QS. Asy Syu’araa (Penyair) – surah 26 ayat 63 [QS. 26:63]

فَاَوۡحَیۡنَاۤ اِلٰی مُوۡسٰۤی اَنِ اضۡرِبۡ بِّعَصَاکَ الۡبَحۡرَ ؕ فَانۡفَلَقَ فَکَانَ کُلُّ فِرۡقٍ کَالطَّوۡدِ الۡعَظِیۡمِ
Fa-a-uhainaa ila muusa aniidhrib bi’ashaakal bahra faanfalaqa fakaana kullu firqin kath-thaudil ‘azhiim(i);

Lalu Kami wahyukan kepada Musa:
“Pukullah lautan itu dengan tongkatmu”.
Maka terbelahlah lautan itu dan tiap-tiap belahan adalah seperti gunung yang besar.
―QS. 26:63
Topik ▪ Iman ▪ Orang mukmin selalu dalam lindungan Allah Ta’ala ▪ Iman adalah ucapan dan perbuatan
26:63, 26 63, 26-63, Asy Syu’araa 63, AsySyuaraa 63, Asy Syuara 63, Asy Syu’ara 63, Asy-Syu’ara 63

Tafsir surah Asy Syu'araa (26) ayat 63

Tafsir Kementrian Agama RI

Tafsir QS. Asy Syu’araa (26) : 63. Oleh Kementrian Agama RI

Ayat ini menerangkan bahwa Allah mewahyukan kepada Musa dan menunjukkan jalan keluar dari bahaya yang mengancam itu.
Musa diperintahkan untuk memukulkan tongkatnya ke laut sehingga lautan itu terbelah dan membentuk jalan yang akan dilalui setiap keturunan Bani Israil.
Setiap belahan dari air laut itu merupakan gunung besar dan tinggi, serta membentuk jalan yang kering dan bisa dilalui Bani Israil, sebagaimana firman Allah:

Dan sungguh, telah Kami wahyukan kepada Musa, “Pergilah bersama hamba-hamba-Ku (Bani Israil) pada malam hari, dan pukullah (buatlah) untuk mereka jalan yang kering di laut itu, (engkau) tidak perlu takut akan tersusul dan tidak perlu khawatir (akan tenggelam).”
(Tha Ha: 77)

Tafsir al-Misbah
Oleh Muhammad Quraish Shihab:

Maka Kami wahyukan kepada Musa agar memukul lautan dengan tongkatnya.
Seketika, lautan itu terbelah membuat dua belas jalur, sesuai dengan jumlah kelompok Bani Israil.
Setiap jalur dipisahkan oleh dinding air seperti gunung yang besar dan kokoh.

Tafsir al-Jalalain
Oleh Jalaluddin al-Mahalli & Jalaluddin as-Suyuthi:

Allah berfirman, (“Lalu Kami wahyukan kepada Musa, ‘Pukullah lautan itu dengan tongkatmu’) maka Nabi Musa memukul laut itu dengan tongkatnya.

(Maka terbelahlah lautan itu) membentuk dua belas jalan (tiap-tiap belahan adalah seperti gunung yang besar) di antara dua gunung terdapat jalan yang akan dilalui oleh mereka, sehingga disebutkan bahwa pelana hewan-hewan kendaraan mereka sedikit pun tidak terkena basah, dan tidak pula kecipratan air.

Tafsir al-Muyassar
Oleh tim Mujamma’ Raja Fahd arahan Syaikh al-Allamah Dr. Shalih bin Muhammad Alu asy-Syaikh:

Maka Kami mewahyukan kepada Musa :
Pukullah laut itu dengan tongkatmu.
Maka Musa pun memukulnya dan laut itu pun terbelah menajdi dua belas jalan sesuai dengan jumlah kabilah Bani Israil, setiap penggalan laut yang terbelah seperti gunung yang menjulang.

Tafsir Ibnu Katsir
Oleh Ismail bin Umar Al-Quraisyi bin Katsir Al-Bashri Ad-Dimasyqi:

Firman Allah subhanahu wa ta’ala:

Maka terbelahlah lautan itu, dan tiap-tiap belahan adalah seperti gunung yang besar.
(Q.S. Asy-Syu’ara’ [26]: 63)

Yakni seperti bukit yang besar-besar.
Demikianlah menurut Ibnu Mas’ud, Ibnu Abbas, Muhammad ibnu Ka’b, Ad-Dahhak, Qatadah, dan lain-lainnya.

Menurut Ata Al-Khurrasani, yang dimaksud dengan At-Taud ialah celah yang ada di antara dua bukit.

Ibnu Abbas mengatakan bahwa laut itu membentuk dua belas jalan, masing-masing jalan untuk tiap kabilah.

As-Saddi menambahkan bahwa pada tiap jalan terdapat lubang-lubang sehingga sebagian dari mereka dapat melihat sebagian yang lainnya, sedangkan air laut berdiri tegak seperti halnya tembok.
Allah juga mengirimkan angin ke dasar laut, lalu meniupnya sehingga dasar laut kering seperti permukaan bumi.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

maka buatlah untuk mereka jalan yang kering di laut itu, kamu tak usah khawatir akan tersusul dan tidak usah takut (akan tenggelam).
(Q.S. Thaa haa [20]: 77)


Kata Pilihan Dalam Surah Asy Syu'araa (26) Ayat 63

THAWD
لطَّوْد

Lafaz ini dalam bentuk mufrad, jamaknya ialah athwaad dan thiwaadah, artinya ialah gunung yang besar, anak bukit, penetapan, sesuatu yang menyerupai yang lainnya dari segala yang tinggi atau besar atau pasak, yang tinggi dari pasir.

Lafaz ini hanya disebut sekali saja di dalam Al Qur’an yaitu dalam surah Asy Syu’araa (26), ayat 63.

Ibn Qutaibah dan Ibn Al Mubarak Al Yazidi berkata,
Ath tawd ialah gunung.”

Ibn Mas’ud, Ibn Abbas, Muhammad bin Ka’ab, Ad Dahhak, Qatadah dan lainnya berpendapat ia adalah gunung yang besar.

Ata’, Al Khurasani berkata,
“Ia bermakna ruang di antara dua gunung.”

Ibn Abbas berkata,
“Laut menjadi 12 jalan dan setiap keturunan bagi mereka satu jalan”

As Suddi menambahkan, “Di dalamnya tingkap-tingkap atau lubang yang setengah dari mereka dapat melihat sesetengah yang lain, air menjadi naik dan mengalir bagaikan ikan paus, lalu Allah mengirimkan angin ke bawah laut kemudian menerpa dan menghembuskannya sehingga kering seperti muka bumi”

Asy Syaukani menafsirkan, ketika Musa memukul laut dengan tongkatnya, laut terbelah menjadi 12 lorong atau belahan sebanyak bilangan suku atau keturunan, air laut itu terangkat dan meninggi dari sebelah kanan lorong dan dari sebelah kirinya bagaikan gunung yang besar.

Kesimpulannya, lafaz ath thawd bermakna bahawa air laut terangkat sehingga tingginya bagaikan gunung yang besar.

Sumber : Kamus Al Qur’an, PTS Islamika SDN. BHD.Hal:348

Informasi Surah Asy Syu'araa (الشعراء)
Surat ini terdiri dari 227 ayat termasuk golongan surat-surat Makkiyyah.

Dinamakan “Asy Syu’araa” (kata jamak dari “Asy Syaa ‘ir” yang berarti penyair) diambil dari kata “Asy Syu­ araa’ yang terdapat pada ayat 224, yaitu pada bagian terakhir surat ini, dikala Allah subhanahu wa ta’ala se­cara khusus menyebutkan kedudukan penyair-penyair.
Para penyair-penyair itu mempunyai sifat-sifat yang jauh berbeda dengan para rasul-rasul mereka diikuti oleh orang-orang yang sesat dan mereka suka memutar balikkan lidah dan mereka tidak mempunyai pendirian, perbuatan mereka tidak sesuai dengan apa yang mereka ucapkan.
Sifat-sifat yang demikian tidaklah sekali­ kali terdapat pada rasul-rasul.
Oleh karena demikian tidak patut bila Nabi Muhammad ﷺ dituduh sebagai penyair, dan Al Qur’an dituduh sebagai syair, Al Qur’an adalah wahyu Allah, bukan buatan manusia.

Keimanan:

Jaminan Allah akan kemenangan perjuangan rasul-rasul-Nya dan keselamatan mereka
Al Qur’an benar-benar wahyu Allah yang dibawa turun ke dunia oleh Ma­laikat Jibril a.s, (Ruuhul amiin) hanya Allah yang wajib disembah.

Hukum:

Keharusan memenuhi takaran dan timbangan
larangan menggubah syair yang be­risi cacian-cacian, khurafat-khurafat, dan kebohongan-kebohongan.

Kisah:

Kisah-kisah Nabi Musa a.s. dengan Fir’aun
kisah Nabi Ibrahim a.s. dengan kaum­nya
kisah Nabi Nuh a.s. dengan kaumnya
kisah Nabi Shaleh a.s. dengan kaum­nya (Tsamud)
kisah Nabi Hud a.s. dengan kaumnya(‘Aad)
kisah Nabi Luth a.s. dengan kaumnya
kisah Nabi Syu’ai’b a.s. dengan penduduk Aikah.

Lain-lain:

Kebinasaan suatu bangsa atau umat disebabkan mereka meninggalkan petunjuk­ petunjuk agama
tumbuh-tumbuhan yang beraneka ragam dan perobahan-pero­bahannya adalah bukti adanya Tuhan Yang Maha Esa
petunjuk-petunjuk Allah bagi pemimpin agar berlaku lemah lembut terhadap pengikut-pengikutnya
turun­nya kitab Al Qur’an dalam bahasa Arab sudah disebut dalam kitab-kitab suci dahulu.

Audio

Qari Internasional

Q.S. Asy-Syu'araa (26) ayat 63 - Oleh Syekh Mishari Alafasy
Q.S. Asy-Syu'araa (26) ayat 63 - Oleh Syekh Sa'ad Al-Ghamidi
Q.S. Asy-Syu'araa (26) ayat 63 - Oleh Syekh Muhammad Ayyub

Q.S. Asy-Syu'ara (26) ayat 60-68 - Ifa Fachir (Bahasa Indonesia)
Q.S. Asy-Syu'ara (26) ayat 60-68 - Ifa Fachir (Bahasa Arab)

Murottal al-Qur'an & Terjemahan Indonesia
Q.S. Asy-Syu'araa - Oleh Syekh Misyari Rasyid Alafasy
Full ayat 1 sampai 227 & Terjemahan


Gambar



Statistik Q.S. 26:63
  • Rating RisalahMuslim

Ayat ini terdapat dalam surah Asy Syu'araa.

Surah Asy-Syu'ara atau Surah Asy-Syu'ara' adalah surah ke-26 dari Al-Qur'an.
Surah ini terdiri dari 227 ayat termasuk golongan surah-surah Makkiyyah.
Dinamakan Asy Syu'ara (kata jamak dari Asy Sya'ir yang berarti penyair) diambil dari kata Asy Syuara yang terdapat pada ayat 224.
Banyak nilai-nilai yang berharga dari bebagai kisah-kisah para Nabi yang umat mereka dipunahkan serta sebagian riwayat tiga hamba Allah yang dimuliakan Musa, Harun dan Ibrahim.

Nomor Surah 26
Nama Surah Asy Syu'araa
Arab الشعراء
Arti Penyair
Nama lain Tha Sin Mim, Al-Jami’ah
Tempat Turun Mekkah
Urutan Wahyu 47
Juz Juz 19
Jumlah ruku' 11 ruku'
Jumlah ayat 227
Jumlah kata 1223
Jumlah huruf 5630
Surah sebelumnya Surah Al-Furqan
Surah selanjutnya Surah An-Naml
4.4
Ratingmu: 4.4 (20 orang)
Sending









Iklan

Video

Panggil Video Lainnya


Ikuti RisalahMuslim
               





Copied!

Email: [email protected]
Made with in Yogyakarta


Ikuti RisalahMuslim