Keluarga Anda ada yang belum mahir membaca Alquran? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

QS. Ath Thaariq (Yang datang di malam hari) – surah 86 ayat 12 [QS. 86:12]

وَ الۡاَرۡضِ ذَاتِ الصَّدۡعِ
Wal ardhi dzaatish-shad'(i);
dan bumi yang mempunyai tumbuh-tumbuhan,
―QS. Ath Thaariq [86]: 12

And (by) the earth which cracks open,
― Chapter 86. Surah Ath Thaariq [verse 12]

وَٱلْأَرْضِ dan bumi

And the earth
ذَاتِ mempunyai

which
ٱلصَّدْعِ tumbuh-tumbuhan

cracks open,

Tafsir

Alquran

Surah Ath Thaariq
86:12

Tafsir QS. Ath Thaariq (86) : 12. Oleh Kementrian Agama RI


Allah bersumpah dengan bumi yang mempunyai tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan yang sangat diperlukan untuk kehidupan manusia dan binatang ternak mereka.

Tafsir QS. Ath Thaariq (86) : 12. Oleh Muhammad Quraish Shihab:


Demi bumi yang merekah mengeluarkan tetumbuhan.

Oleh tim Mujamma’ Raja Fahd arahan Syaikh al-Allamah Dr. Shalih bin Muhammad Alu asy-Syaikh:


Demi langit yang memiliki hujan yang terus-menerus.
Demi bumi yang mempunyai belahan–belahan yang mengeluarkan tumbuh-tumbuhan.


Sesungguhnya Alquran adalah firman yang memisahkan antara yang hak dengan yang batil, dan ia bukanlah sebuah senda gurau.
Makhluk tidak boleh bersumpah dengan selain Allah.


Jika ia melakukannya, berarti ia telah melakukan syrik.

Oleh Jalaluddin al-Mahalli & Jalaluddin as-Suyuthi:



(Dan demi bumi yang mempunyai tumbuh-tumbuhan) maksudnya retak-retak karena daripadanya keluar tumbuh-tumbuhan.

Oleh Ismail bin Umar Al-Quraisyi bin Katsir Al-Bashri Ad-Dimasyqi:


Ibnu Abbas mengatakan bahwa yang dimaksud dengan ar-raj’u ialah hujan, dan diriwayatkan pula darinya bahwa yang dimaksud adalah awan yang mengandung air hujan.
Menurut riwayat lainnya lagi yang juga bersumber darinya, sehubungan dengan makna firman-Nya:

{وَالسَّمَاءِ ذَاتِ الرَّجْعِ}

Demi langit yang mengandung hujan.
(QS. At-Tariq [86]: 11)

Yakni menurunkan hujan, kemudian menurunkan hujannya lagi.
Qatadah mengatakan bahwa makna yang dimaksud ialah yang mengembalikan rezeki hamba-hamba setiap tahunnya;
seandainya tidak demikian, niscaya binasalah mereka dan juga hewan ternak mereka.

Ibnu Zaid mengatakan bahwa makna yang dimaksud ialah yang kembali bintang-bintangnya, mataharinya, dan rembulannya datang dari arah ini.

{وَالأرْضِ ذَاتِ الصَّدْعِ}

dan bumi yang mempunyai tumbuh-tumbuhan.
(QS. At-Tariq [86]: 12)

Ibnu Abbas mengatakan bahwa makna yang dimaksud ialah terbelahnya bumi mengeluarkan tetumbuhannya.
Hal yang sama dikatakan oleh Sa’id ibnu Jubair, Ikrimah, Abu Malik, Ad-Dahhak, Al-Hasan, Qatadah, As-Saddi, dan selain mereka yang bukan hanya seorang.

Firman Allah subhanahu wa ta’ala:

{إِنَّهُ لَقَوْلٌ فَصْلٌ}

sesungguhnya Alquran itu benar-benar firman yang memisahkan antara yang hak dan yang batil.
(QS. At-Tariq [86]: 13)

Ibnu Abbas mengatakan, faslun artinya yang hak atau yang benar.
Hal yang sama dikatakan oleh Qatadah, sedangkan yang lain mengatakan hukum yang adil.

{وَمَا هُوَ بِالْهَزْلِ}

dan sekali-kali bukanlah dia senda gurau.
(QS. At-Tariq [86]: 14)

Yakni bahkan Alquran itu sungguhan dan benar.
Kemudian Allah menceritakan perihal orang-orang kafir, bahwa mereka mendustakan Alquran dan menghalang-halangi manusia dari mengikuti jalannya.
Untuk itu Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

{إِنَّهُمْ يَكِيدُونَ كَيْدًا}

Sesungguhnya orang kafir itu merencanakan tipu daya yang jahat dengan sebenar-benarnya.
(QS. At-Tariq [86]: 15)

Mereka membuat tipu daya dalam seruannya kepada manusia untuk mengelabui mereka agar menentang Alquran.
Kemudian disebutkan dalam firman berikutnya:

{فَمَهِّلِ الْكَافِرِينَ}

Karena itu, beri tangguhlah orang-orang kafir itu.
(QS. At-Tariq [86]: 17)

Yakni berilah mereka masa tangguh dan janganlah kamu tergesa-gesa terhadap mereka.

{أَمْهِلْهُمْ رُوَيْدًا}

yaitu beri tangguhlah mereka itu barang sebentar.
(QS. At-Tariq [86]: 17)

Maksudnya, waktu sebentar.
Maka kelak kamu akan menyaksikan apa yang bakal menimpa mereka, yaitu azab, pembalasan, dan hukuman serta kehancuran.
Semakna dengan apa yang disebutkan oleh firman-Nya dalam ayat lain:

نُمَتِّعُهُمْ قَلِيلًا ثُمَّ نَضْطَرُّهُمْ إِلى عَذابٍ غَلِيظٍ

Kami biarkan mereka bersenang-senang sebentar, kemudian Kami paksa mereka (masuk) ke dalam siksa yang keras.
(QS. Luqman [31]: 24)

Kata Pilihan Dalam Surah Ath Thaariq (86) Ayat 12

SHA’D
لصَّدْع

Arti lafaz Arab, sakit kepala juga disebut ash shudaa’ karena sakit itu seolah-olah memecahkan kepala.

Lafaz lafaz lafaz mutashaddi’an juga disebut sekali saja yaitu dalam surah Al Hasyr (59), ayat 21.

Dalam surah Ath Thaariq (86), ayat 12, Allah memberi sifat kepada bumi dengan sifat yang begitu tepat, yaitu

وَٱلْأَرْضِ ذَاتِ ٱلصَّدْعِ

"dan bumi yang mempunyai retakan."

Ibn Abbas menerangkan, maknanya ialah bumi yang mempunyai pepohonan dan tumbuhan yang menyebabkannya merekah dan pecah.

Sedangkan Imam Mujahid menyatakan maknanya bumi yang mempunyai jalanjalan yang dipecahkan oleh air sungai.

Ada juga yang menyatakan maknanya bumi yang menyimpan mayat di dalamnya dan pada hari kiamat nanti ia keluar dan menyebabkan bumi retak dan merekah.

Imam Asy Syawkani menyimpulkan kata itu mempunyai dua makna.

Pertama, lafaz lafaz Al Hasyr (59), ayat 21 diterangkan meskipun gunung adalah ciptaan Allah yang besar, kuat dan tinggi, namun, ia tetap tunduk dan patuh kepada Allah.
Untuk menggambarkan kepatuhan gunung, Allah menerangkan sekiranya Al Qur’an diturunkan kepada sebuah gunung, kemudian gunung itu memahami janji dan ancaman yang ada di dalamnya, gunung itu akan tunduk dan hancur (mutashaddi’an) disebabkan takut kepada Allah.

Imam Ibn Katsir menegaskan, ia perlu menjadi pelajaran bagi manusia.
Mengapa hati kita tidak mau khusyuk dan patuh kepada Allah, sedangkan kita dapat memahami isi kandungan Al Qur’an?

Sumber : Kamus Al Qur’an, PTS Islamika SDN BHD, Hal: 319-320

Unsur Pokok Surah Ath Thaariq (الطارق)

Surat Ath Thaariq terdiri atas 17 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Al Balad.

Dinamai "Ath Thaariq " (yang datang di malam hari) diambil dari perkataan "Ath Thaariq" yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

Keimanan:

▪ Tiap-tiap jiwa selalu dipelihara dan diawasi Allah.
▪ Merenungkan asal kejadian diri sendiri yaitu dari air mani, akan menghilangkan sifat sombong dan takabur.
▪ Allah kuasa menghidupkan manusia kembali pada hari kiamat, pada waktu itu tidak ada kekuatan yang dapat menolong selain Allah.
Alquran adalah pemisah antara yang hak dan yang batil.

Ayat-ayat dalam Surah Ath Thaariq (17 ayat)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17

Lihat surah lainnya

Audio

QS. Ath-Thaariq (86) : 1-17 ⊸ Misyari Rasyid Alafasy
Ayat 1 sampai 17 + Terjemahan Indonesia

QS. Ath-Thaariq (86) : 1-17 ⊸ Nabil ar-Rifa’i
Ayat 1 sampai 17

Gambar Kutipan Ayat

Surah Ath Thaariq ayat 12 - Gambar 1 Surah Ath Thaariq ayat 12 - Gambar 2
Statistik QS. 86:12
  • Rating RisalahMuslim
4.6

Ayat ini terdapat dalam surah Ath Thaariq.

Surah At-Tariq (bahasa Arab:الطّارق) adalah surah ke 86 dalam Alquran.
Surah ini tergolong surah Makiyah yang terdiri atas 17 ayat.
Dinamakan At-Tariq yang berarti Yang datang di malam hari diambil dari perkataan Ath Thaariq yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

Nomor Surah86
Nama SurahAth Thaariq
Arabالطارق
ArtiYang datang di malam hari
Nama lain
Tempat TurunMekkah
Urutan Wahyu36
JuzJuz 30
Jumlah ruku’1 ruku’
Jumlah ayat17
Jumlah kata61
Jumlah huruf254
Surah sebelumnyaSurah Al-Buruj
Surah selanjutnyaSurah Al-A’la
Sending
User Review
4.8 (14 votes)
Tags:

86:12, 86 12, 86-12, Surah Ath Thaariq 12, Tafsir surat AthThaariq 12, Quran At Tariq 12, At-Tariq 12, Surah At Tariq ayat 12

Keluarga Anda ada yang belum mahir membaca Alquran? Ingin segera bisa?
Klik di sini sekarang!

Video


Panggil Video Lainnya

Ayat Lainnya

QS. At Takwir (Menggulung) – surah 81 ayat 23 [QS. 81:23]

23. Ayat ini menegaskan pertemuan antara Jibril dalam wujudnya yang asli dengan Nabi Muhammad sesaat setelah Nabi menerima wahyu pertama di Gua Hira. Kaum musyrik mendustakan hal tersebut. Dan sungguh … 81:23, 81 23, 81-23, Surah At Takwir 23, Tafsir surat AtTakwir 23, Quran At Takwir 23, Surah At Takwir ayat 23

QS. Yusuf (Nabi Yusuf) – surah 12 ayat 32 [QS. 12:32]

Setelah istri al-Aziz memperlihatkan Nabi Yusuf kepada mereka, lalu dia berkata, “Itulah orangnya yang menyebabkan kamu mencela aku karena aku tertarik kepadanya, dan sungguh benar, aku memang telah m … 12:32, 12 32, 12-32, Surah Yusuf 32, Tafsir surat Yusuf 32, Quran Yusuf 32, Surah Yusuf ayat 32

Hadits Shahih

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Di bawah ini adalah cara untuk menjadikan semangat mengamalkan ilmu dalam kehidupan kecuali ...

Benar! Kurang tepat!

كادَ الفَقْرُ أنْ يَكُوْنَ كُفْرًا
Arti dari kalimat di atas adalah ...

Benar! Kurang tepat!

Penjelasan:
Dari Anas bin Malik Radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

كادَ الفَقْرُ أنْ يَكُوْنَ كُفْرًا

'Hampir-hampir kefakiran (kemiskinan) itu menjadi kekafiran'
--HR. Imam al-Baihaqi dalam kitab 'Syu’abul Iman' (no. 6612). Hadits ini adalah hadits yang lemah.

Siapakah ilmuan muslim yang pertama menjadi penemu Al-Jabar?

Benar! Kurang tepat!

Penjelasan:
Muḥammad bin Mūsā al-Khawārizmī adalah seorang ahli dalam bidang matematika, astronomi, astrologi, dan geografi yang berasal dari Persia. Lahir sekitar tahun 780 di Khwārizm dan wafat sekitar tahun 850 di Baghdad.

+

بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً
Arti dari hadist diatas adalah ...

Benar! Kurang tepat!

Penjelasan:
Rasulullah Shallalhu'alaihi wa sallam bersabda:

بَلِّغُوا عَنِّي وَلَوْ آيَةً

'Sampaikanlah dariku, meskipun satu ayat.'
(HR. Bukhari no. 3461)

Yang diajarkan oleh Rasulullah adalah jika kita melihat kemungkaran untuk mencegahnya pertama kali dengan ...

Benar! Kurang tepat!

Penjelasan:
Dalam hadits shahih disebutkan.

أَلاَ وَإِنَّ فِى الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ . أَلاَ وَهِىَ الْقَلْبُ

Barangsiapa di antara kalian melihat suatu kemungkaran maka hendaklah ia merubahnya dengan tangannya jika tidak bisa maka dengan lisannya, jika tidak bisa juga maka dengan hatinya, itulah selemah-lemahnya iman.'
[HR. Muslim dalam Al-Iman (49)]

Pendidikan Agama Islam #30
Ingatan kamu cukup bagus untuk menjawab soal-soal ujian sekolah ini.

Pendidikan Agama Islam #30 1

Mantab!! Pertahankan yaa..
Jawaban kamu masih ada yang salah tuh.

Pendidikan Agama Islam #30 2

Belajar lagi yaa...

Bagikan Prestasimu:

Soal Lainnya

Pendidikan Agama Islam #14

Dalam Islam, pengendalian diri atau kontrol terhadap diri, disebut juga dengan … Fastabiqul khoirot Mujahada gazwa Muhahadah fi sabilillah Mujahadah

Pendidikan Agama Islam #28

Siapa nama ayah Nabi muhammad shallallahu alaihi wasallam? Imran Abu Bakar Abdullah Abu Lahab Yusuf Benar! Kurang tepat! Kewajiban menuntut

Kuis Agama Islam #31

Sesuatu yang dipercaya dan diyakini kebenaranya oleh hati nurani manusia dinamakan … Ilmu kalam Aqidah Tauhid Al-Yakiin Akhlaq Benar! Kurang

Instagram