فِیۡہَا عَیۡنٌ جَارِیَۃٌ
Fiihaa ‘ainun jaariyatun;
Di sana ada mata air yang mengalir.
―QS. Al Ghaasyiyah [88]: 12
―QS. Al Ghaasyiyah [88]: 12
Pencarian untuk {phrase} ({results_count} dari {results_count_total})
Displaying {results_count} results of {results_count_total}
Within it is a flowing spring.
― Chapter 88. Surah Al Ghaasyiyah [verse 12]
فِيهَا | di dalamnya
Therein
|
---|---|
عَيْنٌ | mata air
(will be) a spring
|
جَارِيَةٌ | mengalir
flowing,
|
Tafsir QS. Al-Gasyiyah (88) : 12. Oleh Kementrian Agama RI
Dalam ayat-ayat berikut ini, Allah menerangkan keadaan surga:
1. Surga tempatnya bernilai tinggi, lebih tinggi dari nilai tempat-tempat yang lain.
2. Di dalamnya tidak terdengar perkataan yang tidak berguna, sebab tempat itu adalah tempat orang-orang yang dikasihi Allah.
3. Di dalamnya terdapat mata air yang mengalirkan air bersih yang menarik pandangan bagi siapa saja yang melihatnya.
4. Di dalamnya terdapat mahligai yang tinggi.
5. Di dekat mereka tersedia gelas-gelas yang berisi minuman yang sudah siap diminum.
6. Di dalamnya terdapat bantal-bantal tersusun yang dapat dipergunakan menurut selera mereka, duduk di atasnya atau dipakai untuk bersandar dan sebagainya.
7. Di sana terdapat pula permadani yang indah dan terhampar pada setiap tempat.
8. Terdapat segala macam kenikmatan rohani dan jasmani yang jauh dari yang dapat kita bayangkan.
Tafsir QS. Al Ghaasyiyah (88) : 12. Oleh Muhammad Quraish Shihab:
Kamu tidak akan mendengar perkataan yang tidak berguna di dalamnya.
Di sana terdapat sumber air yang mengalir dan tidak ada putus-putusnya.
Oleh tim Mujamma’ Raja Fahd arahan Syaikh al-Allamah Dr. Shalih bin Muhammad Alu asy-Syaikh:
Wajah orang-orang yang beriman pada hari itu berseri-seri karena usahanya di dunia berupa ketaatan diridhai di akhirat.
Mereka berada dalam surga yang tinggi tempat dan kedudukannya.
Engkau tidak akan mendengar perkataan yang sia-sia di dalamnya walaupun satu kata.
Di dalamnya terdapat mata air yang mengalir.
Di dalamnya ada dipan-dipan yang ditinggikan dan gelas-gelas disiapkan bagi yang hendak minum, bantal-bantal yang tersusun rapi satu sama lain dan permadani-permadani yang terhampar.
Oleh Jalaluddin al-Mahalli & Jalaluddin as-Suyuthi:
(Di dalamnya ada mata air yang mengalir) lafal `Ainun sekalipun bentuknya Mufrad tetapi maknanya jamak.
Oleh Ismail bin Umar Al-Quraisyi bin Katsir Al-Bashri Ad-Dimasyqi:
(8-16)
Setelah menyebutkan keadaan orang-orang yang celaka, lalu diiringi dengan penyebutan keadaan orang-orang yang berbahagia, untuk itu Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
Banyak muka pada hari itu.
(QS. Al-Gasyiyah [88]: 8)
Yakni di hari kiamat.
berseri-seri.
(QS. Al-Gasyiyah [88]: 8)
Maksudnya, diketahui kehidupannya yang senang melalui wajah mereka, ian sesungguhnya hal itu diperoleh mereka tiada lain berkat usaha mereka di masa lalu.
Sufyan mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya:
merasa senang karena usahanya.
(QS. Al-Gasyiyah [88]: 9)
Yaitu merasa puas dengan amal perbuatannya di masa lalu.
Firman Allah
dalam surga yang tinggi.
(QS. Al-Gasyiyah [88]: 10)
Yakni yang tinggi lagi mewah berada di gedung-gedung yang megah dalam keadaan aman sentosa dan sejahtera.
tidak kamu dengar di dalamnya perkataan yang tidak berguna.
(QS. Al-Gasyiyah [88]: 11)
Semakna dengan apa yang disebutkan dalam ayat lain melalui firman-Nya:
Mereka tidak mendengar di dalamnya perkataan yang sia-sia dan tidak pula perkataan yang menimbulkan dosa, akan tetapi mereka mendengar ucapan salam.
(QS. Al-Waqi’ah [56]: 25-26)
Adapun firman Allah subhanahu wa ta’ala:
Di dalamnya ada mata air yang mengalir.
(QS. Al-Gasyiyah [88]: 12)
Maksudnya, yang mengalir dengan bebas.
Ini merupakan ungkapan nakirah dalam konteks isbat, dan makna yang dimaksud bukanlah satu mata air, melainkan ini adalah isim jinis yang artinya di dalam surga-surga itu terdapat banyak mata air yang mengalir.
Ibnu Abu Hatim mengatakan bahwa dibacakan kepada Ar-Rabi’ ibnu Sulaiman, bahwa telah menceritakan kepada kami Asad ibnu Musa, telah menceritakan kepada kami Ibnu Sauban, dari Ata ibnu Qurrah, dari Abdullah ibnu Damrah, dari Abu Hurairah r.a. yang mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ pernah bersabda:
Sungai-sungai di surga bersumber dari bawah jurang, atau dari bawah gunung-gunung kesturi.
Firman Allah subhanahu wa ta’ala:
Di dalamnya ada tahta-tahta yang ditinggikan.
(QS. Al-Gasyiyah [88]: 13)
Yang tinggi lagi empuk, banyak hamparannya dan tebal-tebal, di atasnya terdapat banyak bidadari yang bermata jeli.
Para ulama mengatakan bahwa apabila kekasih Allah hendak duduk di atas tahta yang tinggi-tinggi itu, maka tahta-tahta itu merendah untuknya.
dan gelas-gelas yang terletak (di dekatnya).
(QS. Al-Gasyiyah [88]: 14)
Yakni gelas-gelas minum yang disediakan bagi para pemiliknya yang hendak minum dengannya.
dan bantal-bantal sandaran yang tersusun.
(QS. Al-Gasyiyah [88]: 15)
Ibnu Abbas mengatakan bahwa makna yang dimaksud ialah bantal-bantal, hal yang sama dikatakan pula oleh Ikrimah, Qatadah, Ad-Dahhak,.
As-Saddi, As-Sauri dan lain-lainnya.
Firman Allah subhanahu wa ta’ala:
dan permadani-permadani yang terhampar.
(QS. Al-Gasyiyah [88]: 16)
Ibnu Abbas mengatakan bahwa makna yang dimaksud ialah permadani-permadani.
Hal yang sama dikatakan oleh Ad-Dahhak dan selainnya yang bukan hanya seorang.
Makna mabsusah ialah yang digelar di mana-mana bagi orang yang hendak duduk di mana pun yang dikehendakinya.
Sehubungan dengan hal ini sebaiknya diketengahkan sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Bakar ibnu Abu Daud yang mengatakan bahwa:
telah menceritakan kepada kami Amr ibnu Usman, telah menceritakan kepada kami ayahku, dari Muhammad ibnu Muhajir, dari Ad-Dahhak Al-Mu’afiri, dari Sulaiman ibnu Musa, telah menceritakan kepadaku Kuraib, ia pernah mendengar Usamah ibnu Zaid mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ pernah bersabda:
Ingatlah, adakah orang yang mau berupaya keras meraih surga, karena sesungguhnya surga itu keindahannya tidak tergambarkan.
Surga itu, demi Tuhan Yang memillki Ka’bah, merupakan nur yang berkilauan.
keharumannya semerbak menggugah hati, gedung-gedungnya kokoh lagi tinggi-tinggi, sungai-sungainya mengalir, buah-buahnya masak-masak, istri-istrinya cantik-cantik lagi jelita, pakaian-pakaiannya banyak berlimpah, tempat tinggal yang abadi di negeri yang sejahtera.
dipenuhi dengan buah-buahan dan hijau-hijauan, pakaian-pakaian sutra yang mewah lagi lembut di gedun-gedung yang tinggi lagi megah?
Para sahabat berkata,
"Benar, wahai Rasulullah, kamilah orang-orang yang berupaya keras untuk meraihnya."
Rasulullah ﷺ bersabda."Katakanlah olehmu, ‘Insya Allah‘.’"
Maka mereka mengucapkan,
"Insya Allah‘
Ibnu Majah meriwayatkan hadis ini dari Al-Abbas ibnu Usman Ad-Dimasyqi, dari Al-Walid ibnu Muslim ibnu Muhammad ibnu Muhajir dengan sanad yang sama.
Unsur Pokok Surah Al Ghaasyiyah (الغاشية)
Surat ini terdiri atas 26 ayat, termasuk surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Adz Dzaariat.
Nama "Ghaasyiyah" diambil dari kata "Al Ghaasyiyah" yang terdapat pada ayat pertama surat ini yang artinya peristiwa yang dahsyat, tapi yang dimaksud adalah hari kiamat.
Surat ini adalah surat yang kerap kali dibaca Nabi pada raka’at kedua pada shalat hari Raya dan shalat Jum’at.
Keimanan:
▪ Keterangan tentang orang-orang kafir pada hari kiamat dan azab yang dijatuhkan atas mereka.
▪ Keterangan tentang orang-orang yang beriman serta keadaan surga yang diberikan kepada mereka sebagai balasan.
▪ Perintah untuk memperhatikan keajaiban ciptaan-ciptaan Allah.
▪ Perintah kepada Rasulullah ﷺ untuk memperingatkan kaumnya kepada ayat-ayat Allah, karena beliau adalah seorang pemberi peringatan, dan bukanlah seorang yang berkuasa atas keimanan mereka.
QS. Al-Ghaasyiyah (88) : 1-26 ⊸ Misyari Rasyid Alafasy
Ayat 1 sampai 26 + Terjemahan Indonesia
QS. Al-Ghaasyiyah (88) : 1-26 ⊸ Nabil ar-Rifa’i
Ayat 1 sampai 26
Ayat ini terdapat dalam surah Al Ghaasyiyah.
Surah Al-Ghasyiyah (bahasa Arab:الغاشية, al-Ġhāšiyäh, “Hari Pembalasan”) adalah surah ke-88 dalam Alquran.
Surah ini tergolong surah Makkiyah dan terdiri atas 26 ayat.
Dinamakan Al-Ghasyiyah yang berarti Hari Pembalasan diambil dari kata al-Ghasyiyah yang terdapat pada ayat pertama surah ini.
Yang dimaksud dengan “Hari Pembalasan” dalam surah ini adalah Hari Penghakiman.
Nomor Surah | 88 |
---|---|
Nama Surah | Al Ghaasyiyah |
Arab | الغاشية |
Arti | Hari Pembalasan |
Nama lain | – |
Tempat Turun | Mekkah |
Urutan Wahyu | 68 |
Juz | Juz 30 |
Jumlah ruku’ | 1 ruku’ |
Jumlah ayat | 26 |
Jumlah kata | 92 |
Jumlah huruf | 382 |
Surah sebelumnya | Surah Al-A’la |
Surah selanjutnya | Surah Al-Fajr |
88:12, 88 12, 88-12, Surah Al Ghaasyiyah 12, Tafsir surat AlGhaasyiyah 12, Quran Al Gasiyah 12, Al Ghasyiyah 12, Al-Ghasyiyah 12, Surah Al Gasiyah ayat 12
88:12
۞ QS. 88:1 • Nama-nama hari kiamat
۞ QS. 88:2 • Keadaan orang kafir pada hari penghimpunan • Sifat ahli neraka dan kejahatan mereka • Azab orang kafir
۞ QS. 88:3 • Keadaan orang kafir pada hari penghimpunan • Sifat ahli neraka dan kejahatan mereka • Azab orang kafir
۞ QS. 88:4 • Sifat neraka • Sifat ahli neraka dan kejahatan mereka • Azab orang kafir
۞ QS. 88:5 • Sifat neraka • Makanan dan minuman ahli neraka • Azab orang kafir
۞ QS. 88:6 • Makanan dan minuman ahli neraka • Azab orang kafir
۞ QS. 88:7 • Makanan dan minuman ahli neraka • Azab orang kafir
۞ QS. 88:8 • Pahala iman • Penghimpunan manusia dan keadaan mereka • Keutamaan iman
۞ QS. 88:9 • Pahala iman • Penghimpunan manusia dan keadaan mereka • Keutamaan iman
۞ QS. 88:10 • Pahala iman • Nama-nama surga • Sifat surga dan kenikmatannya
۞ QS. 88:11 • Pahala iman • Sifat surga dan kenikmatannya
۞ QS. 88:12 • Pahala iman • Sifat surga dan kenikmatannya
۞ QS. 88:13 • Pahala iman • Sifat surga dan kenikmatannya
۞ QS. 88:14 • Pahala iman • Sifat surga dan kenikmatannya
۞ QS. 88:15 • Pahala iman • Sifat surga dan kenikmatannya
۞ QS. 88:16 • Pahala iman • Sifat surga dan kenikmatannya
۞ QS. 88:17 • Dalil-dalil adanya Allah Ta’ala • Kekuasaan Allah
۞ QS. 88:18 • Dalil-dalil adanya Allah Ta’ala • Kekuasaan Allah
۞ QS. 88:19 • Dalil-dalil adanya Allah Ta’ala • Kekuasaan Allah
۞ QS. 88:20 • Dalil-dalil adanya Allah Ta’ala • Kekuasaan Allah
۞ QS. 88:23 • Keingkaran dan kedurhakaan orang kafir
۞ QS. 88:24 • Azab orang kafir • Maksiat dan dosa
۞ QS. 88:25 • Kebenaran hari penghimpunan
۞ QS. 88:26 • Setiap makhluk ditanya pada hari penghimpunan
maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui,
― QS. An-Nahl [16]: 43
Lambung mereka selalu jauh dari tempat tidur untuk berdoa kepada Allah,
dengan rasa takut dari murka-Nya & mengharapkan kasih sayang-Nya.
Mereka pun selalu menafkahkan harta yang Kami karuniakan di jalan kebaikan.
― QS. As-Sajdah [32]: 16
Sesungguhnya Allah mengetahui segala isi hati.
― QS. Ali ‘Imran [3]: 119
Barang siapa yang mengerjakan amal yang saleh maka (pahalanya) untuk dirinya sendiri
dan barang siapa mengerjakan perbuatan jahat,
maka (dosanya) untuk dirinya sendiri,
dan sekali-kali tidaklah Rabb-mu menganiaya hamba-hamba-Nya.
― QS. Fussilat [41]: 46
Penjelasan:
أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ
a lam nasyrah laka sadrak
''Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?''
--QS. Al-Insyirah [94] : 1
Penjelasan:
Surah Al-Insyirah adalah surah ke-94 dalam al-Qur'an. Surah ini terdiri atas 8 ayat dan termasuk golongan surah-surah Makkiyah serta diturunkan sesudah surah Ad-Duha.
Penjelasan:
أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ
a lam nasyraḥ laka ṣadrak
'Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?'
--QS. Al-Insyirah [94] : 1
+
ArrayPenjelasan:
Surah Al-Insyirah adalah surah ke-94 dalam al-Qur'an. Surah ini terdiri atas 8 ayat dan termasuk golongan surah-surah Makkiyah serta diturunkan sesudah surah Ad-Duha.
Penjelasan:
وَوَضَعْنَا عَنكَ وِزْرَكَ
wa wada'na 'angka wizrak
''dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu,''
--QS. Al-Insyirah [94] : 2
Share your Results:
Sumber kedua hukum dalam menetapkan Hukum tentang Alquran adalah … Hukum penggunaan hadis sebagai dasar hukum adalah … Orang yang menceritakan hadits disebut … Undang-undang tentang penggunaan Hadits-Maudu adalah … Berikut adalah hadits yang rusak, kecuali …
Berikut adalah contoh bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala Maha Mendahulukan. Zakat menurut bahasa زكة , yang bermakna …Yang termasuk mustahiq (orang berhak menerima zakat) berikut yaitu … Setelah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam wafat maka diganti oleh sahabat sebagai pemimpin ummat disebut … Jasa khalifah Umar bin Khatab yang sampai saat ini masih dipergunakan, yaitu …
Turunnya surah Ad-Dhuha menunjukkan… ..kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.Surah Ad-Dhuha ayat ke-enam menunjukkan salah satu masa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu … sebagai … Berikut ini yang bukan kandungan surah Ad-Dhuha adalah… .. Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.Arti al-Kaafirun adalah … Arti dari lafal لَكُمْ دِينُكُمْ yaitu …
Apa itu Ayat Muhkamat? Jenis ayat menurut maknanya Ada dua jenis ayat dibagi menurut maknanya: Ayat Muhkamat yakni ayat dengan makna jelas dan langsung. Ayat Mutasyabihat yakni dengan makna samar, a...
Apa itu naib? na.ib wakil; pengganti; penghulu urusan agama Islam … •
Apa itu Yahudi? Yahudi adalah istilah yang merujuk kepada sebuah agama, etnisitas, atau suku bangsa. Sebagai agama, istilah ini merujuk kepada umat yang beragama Yahudi. Berdasarkan etnisitas, kata in...