اَوۡ مِسۡکِیۡنًا ذَا مَتۡرَبَۃٍ
Au miskiinan dzaa matrabatin;
atau orang miskin yang sangat fakir.
―QS. Al Balad [90]: 16
―QS. Al Balad [90]: 16
Pencarian untuk {phrase} ({results_count} dari {results_count_total})
Displaying {results_count} results of {results_count_total}
Or a needy person in misery
― Chapter 90. Surah Al Balad [verse 16]
أَوْ | atau
Or
|
---|---|
مِسْكِينًا | orang miskin
a needy person
|
ذَا | mempunyai
in
|
مَتْرَبَةٍ | sangat payah/melarat
misery,
|
Tafsir QS. Al-Balad (90) : 16. Oleh Kementrian Agama RI
Memberi makan orang yang lapar pada masa kelaparan pertama sekali ditujukan pada anak-anak yatim yang ada hubungan keluarga dengan pemberi.
Siapa lagi yang akan mau memperhatikan mereka bila bukan keluarga sendiri karena orang tuanya sudah tiada?
Perhatian pada keluarga memang harus didahulukan sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ berikut:
Sedekah kepada orang miskin adalah sedekah (satu amal), sedekah kepada orang yang punya hubungan keluarga ada dua amal, sedekah dan silaturrahim.
(Riwayat Ahmad, at-Tirmidzi, dan An-Nasa’i).
Selanjutnya yang perlu mendapat perhatian utama adalah orang-orang miskin yang terhempas ke tanah, yaitu orang-orang yang begitu miskinnya sehingga tidak punya tempat untuk berteduh.
Mereka misalnya tunawisma, gelandangan, anak jalanan, dan sebagainya.
Tafsir QS. Al Balad (90) : 16. Oleh Muhammad Quraish Shihab:
Atau kepada orang miskin yang sangat fakir dan membutuhkan.
Oleh tim Mujamma’ Raja Fahd arahan Syaikh al-Allamah Dr. Shalih bin Muhammad Alu asy-Syaikh:
Atau memberi makan anak yatim -yaitu anak kecil yang ditinggal wafat ayahnya- yang mempunyai hubungan kerabat pada hari terjadinya kelaparan yang mengumpulkan kelebihan sedekah dan silaturahim atau kepada orang miskin yang tidak mempunyai apa-apa.
Oleh Jalaluddin al-Mahalli & Jalaluddin as-Suyuthi:
(Atau orang miskin yang sangat fakir) artinya karena amat miskinnya hanya beralaskan tanah.
Menurut suatu qiraat kedua Fi’il tersebut diganti menjadi dua Mashdar yang kedua-duanya dirafa’kan.
Yang pertama dimudhafkan kepada lafal Raqabatin sedangkan yang kedua ditanwinkan, maka sebelum lafal Al-‘Aqabah diperkirakan adanya lafal Iqtihaam.
Qiraat ini merupakan penjelasan dari makna ayat-ayat tersebut.
Oleh Ismail bin Umar Al-Quraisyi bin Katsir Al-Bashri Ad-Dimasyqi:
Firman Allah subhanahu wa ta’ala:
{أَوْ مِسْكِينًا ذَا مَتْرَبَةٍ}
atau orang miskin yang sangat fakir.
(QS. Al-Balad [90]: 16)
Yakni sangat miskin sehingga menempel di tanah, lagi tak punya apa-apa.
Ibnu Abbas mengatakan bahwa za matrabah artinya orang miskin yang terlempar di jalan (gelandangan), tidak punya rumah, dan tidak punya sesuatu yang menghindarinya dari menempel di tanah.
Menurut riwayat yang lain, makna yang dimaksud ialah orang yang menempel di tanah karena fakir lagi berhajat dan tidak mempunyai apa-apa.
Dan menurut riwayat lainnya yang juga dari Ibnu Abbas, makna yang dimaksud ialah orang yang jauh rumahnya.
Menurut Ibnu Abu Hatim, makna yang dimaksud dari ucapan Ibnu Abbas ialah orang yang mengembara, jauh dari negeri asalnya.
Ikrimah mengatakan bahwa makna yang dimaksud ialah orang fakir yang banyak utangnya lagi memerlukan bantuan.
Sa’id ibnu Jubair mengatakan, yang dimaksud ialah orang yang hidup sebatang kara.
Ibnu Abbas, Sa’id, Qatadah, dan Muqatil ibnu Hauyyan mengatakan bahwa makna yang dimaksud ialah orang miskin yang banyak anaknya.
Semua pendapat di atas mempunyai makna yang berdekatan.
Unsur Pokok Surah Al Balad (البلد)
Surat Al Balad terdiri atas 20 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Qaaf.
Dinamai "Al Balad, diambil dari perkataan "Al Balad" yang terdapat pada ayat pertama surat ini.
Yang dimaksud dengan negeri di sini ialah kota Mekah (Tanah Haram).
Keimanan:
▪ Manusia diciptakan Allah untuk berjuang menghadapi kesulitan.
▪ Janganlah manusia terperdaya oleh kekuasaan dan harta benda yang banyak yang telah dibelanjakannya.
▪ Beberapa peringatan kepada manusia atas beberapa nikmat yang telah diberikan Allah kepadanya dan bahwa Allah telah menunjukkan jalan-jalan yang akan menyampaikannya kepada kebahagiaan dan yang akan membawanya kepada kecelakaan.
QS. Al-Balad (90) : 1-20 ⊸ Misyari Rasyid Alafasy
Ayat 1 sampai 20 + Terjemahan Indonesia
QS. Al-Balad (90) : 1-20 ⊸ Nabil ar-Rifa’i
Ayat 1 sampai 20
Ayat ini terdapat dalam surah Al Balad.
Surah Al-Balad (bahasa Arab: البلد) adalah surah ke-90 dalam Alquran.
Surah ini tergolong surah Makkiyah yang terdiri atas 20 ayat.
Dinamakan “Al-Balad” yang berarti Negeri diambil dari perkataan “Al-Balad” yang terdapat pada ayat pertama surah ini.
Yang dimaksud dengan kota dalam ayat ini ialah kota Mekkah.
Nomor Surah | 90 |
---|---|
Nama Surah | Al Balad |
Arab | البلد |
Arti | Negeri |
Nama lain | – |
Tempat Turun | Mekkah |
Urutan Wahyu | 35 |
Juz | Juz 30 |
Jumlah ruku’ | 1 ruku’ |
Jumlah ayat | 20 |
Jumlah kata | 82 |
Jumlah huruf | 343 |
Surah sebelumnya | Surah Al-Fajr |
Surah selanjutnya | Surah Asy-Syams |
90:16, 90 16, 90-16, Surah Al Balad 16, Tafsir surat AlBalad 16, Quran Al-Balad 16, Surah Al Balad ayat 16
90:16
۞ QS. 90:7 • Keluasan ilmu Allah • Menghitung amal kebaikan
۞ QS. 90:10 • Manusia antara memilih dan dipaksa • Hidayah (petunjuk) dari Allah
۞ QS. 90:11 • Sifat neraka • Azab orang kafir
۞ QS. 90:12 • Sifat neraka • Azab orang kafir
۞ QS. 90:13 • Perbuatan yang menghalangi api neraka
۞ QS. 90:14 • Perbuatan yang menghalangi api neraka
۞ QS. 90:15 • Perbuatan yang menghalangi api neraka
۞ QS. 90:16 • Perbuatan yang menghalangi api neraka
۞ QS. 90:17 • Iman adalah ucapan dan perbuatan
۞ QS. 90:18 • Pahala iman • Perbuatan baik adalah penyebab masuk surga
۞ QS. 90:19 • Sifat ahli neraka dan kejahatan mereka • Azab orang kafir
Orang yang dustakan ayat-ayat Kami adalah pekak,
bisu & berada dalam gelap gulita.
Siapa yang dikehendaki, niscaya disesatkan-Nya.
Dan siapa yang dikehendaki (diberi petunjuk), niscaya Dia menjadikan-Nya berada di atas jalan yang lurus.
― QS. Al-An’am [6]: 39
dan hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah,
dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka.
― QS. Al-Ma’idah [5]: 49
…
mereka (penduduk di Surga) memakai sutera yang halus & sutera yang tebal,
(duduk) berhadap-hadapan.
― QS. Ad-Dukhan [44]: 53
…
maka kerjakanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu.
― QS. Al-Baqarah [2]: 68
+
ArrayShare your Results:
Mujahadah berasal dari bahasa Arab, yang berasal dari kata jahada, yang berarti …َبَارَكَ ٱلَّذِى نَزَّلَ ٱلْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِۦ لِيَكُونَ لِلْعَٰلَمِينَ نَذِيرًا Dalil di atas adalah nama-nama lain dari Alquran, yaitu إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا ٱلذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُۥ لَحَٰفِظُونَ Dalil di atas adalah nama-nama lain dari Alquran, yaituSalah satu tokoh dalam kisah umat masa lalu yang dapat dipetik pelajaran sebagai teladan yang baik … Tujuan utama diturunkannya Alquran kepada umat manusia adalah …
Berikut adalah contoh bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala Maha Mendahulukan. Zakat menurut bahasa زكة , yang bermakna …Yang termasuk mustahiq (orang berhak menerima zakat) berikut yaitu … Setelah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam wafat maka diganti oleh sahabat sebagai pemimpin ummat disebut … Jasa khalifah Umar bin Khatab yang sampai saat ini masih dipergunakan, yaitu …
Siapa nama ayah Nabi muhammad shallallahu alaihi wasallam? … Siapa nama Nabi setelah Nabi Isa ‘Alaihissalam? … Setiap umat Islam wajib menuntut ilmu. Bagaimana hukum mempelajari Ilmu Agama? … Kewajiban menuntut ilmu terdapat pada Alquran surah … Ada berapa syarat dalam menuntut ilmu? …
Apa itu hadis kauli? kata atau sabda Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. yang dijadikan tuntunan umat Islam … •
Apa itu ihram? ih.ram a suci; dalam keadaan bersuci diri ; v meniatkan dan melakukan pekerjaan ihram untuk tujuan ibadah haji dan/atau umrah … •
Apa itu Al-‘Ankabut? Surah Al-‘Ankabut adalah surah ke-29 dalam Alquran. Surah ini terdiri atas 69 ayat serta termasuk golongan surah-surrah Makkiyah. Dinamai Al-‘Ankabut berhubung ...