Oleh Ismail bin Umar Al-Quraisyi bin Katsir Al-Bashri Ad-Dimasyqi:Firman Allah :
Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit.
Yakni dengan kepastian dalam keadaan diberkati sebagai rezeki buat hamba-hamba Allah, untuk menyuburkan, dan sebagai pertolongan buat semua makhluk dan rahmat dari Allah buat mereka semua.
Lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan.
Ayat ini semakna dengan firman Allah subhanahu wa ta’ala.
yang lain, yaitu:
Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup.
(Q.S. Al-Anbiyaa [21]: 30).
Firman Allah :
Maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau.
(Q.S. Al-An’am [6]: 99)
Artinya, tanaman dan pepohonan yang hijau, sesudah itu Kami ciptakan padanya biji-bijian dan buah-buahan.
Karena itu, dalam firman selanjutnya disebutkan:
Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak.
Yakni sebagian darinya bertumpang tindih dengan sebagian yang lain seperti pada bulir-bulirnya dan lain sebagainya.
dan dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai.
Qinwan adalah bentuk jamak dari qinwun, artinya tangkai ketandan (mayang) kurma.
yang menjulai.
Maksudnya, dekat untuk dipetik dan mudah memetiknya
Perihalnya sama dengan apa yang dikatakan oleh Ali ibnu Abu Talhah Al-Walibi, dari Ibnu Abbas, sehubungan dengan makna firman-Nya: tangkai-tangkai yang menjulai.
(Q.S. Al-An’am [6]: 99) Yakni tangkai yang menjulai ke bawah bagi pohon kurma yang pendek, sehingga mayangnya yang dipenuhi dengan tangkai buah berada dekat tanah dan mudah dipetik.
Demikianlah menurut riwayat Ibnu Jarir.
Sehubungan dengan ini orang-orang Hijaz mengatakan bahwa qinwanun artinya tangkai-tangkai mayang, begitu pula halnya yang dikatakan oleh orang-orang Bani Qais.
Sehubungan dengan makna lafaz ini, Imru-ul Qais (seorang penyair Jahiliyyah yang ternama) mengatakan:
Pucuk pohonnya berdiri tegak, akarnya menghujam ke tanah, dan mayangnya yang dipenuhi dengan tangkai-tangkai menjulai ke bawah, penuh dengan buah kurma yang merah.
Sedangkan orang-orang Bani Tamim mengatakan bentuk jamaknya adalah qinyan dengan memakai ya.
Ibnu Jarir mengatakan bahwa qinwan adalah bentuk jamak dari qinwun, sebagaimana lafaz sinwdn adalah bentuk jamak dari lafaz sinwun.
Firman Allah :
…dan kebun-kebun anggur.
Artinya, Kami keluarkan pula darinya kebun-kebun anggur, kedua jenis buah-buahan ini —yakni kurma dan anggur— menurut penduduk Hijaz termasuk buah-buahan yang paling digemari, dan barangkali keduanya merupakan buah-buahan yang terbaik di dunia.
Perihal kedua buah itu disebutkan oleh Allah kepada hamba-hamba-Nya dalam firman-Nya:
Dan dari buah kurma dan anggur, kalian buat minuman yang memabukkan dan rezeki yang baik.
(Q.S. Al-Hijr [15]: 67)
Hal ini disebutkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala.
sebelum khamr diharamkan.
Juga dalam firman Allah subhanahu wa ta’ala.
yang lainnya, yaitu:
Dan Kami jadikan padanya kebun-kebun kurma dan anggur.
(Q.S. Yasin [36]: 34)
Firman Allah :
…dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa.
Qatadah dan lain-lainnya mengatakan bahwa gairu mutasyabih artinya yang tidak serupa dedaunannya, tetapi bentuknya serupa, sebagian darinya serupa dengan sebagian yang lain, tetapi berbeda dalam buah yang dihasilkannya, baik dari bentuk, rasa, maupun kandungannya.
Firman Allah :
Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah, dan (perhatikanlah pula) kematangannya.
Yakni bila telah masak, menurut Al-Barra ibnu Azib, Ibnu Abbas, Ad-Dahhak, Ata Al-Khurrasani, As-Saddi, Qatadah, dan lain-lainnya.
Dengan kata lain, perhatikanlah kekuasaan Penciptanya yang telah menciptakannya dari tidak ada menjadi ada.
Pada mulanya berupa tumbuh-tumbuhan, lalu menjadi pohon, dan menghasilkan buah, ada yang menghasilkan anggur, ada yang menghasilkan kurma, dan lain sebagainya dari semua jenis tumbuh-tumbuhan dan pohon-pohonan yang berbeda-beda warna dan bentuknya serta berbeda-beda rasa dan bau hasil buahnya.
Perihalnya sama dengan apa yang disebutkan di dalam firman-Nya:
Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman, dan pohon kurma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama, Kami melebihkan sebagian tanaman-tanaman itu atas sebagian yang lain tentang rasanya.
(Q.S. Ar-Ra’d [13]: 4), hingga akhir ayat.
Karena itulah dalam ayat ini disebutkan:
Sesungguhnya pada yang demikian itu.
hai manusia.
…ada tanda-tanda (kekuasaan Allah).
Yakni tanda-tanda yang menunjukkan kesempurnaan kekuasaan Pencipta semuanya itu, kebijaksanaan, dan rahmat-Nya.
…bagi orang-orang yang beriman.
Maksudnya, orang-orang yang percaya kepada-Nya dan mengikuti rasul-rasul-Nya.