Search
Exact matches only
Cari di judul
Cari di Arti & Tafsir
Search in comments
Search in excerpt
Filter by Custom Post Type
Filter berdasar surah
Pilih atau Semua
Abasa
Ad Dukhaan
Adh Dhuhaaa
Adz Dzaariyaat
Al 'Alaq
Al 'Ashr
Al A'laa
Al A'raaf
Al Aadiyaat
Al Ahqaaf
Al Ahzab
Al An 'aam
Al Anbiyaa
Al Anfaal
Al Ankabut
Al Balad
Al Baqarah
Al Bayyinah
Al Buruuj
Al Fajr
Al Falaq
Al Fath
Al Fatihah
Al Fiil
Al Furqaan
Al Ghaasyiyah
Al Haaqqah
Al Hadid
Al Hajj
Al Hasyr
Al Hijr
Al Hujurat
Al Humazah
Al Ikhlas
Al Infithar
Al Insaan
Al Insyiqaaq
Al Israa
Al Jaatsiyah
Al Jinn
Al Jumu'ah
Al Kaafiruun
Al Kahfi
Al Kautsar
Al Lahab
Al Lail
Al Ma'aarij
Al Maa'idah
Al Maa'un
Al Mu'min
Al Mu'minuun
Al Muddatstsir
Al Mujaadilah
Al Mulk
Al Mumtahanah
Al Munafiquun
Al Mursalat
Al Muthaffifin
Al Muzzammil
Al Qaari'ah
Al Qadr
Al Qalam
Al Qamar
Al Qashash
Al Qiyaamah
Al Waaqi'ah
Al Zalzalah
Alam Nasyrah
Ali Imran
An Naazi'at
An Nabaa
An Nahl
An Najm
An Naml
An Nas
An Nashr
An Nisaa'
An Nuur
Ar Ra'd
Ar Rahmaan
Ar Rum
As Sajdah
Ash Shaff
Ash Shaffaat
Asy Shyuura
Asy Syams
Asy Syu'araa
At Taghaabun
At Tahrim
At Takaatsur
At Takwir
At Taubah
At Tin
Ath Thaariq
Ath Thalaaq
Ath Thuur
Az Zukhruf
Az Zumar
Faathir
Fushshilat
Hud
Ibrahim
Luqman
Maryam
Muhammad
Nuh
Qaaf
Quraisy
Saba
Shaad
Thaa Haa
Yaa Siin
Yunus
Yusuf

💡 Ketik [nomer surah]-[nomer ayat], contoh: 2-255 atau albaqarah 255 atau ke www.risalahmuslim.id/2-255

Al Baqarah

Al Baqarah (Sapi Betina) surah 2 ayat 197


اَلۡحَجُّ اَشۡہُرٌ مَّعۡلُوۡمٰتٌ ۚ فَمَنۡ فَرَضَ فِیۡہِنَّ الۡحَجَّ فَلَا رَفَثَ وَ لَا فُسُوۡقَ ۙ وَ لَا جِدَالَ فِی الۡحَجِّ ؕ وَ مَا تَفۡعَلُوۡا مِنۡ خَیۡرٍ یَّعۡلَمۡہُ اللّٰہُ ؕؔ وَ تَزَوَّدُوۡا فَاِنَّ خَیۡرَ الزَّادِ التَّقۡوٰی ۫ وَ اتَّقُوۡنِ یٰۤاُولِی الۡاَلۡبَابِ
Al-hajju asyhurun ma’luumaatun faman faradha fiihinnal hajja falaa rafatsa walaa fusuuqa walaa jidaala fiil hajji wamaa taf’aluu min khairin ya’lamhullahu watazau-waduu fa-inna khairazzaadittaqwa waattaquuni yaa uuliil albaab(i);

(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji.
Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, niscaya Allah mengetahuinya.
Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal.
―QS. 2:197
Topik ▪ Takwa ▪ Keutamaan takwa ▪ Ayat yang berhubungan dengan Akhnas bin Syariq al Thaqofi
2:197, 2 197, 2-197, Al Baqarah 197, AlBaqarah 197, Al-Baqarah 197
Tafsir Kementrian Agama RI

Tafsir QS. Al Baqarah (2) : 197. Oleh Kementrian Agama RI

Waktu untuk mengerjakan haji itu sudah ada ketetapannya yaitu di dalam bulan-bulan yang sudah ditentukan dan tidak dibolehkan pada bulan-bulan yang lainnya.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas dan sudah berlaku di dalam mazhab Abu Hanifah, Syafii dan Imam Ahmad, bahwa waktu mengerjakan haji itu ialah pada bulan Syawal, Zulkaidah sampai dengan terbit fajar pada malam 10 Zulhijjah.
Ketentuan-ketentuan waktu haji ini telah berlaku dari sejak Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dan setelah agama Islam datang ketentuan-ketentuan itu tidak dirubah, malahan diteruskan sebagaimana yang berlaku itu.
Orang-orang yang sedang mengerjakan haji dilarang bersetubuh, mengucapkan kata-kata keji, melanggar larangan-larangan agama, berolok-olok dan bermegah-megah, bertengkar dan bermusuhan.

Semua perhatian ditujukan untuk berbuat kebaikan semata-mata.
Hati dan pikiran hanya tercurah kepada ibadah mencari keridaan Allah dan selalu mengingat-Nya.
Apa saja kebaikan yang dikerjakan seorang muslim yang telah mengerjakan haji, pasti Allah akan mengetahui dan mencatatnya dan akan dibalas-Nya dengan pahala yang berlipat ganda.
Supaya ibadah haji dapat terlaksana dengan baik dan sempurna maka setiap orang hendaklah membawa bekal yang cukup, lebih-lebih bekal makanan, minuman, pakatan dan lain-lain.
Yaitu bekal selama perjalanan dan mengerjakan haji di tanah suci dan bekal untuk kembali sampai di tempat masing-masing.
Diriwayatkan oleh Bukhari, Abu Daud dan Nasai dan lain-lainnya dari Ibnu Abbas, dia mengatakan, “Ada di antara penduduk Yaman, bila mereka pergi naik haji tidak membawa bekal yang cukup, mereka cukup bertawakal saja kepada Allah.
Setelah mereka sampai di tanah suci, mereka akhirnya mengemis-ngemis karena kehabisan bekal.” Maka bekal yang paling baik ialah bertakwa, yaitu memelihara diri jangan sampai mengemis-ngemis, hidup terlunta-lunta tidak bermalu, akhirnya ibadah haji dikerjakan tidak sempurnia dan tidak dengan hati yang tulus ikhlas.

Allah mengingatkan, supaya ibadah haji itu dikerjakan dengan penuh takwa kepada Allah dengan mengerjakan segala yang diperintahkan-Nya dan meninggalkan segala yang dilarang-Nya.
Dengan begitu akan dapat dicapai kebahagiaan dan keberuntungan yang penuh dengan rida dan rahmat Ilahi.

Al Baqarah (2) ayat 197 - dibacakan oleh Shaykh Mishari Alafasy Al Baqarah (2) ayat 197 - dibacakan oleh Syaikh Sa'ad Al-Ghamidi Al Baqarah (2) ayat 197 - dibacakan oleh Syaikh Muhammad Ayyub

Tafsir al-Misbah
Oleh Muhammad Quraish Shihab:

Ibadah haji itu dilaksanakan pada bulan-bulan tertentu yang sudah kalian ketahui sejak masa Nabi Ibrahim a.
s.
Bulan-bulan tesebut adalah Syawal, Zulkaidah dan Zulhijah.
Maka barangsiapa yang berniat haji dan telah masuk di bulan-bulan itu, ia harus memelihara etika haji.
Etika haji itu, di antaranya, adalah bahwa seseorang yang berihram dilarang menggauli istri, menjauhi kemaksiatan seperti mencaci, berdebat, bertengkar dan sebagainya, dan menghindari hal-hal yang akan menimbulkan perselisihan dan permusuhan.
Dengan demikian, diharapkan seorang yang berihram haji itu jiwanya menjadi bersih.
Berusahalah melakukan kebajikan seraya memohon ganjaran Allah melalui tindakan-tindakan amal saleh.
Sesungguhnya Allah mengetahui yang demikian itu dan Dia akan memberikan balasan-Nya.
Berbekallah untuk akhiratmu dengan bertakwa dan menjalankan segala perintah Allah serta menjauhi larangan-Nya.
Itulah bekal yang terbaik untuk kalian.
Dan takutlah kepada Allah atas apa yang kalian lakukan dan tinggalkan sesuai tuntutan akal dan kebajikan.
Maka janganlah kalian nodai perbuatan-perbuatan kamu sekalian dengan hawa nafsu dan tujuan-tujuan duniawi.

Tafsir al-Jalalain
Oleh Jalaluddin al-Mahalli & Jalaluddin as-Suyuthi:

(Haji), maksudnya adalah waktu dan musimnya (beberapa bulan yang dimaklumi), yaitu Syawal, Zulkaidah dan 10 hari pertama bulan Zulhijah.
Tetapi ada pula yang mengatakan seluruh bulan Zulhijah.
(Maka barang siapa yang telah menetapkan niatnya) dalam dirinya (akan melakukan ibadah haji pada bulan-bulan itu) dengan mengihramkannya, (maka tidak boleh ia mencampuri istrinya), yakni bersetubuh (dan jangan berbuat kefasikan) berbuat maksiat (dan jangan berbantah-bantahan) atau terlibat dalam percekcokan (sewaktu mengerjakan haji).
Menurut satu qiraat, dengan baris di atas dua hal yang pertama dan makna yang dimaksud adalah larangan mengerjakan tiga hal itu.
(Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan) sedekah (pastilah diketahui oleh Allah) yang akan membalas kebaikan itu.
Ayat berikut ini diturunkan kepada penduduk Yaman yang pergi naik haji tanpa membawa bekal, sehingga mereka menjadi beban orang lain.
(Dan berbekallah kamu) yang akan menyampaikan kamu ke tujuan perjalananmu (dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa), artinya yang dipergunakan manusia untuk menjaga dirinya agar tidak menjadi beban bagi orang lain dan sebagainya.
(Dan bertakwalah kamu kepada-Ku, hai orang-orang yang berakal).

Tafsir al-Muyassar
Oleh tim Mujamma’ Raja Fahd arahan Syaikh al-Allamah Dr. Shalih bin Muhammad Alu asy-Syaikh:

Waktu haji adalah bulan-bulan yang sudah dimaklumi, yaitu Syawal, Dzul Qa dah dan sepuluh hari pertama di bulan Dzul Hijjah.
Siapa yang berniat menunaikan haji di bulan-bulan tersebut dengan melakukan ihram, maka dia tidak boleh melakukan persetubuhan dan segala mukadimahnya baik dalam bentuk perkataan maupun perbuatan, haram pula atasnya menyimpang dari ketaatan kepada Allah dengan melakukan kemaksiatan-kemaksiatan, serta berdebat dalam haji yang membawa kepada kemarahan dan kebencian.
Kebaikan apa pun yang kalian lakukan diketahui oleh Allah, sehingga Dia membalas masing-masing orang sesuai dengan perbuatannya.
Ambillah bekal untuk diri kalian berupa makanan dan minuman dlam safar haji, dan bekal berupa amal shalih untuk kehidupan akhirat, karena sebaik-baik bekal adalah takwa kepada Allah.
Takutlah kalian kepada-Ku wahai orang-orang yang memiliki akal yang lurus.

Tafsir Ibnu Katsir
Oleh Ismail bin Umar Al-Quraisyi bin Katsir Al-Bashri Ad-Dimasyqi:

Ulama bahasa berbeda pendapat mengenai makna firman-Nya:

Haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi.

Sebagian di antara mereka mengatakan, bentuk lengkapnya ialah bahwa ibadah haji yang sesungguhnya yaitu haji yang dilakukan dalam bulan-bulan yang dimaklumi untuk itu.

Berdasarkan pengertian ini, berarti dapat ditarik kesimpulan bahwa melakukan ihram ibadah haji dalam bulan-bulan haji lebih sempurna daripada melakukan ihram haji di luar bulan haji, sekalipun melakukan ihram haji di luar bulan-bulan haji hukumnya sah.

Pendapat yang mengatakan sah melakukan ihram ibadah haji di sepanjang tahun merupakan.
mazhab Imam Maliki, Abu Hanifah, Ahmad ibnu Hambal, dan Ishaq ibnu Rahawaih.
Hal yang sama dikatakan pula oleh Ibrahim An-Nakha’i, As-Sauri, dan Al-Lais ibnu Sa’d.
Hal yang dijadikan hujah untuk memperkuat pendapat mereka adalah firman-Nya:

Mereka bertanya kepadamu tentang bulan sabit.
Katakanlah, “Bulan sabit itu adalah tanda-tanda waktu bagi manusia dan (bagi ibadah) haji.” (Al Baqarah:189)

Ibadah haji merupakan salah satu di antara sepasang manasik, maka hukumnya sah melakukan ihram untuk haji di waktu kapan pun sepanjang tahun.
Perihalnya sama dengan ibadah umrah.

Imam Syafii berpendapat, tidak sah melakukan ihram haji kecuali dalam bulan-bulannya.
Untuk itu seandainya seseorang melakukan ihram haji sebelum bulan haji tiba, maka ihramnya tidak sah.
Akan tetapi, sehubungan dengan umrahnya, apakah sah atau tidak?
Ada dua pendapat mengenainya.
Pendapat yang mengatakan bahwa tidak sah melakukan ihram haji kecuali di dalam bulan-bulannya diriwayatkan dari Ibnu Abbas dan Jabir.
Hal yang sama dikatakan pula oleh Ata, Tawus, dan Mujahid.
Sebagai dalilnya ialah firman Allah subhanahu wa ta’ala yang mengatakan:

(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi.

Menurut makna lahiriah, ayat ini mengandung makna lain yang diutarakan oleh ulama Nahwu.
Pendapat ini mengartikan bahwa musim haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, Allah mengkhususkan haji dalam bulan-bulan tersebut di antara bulan-bulan lainnya, maka hal ini menunjukkan bahwa tidak sah melakukan ihram sebelum tiba bulan-bulan haji.
Perihalnya sama dengan waktu-waklu salat.

Imam Syafii mengatakan, telah menceritakan kepada kami Muslim ibnu Khalid, dari Ibnu Juraij, telah menceritakan kepadaku Umar ibnu Ata, dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa tidak layak bagi seseorang melakukan ihram haji kecuali dalam musim haji, karena berdasarkan kepada firman-Nya:

Musim haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi.

Ibnu Murdawaih meriwayatkan di dalam kitab tafsirnya melalui dua jalur, dari Hajjaj ibnu Artah, dari Al-Hakim ibnu Utaibah, dari Miqsam, dari Ibnu Abbas yang mengatakan, “Termasuk tuntunan Nabi ﷺ ialah tidak melakukan ihram haji kecuali dalam bulan-bulan haji (musim haji).”

Ibnu Khuzaimah di dalam kitab sahihnya mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib, telah menceritakan kepada kami Abu Khalid Al-Ahmar, dari Syu’bah, dari Al-Hakam, dari Miqsam, dari Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa tidak boleh ihram haji kecuali dalam bulan-bulan haji, karena sesungguhnya termasuk sunnah haji ialah melakukan ihram haji dalam bulan-bulan haji.

Sanad asar ini berpredikat sahih.
Perkataan seorang sahabat yang menyatakan bahwa termasuk sunnah (tuntunan Nabi ﷺ) dikategorikan sebagai hadis marfu’ menurut kebanyakan ulama.
Terlebih lagi jika yang mengatakannya adalah Ibnu Abbas yang dijuluki sebagai ‘juru terjemah Al-Qur’an dan ahli menafsirkannya’.
Memang ada sebuah hadis marfu’ sehubungan dengan masalah ini.

Ibnu Murdawaih mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abdul Baqi, telah mencertakan kepada kami Nafi’, telah menceritakan kepada kami Al-Hasan ibnul Musanna, telah menceritakan kepada kami Abu Huzaifah, telah menceritakan kepada kami Sufyan, dari Abuz Zubair, dari Jabir, dari Nabi ﷺ, bahwa Nabi ﷺ pernah bersabda: Tidak layak bagi seseorang melakukan ihram haji kecuali di dalam bulan-bulan haji.

Sanad hadis ini tidak ada masalah.
Tetapi Imam Syafii dan Imam Baihaqi meriwayatkannya melalui berbagai jalur, dari Ibnu Juraij, dari Abuz Zubair, bahwa ia pernah mendengar Jabir ibnu Abdullah bertanya:

“Bolehkah melakukan ihram haji sebelum musim haji?”
Beliau menjawab, “Tidak boleh.”

Hadis mauquf ini lebih sahih dan lebih kuat sanadnya daripada hadis marfu’ tadi.
Dengan demikian, berarti mazhab sahabat menjadi kuat berkat adanya ucapan Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa termasuk sunnah ialah tidak melakukan ihram haji kecuali dalam bulan-bulan haji.

Firman Allah subhanahu wa ta’ala:

beberapa bulan yang dimaklumi.

Imam Bukhari mengatakan bahwa menurut Ibnu Umar, yang dimaksud dengan bulan-bulan haji ialah Syawwal, Zul-Qa’dah, dan sepuluh hari bulan Zul-Hijjah.

Asar yang di-ta’liq (dikomentari) oleh Imam Bukhari dengan ungkapan yang pasti ini diriwayatkan pula oleh Ibnu Jarir secara mausul.

Dia mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ahmad ibnu Hazim ibnu Abu Zagrah, telah menceritakan kepada kami Abu Na’im, telah menceritakan kepada kami Warqa, dari Abdullah ibnu Dinar, dari Ibnu Umar sehubungan dengan makna firman-Nya:

Musim haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi.
Bahwa yang dimaksud ialah bulan Syawwal, Zul-Qa’dah, dan sepuluh hari dari bulan Zul-Hijjah.
Sanad asar ini berpredikat sahih.

Menurut kami, asar ini diriwayatkan dari Umar, Ali, Ibnu Mas’ud, Abdullah ibnuz Zubair, Ibnu Abbas, Ata, Tawus, Mujahid, Ibrahim An-Nakha’i, Asy-Sya’bi, Al-Hasan, Ibnu Sirin, Makhul, Qatadah, Ad-Dahhak ibnu Muzahim, Ar-Rabi’ ibnu Anas, dan Muqatil ibnu Hayyan.
Hal ini merupakan pegangan bagi mazhab Imam Syafii, Imam Abu Hanifah, Imam Ahmad ibnu Hambal, Abu Yusuf, dan Abu Saur.
Pendapat ini dipilih oleh Ibnu Jarir, dan Ibnu Jarir mengatakan bahwa dibenarkan menyebutkan jamak untuk pengertian dua bulan dan sepertiga dari satu bulan dengan pengertian taglib (prioritas).
Perihalnya sama dengan perkataan orang-orang Arab, “Aku melihatnya tahun ini,” dan “Aku melihatnya hari ini,” sedangkan makna yang dimaksud ialah sebagian dari satu tahun dan sehari.
Juga seperti pengertian dalam firman-Nya:

Barang siapa yang ingin cepat berangkat (dari Mina) sesudah dua hari, maka tiada dosa baginya.
(Al Baqarah:203)

Karena sesungguhnya pengertian cepat berangkat ini tertuju kepada satu setengah hari (bukan setelah dua hari).

Imam Malik ibnu Anas dan Imam Syafii dalam qaul qadim-nya mengatakan bahwa bulan-bulan haji itu adalah bulan Syawwal, Zul-Qa’dah, dan Zul-Hijjah secara lengkap.
Pendapat ini berdasarkan sebuah riwayat dari Ibnu Umar.

Ibnu Jarir mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ahmad ibnu Ishaq, telah menceritakan kepada kami Abu Ahmad, telah menceritakan kepada kami Syarik, dari Ibrahim ibnu Muhajir, dari Mujahid, dari Ibnu Umar yang mengatakan bahwa bulan-bulan haji itu adalah bulan Syawwal, Zul-Qa’dah, dan Zul-Hijjah.

Ibnu Abu Hatim mengatakan di dalam kitab tafsirnya, telah menceritakan kepada kami Yunus ibnu Abdul A’la, telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb, telah menceritakan kepadaku Ibnu Juraij yang pernah mengatakan bahwa ia bertanya kepada Nafi’, “Apakah engkau pernah mendengar Ibnu Umar menyebutkan tentang bulan-bulan haji itu?”
Nafi’ menjawab, “Ya, Abdullah ibnu Umar menyebutnya bulan Syawwal, Zul-Qa’dah, dan Zul-Hijjah.”

Ibnu Juraij mengatakan bahwa hal tersebut dikatakan pula oleh Ibnu Syihab, Ata, dan Jabir ibnu Abdullah r.a.
Sanad asar ini berpredikat sahih sampai kepada Ibnu Juraij.
Hal yang sama telah diriwayatkan pula dari Tawus, Mujahid, Urwah ibnuz Zubair, Ar-Rabi’ ibnu Anas, dan Qatadah.

Faedah dari mazhab Imam Malik yang mengatakan bahwa musim haji itu berlangsung sampai akhir bulan Zul-Hijjah mengandung pengertian bahwa bulan tersebut khusus buat ibadah haji, maka makruh melakukan ihram umrah pada sisa bulan Zul-Hijjah, tetapi bukan berarti bahwa sah melakukan ihram haji sesudah malam kurban.

Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ahmad ibnu Sinan, telah menceritakan kepada kami Abu Mu’awiyah, dari Al-A’masy, dari Qais ibnu Muslim, dari Tariq ibnu Syihab yang mengatakan bahwa Abdullah pernah mengatakan, “Musim haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, tanpa ada umrah padanya.” Sanad asar ini sahih.

Ibnu Jarir mengatakan, sesungguhnya orang yang berpendapat bahwa bulan-bulan haji itu adalah bulan Syawwal, Zul-Qa’dah, dan Zul-Hijjah hanyalah bermaksud bahwa bulan-bulan tersebut bukanlah bulan-bulan untuk melakukan umrah.
Sesungguhnya bulan-bulan tersebut hanyalah untuk ibadah haji, sekalipun pada kenyataannya semua pekerjaan ibadah haji telah rampung dengan selesainya hari-hari Mina.
Seperti yang dikatakan oleh Muhammad ibnu Sirin, “Tiada seorang pun dari kalangan ahlul ilmi merasa ragu bahwa ibadah umrah di luar bulan-bulan haji lebih utama daripada melakukan ibadah umrah dalam bulan-bulan haji.”

Ibnu Aun mengatakan bahwa ia pernah bertanya kepada Al-Qasim ibnu Muhammad tentang.
ibadah umrah dalam bulan-bulan haji.
Lalu Al-Qasim menjawab, “Mereka menganggapnya kurang sempurna.”

Menurut kami, ada sebuah asar dari Umar dan Usman yang mengatakan bahwa keduanya menyukai ibadah umrah dalam selain bulan-bulan haji, dan keduanya melarang hal tersebut dalam bulan-bulan haji.

Firman Allah subhanahu wa ta’ala:

Barang siapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji.

Maksudnya, telah mewajibkan haji dengan memasuki ihramnya.
Di dalam ayat ini terkandung makna yang menunjukkan keharusan ihram haji dan melangsungkannya.

Ibnu Jarir mengatakan, mereka sepakat bahwa makna yang dimaksud dengan al-fard dalam ayat ini ialah wajib dan harus.

Ali ibnu Abu Talhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas sehubungan dengan firman-Nya:

Barang siapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji.Yakni orang yang telah berihram untuk haji atau umrah.

Ibnu Jarir mengatakan, telah menceritakan kepadaku Umar ibnu Ata, dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas yang mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya: Barang siapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji.
(Al Baqarah:197) Tidak layak bagi seseorang bila melakukan ihram untuk haji, kemudian ia tinggal di suatu tempat.

Firman Allah subhanahu wa ta’ala:

maka tidak boleh rafas.

Yakni barang siapa yang memasuki ihram untuk ibadah haji atau umrah, hendaklah ia menjauhi rafas.
Yang dimaksud dengan rafas ialah bersetubuh, seperti pengertian yang terkandung di dalam firman-Nya:

Dihalalkan bagi kalian pada malam hari puasa bercampur dengan istri-istri kalian.

Diharamkan pula melakukan hal-hal yang menjurus ke arahnya, seperti berpelukan dan berciuman serta lain-lainnya yang semisal, juga diharamkan membicarakan hal-hal tersebut di hadapan kaum wanita.

Ibnu Jarir mengatakan, telah menceritakan kepadaku Yunus, telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb, telah menceritakan kepadaku Yunus, Nafi’ pernah menceritakan kepadanya bahwa Abdullah ibnu Umar acapkali mengatakan bahwa rafas artinya menggauli istri dan membicarakan hal-hal yang berbau porno.

Ibnu Jarir mengatakan, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Basysyar, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Ja’far, telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari Qatadah, dari seorang lelaki, dari Abul Aliyah Ar-Rayyahi, dari Ibnu Abbas.
Disebutkan bahwa Ibnu Abbas pernah mendendangkan syair untuk memberi semangat kepada unta kendaraannya, sedangkan dia dalam keadaan berihram,
Abdullah ibnu Tawus meriwayatkan dari ayahnya, bahwa ayahnya pernah bertanya kepada Ibnu Abbas mengenai makna firman-Nya:

maka tidak boleh rafas dan berbuat fasik. Maka Ibnu Abbas menjawab, “Rafas artinya mengeluarkan kata-kata sindiran yang mengandung arti persetubuhan.
Ungkapan ini dinamakan ‘irabah menurut islilah orang-orang Arab yang artinya ‘kata-kata yang jorok’.”

Ata ibnu Abu Rabah mengatakan bahwa rafas artinya persetubuhan dan yang lebih rendah daripada itu berupa perkataan yang jorok.
Hal yang sama dikatakan pula oleh Amr ibnu Dinar.

Ata mengatakan bahwa orang-orang Arab tidak menyukai ungkapan ‘irabah yang artinya kata-kata sindiran ke arah persetubuhan, hal ini hukumnya haram.

Tawus mengatakan, rafas ialah bila seorang lelaki berkata kepada istrinya, “Apabila kamu telah ber-tahallul, niscaya aku akan menggaulimu.” Hal yang sama dikatakan pula oleh Abul Aliyah.

Ali ibnu Abu Talhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas, bahwa rafas artinya menyetubuhi wanita, menciumnya, dan mencumbu rayunya serta mengeluarkan kata-kata sindiran yang jorok kepadanya yang menjurus ke arah persetubuhan dan lain-lainnya yang semisal.

Ibnu Abbas mengatakan pula —juga Ibnu Umar— bahwa rafas artinya menyetubuhi wanita.
Hal yang sama dikatakan pula oleh Sa’id ibnu Jubair, Ikrimah, Mujahid, Ibrahim, Abul Aliyah, dari Ata, Makhul, Ata Al-Khurrasani, Ata ibnu Yasar, Atiyyah, Ibrahim An-Nakha’i, Ar-Rabi’, Az-Zuhri, As-Saddi, Malik ibnu Anas, Muqatil ibnu Hayyan, Abdul Karim ibnu Malik, Al-Hasan, Qatadah, Ad-Dahhak, dan lain-lainnya.

Firman Allah subhanahu wa ta’ala:

dan tidak boleh berbuat fasik.

Miqsam dan bukan hanya seorang telah meriwayatkan dari Ibnu Abbas, bahwa yang dimaksud dengan fusuq ialah perbuatan-perbuatan maksiat.

Muhammad ibnu Ishaq meriwayatkan dari Nafi’, dari Ibnu Umar yang pernah mengatakan bahwa yang dimaksud dengan fusuq ialah semua jenis perbuatan maksiat terhadap Allah, baik berupa berburu (di waktu ihram) ataupun perbuatan lainnya.

Hal yang sama diriwayatkan oleh Ibnu Wahb, dari Yunus, dari Nafi’, bahwa Abdullah ibnu Umar pernah berkata, “Yang dinamakan fusuq ialah melakukan perbuatan-perbuatan yang durhaka terhadap Allah di Tanah Suci.”

Sedangkan ulama lainnya mengatakan, yang dimaksud dengan fusuq dalam ayat ini ialah mencaci maki.
Demikianlah menurut Ibnu Abbas, Ibnu Umar, Ibnuz Zubair, Mujahid, As-Saddi, Ibrahim An-Nakha’i, dan Al-Hasan.
Barangkali mereka yang mengatakan demikian (caci maki) berpegang kepada apa yang telah ditetapkan di dalam hadis sahih, yaitu:

Mencaci orang muslim adalah perbuatan fasik, dan memeranginya adalah kekufuran.

Karena itulah maka dalam bab ini Abu Muhammad ibnu Abu Hatim meriwayatkannya melalui hadis Sufyan As-Sauri, dari Zubaid, dari Abu Wail, dari Abdullah, dari Nabi ﷺ yang telah bersabda: Mencaci orang muslim hukumnya fasik dan memeranginya hukumnya kufur.

Telah diriwayatkan melalui hadis Abdur Rahman ibnu Abdullah ibnu Mas’ud, dari ayahnya, juga melalui hadis Abu Ishaq, dari Muhammad ibnu Sa’d, dari ayahnya.
Abdur Rahman ibnu Zaid ibnu Aslam mengatakan bahwa fusuq dalam ayat ini artinya melakukan sembelihan untuk berhala-berhala, seperti pengertian yang terdapat di dalam Firman-Nya:

atau binatang yang disembelih atas nama selain Allah.
(Al An’am:145)

Ad-Dahhak mengatakan, al-fusuq artinya saling memanggil dengan julukan-julukan yang buruk.
Pendapat orang-orang yang mengatakan bahwa makna fusuq dalam ayat ini ialah semua perbuatan maksiat merupakan pendapat yang benar, sebagaimana Allah melarang perbuatan zalim (aniaya) dalam bulan-bulan haram, sekalipun dalam sepanjang masa perbuatan ini diharamkan, hanya saja dalam bulan-bulan haram lebih keras lagi keharamannya.
Karena itulah maka Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

di antaranya empat bulan haram.
Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kalian menganiaya diri kalian sendiri dalam bulan yang empat ini.
(At Taubah:36)

Sehubungan dengan melakukan perbuatan zalim di Tanah Suci, Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

Dan siapa yang bermaksud di dalamnya melakukan kejahatan secara zalim, niscaya Kami rasakan kepadanya sebagian siksa yang pedih.
(Al Hajj:25)

Ibnu Jarir memilih pendapat yang mengatakan bahwa isitilah fusuq dalam ayat ini ialah semua perbuatan yang dilarang di dalam ihram, seperti membunuh binatang buruan, mencukur rambut kepala, memotong kuku, dan lain sebagainya yang sejenis, seperti yang disebutkan dari Ibnu Umar.
Akan tetapi, semua apa yang telah kami sebutkan adalah harus lebih dijauhi.

Disebutkan di dalam kitab Sahihain melalui hadis Abu Hazm, dari sahabat Abu Hurairah r.a.
yang menceritakan bahwa Rasulullah ﷺ pernah bersabda:

Barang siapa yang melakukan haji di Baitullah ini, lalu ia tidak rafas dan tidak berbuat fasik, maka seakan-akan ia bersih dari semua dosanya seperti pada hari ketika ia dilahirkan oleh ibunya.

Firman Allah subhanahu wa ta’ala:

dan (tidak boleh) berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji.

Sehubungan dengan makna ayat ini ada dua pendapat:

Pendapat pertama mengatakan tidak boleh berbantah-bantahan dalam musim haji, yakni sewaktu sedang melaksanakan manasik-manasiknya.
Allah subhanahu wa ta’ala telah menjelaskannya dengan keterangan yang sempurna dan merincikannya dengan rincian yang gamblang.

Sehubungan dengan hal ini Waki’ telah meriwayatkan dari Al-Ala ibnu Abdul Karim, bahwa ia pernah mendengar Mujahid mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya:

…dan (tidak boleh) berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji.
Sesungguhnya Allah subhanahu wa ta’ala telah menjelaskan bulan-bulan haji, maka tidak boleh lagi ada bantah-bantahan di antara manusia dalam mengerjakannya.

Ibnu Abu Nujaih meriwayatkan dari Mujahid sehubungan dengan makna firman-Nya:

…dan (tidak boleh) berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji.

Tidak ada bulan yang ditangguhkan dan tidak ada bantahan-bantahan dalam masalah haji, semuanya sudah jelas.
Kemudian Mujahid menyebutkan tingkah laku yang dilakukan oleh kaum musyrik terhadap apa yang disebutkan di kalangan mereka dengan nama nasi’ (menangguhkan bulan haji, lalu memindahkannya ke bulan yang lain).
Perbuatan mereka itu sangat dicela oleh Allah subhanahu wa ta’ala

As-Sauri meriwayatkan dari Abdul Aziz ibnu Rafi’, dari Mujahid sehubungan dengan makna firman-Nya:

…dan (tidak boleh) berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji.

Bahwa masalah haji telah diluruskan, maka tidak boleh ada bantah-bantahan lagi mengenainya.

Hal yang sama dikatakan pula oleh As-Saddi.
Hisyam mengatakan, telah menceritakan kepada kami Hajjaj, dari Ata, dari Ibnu Abbas sehubungan dengan makna firman-Nya:

…dan (tidak boleh) berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji.

Yang dimaksud dengan jidal ialah berbantah-bantahan dalam masa mengerjakan ibadah haji.

Abdullah ibnu Wahb mengatakan bahwa Malik pernah mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya:

…dan (tidak boleh) berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji.

Makna yang dimaksud ialah melakukan bantah-bantahan dalam masa mengerjakan haji.
Hanya Allah yang lebih mengetahui, bahwa pada mulanya orang-orang Quraisy melakukan wuquf di Masy’aril Haram, yaitu di Muzdalifah, sedangkan orang-orang Arab lainnya dan selain orang-orang Arab melakukan wuquf di Arafah.
Mereka selalu berbantah-bantahan.

Golongan yang pertama mengatakan, “Kami lebih benar,” sedangkan golongan yang lain mengatakan, “Kamilah yang lebih benar.” Demikianlah menurut pandangan kami, dan hanya Allah yang lebih mengetahui.

Ibnu Wahb meriwayatkan dari Abdur Rahman ibnu Zaid ibnu Aslam bahwa mereka mengambil tempat wuqufnya sendiri-sendiri se-cara berbeda-beda yang masih mereka perdebatkan, masing-masing pihak mengakui bahwa mauqif-nya adalah berdasarkan mauqif Nabi Ibrahim ‘alaihis salam Maka Allah memutuskannya, yaitu ketika Dia memberi-tahukan kepada Nabi-Nya tentang manasik yang sesungguhnya.

Ibnu Wahb meriwayatkan dari Abu Sakhr, dari Muhammad ibnu Ka’b yang mengatakan bahwa dahulu orang-orang Quraisy apabila berkumpul di Mina, maka sebagian dari mereka mengatakan kepada sebagian yang lainnya, “Haji kami lebih sempurna daripada haji kalian,” begitu pula sebaliknya.

Hammad ibnu Salamah meriwayatkan dari Jabir ibnu Habib, dari Al-Qasim ibnu Muhammad yang mengatakan bahwa berbantah-bantahan dalam ibadah haji ialah bila sebagian dari mereka yang terlibat mengatakan, “Haji adalah esok hari.” Sedangkan sebagian yang lain mengatakan, “Haji adalah hari ini.”

Sementara itu Ibnu Jarir memilih kandungan makna dari semua pendapat yang telah disebutkan di atas, yaitu tidak boleh berbantah-bantahan dalam manasik haji.

Pendapat yang kedua mengatakan, yang dimaksud dengan istilah jidal dalam ayat ini ialah bertengkar.
Ibnu Jarir mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abdul Hamid ibnu Hassan, telah menceritakan kepada kami Ishaq, dari Syarik, dari Abu Ishaq, dari Abul Ah-was, dari Abdullah ibnu Mas’ud sehubungan dengan makna firman-Nya:

…dan tidak boleh berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji.

Makna yang dimaksud dengan al-jidal ialah bila kamu membantah saudaramu hingga kamu buat dia marah karenanya.
Dengan sanad yang sama sampai kepada Abu Ishaq, dari At-Tamimi, disebutkan bahwa ia pernah bertanya kepada Ibnu Abbas tentang makna al-jidal, maka Ibnu Abbas menjawab, “Artinya berbantah-bantahan, yaitu bila kamu melakukan bantahan terhadap temanmu hingga kamu buat dia marah karenanya.”

Ali ibnu Abu Talhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas sehubungan dengan makna firman-Nya: dan tidak boleh berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji.
Artinya, berbantah-bantahan dan perdebatan hingga engkau membuat marah saudara dan temanmu, kemudian Allah subhanahu wa ta’ala melarang hal tersebut.

Ibrahim An-Nakha’i mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya:

…dan tidak boleh berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji. Bahwa mereka tidak menyukai berbantah-bantahan.

Muhammad ibnu Ishaq meriwayatkan dari Nafi, dari Ibnu Umar yang mengatakan bahwa al-jidal dalam ibadah haji artinya mencaci maki dan bertengkar.
Hal yang sama diriwayatkan pula oleh Ibnu Wahb, dari Yunus, dari Nafi’, Umar pernah mengatakan bahwa berbantah-bantahan dalam masa mengerjakan haji artinya melakukan caci maki, perdebatan, dan pertengkaran.

Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah diriwayatkan dari Ibnuz Zubair, Al-Hasan, Ibrahim,Tawus, dan Muhammad ibnu Ka’b, bahwa mereka mengatakan, “Al-jidal artinya berbantah-bantahan.”

Abdullah ibnul Mubarak meriwayatkan dari Yahya ibnu Basyir, dari Ikrimah sehubungan dengan makna firman-Nya:

…dan tidak boleh berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji.

Al-jidal artinya marah, yaitu bila kamu membuat marah seorang muslim, kecuali jika kamu menegur budak, lalu kamu membuatnya marah tanpa memukulnya, maka tidak menjadi masalah bagimu, insya Allah.
Menurut kami, seandainya seseorang memukul budaknya, hal ini masih tetap diperbolehkan.
Sebagai dalilnya ialah apa yang telah diriwayatkan oleh Imam Ahmad:

telah menceritakan kepada kami Abdullah ibnu Idris, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Ishaq, dari Yahya ibnu Abbad ibnu Abdullah ibnuz Zubair, dari ayah-nya, dari Asma binti Abu Bakar yang menceritakan hadis berikut: Kami berangkat bersama Rasulullah ﷺ untuk menunaikan ibadah haji.

Ketika kami berada di Araj, Rasulullah ﷺ turun istirahat.
Maka Siti Aisyah r.a.
duduk di sebelah Rasulullah ﷺ, sedangkan aku duduk di sebelah Abu Bakar (ayahku).
Ketika itu pelayan perempuan Abu Bakar dan Rasulullah ﷺ hanya satu orang disertai dengan budak laki-laki milik Abu Bakar.
Abu Bakar duduk menunggu budaknya muncul.
Si budak muncul tanpa hewan untanya, maka Abu Bakar bertanya, “Ke mana untamu?”
Si budak menjawab, “Tadi malam aku kehilangan dia.” Abu Bakar berkata, “Mengapa seekor unta saja kamu tidak dapat menjaganya, hingga ia kabur?”
Lalu Abu Bakar memukul budaknya itu, sedangkan Rasulullah ﷺ tersenyum seraya berkata: Lihatlah oleh kalian apa yang dilakukan oleh orang yang sedang ihram ini.’

Berangkat dari pengertian hadis ini, ada sebagian ulama Salaf yang menyimpulkan bahwa termasuk kesempurnaan ibadah haji ialah memukul unta (kendaraan).
Akan tetapi, dari sabda Nabi ﷺ terhadap Abu Bakar ini, yaitu: Lihatlah oleh kalian apa yang dilakukan oleh orang yang sedang ihram ini.
dapat ditarik kesimpulan adanya teguran yang lembut.
Maknanya menyatakan bahwa meninggalkan perbuatan tersebut adalah lebih utama.

Imam Abdu ibnu Humaid di dalam kitab Musnad-nya mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ubaidillah ibnu Musa, dari Musa ibnu Ubaidah, dari saudaranya (yaitu Abdullah ibnu Ubaidillah), dari Jabir ibnu Abdullah yang mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ pernah bersabda: Barang siapa yang telah menunaikan hajinya, dan orang-orang muslim selamat dari ulah lisan dan tangannya, niscaya Allah memberikan ampunan baginya atas semua dosanya yang terdahulu.

Firman Allah subhanahu wa ta’ala:

Dan apa yang kalian kerjakan berupa kebaikan, niscaya Allah mengetahuinya.

Setelah Allah subhanahu wa ta’ala melarang mereka melakukan perbuatan yang buruk, baik berupa ucapan maupun perbuatan, maka Allah menganjurkan kepada mereka untuk mengerjakan kebaikan, dan Allah subhanahu wa ta’ala memberitahukan kepada mereka bahwa Dia Maha Mengetahuinya, kelak Allah akan memberikan balasan kepadanya dengan balasan yang berlimpah di hari kiamat nanti.

Firman Allah subhanahu wa ta’ala:

Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa.

Al-Aufi meriwayatkan dari Ibnu Abbas, ada orang-orang yang berangkat meninggalkan keluarga mereka tanpa membawa bekal.
Mereka mengatakan, “Kami akan melakukan ibadah haji, mengapa Allah tidak memberi kami makan?”
(yakni niscaya Allah memberi kami makan).
Maka turunlah ayat ini yang maknanya, “Berbekallah kalian untuk mencegah diri kalian dari meminta-minta kepada orang lain.”

Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Abdullah ibnu Yazid Al-Muqri, telah menceritakan kepada kami Sufyan, dari Amr ibnu Dinar, dari Ikrimah, bahwa orang-orang ada yang menunaikan hajinya tanpa membawa bekal.
Maka Allah menurunkan firman-Nya: Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa.

Ibnu Abu Hatim mengatakan, sesungguhnya hadis ini diriwayatkan pula oleh Warqa, dari Amr ibnu Dinar, dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas.
Ibnu Abu Hatim mengatakan bahwa apa yang diriwayatkan oleh Warqa, dari Ibnu Uyaynah lebih sahih.

Menurut kami, hadis ini diriwayatkan pula oleh Imam Nasai, dari Sa’id ibnu Abdur Rahman Al-Makhzumi, dari Sufyan ibnu Uyaynah, dari Amr ibnu Dinar, dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas, bahwa ada orang-orang yang menunaikan ibadah haji tanpa membawa bekal, lalu Allah menurunkan firman-Nya: Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa.

Diketengahkan oleh Abu Daud, dari Abu Mas’ud (yaitu Ahmad ibnul Furat Ar-Razi) dan Muhammad ibnu Abdullah Al-Makhzumi, dari Syababah, dari Warqa, dari Amr ibnu Dinar, dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas yang menceritakan bahwa orang-orang Yaman melakukan ibadah hajinya tanpa membawa bekal, dan mereka mengatakan, “Kami adalah orang-orang yang bertawakal.” Maka Allah menurunkan firman-Nya: Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa.

Ibnu Hibban meriwayatkannya di dalam kitab sahihnya melalui hadis Syababah dengan lafaz yang sama.
Ibnu Jarir dan Ibnu Murdawaih meriwayatkannya melalui hadis Amr ibnu Abdul Gaffar, dari Nafi’, dari Ibnu Umar yang menceritakan bahwa tersebutlah apabila mereka telah memasuki ihram, sedangkan bekal yang mereka bawa masih ada pada mereka, maka mereka membuangnya, lalu mereka mengadakan perbekalan lain yang baru.
Maka Allah subhanahu wa ta’ala menurunkan firman-Nya: Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa.

Mereka dilarang melakukan hal tersebut dan mereka diperintahkan agar membawa perbekalan berupa tepung terigu, sagon, dan roti kering (yakni makanan yang tahan lama).
Hal yang sama dikatakan pula oleh Ibnuz Zubair, Abul Aliyah, Mujahid, Ikrimah, Asy-Sya’bi, An-Nakha’i, Salim ibnu Abdullah, Ata Al-Khurrasani, Qatadah, Ar-Rabi’ ibnu Anas, dan Muqatil ibnu Hayyan.

Sa’id ibnu Jubair mengatakan, “Berbekallah kalian dengan perbekalan berupa tepung terigu, sagon, dan roti kering.”

Waki’ ibnul Jarrah mengatakan di dalam kitab tafsirnya, telah menceritakan kepada kami Sufyan, dari Muhammad ibnu Suqah, dari Sa’id ibnu Jubair sehubungan dengan makna firman-Nya: Dan berbekallah Yang dimaksud ialah bekal berupa tepung dan sagon.

Waki’ meriwayatkan pula, telah menceritakan kepada kami Ibrahim Al-Makki, dari Ibnu Abu Nujaih, dari Mujahid, dari Ibnu Amr yang mengatakan bahwa sesungguhnya termasuk kedermawanan seorang laki-laki ialah membawa bekal yang baik dalam perjalanannya.

Hammad ibnu Salamah menambahkan pada riwayat di atas, dari Abu Raihanah, bahwa Ibnu Umar pernah memerintahkan kepada orang yang mau bepergian dengannya agar membawa bekal yang baik.

Firman Allah subhanahu wa ta’ala:

dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa.

Setelah Allah subhanahu wa ta’ala memerintahkan mereka agar membawa bekal dalam bepergian di dunia, maka Allah subhanahu wa ta’ala memberikan pctunjuk-Nya kepada mereka bekal lainnya untuk kebahagiaan di negeri akhirat, yaitu takwa kepada Allah.
Perihalnya sama dengan makna yang terkandung di dalam ayat lain, yaitu firman-Nya:

dan pakaian indah untuk perhiasan.
Dan pakaian takwa itulah yang paling baik.
(Al A’raf:26)

Dengan kata lain, setelah Allah menyebutkan pakaian hissi (konkret), lalu Allah mengingatkan seraya memberikan petunjuk kepada jenis pakaian lainnya, yaitu pakaian maknawi (abstrak) berupa khusyuk, taat, dan takwa.
Allah menyebutkan pula bahwa pakaian yang terakhir ini lebih baik dan lebih bermanfaat daripada jenis yang per-tama tadi.

Ata Al-Khurrasani mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya: dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa.Yang dimaksud dengan takwa ialah bekal untuk akhirat.

Imam Tabrani meriwayatkan, telah menceritakan kepada kami Hisyam ibnu Ammar, telah menceritakan kepada kami Marwan ibnu Mu’awiyah, dari Ismail, dari Qais, dari Jarir ibnu Abdullah, dari Nabi ﷺ Yang bersabda: Barang siapa yang membuat bekal di dunia, maka bekal ini akan bermanfaat di akhirat.

Muqatil ibnu Hayyan mengatakan, ketika diturunkan firman-Nya: Dan berbekallah. Maka berdirilah seorang lelaki dari kalangan kaum fakir miskin kaum muslim, lalu ia berkata, “Wahai Rasulullah, kami tidak menemukan apa yang bisa dipergunakan buat bekal kami.” Maka Rasulullah ﷺ Bersabda:

Berbekallah untuk mencegah dirimu dari meminta-minta kepada orang lain, dan sebaik-baik apa yang dijadikan bekal bagi kalian ialah takwa.
(Riwayat Ibnu Abu Hatim)

Firman Allah subhanahu wa ta’ala:

dan bertakwalah kepada-Ku, hai orang-orang yang berakal.

Yakni hindarilah oleh kalian siksaan-Ku, pembalasan-Ku, dan azab-Ku bagi orang yang menentang-Ku dan tidak mau mengerjakan perintah-Ku, hai orang-orang yang berakal dan berpemahaman!

Asbabun Nuzul
Sebab-Sebab Diturunkannya Surah Al Baqarah (2) Ayat 197

Diriwayatkan oleh al-Bukhari dan selainnya, yang bersumber dari Ibnu ‘Abbas.
Bahwa orang-orang Yaman apabila naik haji tidak membawa bekal apa-apa, dengan alasan tawakal kepada Allah.
Maka turunlah…wa tazawwaduu fa inna khairaz zaadit taqwaa..(…berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa…), sebagian dari surah al-Baqarah ayat 197.

Sumber : Asbabun Nuzul-K.H.Q.Shaleh – H.A.A Dahlan dkk.

Kata Pilihan Dalam Surah Al Baqarah (2) Ayat 197

ZAAD
لزَّاد

Lafaz ini dalam bentuk mufrad, jamaknya azwad dan azwidah. Berasal dari kata zaada-yazuudu artinya makanan musafir, apa yang diusahakan manusia di dalam hidupnya dari kebaikan atau kejahatan, bekal, persediaan, kebutuhan pokok tanpanya sesuatu itu tidak dapat maju atau berkembang.

Disebut sekali di dalam Al Qur’an yaitu dalam surah Al Baqarah (2), ayat 197.
Allah berfirman,

وَتَزَوَّدُوا۟ فَإِنَّ خَيْرَ ٱلزَّادِ ٱلتَّقْوَىٰۚ

Ayat ini berkena­an dengan persediaan sebelum menunaikan haji.

Diriwayatkan dari Amru bin Ad Dinar, Ikrimah menceritakan dari Ibn Abbas katanya, penduduk Yaman menunaikan haji tetapi mereka tidak mempunyai bekal dan membuat persediaan, mereka berkata,
“Kami bertawakal kepada Allah.” Ketika sampai di Makkah, mereka meminta-minta kepada manusia, lalu turunlah ayat ini.

Lafaz az zaad dikaitkan dengan kata khair yaitu sebaik-baik dan disandarkan kepada at taqwa yaitu ketaqwaan.

Dalam Tafsir Al­ Mishbah, az zaad yang bermakna bekal mencakup dua macam yaitu:

1. Bekal material;
Setiap individu yang mengerjakan haji tidak ter­ganggu fikirannya atau resah jiwa­nya, tidak perlu menebalkan muka­nya dengan meminta-minta akibat kekurangan bekal, malah jemaah haji dituntut supaya saling membantu dan memberi.

Dari makna ini, ada beberapa penafsiran az zaad.

-Sa’id bin Jubair menyatakan, az zaad ialah minyak, roti, kuih dan tepung gandum.

-Al-Sya’bi berpendapat, az zaad ialah kurma dan tepung gandum.

-Hanzalah ketika ditanya oleh Salim tentang bekal haji, beliau ber­kata, roti, daging dan kurma. Bekal haji tidak terbatas kepada perkara di atas, ia termasuk apa saja keperluan ketika menunaikan haji.

2. Bekal rohani;
Ia menuntut persiapan mental dan ilmu pengetahuan khusus­nya berkaitan ibadah yang hendak di­laksanakan. Kesempurnaan haji bukan terletak pada gerak badan, tetapi pada kemantapan jiwa menghadap Allah. Namun, dalam hal ini, ketakwaan adalah sebaik-baik bekal.

Diceritakan dari Qatadah, Hasan berkata,
“Sesungguhnya penduduk Yaman ber­musafir dan pergi menunaikan haji, tetapi mereka tidak mempunyai bekal­. Lalu Allah memerintahkan mereka menyediakan nafkah dan bekal dijalan Allah serta memberitahu sebaik-baik bekal adalah ketakwaan.

Al Qurtubi menerangkan, makna az zaad ialah menjauhkan diri dari segala larangan-larangan bersama dengan bekal materi, menjauhkan diri dari segala perkara yang membinasakan, tidak perlu mengemis dan meminta­-minta. Atau maknanya supaya meng­hindari siksaan, baik di dunia mahupun di akhirat dan menghindari dari bekal yang haram. Bekal yang tidak dibenarkan Allah atau bekal­ yang berlebihan yang menyebabkan mubadzir.

Sumber : Kamus Al Qur’an, PTS Islamika SDN. BHD.Hal:258

Informasi Surah Al Baqarah (البقرة)
Surat “Al Baqarah” yang terdiri dari 286 ayat ini turun di Madinah yang sebahagian besar diturun­kan pada permulaan tahun Hijrah, kecuali ayat 281 diturunkan di Mina pada Hajji wadaa’ (hajji Nabi Muhammad ﷺ yang terakhir).
Seluruh ayat dari surat Al Baqarah termasuk golong­an Madaniyyah, merupakan surat yang terpanjang di antara surat-surat Al Qur’an yang di dalamnya terdapat pula ayat yang terpanjang (ayat 282).

Surat ini dinamai “Al Baqarah” karena di dalamnya disebutkan kisah penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah kepada Bani lsrail (ayat 67 sarnpai dengan 74), dimana dije­laskan watak orang Yahudi pada umumnya, Dinamai “Fusthaathul-Qur’an” (puncak Al Qur­ aan) karena memuat beberapa hukum yang tidak disebutkan dalam surat yang lain.
Dinamai juga surat “alif-laam-miim” karena surat ini dimulai dengan Alif-laam-miim.

Keimanan:

Da’wah lslamiyah yang dihadapkan kepada umat Islam, ahli kitab dan para musyrikin.

Hukum:

Perintah mengerjakan shalat
menunaikan zakat
hukum puasa
hukum haji dan umrah
hukum qishash
hal-hal yang halal dan yang haram
bernafkah di jalan Allah
hukum arak dan judi
cara menyantuni anak yatim, larangan riba
hu­tang piutang
nafkah dan yang berhak menerimanya
wasiyat kepada dua orang ibu­ bapak dan kaum kerabat
hukum sumpah
kewajiban menyampaikan amanat
sihir
hukum merusak mesjid
hukum merubah kitab-kitab Allah
hukum haidh, ‘iddah, thalak, khulu’, ilaa’
hukum susuan
hukum melamar
mahar larangan mengawini wanita musyrik dan sebaliknya
hukum perang.

Kisah:

Kisah penciptaan Nabi Adam a.s.
kisah Nabi Ibrahim a.s.
kisah Nabi Musa a.s, dengan Bani lsrail.

Lain-lain:

Sifat-sifat orang yang bertakwa
sifat-sifat orang munafik
sifat-sifat Allah
per­umpamaan-perumpamaan
kiblat, kebangkitan sesudah mati.


Gambar Kutipan Surah Al Baqarah Ayat 197 *beta

Surah Al Baqarah Ayat 197



Statistik
  • Rating RisalahMuslim

Surah Al Baqarah

Surah Al-Baqarah (Arab: سورة البقرة‎, bahasa Indonesia: "Sapi Betina") adalah surah ke-2 dalam Al-Qur'an.
Surah ini terdiri dari 286 ayat, 6.221 kata, dan 25.500 huruf dan tergolong surah Madaniyah.
Surah ini merupakan surah dengan jumlah ayat terbanyak dalam Al-Qur'an.
Surah ini dinamai al-Baqarah yang artinya Sapi Betina sebab di dalam surah ini terdapat kisah penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah kepada Bani Israil (ayat 67-74).
Surah ini juga dinamai Fustatul Qur'an (Puncak Al-Qur'an) karena memuat beberapa hukum yang tidak disebutkan dalam surah yang lain.
Dinamai juga surah Alif Lam Mim karena ayat pertama di surah berisi tiga huruf arab yakni Alif, Lam, dan Mim.

Nomor Surah2
Nama SurahAl Baqarah
Arabالبقرة
ArtiSapi Betina
Nama lainFasthath al-Qur’an, Sanam al-Qur’an (Puncak Al-Quran), Al-Zahrawan (Dua yang Cemerlang), Alif Lam Mim
Tempat TurunMadinah
Urutan Wahyu87
JuzJuz 1 (ayat 1-141), 2 (ayat 142-252) dan 3 (ayat 253-286)
Jumlah ruku'40 ruku'
Jumlah ayat286
Jumlah kata6156
Jumlah huruf26256
Surah sebelumnyaSurah Al-Fatihah
Surah selanjutnyaSurah Ali 'Imran
4.9
Rating Pembaca: 4.5 (15 votes)
Sending







Anda perlu login mengelola Bookmark.

📖 Lihat Semua Bookmark-ku