashri Ad-Dimasyqi:


Maka Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, menjawab kritikan ini:

Apakah mereka membagi-bagi rahmat Tuhanmu?
(QS. Az-Zukhruf [43]: 32)

Yakni urusan ini bukanlah mereka yang menentukannya, melainkan hanyalah Allah subhanahu wa ta’ala Allah lebih mengetahui di manakah Dia meletakkan risalah-Nya.
Karena sesungguhnya tidak sekali-kali Dia menurunkan Alquran ini melainkan kepada makhluk yang paling suci hati dan jiwanya, serta paling mulia dan paling suci rumah dan keturunannya.

Kemudian Allah subhanahu wa ta’ala menjelaskan bahwa Dia telah membeda-bedakan di antara makhluk-Nya dalam membagikan pemberian-Nya kepada mereka berupa harta, rezeki, akal, dan pengertian serta pemberian lainnya yang menjadi kekuatan lahir dan batin bagi mereka.
Untuk itu Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

Kami telah menentukan antara mereka penghidupan mereka dalam kehidupan dunia.
(QS. Az-Zukhruf [43]: 32).
hingga akhir ayat.

Adapun firman Allah subhanahu wa ta’ala:

agar sebagian mereka dapat mempergunakan sebagian yang lain sebagai pekerja.
(QS. Az-Zukhruf [43]: 32)

Menurut suatu pendapat, makna ayat ialah agar sebagian dari mereka dapat memanfaatkan sebagian yang lain untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan, karena yang lemah memerlukan yang kuat dan begitu pula sebaliknya.
Demikianlah menurut pendapat Qatadah dan lain-lainnya.
Qatadah dan Ad-Dahhak mengatakan bahwa makna yang dimaksud ialah agar sebagian dari mereka dapat menguasai sebagian yang lain;
pendapat ini semakna dengan pendapat di atas.
Kemudian Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

Dan rahmat Tuhanmu lebih baik daripada apa yang mereka kumpulkan.
(QS. Az-Zukhruf [43]: 32)

Artinya, rahmat Allah kepada makhluk-Nya lebih baik bagi mereka daripada harta benda dan kesenangan duniawi yang ada di tangan mereka.

Unsur Pokok Surah Az Zukhruf (الزخرف)

Surat Az Zukhruf terdiri atas 89 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Asy Syuura.

Dinamai "Az Zukhruf" (Perhiasan) diambil dari perkataan "Az Zukhruf" yang terdapat pada ayat 35 surat ini.

Orang-orang musyrik mengukur tinggi rendahnya derajat seseorang tergantung kepada perhiasan dan harta benda yang ia punyai, karena Muhammad ﷺ adalah seorang anak yatim lagi miskin, ia tidak pantas diangkat Allah sebagai seorang rasul dan nabi.
Pangkat rasul dan nabi itu harus diberikan kepada orang yang kaya.

Ayat ini menegaskan bahwa harta tidak dapat dijadikan dasar untuk mengukur tinggi rendahnya derajat seseorang, karena harta itu merupakan hiasan kehidupan duniawi, bukan berarti kesenangan akhirat.

Keimanan:

Alquran berasal dari Lauh Mahfuzh.
Nabi Isa `Nabi Isa `kafir di dalam neraka sehingga mereka ingin mati saja agar terlepas dari siksa itu.
▪ Tuhan tidak mempunyai anak.

Hukum:

▪ Perintah Tuhan kepada Nabi Muhammad ﷺ supaya menjauhi orang-orang yang tidak beriman.

Kisah:

▪ Kisah Nabi Ibrahim `alaihis salam, Musa `alaihis salam dan Isa `alaihis salam sebagai perbandingan bagi Nabi dan sebagai penawar sewaktu menghadapi kesulitan dalam melakukan dakwah.

Lain-lain:

▪ Pengakuan orang musyrik Mekah bahwa Allah-lah Yang menciptakan langit dan bumi, tetapi mereka tetap menyembah berhala.
▪ Kepercayaan mereka bahwa malaikat adalah anak Allah dan penolakan atas kepercayaan yang salah itu.
Muhammad ﷺ sebagai rasul mendapat ejekan dan celaan-celaan dari kaumnya dan hal ini adalah biasa, karena rasulrasul yang dahulu pun demikian pula halnya.
▪ orang-orang musyrik sangat kuat berpegang kepada tradisi dan adat istiadat nenek moyang mereka dalam beragama, sehingga tertutup hati mereka untuk menerima kebenaran.

Audio

QS. Az-Zukhruf (43) : 1-89 ⊸ Misyari Rasyid Alafasy
Ayat 1 sampai 89 + Terjemahan Indonesia

QS. Az-Zukhruf (43) : 1-89 ⊸ Nabil ar-Rifa’i
Ayat 1 sampai 89

Gambar Kutipan Ayat

Surah Az Zukhruf ayat 32 - Gambar 1 Surah Az Zukhruf ayat 32 - Gambar 2
Statistik QS. 43:32
  • Rating RisalahMuslim
4.4

Ayat ini terdapat dalam surah Az Zukhruf.

Surah Az-Zukhruf (Arab: الزخرف , “Perhiasan”) adalah surah ke-43 dalam Alquran.
Surah ini tergolong surah makkiyah, terdiri atas 89 ayat.
Dinamakan Az-Zukhruf yang berarti Perhiasan karena kata Az-Zukhruf yang terdapat pada ayat 35 pada surah ini.
Ayat ini menegaskan bahwa harta tidak dapat dijadikan dasar untuk mengukur tinggi rendahnya derajat seseorang, karena harta itu merupakan hiasan kehidupan duniawi, bukan berarti kesenangan akhirat.

Nomor Surah43
Nama SurahAz Zukhruf
Arabالزخرف
ArtiPerhiasan
Nama lain
Tempat TurunMekkah
Urutan Wahyu63
JuzJuz 25
Jumlah ruku’7 ruku’
Jumlah ayat89
Jumlah kata838
Jumlah huruf3609
Surah sebelumnyaSurah Asy-Syura
Surah selanjutnyaSurah Ad-Dukhan
Sending
User Review
4.6 (10 votes)
Tags:

43:32, 43 32, 43-32, Surah Az Zukhruf 32, Tafsir surat AzZukhruf 32, Quran Az-Zukhruf 32, Surah Az Zukruf ayat 32

▪ q s 43 : 32
Keluarga Anda ada yang belum mahir membaca Alquran? Ingin segera bisa?
Klik di sini sekarang!

Ayat Lainnya

QS. Alam Nasyrah (Melapangkan) – surah 94 ayat 1 [QS. 94:1]

1-4. Wahai Nabi, bukankah Kami telah melapangkan dadamu? Kami telah menjadikanmu seorang nabi yang menerima syariat agama, berakhlak mulia, berwawasan luas, santun, dan sabar dalam menghadapi kepahita … 94:1, 94 1, 94-1, Surah Alam Nasyrah 1, Tafsir surat AlamNasyrah 1, Quran Al Insirah 1, Al Insyirah 1, Al-Insyirah 1, Surah Alam Nasyrah ayat 1

QS. Hud (Nabi Hud) – surah 11 ayat 122 [QS. 11:122]

Dan tunggulah sanksi yang akan dijatuhkan Allah kepadamu, akibat perbuatan yang kamu lakukan, sesungguhnya kami, yakni nabi dan orang-orang beriman pun termasuk yang menunggu imbalan dari Allah berupa … 11:122, 11 122, 11-122, Surah Hud 122, Tafsir surat Hud 122, Quran Hud 122, Surah Hud ayat 122

Hadits Shahih

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Berikut ini yang bukan termasuk orang-orang pertama yang menyambut ajakan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam adalah ...

Benar! Kurang tepat!

Bagian tubuh yang tidak ditampakkan sesuai dengan ajaran Islam disebut ...

Benar! Kurang tepat!

Pembatasan aurat wanita adalah ...

Benar! Kurang tepat!

+

Array

Dalam Islam, pakaian harus ...

Benar! Kurang tepat!

Sebelum berpakaian, kita harus ...

Benar! Kurang tepat!

Pendidikan Agama Islam #3
Ingatan kamu cukup bagus untuk menjawab soal-soal ujian sekolah ini.

Pendidikan Agama Islam #3 1

Mantab!! Pertahankan yaa..
Jawaban kamu masih ada yang salah tuh.

Pendidikan Agama Islam #3 2

Belajar lagi yaa...

Bagikan Prestasimu:

Soal Lainnya

Pendidikan Agama Islam #26

Pesan utama dari kandungan Alquran adalah … sosial kemasyarakatan akhlak fikih tauhid muamalah Benar! Kurang tepat! Surah yang terpanjang dalam

Pendidikan Agama Islam #1

Arti fana adalah … sementara selalu tidak ada akhir selamanya fanatik Benar! Kurang tepat! Dalam Asmaul Husna, Allah memiliki sifat

Pendidikan Agama Islam #30

كادَ الفَقْرُ أنْ يَكُوْنَ كُفْرًاArti dari kalimat di atas adalah … Kekafiran mendekatkan kepada kekufuran Kebodohan mendekatkan pada kemiskinan Kefakiran

Instagram