Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

Keluarga Anda ada yang belum mahir membaca Alquran? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

QS. Al Israa (Perjalanan Malam) – surah 17 ayat 1 [QS. 17:1]

سُبۡحٰنَ الَّذِیۡۤ اَسۡرٰی بِعَبۡدِہٖ لَیۡلًا مِّنَ الۡمَسۡجِدِ الۡحَرَامِ اِلَی الۡمَسۡجِدِ الۡاَقۡصَا الَّذِیۡ بٰرَکۡنَا حَوۡلَہٗ لِنُرِیَہٗ مِنۡ اٰیٰتِنَا ؕ اِنَّہٗ ہُوَ السَّمِیۡعُ الۡبَصِیۡرُ
Subhaanal-ladzii asra bi’abdihi lailaa minal masjidil haraami ilal masjidil aqshaal-ladzii baaraknaa haulahu linuriyahu min aayaatinaa innah huwassamii’ul bashiir(u);
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami.
Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
―QS. Al Israa [17]: 1

Daftar isi

Exalted is He who took His Servant by night from al-Masjid al-Haram to al-Masjid al-Aqsa, whose surroundings We have blessed, to show him of Our signs.
Indeed, He is the Hearing, the Seeing.
― Chapter 17. Surah Al Israa [verse 1]

سُبْحَٰنَ Maha Suci (Allah)

Exalted
ٱلَّذِىٓ yang

(is) the One Who
أَسْرَىٰ telah memperjalankan

took
بِعَبْدِهِۦ dengan hamba-Nya

His servant
لَيْلًا pada suatu malam

(by) night
مِّنَ dari

from
ٱلْمَسْجِدِ Masjid

Al-Masjid Al-Haraam, *[meaning includes next or prev. word]
ٱلْحَرَامِ Al Haram

Al-Masjid Al-Haraam, *[meaning includes next or prev. word]
إِلَى ke

to
ٱلْمَسْجِدِ Masjid

Al-Masjid Al-Aqsa *[meaning includes next or prev. word]
ٱلْأَقْصَا Al Aqsha

Al-Masjid Al-Aqsa *[meaning includes next or prev. word]
ٱلَّذِى yang

which
بَٰرَكْنَا Kami berkahi

We blessed
حَوْلَهُۥ sekelilingnya

its surroundings,
لِنُرِيَهُۥ untuk Kami perlihatkannya

that We may show him
مِنْ sebagian dari

of
ءَايَٰتِنَآ tanda-tanda Kami

Our Signs.
إِنَّهُۥ sesungguhnya Dia

Indeed He,
هُوَ Dia

He
ٱلسَّمِيعُ Maha Mendengar

(is) the All-Hearer,
ٱلْبَصِيرُ Maha Melihat

the All-Seer.

Tafsir

Alquran

Surah Al Israa
17:1

Tafsir QS. Al Israa (17) : 1. Oleh Kementrian Agama RI


Allah ﷻ menyatakan kemahasucian-Nya dengan firman
"subhana",
agar manusia mengakui kesucian-Nya dari sifat-sifat yang tidak layak dan meyakini sifat-sifat keagungan-Nya yang tiada tara.
Ungkapan itu juga sebagai pernyataan tentang sifat kebesaran-Nya yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam, dengan perjalanan yang sangat cepat.


Allah ﷻ memulai firman-Nya dengan subhana dalam ayat ini, dan di beberapa ayat yang lain, sebagai pertanda bahwa ayat itu mengandung peristiwa luar biasa yang hanya dapat terlaksana karena iradah dan kekuasaan-Nya.


Dari kata asra’ dapat dipahami bahwa IsraNabi Muhammad ﷺ terjadi di waktu malam hari, karena kata asra dalam bahasa Arab berarti perjalanan di malam hari.

Penyebutan lailan, dengan bentuk Isra‘ itu mengambil waktu malam yang singkat dan juga untuk menguatkan pengertian bahwa peristiwa Isra‘ itu memang benar-benar terjadi di malam hari.
Allah ﷻ meng-isra‘-kan hamba-Nya di malam hari, karena waktu itulah yang paling utama bagi para hamba untuk mendekatkan diri kepada Allah, dan waktu yang paling baik untuk beribadah kepada-Nya.


Perkataan ‘abdihi (hamba-Nya) dalam ayat ini maksudnya ialah Nabi Muhammad ﷺ yang telah terpilih sebagai nabi yang terakhir.
Beliau telah mendapat perintah untuk melakukan perjalanan malam, sebagai penghormatan kepadanya.


Dalam ayat ini tidak diterangkan waktunya secara pasti, baik waktu keberangkatan maupun kepulangan Nabi Muhammad ﷺ kembali ke tempat tinggalnya di Mekah.
Hanya saja yang diterangkan bahwa IsraNabi Muhammad ﷺ dimulai dari Masjidilharam, yaitu masjid yang terkenal karena Kabah (Baitullah) terletak di dalamnya, menuju Masjidil Aqsa yang berada di Baitul Makdis.

Masjid itu disebut Masjidil Aqsa yang berarti
"terjauh",
karena letaknya jauh dari kota Mekah.


Selanjutnya Allah ﷻ menjelaskan bahwa Masjidil Aqsa dan daerah-daerah sekitarnya mendapat berkah Allah karena menjadi tempat turun wahyu kepada para nabi.

Tanahnya disuburkan, sehingga menjadi daerah yang makmur.
Di samping itu, masjid tersebut termasuk di antara masjid yang menjadi tempat peribadatan para nabi dan tempat tinggal mereka.


Sesudah itu, Allah menyebutkan alasan mengapa Nabi Muhammad ﷺ diperjalankan pada malam hari, yaitu untuk memperlihatkan kepada Nabi tanda-tanda kebesaran-Nya.
Tanda-tanda itu disaksikan oleh Muhammad ﷺ dalam perjalanannya dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa, berupa pengalaman-pengalaman yang berharga, ketabahan hati dalam menghadapi berbagai macam cobaan, dan betapa luasnya jagat raya serta alangkah Agungnya Allah Maha Pencipta.
Pengalaman-pengalaman baru yang disaksikan Nabi Muhammad sangat berguna untuk memantapkan hati beliau menghadapi berbagai macam rintangan dari kaumnya, dan meyakini kebenaran wahyu Allah, baik yang telah diterima maupun yang akan diterimanya.


Di akhir ayat ini, Allah ﷻ menjelaskan bahwa Dia Maha Mendengar bisikan batin para hamba-Nya dan Maha Melihat semua perbuatan mereka.
Tak ada detak jantung, ataupun gerakan tubuh dari seluruh makhluk yang ada di antara langit dan bumi ini yang lepas dari pengamatan-Nya.


Ayat ini menyebutkan terjadinya peristiwa Isra‘, yaitu perjalanan Nabi Muhammad ﷺ dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa di waktu malam.
Sedangkan peristiwa Mi’raj, yaitu naiknya Nabi Muhammad dari Masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha (Mustawa) tidak diisyaratkan oleh ayat ini, tetapi diisyaratkan dalam Surah an-Najm.


Hampir seluruh ahli tafsir berpendapat bahwa peristiwa Isra‘ terjadi setelah Nabi Muhammad diutus menjadi rasul.
Peristiwanya terjadi satu tahun sebelum hijrah.
Demikian menurut Imam az-Zuhri, Ibnu Sa’ad, dan lain-lainnya.
Imam Nawawi pun memastikan demikian.
Bahkan menurut Ibnu hazm, peristiwa Isra‘ itu terjadi di bulan Rajab tahun kedua belas setelah pengangkatan Muhammad menjadi nabi.
Sedangkan al-hafidh ‘Abdul Gani al-Maqdisi memilih pendapat yang mengatakan bahwa Isra‘ dan Mi’raj tersebut terjadi pada 27 Rajab, dengan alasan pada waktu itulah masyarakat melaksanakannya.



Adapun hadishadis yang menjelaskan terjadinya Isra‘ itu sebagai berikut:


Pertama:
Anas bin Malik menuturkan bahwa pada malam diperjalankannya Rasulullah ﷺ dari Masjidilharam, datanglah kepadanya tiga orang pada saat sebelum turunnya wahyu, sedangkan Rasul pada waktu itu sedang tidur di Masjidilharam.
Kemudian berkatalah orang yang pertama,
"Siapakah dia ini?"
Kemudian orang kedua menjawab,
"Dia adalah orang yang terbaik di antara mereka (kaumnya)."
Setelah itu berkatalah orang ketiga,
"Ambillah orang yang terbaik itu."
Pada malam itu Nabi tidak mengetahui siapa mereka, sehingga mereka datang kepada Nabi di malam yang lain dalam keadaan matanya tidur sedangkan hatinya tidak tidur.
Demikianlah para nabi, meskipun mata mereka terpejam, namun hati mereka tidaklah tidur.
Sesudah itu rombongan tadi tidak berbicara sedikit pun kepada Nabi hingga mereka membawa Nabi dan meletakkannya di sekitar sumur Zamzam.
Di antara mereka ada Jibril yang menguasai diri Nabi, lalu Jibril membelah bagian tubuh, antara leher sampai ke hatinya, sehingga kosonglah dadanya.
Sesudah itu Jibril mencuci hati Nabi dengan air Zamzam dengan menggunakan tangannya, sehingga bersihlah hati beliau.
Kemudian Jibril membawa bejana dari emas yang berisi iman dan hikmah.
Kemudian dituangkanlah isi bejana itu memenuhi dada beliau dan urat-urat tenggorokannya lalu ditutupnya kembali.
(Riwayat Bukhari)


Kedua:
Bahwa Nabi ﷺ bersabda,
"Tiba-tiba datang kepadaku seseorang (Jibril).
Kemudian ia membedah dan mengeluarkan hatiku.
Setelah itu dibawalah kepadaku bejana yang terbuat dari emas yang penuh dengan iman, lalu ia mencuci hatiku.
Setelah itu menuangkan isi bejana itu kepadaku.
Kemudian hatiku dikembalikannya seperti sediakala".
(Riwayat Bukhari dari Sa’sha’ah)


Ketiga:

Bahwa Rasulullah ﷺ bersabda,
"Didatangkan kepadaku Buraq, yaitu binatang putih lebih besar dari himar, dan lebih kecil dari bigal.
Ia melangkahkan kakinya sejauh pandangan mata.
Kemudian saya mengendarainya, lalu ia membawaku sehingga sampai ke Baitul Makdis.
Kemudian saya mengikatnya pada tempat para nabi mengikatkan kendaraannya.
Kemudian saya salat dua rakaat di dalamnya, lalu saya keluar.
Kemudian Jibril membawa kepadaku sebuah bejana yang berisi minuman keras (khamar) dan sebuah lagi berisi susu;
lalu saya pilih yang berisi susu, lantas Jibril berkata,
"Engkau telah memilih fitrah sebagai pilihan yang benar."
(Riwayat Ahmad dari Anas bin Malik)


Dari hadishadis tersebut, dapat disimpulkan bahwa Nabi Muhammad diperjalankan pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa atas izin Allah di bawah bimbingan malaikat Jibril.
Sebelum Nabi Muhammad ﷺ diperjalankan pada malam itu, hatinya diisi iman dan hikmah, agar beliau tahan menghadapi segala macam cobaan dan tabah dalam melaksanakan perintah-Nya.
Perjalanan itu dilakukan dengan mengendarai Buraq yang mempunyai kecepatan luar biasa sehingga Isra‘ dan Mi’raj hanya memerlu-kan waktu kurang dari satu malam.


Dalam ayat ini tidak dijelaskan secara terperinci, apakah Nabi ﷺ Isra‘ dengan roh dan jasadnya, ataukah rohnya saja.
Itulah sebabnya para mufasir berbeda pendapat mengenai hal tersebut.
Mayoritas mereka berpendapat bahwa Isra‘ dilakukan dengan roh dan jasad dalam keadaan sadar, bukan dalam keadaan tidur.
Mereka itu mengajukan beberapa alasan untuk menguatkan pendapatnya di antaranya:


a.
Kata subhana menunjukkan adanya peristiwa yang hebat.
Jika Nabi di-isra‘-kan dalam keadaan tidur, tidak perlu diungkapkan dengan meng-gunakan ayat yang didahului dengan tasbih.


b.
Andaikata Isra‘ itu dilakukan dalam keadaan tidur, tentulah orang Quraisy tidak dengan serta merta mendustakannya.
Banyaknya orang muslim yang murtad kembali karena peristiwa Isra‘ menunjukkan bahwa peristiwa itu bukanlah hal yang biasa.
Kata-kata Ummu Hani yang melarang Nabi menceritakan kepada siapapun pengalaman-pengalaman yang dialami ketika Isra‘ agar mereka tidak menganggap Nabi ﷺ berdusta, juga menguatkan bahwa Isra‘ itu dilakukan Nabi dengan roh dan jasadnya.
Peristiwa ini yang menyebabkan Abu Bakar diberi gelar as-shiddiq karena dia membenarkan Nabi, dengan cepat dan tanpa ragu, ber-Isra‘ dengan roh dan jasadnya, sedangkan orang-orang lain berat menerimanya.


c.
Firman Allah yang menggunakan bi’abdihi menunjukkan bahwa Nabi Isra‘ dengan roh dan jasad karena kata seorang hamba mengacu pada kesatuan jasad dan roh.
Perkataan Ibnu ‘Abbas bahwa orang-orang Arab menggunakan kata ru’ya dalam arti penglihatan mata, maka kata ru’ya yang tersebut dalam firman Allah berikut ini mesti dipahami sebagai penglihatan dengan mata.

وَمَا جَعَلْنَا الرُّءْيَا الَّتِيْٓ اَرَيْنٰكَ اِلَّا فِتْنَةً لِّلنَّاسِ وَالشَّجَرَةَ الْمَلْعُوْنَةَ فِى الْقُرْاٰنِ

Dan Kami tidak menjadikan mimpi yang telah Kami perlihatkan kepadamu, melainkan sebagai ujian bagi manusia dan (begitu pula) pohon yang terkutuk (zaqqum) dalam Alquran. (al-Isra‘ [17]: 60)


e.
Yang diperlihatkan kepada Nabi waktu Isra‘ dan Mi’raj adalah penglihatan mata yang mungkin terjadi karena kecepatan yang serupa telah dibuktikan oleh manusia dengan teknologi modern.


Beberapa mufassir yang lain berpendapat bahwa Isra‘ dilakukan Nabi dengan rohnya saja.
Mereka ini menguatkan pendapatnya dengan perkataan Mu’awiyah bin Abi Sufyan ketika ditanya tentang IsraNabi Muhammad ﷺ, beliau menjawab:
Isra Nabi itu adalah mimpi yang benar yang datangnya dari Allah.



Pendapat yang mengatakan bahwa Isra‘ hanya dilakukan dengan roh saja lemah, karena sanad hadis yang dijadikan hujjah atau pegangan tidak jelas.

Tafsir QS. Al Israa (17) : 1. Oleh Muhammad Quraish Shihab:


Mahasuci Allah dari hal-hal yang tidak pantas untuk disandangkan kepada diri-Nya.
Dialah yang memperjalankan hamba-Nya, Muhammad, pada sebagian waktu malam dari Masjid al-Haram, di Mekah, menuju Masjid al-Aqsha, di Bayt al-Maqdis, yang telah Kami berkahi sekelilingnya berupa makanan untuk masyarakat sekitarnya.


Semua itu agar Kami memperlihatkan tanda-tanda kekuasaan Kami yang dapat menjadi bukti yang menunjuki keesaan dan kebesaran kekuasaan Kami.
Sesungguhnya hanya Allahlah yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

Oleh tim Mujamma’ Raja Fahd arahan Syaikh al-Allamah Dr. Shalih bin Muhammad Alu asy-Syaikh:


Allah memuji diri-Nya dan mengagungkan urusan-Nya, karena kekuasaan-Nya terhadap apa yang tidak mampu dilakukan oleh seorang pun selain-Nya.
Tiada Ilah selain-Nya, dan tiada Rabb selain-Nya.


Dialah yang telah memperjalankan hamba-Nya, Muhammad sallallahu alaihi wa sallam , pada waktu malam, dengan jasad dan ruhnya, dalam keadaan sadar tidak tidur, dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Baitul Maqdis, yang Allah berkahi sekelilingnya dengan tanaman, buah-buahan, dan selainnya, serta Dia menjadikannya sebagai tempat bagi banyak nabi;
agar bisa disaksikan keajaiban kekuasaan Allah dan bukti-bukti keesaan-Nya.
Sesungguhnya Dia Maha Mendengar semua suara, lagi Maha Melihat semua yang bisa dilihat, lalu Dia memberi masing-masing apa yang menjadi haknya di dunia dan akhirat.

Oleh Jalaluddin al-Mahalli & Jalaluddin as-Suyuthi:



(Maha Suci) artinya memahasucikan


(Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya) yaitu Nabi Muhammad ﷺ


(pada suatu malam) isra ialah melakukan perjalanan di malam hari, disebutkan untuk memberikan pengertian bahwa perjalanan yang dilakukan itu dalam waktu yang sedikit, oleh karenanya diungkapkan dalam bentuk nakirah untuk mengisyaratkan kepada pengertian itu


(dari Masjidilharam ke Masjidilaksa) yakni Baitulmakdis, dinamakan Masjidilaksa mengingat tempatnya yang jauh dari Masjidilharam


(yang telah Kami berkahi sekelilingnya) dengan banyaknya buah-buahan dan sungai-sungai


(agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda Kami) yaitu sebagian daripada keajaiban-keajaiban kekuasaan Kami.


(Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui) artinya yang mengetahui semua perkataan dan pekerjaan Nabi ﷺ Maka Dia melimpahkan nikmat-Nya kepadanya dengan memperjalankannya di suatu malam, di dalam perjalanan itu antara lain ia sempat berkumpul dengan para nabi, naik ke langit, melihat keajaiban-keajaiban alam malakut dan bermunajat langsung dengan Allah subhanahu wa ta’ala Sehubungan dengan peristiwa ini Nabi ﷺ menceritakannya melalui sabdanya,
"Aku diberi buraq, adalah seekor hewan yang berbulu putih, tingginya lebih dari keledai akan tetapi lebih pendek daripada bagal, bila ia terbang kaki depannya dapat mencapai batas pandangan matanva.
Lalu aku menaikinya dan ia membawaku hingga sampai di Baitulmakdis.
Kemudian aku tambatkan ia pada tempat penambatan yang biasa dipakai oleh para nabi.
Selanjutnya aku memasuki Masjidilaksa dan melakukan salat dua rakaat di dalamnya.
Setelah itu aku keluar dari Masjidilaksa datanglah kepadaku malaikat Jibril seraya membawa dua buah cawan, yang satu berisikan khamar sedangkan yang lain berisikan susu.
Aku memilih cawan yang berisikan susu, lalu malaikat Jibril berkata, ‘Engkau telah memilih fitrah


(yakni agama Islam).’ Nabi ﷺ melanjutkan kisahnya, kemudian malaikat Jibril membawaku naik ke langit dunia


(langit pertama), lalu malaikat Jibril mengetuk pintu langit, ditanyakan lagi kepadanya, ‘Siapakah kamu?’ Malaikat Jibril menjawab, ‘Jibril.’ Ditanyakan lagi kepadanya, ‘Siapakah yang bersamamu itu?’ Malaikat Jibril menjawab, ‘Muhammad.’ Ditanyakan lagi kepadanya, ‘Apakah dia telah diutus untuk menemui-Nya?’ Malaikat Jibril menjawab, ‘Dia telah diutus untuk menemui-Nya.’ Kemudian pintu langit pertama dibukakan bagi kami, tiba-tiba di situ aku bertemu dengan Nabi Adam.
Nabi Adam menyambut kedatanganku, dan ia mendoakan kebaikan untukku.
Kemudian malaikat Jibril membawaku naik ke langit yang kedua, malaikat Jibril mengetuk pintu langit yang kedua.
Lalu ditanyakan kepadanya, ‘Siapakah kamu?’ Malaikat Jibril menjawab, ‘Jibril.’ Ditanyakan lagi kepadanya, ‘Siapakah orang yang bersamamu itu?’ Malaikat Jibril menjawab, ‘Muhammad.’ Ditanyakan lagi kepadanya, ‘Apakah dia telah diutus untuk menghadap kepada-Nya?’ Malaikat Jibril menjawab, ‘Dia telah diutus untuk menemui-Nya.’ Maka pintu langit yang kedua dibukakan bagi kami, tiba-tiba aku bertemu dengan dua orang anak bibiku, yaitu Nabi Yahya dan Nabi Isa.
Lalu keduanya menyambut kedatanganku, dan keduanya mendoakan kebaikan buatku.
Kemudian malaikat Jibril membawaku naik ke langit yang ketiga, maka malaikat Jibril mengetuk pintu langit yang ketiga, lalu ditanyakan kepadanya, ‘Siapakah kamu?’ Malaikat Jibril menjawab, ‘Jibril.’ Ditanyakan lagi kepadanya, ‘Siapakah orang yang bersamamu itu?’ Malaikat Jibril menjawab, ‘Muhammad.’ Ditanyakan lagi kepadanya, ‘Apakah dia telah diutus untuk menemui-Nya?’ Malaikat Jibril menjawab, ‘Dia telah diutus untuk menemui-Nya.’ Maka dibukakanlah pintu langit ketiga bagi kami, tiba-tiba aku bertemu dengan Nabi Yusuf, dan ternyata ia telah dianugerahi separuh daripada semua keelokan.
Nabi Yusuf menyambut kedatanganku, lalu ia mendoakan kebaikan bagiku.
Kemudian malaikat Jibril membawaku naik ke langit yang keempat, maka malaikat Jibril mengetuk pintu langit.
Lalu ditanyakan kepadanya, ‘Siapakah kamu?’ Malaikat Jibril menjawab.
Jibril.’ Ditanyakan lagi kepadanya, ‘Siapakah orang yang bersamamu itu?’ Malaikat Jibril menjawab, ‘Muhammad.’ Ditanyakan lagi kepadanya, ‘Apakah dia telah diutus untuk menemui-Nya?’ Malaikat Jibril menjawab, ‘Dia telah diutus untuk menemui-Nya.’ Maka pintu langit yang keempat dibukakan bagi kami, tiba-tiba aku bertemu dengan Nabi Idris, ia menyambut kedatanganku dan mendoakan kebaikan bagiku.
Kemudian malaikat Jibril membawaku ke langit yang kelima, lalu malaikat Jibril mengetuk pintu langit yang kelima, maka ditanyakan kepadanya, ‘Siapakah kamu?’ Malaikat Jibril menjawab, ‘Jibril.’ Dan ditanyakan lagi kepadanya, ‘Siapakah orang yang bersamamu itu?’ Malaikat Jibril menjawab, ‘Muhammad.’ Ditanyakan lagi kepadanya, ‘Apakah dia telah diutus untuk menemui-Nya?’ Malaikat Jibril menjawab, ‘Dia telah diutus untuk menemui-Nya.’ Lalu dibukakanlah pintu langit yang kelima bagi kami, tiba-tiba aku bertemu dengan Nabi Harun, ia menyambut kedatanganku dan mendoakan kebaikan bagiku.
Selanjutnya malaikat Jibril membawaku naik ke langit yang keenam, lalu ia mengetuk pintunva, ditanyakan kepadanya, ‘Siapakah kamu?’ Malaikat Jibril menjawab, ‘Jibril.’ Ditanyakan lagi kepadanya, ‘Siapakah orang yang bersamamu itu?’ Malaikat Jibril menjawab, ‘Muhammad.’ Ditanyakan lagi kepadanya, ‘Apakah dia telah diutus untuk menemui-Nya?’ Malaikat Jibril menjawab, ‘Dia telah diutus untuk menemui-Nya.’ Maka dibukakanlah pintu langit yang keenam buat kami, tiba-tiba aku bertemu dengan Nabi Musa, lalu Nabi Musa menyambut kedatanganku, dan ia mendoakan kebaikan bagiku.
Kemudian malaikat Jibril membawaku naik ke langit yang ketujuh, lalu ia mengetuk pintunya.
Ditanyakan kepadanya, ‘Siapakah kamu?’ Malaikat Jibril menjawab, ‘Jibril.’ Ditanyakan lagi kepadanya, ‘Siapakah orang yang bersamamu itu?’ Malaikat Jibril menjawab, ‘Muhammad.’ Ditanyakan lagi kepadanya, ‘Apakah dia telah diutus untuk menemui-Nya?’ Malaikat Jibril menjawab, ‘Dia telah diutus untuk menemui-Nya.’ Maka dibukakanlah pintu langit yang ketujuh bagi kami, tiba-tiba aku bertemu dengan Nabi Ibrahim.
Kedapatan ia bersandar pada Baitulmakmur.
Ternyata Baitulmakmur itu setiap harinya dimasuki oleh tujuh puluh ribu malaikat, yang selanjutnya mereka tidak kembali lagi padanya.
Kemudian malaikat Jibril membawaku naik ke Sidratul Muntaha, kedapatan daun-daunnya bagaikan telinga-telinga gajah dan buah-buahan bagaikan tempayan-tempayan yang besar.
Ketika semuanya tertutup oleh nur Allah, semuanya menjadi berubah.
Maka kala itu tidak ada seorang makhluk Allah pun yang dapat menggambarkan keindahannya.
Rasulullah ﷺ melanjutkan kisahnya, maka Allah mewahyukan kepadaku secara langsung, dan Dia telah


(mewajibkan) kepadaku lima puluh kali salat untuk setiap hari.
Setelah itu lalu aku turun hingga sampai ke tempat Nabi Musa


(langit yang keenam).
Maka Nabi Musa bertanya kepadaku, ‘Apakah yang diwajibkan oleh Rabbmu atas umatmu?’ Aku menjawab, ‘Lima puluh kali salat untuk setiap harinya.’ Nabi Musa berkata, ‘Kembalilah kepada Rabbmu, lalu mintalah keringanan dari-Nya karena sesungguhnya umatmu niscava tidak akan kuat melaksanakannya, aku telah mencoba Bani Israel dan telah menguji mereka.’ Rasulullah ﷺ melanjutkan kisahnya, maka aku kembali kepada Rabbku, lalu aku memohon, ‘Wahai Rabbku, ringankanlah buat umatku.’ Maka Allah meringankan lima waktu kepadaku.
Lalu aku kembali menemui Nabi Musa.
Dan Nabi Musa bertanya, ‘Apakah yang telah kamu lakukan?’ Aku menjawab, ‘Allah telah meringankan lima waktu kepadaku.’ Maka Nabi Musa bertanya, ‘Sesungguhnya umatmu niscaya tidak akan kuat melakukan hal tersebut, maka kembalilah lagi kepada Rabbmu dan mintalah keringanan buat umatmu kepada-Nya.’ Rasulullah melanjutkan kisahnya, maka aku masih tetap mondar-mandir antara Rabbku dan Nabi Musa, dan Dia meringankan kepadaku lima waktu demi lima waktu.
Hingga akhirnya Allah berfirman, ‘Hai Muhammad, salat lima waktu itu untuk tiap sehari semalam, pada setiap salat berpahala sepuluh salat, maka itulah lima puluh kali salat.
Dan barang siapa yang berniat untuk melakukan kebaikan, kemudian ternyata ia tidak melakukannya dituliskan untuknya pahala satu kebaikan.
Dan jika ternyata ia melakukannya, dituliskan baginva pahala sepuluh kali kebaikan.
Dan barang siapa yang berniat melakukan keburukan, lalu ia tidak mengerjakannya maka tidak dituliskan dosanya.
Dan jika ia mengerjakannya maka dituliskan baginva dosa satu keburukan.’ Setelah itu aku turun hingga sampai ke tempat Nabi Musa, lalu aku ceritakan hal itu kepadanya.
Maka ia berkata, ‘Kembalilah kepada Rabbmu, lalu mintalah kepada-Nya keringanan buat umatmu, karena sesungguhnya umatmu tidak akan kuat melaksanakannya.’ Maka aku menjawab, ‘Aku telah mondar-mandir kepada Rabbku hingga aku malu terhadap-Nya.’"


(Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim, dan hadis ini berdasarkan Imam Muslim).
Imam Hakim di dalam kitab Mustadrak meriwayatkan sebuah hadis melalui Ibnu Abbas r.a. yang menceritakan, bahwa Rasulullah ﷺ telah bersabda,
"Aku melihat Rabbku Azza Wajalla."

Oleh Ismail bin Umar Al-Quraisyi bin Katsir Al-Bashri Ad-Dimasyqi:


Allah subhanahu wa ta’ala, memulai surat ini dengan mengagungkan diri-Nya dan meng­gambarkan kebesaran peran-Nya, karena kekuasaan-Nya melampaui segala sesuatu yang tidak mampu dilakukan oleh seorang pun selain Dia sendiri.
Maka tidak ada Tuhan selain Dia, dan tidak ada Rabb selain Dia.

…yang telah memperjalankan hamba-Nya.

Yaitu Nabi Muhammad ﷺ

…pada suatu malam.

Maksudnya, di dalam kegelapan malam hari.

…dari Masjidil Haram.

Yang tempatnya berada di Mekah

…ke Masjidil Aqsa.

Yakni Baitul Muqaddas yang terletak di Elia (Yerussalem), tempat asal para Nabi (terdahulu) sejak Nabi Ibrahimalaihis salam Karena itulah semua nabi dikumpulkan di Masjidil Aqsa pada malam itu, lalu Nabi ﷺ mengimami mereka di tempat mereka.
Hal ini menunjukkan bahwa Nabi Muhammad ﷺ adalah imam terbesar dan pemimpin yang didahulukan.
Semoga salawat dan salam Allah terlimpahkan kepada mereka semuanya.


Firman Allah subhanahu wa ta’ala :

…yang telah Kami berkahi sekelilingnya.

Yakni tanam-tanamannya dan hasil buah-buahannya.

…agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.

Maksudnya, Kami perlihatkan kepada Muhammad sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Kami yang besar-besar.


Dalam ayat lain disebutkan melalui firman-Nya:

Sesungguhnya Dia telah melihat sebagian tanda-tanda (ke­kuasaan) Tuhannya yang paling besar.
(QS. An-Najm [53]: 18)

Kami akan mengetengahkan hadishadis yang menceritakan peristiwa Isra ini yang bersumber dari Nabi ﷺ

Firman Allah subhanahu wa ta’ala :

Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Menge­tahui.

Allah Maha Mendengar semua ucapan hamba-hamba-Nya, yang mukmin maupun yang kafir yang membenarkan maupun yang mendustakan di antara mereka.
Dan Dia Maha Melihat semua perbuatan mereka:
Maka kelak Dia akan memberikan kepada masing-masing dari mereka balasan yang berhak mereka terima di dunia dan di akhirat.

Imam Abu Abdullah Al-Bukhari mengatakan, telah menceritakan kepada­ku Abdul Aziz ibnu Abdullah, telah menceritakan kepada kami Sulaiman (yakni Ibnu Bilal), dari Syarik ibnu Abdullah yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar sahabat Anas ibnu Malik menceritakan malam hari yang ketika itu Rasulullah ﷺ mengalami Isra dari Masjid Ka’bah (Masjidil Haram).
Disebutkan bahwa ada tiga orang datang kepadanya sebelum ia menerima wahyu, saat itu ia (Nabi ﷺ) sedang tidur di Masjidil Haram.
Orang pertama dari ketiga orang itu berkata,
"Yang manakah dia itu?"
Orang yang pertengahan menjawab,
"Orang yang paling pertengahan dari mereka.
Dialah orang yang paling baik."
Orang yang terakhir berkata,
"Ambillah yang paling baik dari mereka."
Hanya itulah yang terjadi malam tersebut.
Nabi ﷺ tidak melihat mereka, hingga mereka datang kepadanya di malam lainnya menurut penglihatan hatinya, sedangkan matanya terti­dur, tetapi hatinya tidak tidur.
Demikianlah halnya para nabi, mata mereka tidur, tetapi hati mereka tidak tidur.
Mereka tidak mengajak beliau bicara, melainkan langsung memba­wanya, lalu membaringkannya di dekat sumur zamzam, yang selanjutnya urusannya ditangani oleh Malaikat Jibril yang ada bersama mereka.
Ke­mudian Jibril membelah bagian antara tenggorokan sampai bagian ulu hatinya, lalu ia mencuci isi dada dan perutnya dengan memakai air zam­zam.
Ia lakukan hal ini dengan tangannya sendiri sehingga bersihlah bagian dari tubuh Nabi ﷺ Kemudian Jibril membawa sebuah piala emas yang di dalamnya terdapat sebuah wadah kecil terbuat dari emas, wadah itu berisikan iman dan hikmah.
Lalu Jibril menyisihkannya ke dalam dada dan kerongkongan­nya serta menutupkan bedahannya.
Setelah itu Jibril membawanya naik ke langit pertama.
Jibril mengetuk salah satu pintu langit pertama, maka malaikat penghuni langit pertama bertanya,
"Siapakah orang ini?"
Jibril menjawab,
"Saya Jibril."
Mereka bertanya,
"Siapakah yang bersamamu?"
Jibril menjawab,
"Orang yang bersamaku adalah Muhammad."
Mereka bertanya,
"Apakah ia telah diutus untuk menghadap kepada-Nya?"
Jibril menjawab
"Ya."
Mereka berkata,
"Selamat datang untuknya."
Semua penduduk langit pertama menyambut gembira kedatangannya.
Para penduduk langit tidak menge­tahui apa yang diinginkan oleh Allah di bumi hingga Allah sendiri yang memberitahukan kepada mereka.
Nabi ﷺ bersua dengan Adam di langit yang pertama, dan Malaikat Jibril berkata kepadanya,
"Ini adalah bapakmu Adam."
Maka Nabi ﷺ mengucapkan salam kepada Adam, dan Adam menjawab salamnya seraya berkata,
"Selamat datang, wahai anakku, sebaik-baik anak adalah engkau."
Di langit pertama itu Nabi ﷺ tiba-tiba melihat ada dua buah sungai yang mengalir.
Maka ia bertanya,
"Hai Jibril, apakah nama kedua sungai ini?"
jibril menjawab,
"Kedua sungai ini adalah Nil dan Eufrat, yakni sumber keduanya."
Jibril membawanya pergi ke sekitar langit itu.
Tiba-tiba Nabi ﷺ melihat sungai lain.
Yang di atasnya terdapat sebuah gedung dari mutiara dan zabarjad.
Maka Nabi ﷺ menyentuhkan tangannya ke sungai itu, ternyata baunya sangat wangi seperti minyak kesturi.
Lalu ia bertanya,
"Hai Jibril, sungai apakah ini?"
Jibril menjawab,
"Ini adalah Sungai Kausar yang disimpan oleh Tuhanmu buat kamu."
Jibril membawanya naik ke langit yang kedua, maka para malaikat (penjaga langit kedua) mengatakan kepadanya pertanyaan yang sama seperti pertanyaan yang dilontarkan oleh penjaga langit pertama,
"Siapa­kah orang ini?"
Jibril menjawab,
"Saya Jibril."
Mereka bertanya,
"Siapa­kah yang bersamamu?"
Jibril menjawab,
"Muhammad."
Mereka berta­nya,
"Apakah dia telah diperintahkan untuk menghadap kepada-Nya?"
Jibril menjawab,
"Ya."
Mereka berkata,
"Selamat atas kedatangannya."
Kemudian Jibril membawanya naik ke langit yang ketiga, dan para penjaganya mengatakan kepadanya pertanyaan yang semisal dengan pertanyaan yang dilontarkan oleh malaikat penjaga langit yang kedua.
Jibril membawanya lagi naik ke langit yang keempat.
Para penjaga­nya pun melontarkan pertanyaan yang sama seperti pertanyaan sebelum­nya.
Jibril membawanya lagi naik ke langit yang kelima, dan para penjaganya melontarkan pertanyaan yang semisal dengan pertanyaan para malaikat penjaga langit yang sebelumnya.
Jibril membawanya lagi naik ke langit yang keenam.
Para penjaga­nya mengajukan pertanyaan yang semisal dengan para malaikat sebelum­nya.
Kemudian Jibril membawanya lagi ke langit yang ketujuh, dan para penjaganya mengajukan pertanyaan yang semisal dengan pertanyaan yang dilontarkan oleh penjaga langit sebelumnya.
Pada tiap-tiap lapis langit terdapat nabi-nabi yang nama masing-masingnya disebutkan oleh Jibril.
Perawi hadis berkata bahwa ia ingat nama-nama mereka, antara lain:
Nabi Idris di langit yang kedua, Nabi Harun di langit yang keempat, dan nabi lainnya di langit yang kelima, pe­rawi tidak ingat lagi namanya.
Nabi Ibrahim di langit yang keenam, dan Nabi Musa di langit yang ketujuh berkat keutamaan yang dimilikinya, yaitu pernah diajak berbicara langsung oleh Allah subhanahu wa ta’ala, Musa berkata
"Wahai Tuhanku, saya tidak menduga bahwa Engkau akan mengangkat seseorang lebih tinggi di atasku."
Kemudian Jibril membawanya naik di atas itu sampai ke tingkatan yang tiada seorang pun mengetahuinya kecuali hanya Allah subhanahu wa ta’ala., hingga sampailah Nabi ﷺ di Sidratul Muntaha dan berada dekat dengan Tuhan Yang Mahaperkasa lagi Mahaagung.
Maka ia makin bertambah dekat, sehingga jadilah ia (Nabi ﷺ) dekat dengan-Nya.
Sejarak dua ujung busur panah atau lebih dekat lagi.
Maka Allah memberikan wahyu kepadanya, antara lain ialah,
"Aku wajibkan lima puluh kali salat setiap siang dan malam hari atas umatmu."
Kemudian Jibril membawanya turun sampai ke tempat Musa berada, lalu Musa menahannya dan berkata,
"Hai Muhammad, apakah yang te­lah diperintahkan oleh Tuhanmu untukmu?"
Nabi ﷺ menjawab,
"Tuhan­ku telah memerintahkan kepadaku salat lima puluh kali setiap siang dan malam hari."
Musa berkata,
"Sesungguhnya umatku tidak akan mampu mengerja­kannya, sekarang kembalilah kamu kepada Tuhanmu dan mintalah ke­ringanan dari-Nya buatmu dan buat umatmu."
Nabi ﷺ menoleh kepada Jibril, seakan-akan beliau meminta saran darinya mengenai hal tersebut.
Dan Jibril menjawab,
"Baiklah jika kamu menghendakinya."
Maka Jibril membawanya lagi naik kepada Tuhan Yang Mahaperka-sa lagi Mahasuci, lalu Nabi ﷺ memohon kepada Allah subhanahu wa ta’ala, yang ber­ada di tempat-Nya,
"Wahai Tuhanku berikanlah keringanan buat kami, karena sesungguhnya umatku tidak akan mampu memikulnya."
Maka Allah memberikan keringanan sepuluh salat kepadanya.
Nabi ﷺ kembali kepada Musa dan Musa menahannya.
Maka Musa terus menerus membolak-balikannya dari dia ke Tuhannya, hingga jadilah salat lima waktu.
Setelah ditetapkan salat lima waktu, Musa menahannya kembali dan berkata,
"Hai Muhammad, demi Allah, sesungguhnya aku telah mem­bujuk Bani Israil:—umatku— untuk mengerjakan yang lebih sedikit dari lima waktu, tetapi mereka kelelahan, akhirnya mereka meninggalkannya.
Umatmu lebih lemah, tubuh, hati, badan, penglihatan, dan pendengaran­nya, maka kembalilah kepada Tuhanmu dan mintakanlah keringanan kepada-Nya buatmu."
Setiap kali mendapat saran dari Nabi Musa, Nabi ﷺ selalu meno­leh kepada Jibril untuk meminta pendapatnya, dan Malaikat Jibril dengan senang hati menerimanya, akhirnya pada kali yang kelima Jibril membawanya naik dan ia berkata,
"Wahai Tuhanku, sesungguhnya umatku adalah orang-orang yang lemah, tubuh, hati, pendengaran, penglihatan, dan jasad mereka, maka berilah keringanan lagi buat kami."
Maka Tuhan Yang Mahaperkasa, Mahasuci, lagi Mahatinggi berfir­man,
"Hai Muhammad."Nabi ﷺ menjawab,
"Labbaikawasa’daika (saya penuhi seruan-Mu dengan penuh kebahagiaan)."
Allah berfirman,
"Sesungguhnya keputusan yang ada pada-Ku ini tidak dapat diubah lagi, persis seperti apa yang telah Aku tetapkan atas dirimu di dalam Ummul Kitab (Lauh Mahfuz).
Maka setiap amal kebaikan berpahala sepuluh kali lipat kebaikan.
Dan kewajiban salat itu telah tercatat lima puluh kali di dalam Ummul Kitab, sedangkan bagimu tetap lima kali."
Nabi ﷺ kembali kepada Musa dan Musa berkata
"Apakah yang telah engkau lakukan?"
Nabi ﷺ menjawab,
"Allah telah memberikan keringanan bagi kami, Dia telah memberikan kepada kami setiap amal kebaikan berpahala sepuluh kali lipat kebaikan yang semisal."
Musa berkata,
"Sesungguhnya, demi Allah, saya telah membujuk Bani Israil untuk mengerjakan yang lebih ringan dari itu, tetapi mereka meninggalkannya.
Maka kembalilah kepada Tuhanmu dan mintalah ke­ringanan buat dirimu juga."
Rasulullah ﷺ bersabda,
"Hai Musa, sesungguhnya —demi Allah— saya malu kepada Tuhanku, karena terlalu sering bolak-balik kepada-Nya."
Musa berkata,
"Kalau begitu, turunlah engkau dengan menyebut nama Allah."
Perawi melanjutkan kisahnya,
"Lalu Nabi ﷺ terbangun, dan dia berada di Masjidil Haram."


Al-Hafiz Abu Bakar Al-Baihaqi mengatakan di dalam hadis syarik adanya suatu tambahan yang hanya ada pada riwayatnya, sesuai dengan pendapat orang yang menduga bahwa Nabi ﷺ melihat Allah subhanahu wa ta’ala, da­lam peristiwa ini.
Yang dimaksudkan ialah apa yang disebutkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala, dalam firman-Nya,

"Kemudian Dia mendekat,"
yakni Tuhan Yang Mahaperkasa mendekat kepadanya (Nabi ﷺ),
"lalu bertambah mendekat lagi, maka jadilah Dia dekat kepadanya (Muhammad ﷺ) sejarak dua ujung busur panah atau lebih dekat lagi."


Selanjutnya Imam Baihaqi mengatakan bahwa pendapat Aisyah dan Ibnu Mas’ud serta Abu Hurairah yang menakwilkan ayat-ayat ini —bahwa Nabi ﷺ meli­hat Malaikat Jibril dalam bentuk aslinya— merupakan pendapat yang paling sahih.

Pendapat yang dikatakan oleh Imam Baihaqi dalam masalah ini adalah pendapat yang benar, karena sesungguhnya Abu Zar r.a. pernah bertanya,
"Wahai Rasulullah, apakah engkau melihat Tuhanmu?"
Rasulullah ﷺ menjawab:

Nur, mana mungkin aku dapat melihatnya.
Menurut riwayat yang lain disebutkan:
Saya hanya melihat nur (cahaya).
(Diketengahkan oleh Imam Muslim)

Firman Allah subhanahu wa ta’ala :

Kemudian dia mendekat, lalu bertambah dekat lagi.
(QS. An-Najm [53]:8)

Sesungguhnya yang dimaksudkan hanyalah Malaikat Jibrilalaihis salam, seperti yang ditetapkan di dalam kitab Sahihain melalui Siti Aisyah Ummul Muminin dan Ibnu Mas’ud.


Demikian pula yang ditetapkan di dalam kitab Sahih Muslim melalui Abu Hurairah.
Tiada seorang pun di antara para sahabat yang menentang penafsiran ayat dengan takwil seperti ini.

Sebuah Pasal:

Pendapat orang yang mengatakan bahwa semua riwayat, sebagian darinya berbeda dengan sebagian yang lain, adakalanya perbedaannya sangat mencolok.
Lalu ia menyimpulkan adanya berkali-kali perjalanan Isra, maka sesungguhnya pendapat ini keliru dan jauh dari kebenaran.
Sebagian di antara ulama mutaakhkhirin mengatakan bahwa Nabi ﷺ menjalani Isra dari Mekah ke Baitul Maqdis sekali, lalu dari Mekah ke langit sekali, dan sekali lagi ke Baitul Maqdis lalu ke langit.

Yang mengherankan orang yang berpendapat seperti ini merasa puas dengan kesimpulan yang didapatkannya.
Dia merasa bahwa dirinya telah menyelesaikan semua kesulitan sehubungan dengan masalah Isra ini.
Padahal kenyataannya pendapatnya ini tiada seorang pun yang menukilnya dari ulama Salaf selain dia sendiri.
Seandainya perjalanan Isra yang dilakukan oleh Nabi ﷺ berbilang, tentulah Nabi ﷺ menceritakannya kepada umatnya, dan tentulah orang-orang menukilnya dan menyatakan bahwa perjalanan Isra Nabi ﷺ dilakukan berkali-kali.

Musa ibnu Uqbah telah meriwayatkan dari Az-Zuhri bahwa perja­lanan Isra dilakukan setahun sebelum hijrah.
Hal yang sama telah dikata­kan oleh Urwah.
Lain pula dengan As-Saddi, ia mengatakan bahwa perjalanan Isra dilakukan enam belas bulan sebelum hijrah.

Pendapat yang benar mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ menjalani Isra-nya dalam keadaan terjaga, Mekah ke Baitul Maqdis dengan mengendarai Buraq.
Disebutkan bahwa setelah Nabi ﷺ di depan pintu Masjidil Aqsa, ia menambatkan hewan kendaraannya di dekat pintu masjid, lalu memasukinya dan me­ngerjakan salat menghadap ke arah kiblat sebanyak dua rakaat, yaitu salat tahiyyatul masjid (penghormatan pada masjid).

Kemudian didatangkan Mi’raj, sebuah alat seperti tangga bentuknya, memiliki undagan-undagan untuk naik ke atas.
Lalu Nabi ﷺ menaikinya menuju ke langit yang terdekat, kemudian ke langit-langit selanjutnya sampai ke langit yang ketujuh.

Di setiap lapisan langit Nabi ﷺ disambut oleh penghuni langit yang selanjutnya.
Nabi ﷺ mengucapkan salam kepada nabi-nabi yang ada di setiap langit sesuai dengan kedudukan dan tingkatan mereka.
Se­hingga bersualah Nabi ﷺ dengan Musa yang pernah diajak bicara langsung oleh Allah di langit yang keenam, dan beliau bersua dengan Nabi Ibrahim di langit yang ketujuh.

Kemudian Nabi ﷺ melampaui kedudukan kedua nabi itu dan nabi­ nabi lain yang sebelumnya, hingga sampailah Nabi ﷺ pada suatu ting­katan yang dari tempat itu beliau dapat mendengar geretan kalam, yakni kalam yang mencatat takdir terhadap segala sesuatu yang telah ada.

Nabi ﷺ melihat Sidratul Muntaha, lalu Sidratul Muntaha diliputi oleh perintah Allah subhanahu wa ta’ala, yaitu oleh sejumlah yang sangat besar dari kupu-kupu emas dan berbagai macam warna-warni, para malaikat meliputinya pula.
Di tempat itulah Nabi ﷺ melihat bentuk dan rupa asli Malaikat Jibril yang memiliki enam ratus sayap.
Dan Nabi ﷺ melihat rafraf (bantal-bantal) hijau yang menutupi semua cakrawala pandangan.

Nabi ﷺ melihat Baitul Ma’mur dan Nabi Ibrahim Al-Khalil pemba­ngun Ka’bah bumi sedang menyandarkan punggungnya ke Baitul Ma’mur, karena Baitul Ma’mur adalah Ka’bah penghuni langit.
Setiap hari Baitul Ma’mur dimasuki oleh tujuh puluh ribu malaikat yang melakukan ibadah di dalamnya, kemudian mereka tidak kembali lagi kepadanya sampai hari kiamat.

Nabi ﷺ melihat surga dan neraka serta difardukan kepada Nabi Saw, salat lima puluh kali di tempat itu, kemudian diberikan keringanan oleh Allah subhanahu wa ta’ala, sampai menjadi lima kali salat (salat lima waktu) sebagai rahmat dari Allah dan kasih sayang Allah kepada hamba-hamba-Nya.
Dalam hal ini terkandung perhatian yang besar terhadap kemuliaan dan kebesaran salat.

Lalu Nabi ﷺ turun ke Baitul Maqdis dengan ditemani oleh semua nabi, kemudian Nabi ﷺ salat bersama mereka di dalam Baitul Maqdis setelah waktu salat tiba.
Barangkali salat yang dimaksud salat Subuh hari itu.

Di antara ulama ada yang menduga bahwa Nabi ﷺ mengimami salat mereka di langit.
Tetapi berdasarkan riwayat yang banyak menyebutkan, hal itu terjadi di Baitul Maqdis.
Hanya dalam sebagian riwayat tersebut ada yang menyebutkan bahwa salat itu dilakukan ketika pertama kali Nabi ﷺ memasukinya.

Menurut lahiriah makna hadis menunjukkan bahwa hal itu terjadi setelah Nabi ﷺ pulang menuju ke Baitul Maqdis.
Dikatakan demikian karena ketika Nabi ﷺ melewati mereka di tempatnya masing-masing, Nabi ﷺ bertanya kepada Jibrilalaihis salam tentang masing-masing orang dari mereka, lalu Malaikat Jibril memberitahukan kepada Nabi ﷺ

Kesimpuan inilah yang layak dipegang, karena pada awalnya Nabi ﷺ di­perintahkan untuk menghadap kepada Allah subhanahu wa ta’ala, yang Mahatinggi untuk difardukan atasnya dan atas umatnya perintah yang dikehendaki-Nya.

Setelah selesai menerima perintah yang dimaksudkan oleh Allah, maka barulah Nabi ﷺ berkumpul bersama saudara-saudaranya dari kalangan para nabi.
Kemudian ditampakkan keutamaan dan kemuliaan Nabi ﷺ atas mereka karena Nabi ﷺ diajukan untuk menjadi imam salat mereka, Jibrillah yang mengisyaratkan hal tersebut kepada Nabi ﷺ

Setelah itu Nabi ﷺ keluar dari Baitul Maqdis, lalu mengendarai Buraqnya dan kembali ke Mekah sebelum pagi hari.

Adapun mengenai penyuguhan beberapa jenis minuman kepadanya, yaitu minuman susu dan minuman madu atau minuman khamr, atau minuman susu dan air atau semuanya, menurut sebagian riwayat, hal itu terjadi di Baitul Maqdis, sedangkan menurut riwayat yang lain terjadi di langit.
Barangkali hal ini terjadi di Baitul Maqdis dan juga di langit, mengingat suguhan ini termasuk ke dalam Bab
"Menyediakan Sajian buat Tamu yang Baru Datang".

Kemudian para ulama berbeda pendapat apakah Isra yang dilakukan oleh Nabi ﷺ ini dilakukan oleh tubuh dan rohnya, ataukah hanya dengan rohnya saja?
Ada dua pendapat mengenai masalah ini.
Tetapi menurut kebanyakan ulama, Nabi ﷺ menjalani Isra-nya dengan tubuh dan rohnya lagi dalam keadaan terjaga, bukan sedang dalam keadaan tidur (mimpi).

Tetapi mereka tidak menyangkal bila Rasulullah ﷺ telah melihat hal tersebut dalam mimpinya, kemudian sesudah itu beliau ﷺ melihat­nya langsung dalam keadaan jaga.
Karena sesungguhnya tidak sekali-kali Nabi ﷺ melihat suatu mimpi melainkan mimpi itu datang seperti cahaya pagi hari.

Bukti yang menunjukkan bahwa Nabi ﷺ menjalani Isra-nya de­ngan badan dan rohnya adalah firman Allah subhanahu wa ta’ala, yang menyebutkan:

Mahasuci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah kami berkahi sekelilingnya.

Kata tasbih yang mengawali ayat ini tidak sekali-kali disebutkan melainkan bila mengawali perkara-perkara yang besar.
Seandainya peristiwa Isra itu dilakukan dalam keadaan tidurnya (mimpinya), tentulah tidak mengandung sesuatu hal pun yang besar dan bukan dianggap sebagai peristiwa yang besar, serta orang-orang kafir Quraisy pun tidak segera mendustakannya, dan tidak akan murtadlah sejumlah orang yang tadinya telah masuk Islam.

Dan lagi pengertian kata ‘hamba’ mencakup pengertian roh dan ja­sad.
Allah subhanahu wa ta’ala, telah berfirman:
Yang telah memperjalankan hamba-Nya di suatu malam.
(Al- Isra:
1), Dan Kami tidak menjadikan penglihatan yang telah Kami tampilkan kepadamu melainkan sebagai ujian bagi manusia.
(Al Israa‘:60)

Menurut Ibnu Abbas, yang dimaksud dengan ru-ya dalam ayat ini ialah penglihatan mata yang di tampakkan kepada Rasulullah ﷺ pada malam beliau menjalani Isra-nya, (begitu pula) pohon kayu yang terkutuk, yakni pohon zaqqum.
Demikianlah menurut riwayat Imam Bukhari.
Dan firman Allah subhanahu wa ta’ala, yang mengatakan:
Penglihatannya (Muhammad) tidak berpaling dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya.
(QS. An-Najm [53]: 17)

Sedangkan penglihatan mata merupakan bagian dari indera tubuh, bukan bagian dari roh.
Dan lagi Nabi ﷺ mengendarai Buraq, yaitu hewan yang berwarna putih mengkilat.
Sesungguhnya hal ini hanyalah untuk badan, bukan untuk roh.
Karena jika rohnya, maka dalam gerakannya tidak diperlukan adanya kendaraan yang dinaikinya.

Ulama yang lainnya mengatakan bahwa Nabi ﷺ melakukan Isra-nya hanya dengan rohnya, tidak dengan jasadnya.
Muhammad ibnu Ishaq ibnu Yasar di dalam kitab Sirah-nya mengatakan, telah menceritakan kepadaku Ya’qub ibnu Atabah ibnul Mugirah ibnul Akhnas, bahwa Mu’awiyah ibnu Abu Sufyan apabila ditanya tentang Isra Rasulullah ﷺ, maka ia menjawab,
"Perjalanan Isra itu adalah mimpi yang benar dari Allah."

Dan telah menceritakan kepadaku sebagian keluarga Abu Bakar, bahwa Siti Aisyah pernah mengatakan,
"Jasad Rasulullah ﷺ tidaklah hilang, melainkan beliau menjalankan Isra dengan rohnya."

Ibnu Ishaq mengatakan bahwa perkataan Siti Aisyah ini tiada yang menyangkalnya, mengingat Al-Hasan pernah mengatakan bahwa ayat berikut, yakni firman Allah subhanahu wa ta’ala :
Dan Kami tidak menjadikan mimpi yang telah Kami perlihatkan kepadamu, melainkan sebagai ujian bagi manusia.
(Al Israa‘:60)
Dan firman Allah subhanahu wa ta’ala, tentang kisah Nabi Ibrahim:
Sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembe­lihmu.
Maka pikirkanlah apa pendapatmu.
(Ash Shaaffat:
102)

Muhammad Ibnu Ishaq melanjutkan perkataanya, bahwa Al-Hasan melanjutkan perkatannya, lalu ia menyimpulkan bahwa kini ia mengetahui bahwa wahyu sampai kepada para nabi dari Allah, baik mereka dalam keadaan terjaga maupun dalam keadaan tidur.
Dan Rasulullah ﷺ pernah bersabda:
Kedua mataku tidur, tetapi hatiku tetap terjaga.
Dengan kata lain, hal tersebut datang kepada Rasulullah ﷺ dalam semua keadaannya, baik beliau dalam keadaan tidur ataupun terjaga, semuanya adalah hak dan benar.
Demikianlah pendapat Ibnu Ishaq.

Akan tetapi, Abu Ja’far ibnu Jarir di dalam kitab tafsirnya menyang­gah dan menyangkal serta mengecam pendapat tersebut, bahwa pendapat seperti itu bertentangan dengan makna lahiriah Alquran.
Lalu Ibnu Jarir mengemukakan dalildalil dalam sanggahannya yang antara lain ialah dalildalil yang telah di sebutkan di atas.

Sebuah pembahasan penting

Al-Hafiz Abu Na’im Al-Asbahani di dalam kitab Dalailun Nubuwwah telah meriwayatkan melalui jalur Muhammad ibnu Umar Al-Waqidi, bahwa telah menceritakan kepadaku Malik ibnu Abur Rijal, dari Umar ibnu Abdullah, dari Muhammad ibnu Ka’b Al-Qurazi yang mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ mengutus Dahiyyah ibnu Khalifah kepada Kaisar.
Lalu disebutkan tentang kedatangan Dahiyyah kepada Kaisar, yang di dalam teksnya terkandung bukti yang nyata tentang luasnya wawasan berfikir Kaisar Heraklius.
Kaisar memanggil para pedagang (Arab) yang ada di Abu Sufyan ibnu Sakhr ibnu Harb beserta teman-temannya kepada Kaisar.
Kaisar menanyai mereka pertanyaan-pertanyaan yang telah terkenal itu yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim, seperti yang akan dijelaskan kemudian.

Kemudian Abu Sufyan berupaya semaksimal mungkin untuk menghina Nabi ﷺ dan menganggap kecil perkaranya di hadapan Kaisar.
Dalam konteks ini disebutkan kata-kata Abu Sufyan yang mengatakan,
"Demi Allah, tiada sesuatu pun yang menghalang-halangi diriku untuk mengata-ngatai Muhammad dengan kata-kata yang menjatuhkannya di hadapan Kaisar kecuali karena aku tidak suka melakukan suatu kedustaan di hadapan Kaisar, yang akibatnya justru akan berbalik terhadap diriku dan Kaisar tidak percaya lagi dengan kata-kata yang aku ucapkan pada­nya."

Abu Sufyan mengatakan,
"Sampai aku teringat ucapannya tentang malam hari dia menjalani Isra,"
Abu Sufyan mengatakan pula,
"Aku berkata, hai Raja! Maukah aku ceritakan kepadamu suatu berita, agar engkau mengetahui ia seorang pendusta?"
Raja menjawab,
"Berita apakah itu?"
Abu Sufyan mengatakan,
"Sesungguhnya dia (Nabi ﷺ) mengaku kepada kami bahwa dirinya pergi dari tanah kami — yakni Tanah Suci — dalam suatu malam, lalu datang ke masjid kalian yang di IIiya ini (Yerussalem), lalu ia kembali kepada kami dalam malam yang sama sebelum subuh."

Saat itu Uskup Iliya berada di belakang Kaisar.
Ia berkata,
"Sesung­guhnya saya mengetahui kejadian malam itu."
Kaisar menoleh ke arah uskup dan bertanya,
"Bagaimana engkau mengetahui kejadiannya?"
Uskup menjawab,
"Sesungguhnya saya tidak pernah tidur dalam suatu malam pun sebelum menutup semua pintu masjid.
Dan pada malam itu saya menutup semua pintu masjid selain sebuah pintu yang tidak kuat saya tutup.

Maka saya meminta bantuan kepada para pekerja (pembantu) saya dan semua orang yang hadir pada saat itu untuk menutup pintu tersebut, tetapi pintu itu tidak bergeming sedikit pun.
Kami tidak mampu menggerakkannya, seakan-akan kami sedang menggeser sebuah bukit.
Maka saya memanggil tukang-tukang kayu untuk memeriksa pintu itu.
Mereka datang dan mengatakan,’ Sesungguhnya pintu ini terkena oleh tekanan tembok bangunan yang menurun, juga oleh kusennya.
Kami tidak mampu menggerakkannya, nanti saja pagi hari kami akan melihat penyebabnya’."

Uskup melanjutkan kisahnya, bahwa ia masuk ke dalam dan membi­arkan dua pintu itu terbuka lebar,
"Kemudian pada pagi hari saya kembali memeriksa pintu itu.
Tiba-tiba batu yang ada di sudut masjid dalam keadaan telah berlubang, dan ternyata pada lubang itu terdapat bekas tali kendali hewan kendaraan yang ditambatkan.
Maka saya berkata kepada teman-teman saya, ‘Tiada lain pintu ini tertahan tadi malam melainkan karena ada seorang nabi, dan dia telah melakukan salat di masjid kita ini’."
Abu Na’im Al-Asbahani melanjutkan hadisnya hingga selesai.

Sebuah Faedah

Al-Hafiz Abul Khattab Umar ibnu Dahiyyah di dalam kitabnya yang berjudul At-Tanwir fi Maulidis Sirajil Munir telah meriwayatkan hadis Isra melalui Anas, dan ia mengetengahkannya dengan baik serta lengkap.
Sesudah itu ia mengatakan bahwa banyak riwayat hadis mengenai Isra sampai kepada tingkatan mutawatir, seperti riwayat dari Umar ibnul Khattab, Ibnu Mas’ud, Abu Zar, Malik ibnu Sa’sa’ah, Abu Hurairah, Abu Sa’id, Ibnu Abbas, Syaddad ibnu Aus, Ubay ibnu Ka’b, Abdur Rahman ibnu Qart, Abu Habbah, dan Abu Laila yang kedua-duanya dari kalangan Ansar, Abdullah ibnu Amr, Jabir, Huzaifah, Buraidah, Abu Ayyub, Abu Umamah, Samurah ibnu Jundub, Abul Hamra, Suhaib Ar-Rumi, Ummu Hani’, Aisyah dan Asma yang kedua-duanya putri Abu Bakar.

Sebagian di antara mereka mengetengahkannya secara panjang lebar, dan sebagian lainnya mengetengahkannya secara ringkas seperti yang disebutkan di dalam kitabkitab musnad.
Sekalipun riwayat sebagian dari mereka harus memenuhi standar syarat sahih, tetapi hadis mengenai Isra ini kebenarannya telah disepakati oleh kaum muslim, dan orang-orang kafir zindiq dan orang-orang yang tidak percaya kepada Tuhanlah yang berpaling darinya.
Mereka ingin memadamkan cahaya (agama) Allah dengan mulut (ucapan) mereka, dan Allah tetap menyempurnakan cahaya-Nya meskipun orang-orang kafir benci.
(QS. As-Saffat [37]: 8)

Unsur Pokok Surah Al Israa (الإسراء)

Surat ini terdiri atas 111 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah.
Dinamakan dengan "Al Israa" yang berarti "memperjalankan di malam hari",
berhubung peristiwa lsraa’ Nabi Muhammad ﷺ di Masjidil Haram di Mekah ke Masjidil Aqsha di Baitul Maqdis dicantumkan pada ayat pertama dalam surat ini.

Penuturan cerita lsraa’ pada permulaan surat ini, mengandung isyarat bahwa Nabi Muhammad ﷺ beserta umatnya kemudian hari akan mencapai martabat yang tinggi dan akan menjadi umat yang besar.

Surat ini dinamakan pula dengan "Bani Israil" artinya keturunan Israil, berhubung dengan permulaan surat ini, yakni pada ayat kedua sampai dengan ayat kedelapan dan kemudian dekat akhir surat yakni pada ayat 101 sampai dengan ayat 104, Allah menyebutkan tentang Bani Israil yang setelah menjadi bangsa yang kuat lagi besar lalu menjadi bangsa yang terhina karena menyimpang dari ajaran Allah subhanahu wa ta’ala.

Dihubungkannya kisah ‘Israa’ dengan riwayat "Bani Israil" pada surat ini, memberikan peringatan bahwa umat Islam akan mengalami keruntuhan, sebagaimana halnya Bani Israil, apabila mereka juga meninggalkan ajaran-ajaran agamanya.

Keimanan:

▪ Allah tidak mempunyai anak baik berupa manusia ataupun malaikat.
▪ Allah pasti memberi rezeki kepada manusia.
▪ Allah mempunyai nama-nama yang paling baik.
Alquran adalah wahyu dari Allah yang memberikan petunjuk, penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.
▪ Adanya padang Mahsyar dan hari berbangkit.

Hukum:

▪ Larangan-larangan Allah tentang: menghilangkan jiwa manusia.
▪ Berzina.
▪ Mempergunakan harta anak yatim kecuali dengan cara yang dibenarkan agama.
▪ Ikut-ikutan baik dengan kata-kata maupun dengan perbuatan.
▪ Durhaka kepada ibu bapak.
▪ Perintah Allah tentang: memenuhi janji dan menyempurnakan timbangan dan takaran, melakukan shalat lima waktu dalam waktunya.

Kisah:

▪ Kisah Israa’ Nabi Muhammad ﷺ, beberapa kisah tentang Bani Israil.

Lain-lain:

▪ Pertanggungan jawab manusia masing-masing terhadap amal perbuatannya.
▪ Beberapa faktor yang menyebabkan kebangunan dan kehancuran suatu umat.
▪ Petunjuk-petunjuk tentang pergaulan dengan orang tua, tetangga dan masyarakat.
▪ Manusia makhluk Allah subhanahu wa ta’ala yang mulia, dalam pada itu manusia mempunyai pula sifat-sifat yang tidak baik seperti suka ingkar, putus asa dan terburu-buru.
▪ Persoalan roh.

Audio

QS. Al-Israa (17) : 1-111 ⊸ Misyari Rasyid Alafasy
Ayat 1 sampai 111 + Terjemahan Indonesia



QS. Al-Israa (17) : 1-111 ⊸ Nabil ar-Rifa’i
Ayat 1 sampai 111

Gambar Kutipan Ayat

Surah Al Israa ayat 1 - Gambar 1 Surah Al Israa ayat 1 - Gambar 2
Statistik QS. 17:1
  • Rating RisalahMuslim
4.5

Ayat ini terdapat dalam surah Al Israa.

Surah Al-Isra’ (bahasa Arab:الإسرا, al-Isrā, “Perjalanan Malam”) adalah surah ke-17 dalam Alquran.
Surah ini terdiri atas 111 ayat dan termasuk golongan surah-surah Makkiyah.
Surah ini dinamai dengan Al-Isra yang berarti “memperjalankan di malam hari”.
Surah ini dinamakan pula dengan nama Surah Bani Israel dikaitkan dengan penuturan pada ayat ke-2 sampai dengan ayat ke-8 dan kemudian dekat akhir surah yakni pada ayat 101 sampai dengan ayat 104 di mana Allah menyebutkan tentang Bani Israel yang setelah menjadi bangsa yang kuat lagi besar lalu menjadi bangsa yang terhina karena menyimpang dari ajaran Allah subhanahu wa ta’ala.
Dihubungkannya kisah Isra dengan riwayat Bani Israel pada surah ini, memberikan peringatan bahwa umat Islam akan mengalami keruntuhan, sebagaimana halnya Bani Israel, apabila mereka juga meninggalkan ajaran-ajaran agamanya.

Nomor Surah 17
Nama Surah Al Israa
Arab الإسراء
Arti Perjalanan Malam
Nama lain Al-Subhan, Bani Israel
Tempat Turun Mekkah
Urutan Wahyu 50
Juz Juz 15
Jumlah ruku’ 0
Jumlah ayat 111
Jumlah kata 1560
Jumlah huruf 6440
Surah sebelumnya Surah An-Nahl
Surah selanjutnya Surah Al-Kahf
Sending
User Review
4.7 (21 suara)
Bagikan ke FB
Bagikan ke TW
Bagikan ke WA
Tags:

17:1, 17 1, 17-1, Surah Al Israa 1, Tafsir surat AlIsraa 1, Quran Al Isra 1, Al-Isra' 1, Surah Al Isra ayat 1

Keluarga Anda ada yang belum mahir membaca Alquran? Ingin segera bisa?
Klik di sini sekarang!

Video


Panggil Video Lainnya

Kandungan Surah Al Israa

۞ QS. 17:1 • Sifat Kamal (sempurna) • Al Bashir (Maha Melihat) • Al Sami’ (Maha Pendengar)

۞ QS. 17:2 • Kewajiban dan keutamaan beriman pada kitab-kitabHikmah penurunan kitab-kitab samawi

۞ QS. 17:5 Sifat Iradah (berkeinginan)

۞ QS. 17:6 • Kekuasaan Allah

۞ QS. 17:7 • Menanggung dosa orang lain • Balasan dari perbuatannya

۞ QS. 17:8 Ar Rabb (Tuhan) • Nama-nama neraka • Sifat neraka • Sifat ahli neraka dan kejahatan mereka • Balasan dari perbuatannya

۞ QS. 17:9 • Perbuatan baik adalah penyebab masuk surga • Iman adalah ucapan dan perbuatan • Amal shaleh sebagai pintu kebaikan

۞ QS. 17:10 • Sifat ahli neraka dan kejahatan mereka • Azab orang kafir • Menyiksa pelaku maksiat

۞ QS. 17:12 • Kekuasaan Allah • Ar Rabb (Tuhan)

۞ QS. 17:13 • Lembaran catatan amal perbuatan • Menghitung amal kebaikan

۞ QS. 17:14 • Lembaran catatan amal perbuatan • Keadilan Allah dalam menghakimi • Menghitung amal kebaikan

۞ QS. 17:15 Hukum alam • Keadilan Allah dalam menghakimi • Menanggung dosa orang lain

۞ QS. 17:16 Hukum alam • Kekuasaan Allah • Azab orang kafir • Menyiksa pelaku maksiat •

۞ QS. 17:17 Ar Rabb (Tuhan) • Al Bashir (Maha Melihat) • Al Khabir (Maha Waspada) • Azab orang kafir • Menyiksa pelaku maksiat

۞ QS. 17:18 Sifat Iradah (berkeinginan) • Nama-nama neraka • Sifat ahli neraka dan kejahatan mereka • Penangguhan (siksa) orang kafir di dunia •

۞ QS. 17:19 • Keutamaan iman • Kebaikan yang ada di alam akhirat • Amal shaleh sebagai pintu kebaikan • Pentingnya berbuat dengan teliti •

۞ QS. 17:20 Ar Rabb (Tuhan) • Penangguhan (siksa) orang kafir di dunia

۞ QS. 17:21 • Perbedaan derajat di surga • Kebaikan yang ada di alam akhirat • Perbedaan tingkat amal saleh

۞ QS. 17:22 Tauhid Uluhiyyah • Azab orang kafir • Siksa orang kafir

۞ QS. 17:23 Tauhid UluhiyyahAr Rabb (Tuhan)

۞ QS. 17:24 Ar Rabb (Tuhan)

۞ QS. 17:25 • Ampunan Allah yang luas • Ar Rabb (Tuhan) • Al Ghafur (Maha Pengampun) • Ampunan Allah dan rahmatNya •

۞ QS. 17:27 Ar Rabb (Tuhan) • Sifat iblis dan pembantunya

۞ QS. 17:28 Ar Rabb (Tuhan)

۞ QS. 17:30 • Keluasan ilmu Allah • Ar Rabb (Tuhan) • Al Bashir (Maha Melihat) • Al Khabir (Maha Waspada) • Usia dan rezeki sesuai dengan takdir

۞ QS. 17:31 • Usia dan rezeki sesuai dengan takdir

۞ QS. 17:36 • Keluasan ilmu Allah • Setiap makhluk ditanya pada hari penghimpunan

۞ QS. 17:38 Ar Rabb (Tuhan) • Menyiksa pelaku maksiat

۞ QS. 17:39 Tauhid UluhiyyahAr Rabb (Tuhan) • Nama-nama neraka • Sifat ahli neraka dan kejahatan mereka • Siksa orang kafir

۞ QS. 17:40 • Kesucian Allah dari sekutu dan anak • Ar Rabb (Tuhan)

۞ QS. 17:41 Hikmah penurunan kitab-kitab samawi • Keingkaran dan kedurhakaan orang kafir

۞ QS. 17:42 • Kesucian Allah dari sekutu dan anak • Mendustai Allah

۞ QS. 17:43 • Kesucian Allah dari sekutu dan anak • Mensucikan Allah dari segala sekutu

۞ QS. 17:44 • Ampunan Allah yang luas • Al Halim (Maha Penyabar) • Al Ghafur (Maha Pengampun)

۞ QS. 17:45 • Allah menggerakkan hati manusia • Keingkaran dan kedurhakaan orang kafir

۞ QS. 17:46 Ar Rabb (Tuhan) • Allah menggerakkan hati manusia • Keingkaran dan kedurhakaan orang kafir

۞ QS. 17:47 • Keingkaran dan kedurhakaan orang kafir

۞ QS. 17:48 • Keingkaran dan kedurhakaan orang kafir

۞ QS. 17:49 • Cobaan kubur • Mengingkari hari kebangkitan

۞ QS. 17:50 • Kekuasaan Allah

۞ QS. 17:51 • Kekuasaan Allah • Kiamat telah dekat • Mengingkari hari kebangkitan • Beberapa ayat yang menjelaskan tentang hari kebangkitan • Manusia dibangkitkan dari kubur

۞ QS. 17:52 • Manusia dibangkitkan dari kubur

۞ QS. 17:53 • Sifat iblis dan pembantunya • Menjaga diri dari syetan

۞ QS. 17:54 • Keluasan ilmu Allah • Sifat Masyi’ah (berkehendak) • Ar Rabb (Tuhan)

۞ QS. 17:55 • Keluasan ilmu Allah • Ar Rabb (Tuhan)

۞ QS. 17:56 • Terputusnya hubungan antara orang musyrik dengan tuhan mereka • Kelemahan tuhan selain Allah

۞ QS. 17:57 • Memohon hanya kepada Allah • Kasih sayang Allah yang luas • Ar Rabb (Tuhan) • Mengharap wasilah (kedudukan) • Peringatan Allah terhadap hambaNya

۞ QS. 17:58 • Kebenaran dan hakikat takdir • Penentuan takdir sebelum penciptaan • Menyiksa pelaku maksiat

۞ QS. 17:60 • Keluasan ilmu Allah • Kekuasaan Allah • Ar Rabb (Tuhan) • Pohon zaqquum (terkutuk) • Keingkaran dan kedurhakaan orang kafir

۞ QS. 17:63 • Nama-nama neraka • Sifat ahli neraka dan kejahatan mereka

۞ QS. 17:64 • Sifat iblis dan pembantunya

۞ QS. 17:65 • Orang mukmin selalu dalam lindungan Allah Ta’alaAr Rabb (Tuhan) • Al Wakil (Maha Penolong) • Menjaga diri dari syetan •

۞ QS. 17:66 • Kekuasaan Allah • Ar Rabb (Tuhan) • Al Rahim (Maha Penyayang)

۞ QS. 17:67 • Keingkaran dan kedurhakaan orang kafir

۞ QS. 17:68 • Kekuasaan Allah • Azab orang kafir • Menyiksa pelaku maksiat • Ancaman bagi orang kafir dan pelaku maksiat •

۞ QS. 17:69 • Kekuasaan Allah • Azab orang kafir • Menyiksa pelaku maksiat • Ancaman bagi orang kafir dan pelaku maksiat •

۞ QS. 17:70 • Dzul Fadhl (Pemilik keutamaan)

۞ QS. 17:71 • Kebenaran hari penghimpunan • Penghimpunan manusia dan keadaan mereka • Lembaran catatan amal perbuatan • Keadilan Allah dalam menghakimi • Menghitung amal kebaikan

۞ QS. 17:72 • Azab orang kafir • Balasan dari perbuatannya

۞ QS. 17:73 • Mendustai Allah

۞ QS. 17:75 • Siksaan sesuai dengan tingkat perbuatannya

۞ QS. 17:76 • Ancaman bagi orang kafir dan pelaku maksiat

۞ QS. 17:78 • Pertemuan malaikat penjaga malam dan malaikat penjaga siang

۞ QS. 17:79 Ar Rabb (Tuhan)

۞ QS. 17:80 Ar Rabb (Tuhan) • Manusia dibangkitkan dari kubur

۞ QS. 17:84 • Keluasan ilmu Allah • Ar Rabb (Tuhan) • Perbuatan dan niat

۞ QS. 17:85 • Keluasan ilmu Allah • Ar Rabb (Tuhan) • Hakikat ruh

۞ QS. 17:86 • Kekuasaan Allah • Sifat Masyi’ah (berkehendak)

۞ QS. 17:87 • Kasih sayang Allah yang luas • Ar Rabb (Tuhan)

۞ QS. 17:89 • Keingkaran dan kedurhakaan orang kafir

۞ QS. 17:90 • Keingkaran dan kedurhakaan orang kafir

۞ QS. 17:91 • Keingkaran dan kedurhakaan orang kafir

۞ QS. 17:92 • Keingkaran dan kedurhakaan orang kafir

۞ QS. 17:93 Ar Rabb (Tuhan) • Keingkaran dan kedurhakaan orang kafir

۞ QS. 17:94 • Keingkaran dan kedurhakaan orang kafir

۞ QS. 17:95 • Keingkaran dan kedurhakaan orang kafir

۞ QS. 17:96 Al Bashir (Maha Melihat) • Al Khabir (Maha Waspada) • Al Syahid (Maha Menyaksikan)

۞ QS. 17:97 Al Hadi (Maha Pemberi petunjuk) • Al Wali (Maha Pelindung) • Kebenaran hari penghimpunan • Penghimpunan manusia dan keadaan mereka • Keadaan orang kafir pada hari penghimpunan

۞ QS. 17:98 • Mengingkari hari kebangkitan • Nama-nama neraka • Azab orang kafir • Keingkaran dan kedurhakaan orang kafir • Siksa orang kafir

۞ QS. 17:99 • Kekuasaan Allah • Al Qaadir (Maha Kuasa) • Usia dan rezeki sesuai dengan takdir • Keingkaran dan kedurhakaan orang kafir

۞ QS. 17:100 • Santunan Allah • Ar Rabb (Tuhan)

۞ QS. 17:102 Ar Rabb (Tuhan) • Keingkaran dan kedurhakaan orang kafir

۞ QS. 17:103 • Orang mukmin selalu dalam lindungan Allah Ta’ala

۞ QS. 17:104 • Kekuasaan Allah • Penangguhan (siksa) orang kafir di dunia

۞ QS. 17:107 • Cacian Allah terhadap orang kafir

۞ QS. 17:108 • Allah menepati janji • Kekuasaan Allah • Ar Rabb (Tuhan)

۞ QS. 17:110 • Meminta dengan menyebut nama Allah • Berdoa dengan Asma’ul Husna • Al Rahman (Maha Pengasih)

۞ QS. 17:111 Tauhid Uluhiyyah • Kesucian Allah dari sekutu dan anak • Sifat Mukhalafah (berbeda dengan makhluk) • Segala sesuatu milik Allah • Allah tidak membutuhkan makhlukNya

Ayat Pilihan

dan bahwasanya Dialah yang menjadikan orang tertawa & menangis.
dan bahwasanya Dialah yang mematikan & menghidupkan,
dan bahwasanya Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria & wanita.
QS. An-Najm [53]: 43-45

Sesungguhnya Tuhanmu melapangkan rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki & menyempitkannya,
sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.
QS. Al-Isra’ [17]: 30

Hadits Shahih

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan

Ada berapa syarat dalam menuntut ilmu?

Benar! Kurang tepat!

Penjelasan:
Enam Syarat Meraih Ilmu Menurut Sayyidina Ali bin Abi Thalib.
1. Cerdas.
2. inginan yang kuat.
3. Sabar.
4. Bekal
5. Petunjuk guru.
6. Waktu yang lama.

Setiap umat Islam wajib menuntut ilmu. Bagaimana hukum mempelajari Ilmu Agama?

Benar! Kurang tepat!

Siapa nama ayah Nabi muhammad shallallahu alaihi wasallam?

Benar! Kurang tepat!

+

Siapa nama Nabi setelah Nabi Isa 'Alaihissalam?

Benar! Kurang tepat!

Kewajiban menuntut ilmu terdapat pada Alquran surah ...

Benar! Kurang tepat!

Penjelasan:
'Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya.'
--QS. At Taubah [9] : 122

Pendidikan Agama Islam #28
Ingatan kamu cukup bagus untuk menjawab soal-soal ujian sekolah ini.

Pendidikan Agama Islam #28 1

Mantab!! Pertahankan yaa..
Jawaban kamu masih ada yang salah tuh.

Pendidikan Agama Islam #28 2

Belajar lagi yaa...

Bagikan Prestasimu:

Soal Lainnya

Pendidikan Agama Islam #8

Sumber kedua hukum dalam menetapkan Hukum tentang Alquran adalah … Hukum penggunaan hadis sebagai dasar hukum adalah … Orang yang menceritakan hadits disebut … Undang-undang tentang penggunaan Hadits-Maudu adalah … Berikut adalah hadits yang rusak, kecuali …

Pendidikan Agama Islam #12

Masyarakat Mekkah pada awal nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam berdakwah waktu itu sedang dilanda berbagai krisis, dan yang paling menonjol adalah krisis … Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam lahir pada bulan … Nama isteri Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam selepas Khadijah ialah … Nama anak lelaki Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu … … Nama Ibu susuan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu … …

Pendidikan Agama Islam #2

Salah satu Asmaul Husna, Allah memiliki sifat Al ‘Adl, yang berarti bahwa Allah … Allah memiliki sifat Yang Maha Mengumpulkan, yang artinya … Sifat adil Allah berlaku untuk … Salah satu Asmaul Husna adalah Al Akhir, yang berarti … Keberadaan Asmaul Husna, dijelaskan dalam Alquran surah …

Kamus

Muhkam

Apa itu Muhkam? Muhkam adalah lafal yang petunjuknya untuk pengertian yang jelas sesuai dengan susunan lafal itu dan tidak mungkin menerima sesuatu yang lain, baik ta’wil dan takhsis. Terkadang ...

Abu Thufail Amru bin Watsilah al-Kinani

Siapa itu Abu Thufail Amru bin Watsilah al-Kinani? Abu Thufail Amru bin Watsilah bin Abdullah bin Amru al-Laitsi al-Kinani al-Qurasyi (أبو طفيل عامر بن واثلة بن عبدالله بن...

Pertempuran Shiffin

Apa itu Pertempuran Shiffin? Pertempuran Shiffin (Arab: وقعة صفين ) (Mei-Juli 657 Masehi) terjadi semasa zaman fitnah besar atau perang saudara pertama orang Islam dengan pertempuran utama ter...