Keluarga Anda ada yang belum mahir membaca Alquran? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

QS. An Najm (Bintang) – surah 53 ayat 14 [QS. 53:14]

عِنۡدَ سِدۡرَۃِ الۡمُنۡتَہٰی
‘Inda sidratil muntah(a);
(yaitu) di Sidratul Muntaha,
―QS. An Najm [53]: 14

At the Lote Tree of the Utmost Boundary –
― Chapter 53. Surah An Najm [verse 14]

عِندَ di sisi

Near
سِدْرَةِ Sidratil

(the) Lote Tree
ٱلْمُنتَهَىٰ Muntaha

(of) the utmost boundary,

Tafsir

Alquran

Surah An Najm
53:14

Tafsir QS. An Najm (53) : 14. Oleh Kementrian Agama RI


Selanjutnya dalam ayat-ayat ini Allah menerangkan bahwa sesungguhnya Muhammad ﷺ sudah pernah melihat Jibril (untuk kedua kalinya) dalam rupanya yang asli pada waktu melakukan mi’raj ke Sidratul Muntaha yaitu suatu tempat yang merupakan batas alam yang dapat diketahui oleh para malaikat.
Ada yang berpendapat bahwa maksud ayat ini adalah seperti dalam firman Allah:

وَاَنَّ اِلٰى رَبِّكَ الْمُنْتَهٰى

Dan sesungguhnya kepada Tuhanmulah kesudahannya (segala sesuatu).
(an-Najm [53]: 42)


Setiap Mukmin wajib mempercayai bahwa Sidratul Muntaha itu sebagaimana yang telah diterangkan oleh Allah dalam ayat-Nya.
Tetapi ia tidak boleh menerangkan tempatnya dan sifat-sifatnya, dengan keterangan yang melebihi daripada apa yang telah diterangkan oleh Allah dalam Alquran, kecuali bila keterangan itu kita dapat dari hadis Nabi Muhammad ﷺ yang menerangkan kepada kita dengan jelas dan pasti, karena hal itu termasuk dalam hal yang gaib yang belum diizinkan kita untuk mengetahuinya.

Menurut hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad, Muslim, atTirmidzi, dan lain-lainnya bahwa Sidratul Muntaha itu ada di langit yang ketujuh.

Tafsir QS. An Najm (53) : 14. Oleh Muhammad Quraish Shihab:


Muhammad telah melihat Jibril dalam bentuknya yang asli sekali lagi di suatu tempat yang tidak diketahui oleh selain Allah, yaitu sidratulmuntaha (sidrat al-muntaha).
Jibril mengabarkan Muhammad bahwa Allah mempunyai surga tempat tinggal yang penuh dengan karunia yang tak tergambarkan.


Pandangan Muhammad tidak berpaling dari apa yang dilihat itu dan tidak melampaui batas perintah untuk melihat.

Oleh tim Mujamma’ Raja Fahd arahan Syaikh al-Allamah Dr. Shalih bin Muhammad Alu asy-Syaikh:


Maka apakah kalian, kaum musyrik Mekah, hendak mendustakan Muhammad sallallahu alaihi wa sallam kemudian menentangnya atas ayat-ayat Tuhan yang dilihat dan disaksikannya?
Sesungguhnya, Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, yaitu di Sidratul Muntaha, di atas langit yang ke tujuh.
Di dekatnya ada surga tempat tinggal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa.


(Muhammad melihat Jibril) ketika di Sidratul Muntaha diliputi oleh sesuatu yang besar, dengan izin Allah, tidak ada yang mengetahui sifatnya kecuali Allah.
Nabi Muhammad mempunyai sifat yang mulia, yaitu teguh pendirian dan taat.


Penglihatan Muhammad tidak berpaling ke kanan dan ke kiri dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampaui yang diperintahkan.
Sesungguhnya, Muhammad telah melihat pada malam Mi’raj sebagian tanda-tanda kekuasaan dan keagungan Tuhannya yang paling besar, yaitu surga, neraka, dan sebagainya.

Oleh Jalaluddin al-Mahalli & Jalaluddin as-Suyuthi:



(Yaitu di Sidratul Muntaha) sewaktu nabi dibawanya Sidratul Muntaha adalah nama sebuah pohon Nabaq yang terletak di sebelah kanan Arasy, tiada seorang malaikat pun dan tidak pula yang lainnya dapat melewati tempat itu.

Oleh Ismail bin Umar Al-Quraisyi bin Katsir Al-Bashri Ad-Dimasyqi:


Firman Allah subhanahu wa ta’ala:

Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, (yaitu) di Sidratil Muntaha.
Di dekatnya ada surga tempat tinggal.
(QS. An-Najm [53]: 13-15)

Ini terjadi yang kedua kalinya bagi Rasulullah ﷺ saat melihat Jibrilalaihis salam dalam rupa aslinya seperti yang diciptakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala, dan hal itu terjadi di malam hadishadis mengenai perjalanan Nabi ﷺ lengkap dengan semua jalur periwayatannya dan semua lafaznya, yaitu dalam surat Al-Isra hingga tidak perlu diulang lagi.


Telah disebutkan pula bahwa Ibnu Abbas r.a. mengukuhkan penglihatan ini terjadi di malam dalil ayat ini, lalu pendapatnya diikuti oleh sejumlah ulama Salaf dan Khalaf.
Tetapi ada sebagian sahabat dan tabi’in yang tidak sependapat dengannya.

Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Hasan ibnu Musa, telah menceritakan kepada kami Hammad ibnu Salamah, dari Asim ibnu Bandalah, dari Zurr ibnu Jaisy, dari Ibnu Mas’ud r.a. sehubungan dengan makna ayat ini:
Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, (yaitu) di Sidratil Muntaha.
(QS. An-Najm [53]: 13-14)
Bahwa Rasulullah ﷺ pernah bersabda:
Aku melihat Jibril (dalam rupa aslinya), ia memiliki enam ratus sayap, dari bulu-bulu sayapnya bertebaran beraneka warna mutiara dan yaqut.

Sanad hadis ini jayyid (baik) lagi kuat.

Imam Ahmad mengatakan pula, telah menceritakan kepada kami Yahya ibnu Adam, telah menceritakan kepada kami Syarik, dari Jami’ ibnu Abu Rasyid, dari Abu Wa-il, dari Abdullah yang mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ telah melihat rupa asli Malaikat Jibril dengan enam ratus sayapnya, masing-masing sayap besarnya menutupi cakrawala langit, dan berjatuhan dari sayapnya beraneka ragam mutiara dan yaqut yang hanya Allah sendirilah yang mengetahui keindahan dan banyaknya.

Sanad hadis ini hasan.

Imam Ahmad mengatakan pula, telah menceritakan kepada kami Zaid ibnul Habbab, telah menceritakan kepadaku Husain, telah menceritakan kepadaku Asim ibnu Bahdalah yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Syaqiq ibnu Salamah menceritakan hadis berikut dari Ibnu Mas’ud r.a. yang telah mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ pernah bersabda:
pernah melihat Jibril dalam rupa aslinya di Sidratil Muntaha dan dia mempunyai enam ratus buah sayap.
Dan aku menanyakan kepada Asim tentang sayap-sayap itu, tetapi Asim tidak mau menceritakannya kepadaku.
Tetapi salah seorang dari muridnya mengatakan kepadaku bahwa sebuah sayapnya sama besarnya dengan jarak antara timur dan barat.

Sanad riwayat ini pun kuat pula.

Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Zaid ibnul Habbab, telah menceritakan kepada kami Husain, telah menceritakan kepadaku Asim ibnu Bahdalah, telah menceritakan kepadaku Syaqiq ibnu Salamah yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Ibnu Mas’ud r.a. mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ telah bersabda:
Jibrilalaihis salam datang kepadaku dengan mengenakan pakaian yang bertaburan penuh dengan mutiara.

Sanad hadis ini jayyid pula.

Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Yahya, dari Ismail, telah menceritakan kepada kami Amir yang mengatakan bahwa Masruq datang kepada Aisyah r.a., lalu bertanya,
"Wahai Ummul Mu’minin, apakah Muhammad ﷺ telah melihat Tuhannya?"
Aisyah menjawab,
"Subhanallah, sesungguhnya bulu kudukku berdiri mendengar pertanyaanmu itu, lalu di manakah akalmu dari tiga perkara yang barang siapa mengatakannya, maka sesungguhnya dia telah berdusta.
Yaitu orang yang mengatakan kepadamu bahwa Muhammad telah melihat Tuhannya, maka sesungguhnya dia telah berdusta."
Kemudian Aisyah r.a. membaca firman Allah subhanahu wa ta’ala:
Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedangkan Dia dapat melihat segala penglihatan itu.
(QS. Al-An’am [6]: 103)
Dan firman Allah subhanahu wa ta’ala:
Dan tiada bagi seorang manusia pun bahwa Allah berkata-kata dengan dia kecuali dengan perantaraan wahyu atau di belakang tabir.
(QS. Asy Shyuura [42]: 51)
Dan barang siapa yang mengatakan kepadamu bahwa dirinya mengetahui apa yang akan terjadi besok, maka sesungguhnya dia telah berdusta.
Kemudian Aisyah r.a. membaca firman-Nya:
Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang hari kiamat;
dan Dialah Yang menurunkan hujan dan mengetahui apa yang ada dalam rahim.
(QS. Luqman [31]: 34), hingga akhir ayat.
Dan barang siapa yang menceritakan kepadamu bahwa Muhammad telah menyembunyikan sesuatu, maka sesungguhnya dia telah berdusta.
Kemudian Aisyah membaca firman-Nya:
Hai Rasul, sampaikanlah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu.
(QS. Al-Ma’idah [5]: 67)
Akan tetapi, dia hanya melihat Jibril dalam rupanya yang asli sebanyak dua kali.

Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Abu Addi, dari Daud, dari Asy-Sya’bi, dari Masruq yang mengatakan bahwa ketika ia ada di hadapan Aisyah, ia bertanya bahwa bukankah Allah subhanahu wa ta’ala telah berfirman:
Dan sesungguhnya Muhammad itu melihat Jibril di ufuk yang terang.
(QS. At-Takwir [81]: 23)
Dan firman Allah subhanahu wa ta’ala:
Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain.
(QS. An-Najm [53]: 13)
Maka Siti Aisyah menjawab bahwa dialah orang pertama dari umat ini yang menanyakan hal itu kepada Rasulullah ﷺ Lalu beliau ﷺ menjawab:
Sesungguhnya dia itu hanyalah Jibril.
Nabi ﷺ tidak melihat Jibril dalam rupanya yang asli kecuali hanya sebanyak dua kali.
Nabi ﷺ melihat Jibrilalaihis salam turun dari langit ke bumi, sedangkan cakrawala yang ada antara langit dan bumi tertutup oleh kebesaran tubuhnya.


Begitu pula menurut apa yang telah diketengahkan oleh Bukhari dan Muslim di dalam kitab sahih masing-masing melalui hadis Asy-Sya’bi dengan sanad yang sama.

Riwayat Abu Zar, Imam Ahmad mengatakan bahwa telah menceritakan kepada kami Affan, telah menceritakan kepada kami Hammam, telah menceritakan kepada kami Qatadah, dari Abdullah ibnu Syaqiq yang menceritakan bahwa ia pernah berkata kepada Abu Zar, bahwa seandainya dirinya menjumpai Rasulullah ﷺ, tentulah dia akan bertanya.
Abu Zar bertanya,
"Pertanyaan apakah yang akan engkau ajukan kepada beliau?"
Aku menjawab,
"Apakah dia pernah melihat Tuhannya?"
Abu Zar berkata,
"Aku telah menanyakan hal itu kepada beliau, lalu beliau ﷺ menjawab:
‘Sesungguhnya aku telah melihat-Nya berupa nur (cahaya), lalu mana mungkin aku dapat melihat-Nya’?"

Demikianlah menurut bunyi teks yang ada pada Imam Ahmad.

Imam Muslim telah meriwayatkan hadis ini melalui dua jalur dengan dua lafaz.
Untuk itu ia mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abu Bakar ibnu Abu Syaibah, telah menceritakan kepada kami Waki’, dari Yazid ibnu Ibrahim, dari Qatadah, dari Abdullah ibnu Syaqiq, dari Abu Zar yang menceritakan bahwa ia pernah bertanya kepada Rasulullah ﷺ,
"Apakah engkau pernah melihat Tuhanmu?"
Nabi ﷺ menjawab:
Yang kulihat hanya nur, mana mungkin aku dapat melihat-Nya.

Imam Muslim mengatakan pula, telah menceritakan kepada Muhammad ibnu Basysyar, telah menceritakan kepada kami Mu’az ibnu Hisyam, telah menceritakan kepada kami ayahku, dari Qatadah, dari Abdullah ibnu Syaqiq yang mengatakan bahwa ia pernah bertanya kepada Abu Zar bahwa seandainya ia mengalami masa Rasulullah ﷺ, tentulah dia akan menanyakan sesuatu kepada beliau.
Maka Abu Zar bertanya,
"Apakah yang hendak kamu tanyakan kepada beliau?"
Ia menjawab,
"Aku akan menanyakan kepada beliau, apakah beliau pernah melihat Tuhannya?"
Abu Zar berkata,
"Aku telah menanyakan hal itu kepada beliau, maka beliau menjawab:
‘Aku hanya melihat nur (cahaya)’."

Al-Khalal telah meriwayatkan suatu pendapat yang menilai hadis ini mengandung kelemahan, bahwa Imam Ahmad pernah ditanya tentang hadis ini, maka ia menjawab,
"Aku masih tetap menganggapnya berpredikat munkar,"
tetapi aku tidak mengetahui apa alasannya.

Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami Amr ibnu Aun Al-Wasiti, telah menceritakan kepada kami Hasyim, dari Mansur, dari Al-Hakam, dari Ibrahim, dari ayahnya, dari Abu Zar yang mengatakan bahwa Nabi ﷺ telah melihat Tuhannya dengan pandangan hatinya dan tidak melihat-Nya dengan pandangan matanya.

Ibnu Khuzaimah berupaya membuktikan bahwa hadis ini munqati’ (ada mata rantai perawi yang terputus) antara Abdullah ibnu Syaqiq dan Abu Zar.
Sedangkan Ibnul Juzi’ menakwilkan hadis ini dengan pengertian bahwa barangkali Abu Zar menanyakan hal itu kepada Rasulullah ﷺ sebelum beliau menjalani Abu Zar r.a. menjawab Abdullah ibnu Syaqiq dengan jawaban tersebut.
Tetapi seandainya Abu Zar menanyakan hal itu kepada Nabi ﷺ setelah peristiwa"
Nabi ﷺ akan menjawabnya dengan jawaban positif (ya).

Akan tetapi, takwil Ibnul Juzi dinilai lemah karena sesungguhnya Aisyah r.a. telah menanyakan hal itu sesudah peristiwa Nabi ﷺ berbicara kepada Aisyah r.a. disesuaikan dengan kemampuan daya tangkapnya, atau berupaya untuk menyalahkan pendapat Aisyah.
Seperti Ibnu Khuzaimah di dalam kitab Tauhid-nya, maka sesungguhnya dia sendirilah yang keliru, hanya Allah-lah Yang Maha Mengetahui.

Imam Nasai mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ya’qub ibnu Ibrahim, dari Mansur, dari Al-Hakam, dari Yazid ibnu Syarik, dari Abu Zar yang mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ telah melihat Tuhannya dengan hatinya, bukan dengan pandangan matanya.
Telah disebutkan di dalam kitab Sahih Muslim, dari Abu Bakar ibnu Abu Syaibah, dari Ali ibnu Misar, dari Abdul Malik ibnu Sulaiman, dari Ata ibnu Abu Rabah, dari Abu Hurairah r.a. yang mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya:
Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupa aslinya) pada waktu yang lain.
(QS. An-Najm [53]: 13)
Bahwa Nabi ﷺ telah melihat Jibrilalaihis salam

Mujahid telah mengatakan sehubungan dengan firman-Nya:
Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupa aslinya) pada waktu yang lain.
(QS. An-Najm [53]: 13)
Bahwa Rasulullah ﷺ telah melihat Jibrilalaihis salam dalam bentuknya yang asli sebanyak dua kali.
Hal yang sama telah dikatakan oleh Qatadah dan Ar-Rabi’ ibnu Anas serta lain-lainnya.

Unsur Pokok Surah An Najm (النجم)

Surat An Najm terdiri atas 62 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Al lkhlash.

Nama "An Najm" (Bintang), diambil dari perkataan "An Najm" yang terdapat pada ayat pertama surat ini.
Allah bersumpah dengan "An Najm" (bintang) adalah karena bintang-bintang yang timbul dan tenggelam, amat besar manfaatnya bagi manusia sebagai pedoman bagi manusia dalam melakukan pelayaran di lautan, dalam perjalanan di padang pasir, untuk menentukan peredaran musim dan sebagainya.

Keimanan:

Alquran adalah wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad ﷺ dengan perantaraan Jibril `alaihis salam.
▪ Kebatilan penyembah berhala.
▪ Tak ada seseorangpun memberi syafa’at tanpa izin Allah.
▪ Tiap-tiap orang hanya memikul dosanya sendiri.

Hukum:

▪ Kewajiban menjauhi dosa-dosa besar.
▪ Kewajiban bersujud dan menyembah Allah saja.

Lain-lain:

Nabi Muhammad ﷺ melihat malaikat Jibril 2 kali dalam bentuk aslinya, yaitu sekali waktu menerima wahyu pertama, dan sekali lagi di Sidratul Muntaha.
▪ Anjuran supaya manusia jangan mengatakan dirinya suci karena Allah sendirilah yang mengetahui siapa yang takwa kepada-Nya.
▪ Orang-orang musyrik selalu memperolok-olokkan Alquran.

Audio

QS. An-Najm (53) : 1-62 ⊸ Misyari Rasyid Alafasy
Ayat 1 sampai 62 + Terjemahan Indonesia

QS. An-Najm (53) : 1-62 ⊸ Nabil ar-Rifa’i
Ayat 1 sampai 62

Gambar Kutipan Ayat

Surah An Najm ayat 14 - Gambar 1 Surah An Najm ayat 14 - Gambar 2
Statistik QS. 53:14
  • Rating RisalahMuslim
4.7

Ayat ini terdapat dalam surah An Najm.

SuraH An-Najm (bahasa Arab :النّجْم) adalah surah ke-53 dalam Alquran.
Surah ini terdiri atas 62 ayat, termasuk golongan surah-surah Makkiyah dan diturunkan sesudah surah Al-Ikhlas.
Nama An Najm yang berarti bintang, diambil dari perkataan An Najm yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

Nomor Surah53
Nama SurahAn Najm
Arabالنجم
ArtiBintang
Nama lain
Tempat TurunMekkah
Urutan Wahyu23
JuzJuz 27
Jumlah ruku’3 ruku’
Jumlah ayat62
Jumlah kata359
Jumlah huruf1432
Surah sebelumnyaSurah At-Tur
Surah selanjutnyaSurah Al-Qamar
Sending
User Review
4.7 (27 votes)
Tags:

53:14, 53 14, 53-14, Surah An Najm 14, Tafsir surat AnNajm 14, Quran An-Najm 14, Surah An Najm ayat 14

Keluarga Anda ada yang belum mahir membaca Alquran? Ingin segera bisa?
Klik di sini sekarang!

Video


Panggil Video Lainnya

Ayat Lainnya

QS. Adz Dzaariyaat (Angin yang menerbangkan) – surah 51 ayat 55 [QS. 51:55]

55. Wahai Nabi Muhammad, dengan anugerah Allah, istikamahlah dalam dakwahmu dan tetaplah memberi peringatan kepada umatmu. Kalau orang-orang kafir itu tidak memperoleh faedah dari dakwahmu akibat peno … 51:55, 51 55, 51-55, Surah Adz Dzaariyaat 55, Tafsir surat AdzDzaariyaat 55, Quran adz dzariyat 55, Az Zariyat 55, Surah Az Zariyat ayat 55

QS. Ar Rum (Bangsa Romawi) – surah 30 ayat 23 [QS. 30:23]

23. Allah menciptakan pergantian siang dan malam sebagai bukti kekuasaan dan rahmat-Nya. Dan di antara tanda-tanda kebesaran-Nya yang lain ialah tidurmu untuk istirahat pada waktu malam setelah kamu b … 30:23, 30 23, 30-23, Surah Ar Rum 23, Tafsir surat ArRum 23, Quran Ar-Rum 23, Surah Ar Rum ayat 23

Hadits Shahih

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Yang termasuk mustahiq (orang berhak menerima zakat) berikut yaitu ...

Benar! Kurang tepat!

Setelah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam wafat maka diganti oleh sahabat sebagai pemimpin ummat disebut ...

Benar! Kurang tepat!

Penjelasan:
Kekhalifahan Rasyidin adalah kekhalifahan yang berdiri setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW pada tahun 632 M, atau tahun 11 H. Kekhalifahan ini terdiri atas empat khalifah pertama dalam sejarah Islam, yang disebut sebagai Khulafaur Rasyidin.

Berikut adalah contoh bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala Maha Mendahulukan.

Benar! Kurang tepat!

+

Array

Zakat menurut bahasa زكة , yang bermakna ...

Benar! Kurang tepat!

Jasa khalifah Umar bin Khatab yang sampai saat ini masih dipergunakan, yaitu ...

Benar! Kurang tepat!

Pendidikan Agama Islam #20
Ingatan kamu cukup bagus untuk menjawab soal-soal ujian sekolah ini.

Pendidikan Agama Islam #20 1

Mantab!! Pertahankan yaa..
Jawaban kamu masih ada yang salah tuh.

Pendidikan Agama Islam #20 2

Belajar lagi yaa...

Bagikan Prestasimu:

Soal Lainnya

Pendidikan Agama Islam #10

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkhotbah di kota Mekah kurang lebih selama … 3 tahun 13 tahun 23 tahun

Pendidikan Agama Islam #13

Nama pedang Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu … Valyrian Steel Lightsaber Al-Qaswa Needle Zulfikar Benar! Kurang tepat! Apa

Pendidikan Agama Islam #5

Berikut ini, yang tidak mengandung moral terpuji, adalah … berbohong dalam keadaan terpaksa menolong tetangga yang kafir berkata yang baik

Instagram