QS. Al Hadid (Besi) – surah 57 ayat 3 [QS. 57:3]

ہُوَ الۡاَوَّلُ وَ الۡاٰخِرُ وَ الظَّاہِرُ وَ الۡبَاطِنُ ۚ وَ ہُوَ بِکُلِّ شَیۡءٍ عَلِیۡمٌ
Huwal au-walu wal-aakhiru wazh-zhaahiru wal baathinu wahuwa bikulli syai-in ‘aliimun;

Dialah Yang Awal dan Yang Akhir Yang Zhahir dan Yang Bathin, dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.
―QS. 57:3
Topik ▪ Pahala Iman
57:3, 57 3, 57-3, Al Hadid 3, AlHadid 3, Al-Hadid 3

Tafsir surah Al Hadid (57) ayat 3

Tafsir Kementrian Agama RI

Tafsir QS. Al Hadid (57) : 3. Oleh Kementrian Agama RI

Pada ayat ini Allah menyatakan bahwa Dialah Yang Awal, yang telah ada sebelum segala sesuatunya ada, karena Dia-lah yang menjadikannya, dan yang menciptakannya.
Dia-lah Yang ¨ahir, yang nyata adanya, karena banyaknya buktibukti tentang adanya.
Dialah Yang Mahatinggi dari apa saja, tidak ada sesuatu pun yang lebih tinggi daripada-Nya.
Dia-lah Yang Batin, Yang hakikat Zat-Nya tidak dapat digambarkan oleh akal.
Dia mengetahui semua yang tersimpan, yang tidak nyata dan segala yang tersembunyi.
Dia yang paling dekat kepada apa yang telah diciptakan-Nya.
Tidak ada sesuatu pun yang lebih dekat kepada makhluk-Nya selain Dia; sebagaimana firmanNya:

Dan sungguh, Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya.
(Q.S. Qaaf [50]: 16)

Dalam hadis riwayat Ahmad dan Muslim dari Abu Hurairah: Fatimah datang kepada Nabi ﷺ meminta seorang pembantu, lalu Nabi menyuruhnya berdoa, “Ya Allah, Tuhan segala sesuatu, yang menurunkan kitab Taurat, Injil, dan Al-Qur’an, yang membelah bijibijian.
Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan setiap sesuatu.
Engkaulah yang mengaturnya.
Engkaulah Zat yang awal yang tidak ada sebelum-Mu sesuatu apa pun, Engkaulah Zat yang akhir yang tidak ada sesudah-Mu sesuatu apa pun.
Engkaulah adz-¨ahir yang tidak ada sesuatu pun di atas-Mu, dan Engkaulah al-Bathin yang tidak ada sesuatu apa pun di bawah-Mu.
Lunasilah hutang kami dan cukupilah kebutuhan kami.
(Riwayat Ahmad dan Muslim dari Abu Hurairah)

Tafsir al-Misbah
Oleh Muhammad Quraish Shihab:

Dia telah ada sebelum segala sesuatu ada, hidup kekal setelah segala sesuatu musnah, tampak pada segala sesuatu, karena segala sesuatu merupakan tanda adanya Tuhan, tidak tampak sehingga tak dapat dilihat oleh mata.
Dia mengetahui segala sesuatu, baik yang tampak maupun yang tidak.

Tafsir al-Jalalain
Oleh Jalaluddin al-Mahalli & Jalaluddin as-Suyuthi:

(Dialah Yang Awal) sebelum segala sesuatu ada, keawalan Dia tidak ada permulaannya (dan Yang Akhir) sesudah segala sesuatu berakhir, keakhiran-Nya tanpa batas (dan Yang Maha Zahir) melalui bukti-bukti yang menunjukkan kezahiran Nya (dan Yang Batin) yakni tidak dapat dilihat dan ditemukan oleh panca indra (dan Dia Maha Mengetahui atas segala sesuatu).

Tafsir Ibnu Katsir
Oleh Ismail bin Umar Al-Quraisyi bin Katsir Al-Bashri Ad-Dimasyqi:

Firman Allah subhanahu wa ta’ala:

Dialah Yang Awal dan Yang Akhir, Yang Zahir dan YangBatin.
(Q.S. Al-Hadid [57]: 3)

Ayat inilah yang diisyaratkan oleh hadis Irbad ibnu Sariyah, bahwa ayat ini lebih utama daripada seribu ayat.

Abu Daud mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abbas ibnu Abdul Azim, telah menceritakan kepada kami An-Nadr ibnu Muhammad, telah menceritakan kepada kami Ikrimah ibnu Ammar, telah menceritakan kepada kami Abu Zamil yang mengatakan, “Aku pernah berkata kepada Ibnu Abbas, ‘Coba terka apakah yang sedang kusimpan di dalam hatiku.’ Ibnu Abbas balik bertanya, ‘Coba terangkan, apakah itu?’ Aku menjawab, ‘Demi Allah, aku tidak akan mengutarakannya.’ Ibnu Abbas berkata, ‘Apakah suatu dosa?”
Lalu Ibnu Abbas berkata, ‘Tiada seorang pun yang selamat dari dosa.’ Ia mengatakan ini sambil tertawa.” Ibnu Abbas melanjutkan, bahwa hingga Allah subhanahu wa ta’ala menurunkan firman-Nya: Maka jika kamu (Muhammad) berada dalam keragu-raguan tentang apa yang Kami turunkan kepadamu, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang membaca kitab sebelum kamu.
Sesungguhnya telah datang kebenaran kepadamu dari Tuhanmu.
(Q.S. Yunus [10]: 94), hingga akhir ayat.
Dan Ibnu Abbas berkata lagi kepadaku, “Jika kamu merasakan sesuatu dalam dirimu, maka bacalah firman-Nya: ‘Dialah Yang Awal dan Yang Akhir, Yang Zahir dan YangBatin, dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu’ (Q.S. Al-Hadid [57]: 3).”

Ulama tafsir berbeda pendapat sehubungan dengan makna ayat ini, pendapat mereka kurang lebih ada belasan.

Imam Bukhari mengatakan bahwa Yahya telah berkata bahwa yang dimaksud dengan Zahir ialah mengetahui lahiriah segala sesuatu.
Dan yang dimaksud dengan Batin ialah mengetahui apa yang tersimpan dalam diri segala sesuatu.

Guru kami Al-Hafiz Al-Mazi mengatakan bahwa Yahya ini adalah Ibnu Ziad Al-Farra, dia mempunyai sebuah karya tulis yang berjudul Ma’anil Qur’an.

Dan mengenai makna ayat ini banyak hadis yang menerangkannya, antara lain ialah apa yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad.
Disebutkan bahwa:

telah menceritakan kepada kami Khalaf ibnul Walid, telah menceritakan kepada kami Ibnu Iyasy, dari Suhail ibnu Abu Saleh, dari ayahnya, dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah ﷺ sering membaca doa ini di saat menjelang tidurnya, yaitu: Ya Allah, Tuhan Yang Menguasai tujuh langit dan Tuhan yang menguasai ‘Arasy yang besar.
Ya Tuhan kami, Tuhan segala sesuatu, Yang menurunkan Taurat, Injil, danAl-Qur’an, Yang membelah biji dan benih, tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau.
Aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan segala sesuatu, Engkaulah yang memegang ubun-ubunnya.
Engkau adalah Yang Awal, maka tiada sesuatu pun sebelum Engkau.
Dan Engkau adalah Yang Akhir, maka tiada sesuatu pun sesudah Engkau.
Dan Engkau Yang Zahir, maka tiada sesuatu pun di atas Engkau.
Dan Engkau Yang Batin, maka tiada sesuatu pun di balik Engkau.
Tunaikanlah dari kami utang-utang kami, dan berilah kami kecukupan dari kefakiran.

Imam Muslim meriwayatkannya di dalam kitab sahihnya, bahwa telah menceritakan kepadaku Zuhair ibnu Harb, telah menceritakan kepada kami Suhail yang mengatakan bahwa dahulu Abu Saleh menganjurkan kepada kami bahwa apabila seseorang dari kami hendak tidur, hendaklah ia berbaring pada lambung kanannya, kemudian mengucapkan doa berikut: Ya Allah, Tuhan yang menguasai langit, Tuhan yang menguasai bumi, Tuhan yang menguasai Arasy yang besar.
Ya Tuhan kami dan Tuhan yang menguasai segala sesuatu, Yang membelah biji dan benih, Yang menurunkan Taurat, Injil, dan Al-Qur’an, aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan setiap makhluk yang jahat yang ubun-ubunnya berada di genggaman-Mu.
Ya Allah, Engkau adalah Yang Awal, maka tiada sesuatu pun sebelum Engkau; dan Engkau Yang Akhir, maka tiada sesuatu pun sesudah Engkau; dan Engkau YangZahir, maka tiada sesuatu pun di atas Engkau; dan Engkau Yang Batin, maka tiada sesuatu pun di balik Engkau.
Maka tunaikanlah dari kami utang-utang kami dan berilah kami kecukupan dari kefakiran.

Tersebutlah bahwa Abu Saleh meriwayatkan hadis ini dari Abu Hurairah, dari Nabi ﷺ

Al-Hafiz Abu Ya’la Al-Mausuli telah meriwayatkan di dalam kitab musnadnya, dari Aisyah Ummul Mu’minin hal yang semisal dengan hadis ini.
Untuk itu dia mengatakan:

telah menceritakan kepada kami Uqbah, telah menceritakan kepada kami Yunus, telah menceritakan kepada kami As-Sirri ibnu Ismail, dari Asy-Sya’bi, dari Masruq, dari Aisyah yang mengatakan bahwa sudah menjadi kebiasaan Rasulullah ﷺ memerintahkan kepadanya untuk menggelarkan kasurnya, maka digelarkanlah kasurnya dengan menghadap ke arah kiblat.
Dan apabila beliau ﷺ merebahkan diri di atasnya, maka beliau jadikan telapak tangan kanannya sebagai bantal, lalu bergumam yang tidak kuketahui apa yang dibacanya.
Dan apabila malam hari menjelang akhirnya, maka beliau ﷺ mengeraskan suaranya seraya membaca doa berikut: Ya Allah, Tuhan Yang menguasai tujuh langit, Tuhan Yang menguasai Arasy yang besar, Tuhan segala sesuatu dan Yang menurunkan Taurat, Injil, dan Al-Qur’an, Yang membelah biji dan benih, aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau pegang ubun-ubunnya.
Ya Allah, Engkau adalah Yang Awal yang tiada sesuatu pun sebelum Engkau, dan Engkau adalah Yang Akhir yang tiada sesuatu pun sesudah Engkau; dan Engkau Yang Zahir, maka tiada sesuatu pun di atas Engkau; dan Engkau Yang Batin, maka tiada sesuatu pun di balik Engkau.
Tunaikanlah dari kami utang-utang kami, dan berilah kami kecukupan dari kefakiran.

As-Sirri ibnu Ismail ini adalah anak lelaki pamannya Asy-Sya’bi, dia orangnya daif hanya Allah-lah Yang Maha Mengetahui.

Abu Isa alias Imam Turmuzi dalam tafsir ayat ini mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abdu ibnu Humaid dan lainnya yang bukan hanya seorang, tetapi semuanya meriwayatkan hal yang sama.
Mereka mengatakan, telah menceritakan kepada kami Yunus ibnu Muhammad, telah menceritakan kepada kami Syaiban ibnu Abdur Rahman, dari Qatadah yang telah mengatakan bahwa Al-Hasan telah menceritakan dari Abu Hurairah yang mengatakan bahwa ketika Nabi ﷺ sedang duduk bersama para sahabatnya, tiba-tiba mendung menutupi mereka, maka Nabi ﷺ bersabda, “Tahukah kalian, apakah awan ini?”
Mereka menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.” Nabi ﷺ menjawab, “Awan inilah yang menyirami bumi, awan ini digiring menuju ke tempat suatu kaum yang tidak mensyukuri Allah dan tidak pernah berdoa kepada Allah.” Kemudian Nabi ﷺ bertanya, “Tahukah kalian apakah yang ada di atas kalian?”
Mereka menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.” Nabi ﷺ bersabda, “Sesungguhnya di atas kalian adalah langit yang tinggi yang merupakan atap yang terpelihara dan gelombang yang tertutup.” Kemudian Nabi ﷺ bertanya, “Tahukah kalian, berapakah jarak antara kalian dan langit itu?”
Mereka berkata, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.” Nabi ﷺ bersabda, “Jarak antara kalian dan langit adalah lima ratus tahun.” Kemudian Nabi ﷺ bertanya, “Tahukah kalian apakah yang ada di atasnya?”
Mereka menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.” Nabi ﷺ bersabda, “Sesungguhnya di atas itu ada langit lagi yang jarak di antara keduanya adalah perjalanan lima ratus tahun,” hingga Nabi ﷺ menyebutkannya sampai tujuh langit, dan bahwa jarak antara tiap-tiap dua langit sama dengan jarak antara langit dan bumi.
Nabi ﷺ bertanya, “Tahukah kalian apakah yang ada di atas semuanya itu?”
Mereka menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.” Nabi ﷺ bersabda, “Sesungguhnya di atas semuanya itu terdapat ‘Arasy yang jarak antara ‘Arasy dan langit (yang ketujuh) sama dengan jarak antara satu langit ke langit yang lainnya.
Nabi ﷺ bersabda, “Tahukah kalian, apakah yang ada di bawah kalian?”
Mereka menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.” Nabi ﷺ menjawab, “Sesungguhnya yang di bawah kalian adalah bumi.” Nabi ﷺ bertanya, “Tahukah kalian apa yang ada di bawah bumi?”
Mereka menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.” Nabi ﷺ bersabda, “Sesungguhnya di bawah bumi ini terdapat bumi lainnya yang jarak di antara keduanya sama dengan perjalanan lima ratus tahun,” hingga Nabi ﷺ menyebutnya sampai tujuh lapis bumi, dan bahwa jarak dari satu bumi ke bumi yang lainnya sama dengan perjalanan lima ratus tahun.” Kemudian Rasulullah ﷺ bersabda, “Demi Tuhan yang jiwaku berada di dalam genggaman-Nya, seandainya kalian mengulurkan tambang ke bumi yang paling bawah, tentulah tambang itu akan turun sampai kepada Allah.” Lalu Nabi ﷺ membaca firman Allah subhanahu wa ta’ala: Dialah Yang Awal dan Yang Akhir, Yang Zahir dan YangBatin, dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.
(Q.S. Al-Hadid [57]: 3)

Kemudian Imam Turmuzi mengatakan bahwa hadis ini garib bila ditinjau dari segi jalurnya.
Diriwayatkan pula dari Ayyub, Yunus ibnu Ubaid, dan Ali ibnu Zaid, mereka mengatakan bahwa Al-Hasan belum pernah mendengar dari Abu Hurairah.

Sebagian ahlul ‘ilmi menakwilkan makna hadis ini.
Mereka mengatakan bahwa sesungguhnya yang dimaksud dengan ‘turun sampai kepada Allah’ ialah ilmu-Nya, kekuasaan-Nya, dan pengaruh-Nya.
Karena sesungguhnya ilmu, kekuasaan, dan pengaruh Allah subhanahu wa ta’ala itu berada di mana-mana dan di semua tempat, sedangkan Dia di atas ‘Arasy, sebagaimana yang disebutkan di dalam Kitab-Nya.

Imam Ahmad meriwayatkan hadis ini melalui Syuraih, dari Al-Hakam ibnu Abdul Malik, dari Qatadah, dari Al-Hasan dan Abu Hurairah, dari Nabi ﷺ, lalu disebutkan hal yang semisal.
Dalam riwayat ini disebutkan pula bahwa jarak dari satu bumi ke bumi lainnya adalah perjalanan tujuh ratus tahun.
Disebutkan juga bahwa seandainya seseorang dari kalian menjulurkan tambang ke bumi lapis yang ketujuh, niscaya sampailah tambang itu kepada Allah.
Kemudian Nabi ﷺ membaca firman-Nya: Dialah Yang Awal dan Yang Akhir, Yang Zahir dan Yang Batin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.
(Q.S. Al-Hadid [57]: 3)

Ibnu Abu Hatim dan Al-Bazzar meriwayatkan hadis ini melalui Abu Ja’far Ar-Razi, dari Qatadah, dari Al-Hasan, dari Abu Hurairah, lalu disebutkan hadis yang semisal.
Tetapi Ibnu Abu Hatim tidak menyebutkan bagian terakhirnya, yaitu bahwa seandainya kamu menjulurkan tambang.
Akan tetapi, yang disebutkannya ialah hingga menghitung tujuh lapis bumi yang jarak antara satu lapis bumi ke lapis bumi lainnya sama dengan perjalanan lima ratus tahun.
Kemudian Rasulullah ﷺ membaca firman-Nya: Dialah Yang Awal dan Yang Akhir, YangZahir dan YangBatin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.
(Q.S. Al-Hadid [57]: 3)

Dan Al-Bazzar mengatakan bahwa tiada yang meriwayatkan hadis ini dari Nabi ﷺ selain Abu Hurairah.

Ibnu Jarir telah meriwayatkan dari Bisyr, dari Yazid, dari Sa’id, dari Qatadah sehubungan dengan makna firman-Nya: Dialah Yang Awal dan Yang Akhir, Yang Zahir dan Yang Batin.
(Q.S. Al-Hadid [57]: 3) Telah diceritakan kepada kami bahwa ketika Nabi ﷺ sedang duduk di antara para sahabatnya, tiba-tiba berlalulah di atas mereka sekumpulan awan.
Maka Nabi ﷺ bertanya, “Tahukah kalian, awan apakah ini?”
Kemudian dilanjutkan seperti konteks yang ada pada hadis Imam Turmuzi, hanya berdasarkan riwayat ini predikat hadis adalah mursal, dan barangkali jalur inilah yang terkenal; hanya Allah-lah Yang Maha Mengetahui.

Telah diriwayatkan pula hal ini melalui hadis Abu Zar Al-Gifari r.a.
yang dikemukakan oleh Al-Bazzar di dalam kitab musnadnya, dan Imam Baihaqi di dalam Kitabul Asma Was Sifat, tetapi sanadnya masih perlu diteliti dan di dalam matannya terdapat hal yang garib dan munkar; dan hanya Allah-lah Yang Maha Mengetahui.

Ibnu Jarir sehubungan dengan firman-Nya: dan seperti itu pula bumi.
(Ath-Thalaq: 12) telah mengatakan bahwa telah menceritakan kepada kami Ibnu Abdul A’la, telah menceritakan kepada kami Ibnu Saur, dari Ma’mar, dari Qatadah yang mengatakan bahwa empat malaikat bersua di antara langit dan bumi.
Sebagian dari mereka berkata kepada sebagian yang lain, “Dari manakah kamu datang?”
Seseorang dari mereka menjawab, “Tuhanku telah mengutusku dari langit yang ketujuh dan Dia kutinggalkan di sana.” Kemudian yang lainnya berkata, “Tuhanku telah mengutusku dari bumi yang ketujuh, dan Dia kutinggalkan di sana.” Yang lainnya berkata, “Tuhanku telah mengutusku dari arah timur dan Dia kutinggalkan di sana.” Dan yang lainnya lagi berkata, “Tuhanku telah mengutusku dari arah barat dan Dia kutinggalkan di sana.” Hadis ini garib sekali, dan adakalanya hadis yang pertama tadi mauquf hanya.
sampai pada Qatadah, sebagaimana pula hadis ini, yaitu dari perkataan Qatadah sendiri; dan hanya Allah-lah Yang Maha Mengetahui.


Informasi Surah Al Hadid (الحديد)
Surat Al Hadiid terdiri atas 29 ayat, termasuk golongan surat-surat Madaniyyah, diturunkan sesudah surat Az Zalzalah.

Dinamai “Al Hadiid” (Besi), diambil dari perkataan “Al Hadiid” yang terdapat pada ayat 25 surat ini.

Keimanan:

Hanya kepada Allah kembali semua urusan
beberapa sifat Allah dan beberapa As­maa-ul Husna serta pernyataan kekuasaan Allah di langit dan di bumi.

Hukum:

Perintah menafkahkan harta

Lain-lain:

Keadaan orang-orang munafik di hari kiamat
hakikat kehidupan dunia dan kehidupan akhirat
tujuan penciptaan besi
tujuan diutusnya para rasul
kehidupan kerahiban dalam agama Nasrani bukan berasal dari ajaran Nabi Isa a.s.
celaan kepada orang-orang bakhil dan orang yang menyuruh orang-orang lain berbuat bakhil.

Ayat-ayat dalam Surah Al Hadid (29 ayat)

Audio

Qari Internasional

Q.S. Al-Hadid (57) ayat 3 - Oleh Syekh Mishari Alafasy
Q.S. Al-Hadid (57) ayat 3 - Oleh Syekh Sa'ad Al-Ghamidi
Q.S. Al-Hadid (57) ayat 3 - Oleh Syekh Muhammad Ayyub

Murottal al-Qur'an & Terjemahan Indonesia
Q.S. Al-Hadid - Oleh Syekh Misyari Rasyid Alafasy
Full ayat 1 sampai 29 & Terjemahan


Gambar



Statistik Q.S. 57:3
  • Rating RisalahMuslim

Ayat ini terdapat dalam surah Al Hadid.

Surah Al-Hadid (bahasa Arab:الحديد, "Besi") adalah surah ke-57 dalam al-Qur'an.
Surah ini tergolong surah Madaniyah dan terdiri atas 29 ayat.
Dinamakan Al Hadiid yang berarti besi diambil dari perkataan Al Hadiid yang terdapat pada ayat ke-25 surat ini.

Nomor Surah 57
Nama Surah Al Hadid
Arab الحديد
Arti Besi
Nama lain -
Tempat Turun Madinah
Urutan Wahyu 94
Juz Juz 27
Jumlah ruku' 4 ruku'
Jumlah ayat 29
Jumlah kata 576
Jumlah huruf 2545
Surah sebelumnya Surah Al-Waqi’ah
Surah selanjutnya Surah Al-Mujadilah
4.5
Ratingmu: 4.7 (27 orang)
Sending

URL singkat: risalahmuslim.id/57-3







Pembahasan ▪ qs 57:3 ▪ (Q S al-hadid/57:3)(Q S al-hadid/57:3) ▪ alquaran 57:3 ▪ qs 57 3 ▪ qs 57 :3 ▪ qs 57:3 tafsir ▪ surah 57:3

Iklan

Video

Panggil Video Lainnya


Ikuti RisalahMuslim
               





Copied!

Masukan & saran kirim ke email:
[email protected]

Made with in Yogyakarta