QS. Ash Shaffaat (Barisan-barisan) – surah 37 ayat 159 [QS. 37:159]

سُبۡحٰنَ اللّٰہِ عَمَّا یَصِفُوۡنَ
Subhaanallahi ‘ammaa yashifuun(a);

Mahasuci Allah dari apa yang mereka sifatkan,
―QS. 37:159
Topik ▪ Segala sesuatu ada takdirnya
37:159, 37 159, 37-159, Ash Shaffaat 159, AshShaffaat 159, Al-Shaffat 159, AshShaffat 159, Ash Shafat 159, Ash Shaffat 159
English Translation - Sahih International
Exalted is Allah above what they describe,
―QS. 37:159

 

Tafsir surah Ash Shaffaat (37) ayat 159

Tafsir Kementrian Agama RI

Tafsir QS. Ash Shaffaat (37) : 159. Oleh Kementrian Agama RI

Selanjutnya Allah menegaskan bahwa Ia Mahasuci dari segala anggapan dan pandangan seperti itu, bahwa Ia punya anak perempuan yaitu malaikat dan bahwa antara Ia dan jin ada hubungan kekerabatan.
Bahkan Ia Mahasuci dari apa pun pandangan manusia mengenai diri-Nya, karena keadaan-Nya yang sebenarnya tidak dapat dilukiskan manusia dengan sebenar-benarnya, karena Ia tidak akan dapat ditangkap mata, tidak dapat didengar telinga, dan tidak tergores di dalam hati.
Orang yang berpandangan demikian adalah musyrik.

Hamba-hamba Allah yang terpilih, yaitu yang telah dijadikan-Nya memiliki sifat ikhlas, tidak akan mempunyai pandangan yang salah tentang-Nya.
Mereka selalu mengagungkan-Nya sejauh yang ia mampu mengagungkan-Nya, memuji-Nya sejauh yang ia mampu memuji-Nya, dan melaksanakan perintah-Nya dengan patuh sejauh yang ia mampu melaksanakannya.
Begitu pulalah malaikat dalam pandangan mereka.
Malaikat bukanlah anak perempuan Allah, tetapi adalah hamba Allah yang selalu menghambakan diri kepada-Nya dan melaksanakan perintah-Nya tanpa pamrih sedikit pun.