Keluarga Anda ada yang belum mahir membaca Alquran? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

QS. Al Ahqaaf (Bukit-bukit pasir) – surah 46 ayat 17 [QS. 46:17]

وَ الَّذِیۡ قَالَ لِوَالِدَیۡہِ اُفٍّ لَّکُمَاۤ اَتَعِدٰنِنِیۡۤ اَنۡ اُخۡرَجَ وَ قَدۡ خَلَتِ الۡقُرُوۡنُ مِنۡ قَبۡلِیۡ ۚ وَ ہُمَا یَسۡتَغِیۡثٰنِ اللّٰہَ وَیۡلَکَ اٰمِنۡ ٭ۖ اِنَّ وَعۡدَ اللّٰہِ حَقٌّ ۚۖ فَیَقُوۡلُ مَا ہٰذَاۤ اِلَّاۤ اَسَاطِیۡرُ الۡاَوَّلِیۡنَ
Waal-ladzii qaala liwaalidaihi uffin lakumaa ata’idaaninii an ukhraja waqad khalatil quruunu min qablii wahumaa yastaghiitsaa-nillaha wailaka aamin inna wa’dallahi haqqun fayaquulu maa hadzaa ilaa asaathiirul au-waliin(a);
Dan orang yang berkata kepada kedua orang tuanya,
“Ah.”
Apakah kamu berdua memperingatkan kepadaku bahwa aku akan dibangkitkan (dari kubur), padahal beberapa umat sebelumku telah berlalu?
Lalu kedua orang tuanya itu memohon pertolongan kepada Allah (seraya berkata),
“Celaka kamu, berimanlah! Sesungguhnya janji Allah itu benar.”
Lalu dia (anak itu) berkata,
“Ini hanyalah dongeng orang-orang dahulu.”
―QS. Al Ahqaaf [46]: 17

But one who says to his parents,
"Uff to you;
do you promise me that I will be brought forth (from the earth) when generations before me have already passed on (into oblivion)?"
while they call to Allah for help (and to their son),
"Woe to you! Believe! Indeed, the promise of Allah is truth."
But he says,
"This is not but legends of the former people"

― Chapter 46. Surah Al Ahqaaf [verse 17]

وَٱلَّذِى dan orang yang

But the one who
قَالَ berkata

says
لِوَٰلِدَيْهِ pada kedua orang tuanya

to his parents,
أُفٍّ hus/cis

"Uff
لَّكُمَآ bagi kamu berdua

to both of you!
أَتَعِدَانِنِىٓ apakah kamu berdua mengancamku

Do you promise me
أَنْ bahwa

that
أُخْرَجَ aku akan dibangkitkan

I will be brought forth,
وَقَدْ dan sesungguhnya

and have already passed away *[meaning includes next or prev. word]
خَلَتِ telah berlalu

and have already passed away *[meaning includes next or prev. word]
ٱلْقُرُونُ ummat-ummat

the generations
مِن dari

before me?" *[meaning includes next or prev. word]
قَبْلِى sebelumku

before me?" *[meaning includes next or prev. word]
وَهُمَا dan keduanya

And they both
يَسْتَغِيثَانِ keduanya memohon pertolongan

seek help
ٱللَّهَ Allah

(of) Allah.
وَيْلَكَ celaka kamu

"Woe to you!
ءَامِنْ berimanlah

Believe!
إِنَّ sesungguhnya

Indeed,
وَعْدَ janji

(the) Promise
ٱللَّهِ Allah

(of) Allah
حَقٌّ benar

(is) true."
فَيَقُولُ maka dia berkata

But he says,
مَا tidaklah

"Not
هَٰذَآ ini

(is) this
إِلَّآ kecuali

but
أَسَٰطِيرُ dongengan

(the) stories
ٱلْأَوَّلِينَ orang-orang terdahulu

(of) the former (people)."

Tafsir

Alquran

Surah Al Ahqaaf
46:17

Tafsir QS. Al Ahqaaf (46) : 17. Oleh Kementrian Agama RI


Ayat ini menerangkan ancaman Allah kepada orang yang ketika diajak oleh kedua orang tuanya untuk beriman kepada Allah dan hari akhirat, ia berkata,
"Ah, apakah yang bapak-ibu katakan ini;
aku tidak senang kepada bapak-ibu yang mengatakan bahwa aku akan dibangkitkan dari kubur dalam keadaan hidup, sesudah aku mati dan hancur luluh bersama tanah.
Apakah mungkin daging-daging yang telah hancur luluh bersama tanah dan tulang-belulang yang telah berserakan itu akan dapat kembali dikumpulkan dan menjadi tubuh yang hidup seperti semula?
Alangkah aneh dan lucunya kepercayaan itu, wahai kedua orang tuaku.

Bukankah telah banyak umat dahulu, sebelum kita, yang telah melakukan semua hal sesuai dengan keinginan mereka?
Ada di antara mereka yang mengikuti ajaran rasulrasul yang telah diutus kepada mereka, dan banyak pula di antara mereka yang mengingkarinya, tetapi tidak seorang pun di antara mereka yang telah dibangkitkan seperti yang ibu dan ayah katakan itu.
Seandainya benar yang dikatakan ayah dan ibu itu, tentu kita akan melihat bukti-buktinya sekarang, dan tentu kita akan bertemu dengan nenek moyang kita yang telah mati dahulu.
"


Mendengar jawaban anaknya itu, timbullah rasa sedih dan kasihan dalam hati orang tua itu.
Mereka merasa sedih karena sikap anaknya yang seakan-akan tidak menghormatinya lagi.

Mereka merasa kasihan karena yakin bahwa anaknya itu kelak akan mendapat azab Allah di akhirat.
Sekalipun demikian, mereka tidak putus asa untuk menyeru anaknya itu dan memohon kepada Allah Yang Maha Pemurah.

Mereka berkata,
"Percayalah wahai anakku, bahwa Allah pasti menepati janji-Nya, dan hendaklah engkau yakin bahwa engkau benar-benar akan dibangkitkan nanti, karena janji Allah adalah janji yang hak, yang pasti ditepati, semoga Allah memberi kamu petunjuk."


Allah melarang anak berkata ah kepada ibu dan ayahnya, atau kata-kata lain yang menyakitkan hati orang tuanya, karena keduanya telah berjasa memelihara dan mendidiknya sejak kecil, bahkan sejak dalam kandungan sampai dewasa, sebagaimana firman Allah:


وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ اُمُّهٗ وَهْنًا عَلٰى وَهْنٍ وَّفِصَالُهٗ فِيْ عَامَيْنِ اَنِ اشْكُرْ لِيْ وَلِوَالِدَيْكَ اِلَيَّ الْمَصِيْرُ

Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya.

Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun.
Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu.

Hanya kepada Aku kembalimu. (Luqman [31]: 14)


Jika orang tua mendidik anaknya untuk beriman kepada Allah dan hari akhir, kemudian sang anak menolak dan mengatakan ah, yang demikian merupakan kedurhakaan yang besar dan kesesatan yang nyata.
Pada ayat yang lain disebutkan:


وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسٰنًا اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَآ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا

Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak.
Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan
"ah"
dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.
(al-Isra‘ [17]: 23)


Menanggapi ajakan kedua orang tuanya, anak itu menjawab dengan sikap melecehkan keduanya dengan mengatakan bahwa ajakan orang tuanya untuk mempercayai Allah dan hari akhir itu hanya dongengan orang dahulu kala.
Ia beranggapan kedua orang tuanya telah terpengaruh dongengan bohong sehingga mengakui kebenarannya.
Menurutnya, adanya hari kebangkitan adalah suatu kepercayaan yang mustahil akan terjadi.

Tafsir QS. Al Ahqaaf (46) : 17. Oleh Muhammad Quraish Shihab:


Sedangkan orang yang ketika diperintah oleh kedua orangtuanya untuk meyakini datangnya hari kebangkitan berkata, dengan nada membantah dan marah berkata,
"Cis! Apakah kalian memperingatkan aku bahwa aku akan dibangkitkan kembali dari kubur, sedangkan umat-umat sebelumku tidak ada satu pun yang dibangkitkan kembali dari kuburnya?"
Lalu kedua oragangtuanya itu memohon pertolongan kepada Allah atas dosa yang dilakukan anaknya seraya menyuruhnya beriman dengan berkata,
"Kau akan celaka kalau tidak beriman.
Janji Allah akan datangnya hari kebangkitan itu pasti benar. "
Tetapi, dengan semakin mendustakan, anak itu pun menjawab,
"Apa yang kalian katakan ini tak lain hanyalah legenda orang-orang dahulu."

Oleh tim Mujamma’ Raja Fahd arahan Syaikh al-Allamah Dr. Shalih bin Muhammad Alu asy-Syaikh:


Dan orang yang berkata kepada kedua orang tuanya ketika mereka mengajak untuk beriman kepada Allah dan menyatakan iman kepada hari dibangkitkan,
"Alangkah jelek perbuatan kalian berdua.
Apakah kalian memperingatkan kepadaku bahwa aku akan dibangkitkan (dari kubur), padahal telah berlalu umat-umat sebelumku, mereka semua mati dan tidak pernah ada dibangkitkan seorang pun?"
Kedua orang tuanya memohon kepada Allah supaya Allah memberikan petunjuk kepadanya seraya berkata,
"Celakalah kamu! Berimanlah, berlaku jujurlah, dan berbuat salehlah kamu.


Sesungguhnya janji Allah akan adanya hari dibangkitkan adalah benar, tidak ada keraguan padanya."
Kemudian ia menjawab kepada kedua orang tauanya,
"Tidak lain apa yang kalian ucapkan ini adalah dongeng-dongeng bohong orang zaman dulu yang tertulis di dalam kitabkitab mereka."

Oleh Jalaluddin al-Mahalli & Jalaluddin as-Suyuthi:



(Dan orang yang berkata kepada dua orang ibu bapaknya) menurut suatu qiraat dibaca Idgham dimaksud adalah jenisnya


("Cis) dapat dibaca Uffin atau Uffan, merupakan Mashdar yang artinya, busuk dan buruk


(bagi kamu keduanya) yakni aku marah kepada kamu berdua


(apakah kamu keduanya memperingatkan kepadaku) menurut qiraat lain dibaca Ata’idannii, dengan diidgamkan


(bahwa aku akan dibangkitkan) dari kubur


(padahal sungguh telah berlalu beberapa umat) yakni generasi-generasi


(sebelumku") dan ternyata mereka tidak dikeluarkan dari kuburnya


(lalu kedua ibu bapaknya itu memohon pertolongan kepada Allah) meminta pertolongan supaya anaknya sadar dan bertobat, seraya mengatakan, bahwa apabila kamu tidak mau bertobat,


("Celakalah kamu) binasalah kamu


(berimanlah) kepada adanya hari berbangkit.


(Sesungguhnya janji Allah adalah benar."
Lalu dia berkata:
"Ini tidak lain) maksudnya ucapan yang menyatakan adanya hari berbangkit ini


(hanyalah dongengan orang-orang dahulu belaka") artinya, kedustaan-kedustaan mereka.

Oleh Ismail bin Umar Al-Quraisyi bin Katsir Al-Bashri Ad-Dimasyqi:


Setelah menyebutkan perihal orang-orang yang mendoakan kedua orang tuanya lagi berbakti kepada keduanya serta keberuntungan dan keselamatan yang diperoleh mereka di hari kemudian, lalu Allah subhanahu wa ta’ala menyebutkan keadaan orang-orang yang celaka, yaitu orang-orang yang menyakiti kedua orang tuanya.
Untuk itu Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

Dan orang yang berkata kepada dua orang ibu bapaknya,
"Cis bagi kamu keduanya."
(QS. Al-Ahqaaf [46]: 17)

Ini umum pengertiannya mencakup semua orang yang mengatakan demikian kepada kedua orang tuanya.
Mengenai pendapat yang mengatakan bahwa ayat ini diturunkan berkenaan dengan Abdur Rahman ibnu Abu Bakar r.a., maka pendapatnya lemah.
Karena Abdur Rahman ibnu Abu Bakar r.a. baru masuk Islam setelah ayat ini diturunkan dan berbuat baik dalam Islamnya sehingga ia termasuk orang yang terpilih di masanya.

Al-Aufi telah meriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a. bahwa ayat ini diturunkan berkenaan dengan salah seorang putra Abu Bakar r.a. Akan tetapi, kesahihan hadis ini masih perlu diteliti kembali;
hanya Allah-lah Yang Maha Mengetahui.

Ibnu Juraij telah meriwayatkan dari Mujahid bahwa ayat ini diturunkan berkenaan dengan Abdullah ibnu Abu Bakar r.a. menurut apa yang dikatakan oleh Ibnu Juraij.
Ulama lainnya mengatakan bahwa dia adalah Abdur Rahman ibnu Abu Bakar.
Pendapat ini dikemukakan pula oleh As-Saddi.
Tetapi sesungguhnya makna ayat ini bersifat umum mencakup semua orang yang menyakiti kedua orang ibu bapaknya;
dan mendustakan perkara yang hak, lalu mengatakan kepada kedua orang tuanya,
"Sialan kamu berdua."

Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ali ibnul Husain, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnul Ala telah menceritakan kepada kami Yahya ibnu Abu Zaidah, dari Ismail ibnu Abu Khalid, telah menceritakan kepadaku Abdullah ibnul Madini yang mengatakan bahwa sesungguhnya ia berada di dalam masjid saat Marwan berkhotbah.
Marwan antara lain mengatakan,
"Sesungguhnya Allah subhanahu wa ta’ala telah memperlihatkan kepada Amirul Mu’minin perihal Yazid sebagai orang yang baik.
Dan jika ia (Mu’awiyah) mengangkatnya menjadi kalifah, maka sesungguhnya Abu Bakar pun pernah mengangkat Umar sebagai khalifah penggantinya."
Maka Abdur Rahman ibnu Abu Bakar r.a. berkata,
"Apakah itu cara Heraklius (kerajaan)?
Sesungguhnya Abu Bakar r.a. tidak menyerahkan kekhalifahan itu pada seseorang dari kalangan anak-anaknya dan tidak pula kepada seorang ahli baitnya.
Lain halnya dengan Mu’awiyah, dia tidak sekali-kali menyerahkan kekhalifahan kepada anaknya (Yazid) melainkan karena kasihan dan memuliakan anaknya."
Marwan menjawab,
"Bukankah engkau adalah orang yang telah mengatakan kepada kedua ibu bapakmu, ‘Cis bagi kamu keduanya’?"
Abdur Rahman r.a. menjawab,
"Bukankah engkau pun adalah anak seorang yang terlaknat karena orang tuamu pernah melaknat Rasulullah ﷺ?"

Abdullah ibnul Madini melanjutkan kisahnya, bahwa perdebatan itu terdengar oleh Siti Aisyah r.a., maka ia mengatakan,
"Hai Marwan, bukankah kamu pernah mengatakan anu dan anu terhadap Abdur Rahman ra Tuduhanmu itu tidak benar, ayat tersebut tidak diturunkan berkenaan dengan dia (Abdur Rahman ibnu Abu Bakar), melainkan diturunkan berkenaan dengan si Fulan bin Fulan."

Kemudian Marwan dipilih sebagai khalifah (pengganti Yazid), lalu ia turun dari mimbar dan langsung menuju ke pintu rumah Siti Aisyah r.a., kemudian berbicara dengan Siti Aisyah r.a. dan sesudahnya ia pergi.

Imam Bukhari telah meriwayatkan atsar ini melalui sanad dan lafaz yang lain.
Untuk itu ia mengatakan, telah menceritakan kepada kami Musa ibnu Ismail, telah menceritakan kepada kami Abu Uwwanah, dan Abu Bisyr dari Yusuf ibnu Mahik yang menceritakan bahwa Marwan di saat menjadi amir atas kawasan Hijaz dari pihak Mu’awiyah ibnu Abu Sufyan ra pernah berkhotbah, lalu mempromosikan Yazid ibnu Mu’awiyah, dengan maksud agar Yazid dibaiat menjadi khalifah sesudah ayahnya (setelah Mu’awiyah).
Maka Abdur Rahman ibnu Abu Bakar r.a. mengucapkan sesuatu dan mengatakan,
"Tangkaplah dia!’ Tetapi Marwan masuk ke dalam rumah Siti Aisyah r.a., berlindung di dalamnya sehingga mereka tidak mampu menangkapnya.
Lalu Marwan berkata bahwa sesungguhnya orang ini (yakni Abdur Rahman ibnu Abu Bakar) adalah yang disebutkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala dalam firman-Nya:
Dan orang yang berkata kepada dua orang ibu bapaknya,
"Cis bagi kamu keduanya, apakah kamu keduanya memperingatkan kepadaku bahwa aku akan dibangkitkan, padahal sungguh telah berlalu beberapa umat sebelumku?"
(QS. Al-Ahqaaf [46]: 17)
Maka Siti Aisyah r.a. menjawab dari balik tabir,
"Allah subhanahu wa ta’ala tidak pernah menurunkan sesuatu dari Alquran sehubungan dengan keluarga kami, selain dari wahyu yang diturunkan Allah mengenai pembersihan namaku."

Jalur lain.
Imam Nasai mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ali ibnul Husain, telah menceritakan kepada kami Umayyah ibnu Khalid, telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari Muhammad ibnu Ziad yang mengatakan bahwa ketika Mu’awiyah membaiat putranya, Marwan berkata,
"Ini adalah sunnah Abu Bakar dan Umar."
Maka Abdur Rahman ibnu Abu Bakar r.a. menjawab,
"Ini adalah kebiasaan Heraklius dan Kaisar."
Marwan berkata,
"Orang ini (maksudnya Abdur Rahman ibnu Abu Bakar) lah yang disebutkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala di dalam firman-Nya:
Dan orang yang berkata kepada dua orang ibu bapaknya, ‘Cis bagi kamu keduanya’ (QS. Al-Ahqaaf [46]: 17), hingga akhir ayat."
Ketika hal ini terdengar oleh Siti Aisyah r.a., maka ia menjawab,
"Marwan dusta, demi Allah, orang yang dimaksud bukanlah dia (Abdur Rahman), seandainya aku berkemauan untuk menyebut nama orang yang dimaksudkan dalam ayat tersebut, tentulah aku dapat menyebutkan namanya.
Akan tetapi, yang jelas Rasulullah ﷺ telah melaknat ayahnya Marwan dan Marwan yang masih berada di dalam sulbinya.
Maka Marwan adalah orang yang tercela karena laknat Allah."

Firman Allah subhanahu wa ta’ala:

apakah kamu keduanya memperingatkan kepadaku bahwa aku akan dikeluarkan.
(QS. Al-Ahqaaf [46]: 17)

Yakni akan dibangkitkan dari kubur.

padahal sungguh telah berlalu beberapa umat sebelumku?
(QS. Al-Ahqaaf [46]: 17)

Artinya, telah banyak manusia yang telah mati dan ternyata tiada seorang pun dari mereka yang kembali.

Lalu kedua ibu bapaknya itu memohon pertolongan kepada Allah.
(QS. Al-Ahqaaf [46]: 17)

Yaitu memohon pertolongan kepada Allah agar anaknya diberi petunjuk, lalu berkata kepada anaknya:

"Celaka kamu, berimanlah! Sesungguhnya janji Allah adalah benar."
Lalu dia berkata,
"Ini tidak lain hanyalah dongengan-dongengan orang-orang dahulu."
(QS. Al-Ahqaaf [46]: 17)

Sebab-Sebab Diturunkannya Surah Al Ahqaaf (46) Ayat 17

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari as-Suddi, diriwayatkan pula oleh Ibnu Jarir dari al-‘Aufi yang bersumber dari Ibnu ‘Abbas bahwa ayat ini (al-Ahqaaf: 17) turun berkkenaan dengan ‘Abdurrahman bin Abi Bakr ash-Shiddiq yang mengucapkan “cis” kepada ibu bapaknya yang telah masuk Islam.
Ucapan ini ia kemukakan ketika ibu bapaknya menyuruhnya masuk Islam.
Ia membantah dan mendustakannya, dengan mengatakan bahwa tokoh-tokoh utama kaum Quraisy yang sudah mati pun tidak ada yang mau masuk Islam.
Lama setelah kejadian ini, ‘Abdurrahman pun tergolong tokoh Islam.

Maka turunlah ayat berikutnya (al-Ahqaaf: 19)) yang menegaskan bahwa tobatnya diterima Allah subhanahu wa ta’ala

Diriwayatkan oleh al-Bukhari yang bersumber dari Yusuf bin Haman bahwa Marwan berkata: “Abdurrahman bin Abi Bakr yang telah menyebut “cis” yang disebut dalam ayat ini (al-Ahqaaf: 17).” Berkatalah ‘Aisyah dari belakang hijab: “Allah tidak menurunkan al-Qur’an sedikitpun berkenaan dengan kami, kecuali tentang peristiwa-peristiwa yang menyangkut uzurku.”

Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaq yang bersumber dari al-Makki bahwa ‘Aisyah menolak keterangan yang menyatakan bahwa ayat ini (al-Ahqaaf: 17) turun berkenaan dengan ‘Abdurrahman bin Abi Bakr, dengan berkata: “Ayat ini turun berkenaan dengan si fulan.” Seraya menyebut nama orang itu.

Sumber : Asbabun Nuzul – K.H.Q Shaleh – H.A.A Dahlan dkk.

Kata Pilihan Dalam Surah Al Ahqaaf (46) Ayat 17

ASHAATHIIR
أَسَٰطِير

Lafaz ini adalah jamak dari jamak juga yaitu usthurah atau isthar, mufradnya ialah sathr yang bermakna al khat (tulisan).

Dalam Kamus Al Munjid dijelaskan, ia bermakna apa yang ditulis, percakapan yang tidak ada asas baginya atau apa yang ditulis dari keajaiban cerita orang yang terdahulu.

Kata dalam bentuk jamak ini disebut sembilan kali di dalam Al Qur’an yaitu surah:
-Al An’aam (6), ayat 25;
Al Anfaal (8), ayat 31;
-Al Nahl (16), ayat 68;
-Al Mu’minnuun (23), ayat 83;
Al Furqaan (25), ayat 5;
-Al Naml (27), ayat 68;
-Al Ahqaaf (46), ayat 17;
Al Qalam (68), ayat 15;
-Al Muthaffifiin (83), ayat 13.

Al Baidawi berkata,
"Asaathir bermakna al abaathil (kebatilan-kebatilan), ini adalah karena mereka menjadikan kalam yang benar sama seperti khurafatkhurafat terdahulu yang berisi kebohongan-kebohongan."

Al Khazin berkata,
"Ia bermakna cerita-cerita atau percakapan-percakapan dari umat-umat terdahulu dan khabar berita serta cerita-cerita mereka dan apa yang mereka tulis.
Maksudnya, mereka mengatakan Al Quran seperti percakapan dan cerita-cerita terdahulu, bukan wahyu dari Allah."

An Nasafi menafsirkan lafaz ini dengan menyatakan "mereka menjadikan dan mengatakan Kalam Allah adalah dusta dan bohong."

Sedangkan dalam Tafsir Tanwir Al Miqbas, ia bermakna kebohongan orang terdahulu dan cerita-cerita dongeng mereka.

Kesimpulannya, asaathir bermakna kebatilan-kebatilan cerita yang ditulis.

Sumber : Kamus Al Qur’an, PTS Islamika SDN BHD, Hal: 68

Unsur Pokok Surah Al Ahqaaf (الَأحقاف)

Surat Al-Ahqaaf terdiri atas 35 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Al Jaatsiyah.

Dinamai "Al Ahqaaf" (bukit-bukit pasir) dari perkataan "Al Ahqaaf" yang terdapat pada ayat 21 surat ini.

Dalam ayat tersebut dan ayat-ayat sesudahnya diterangkan bahwa Nabi Hudalaihis salam telah menyampaikan risalahnya kepada kaumnya di "Al Ahqaaf" yang sekarang dikenal dengan Ar Rub’ul Khaali, tetapi kaumnya tetap ingkar sekalipun mereka telah diberi peringatan pula oleh rasulrasul yang sebelumnya.

Akhimya Allah menghancurkan mereka dengan tiupan angin kencang.
Hal ini adalah sebagai isyarat dari Allah kepada kaum musyrikin Quraisy bahwa mereka akan dihancurkan bila mereka tidak mengindahkan seruan Rasul.

Keimanan:

Dalildalil dan bukti ke-Esaan Allah dan bahwa penyembah-penyembah berhala adalah sesat.
▪ Orang-orang mukmin akan mendapat kebahagiaan dan orang-orang kafir akan diazab.
▪ Risalah Nabi Muhammad ﷺ tidak hanya terbatas kepada umat manusia saja, tetapi juga kepada jin.

Hukum:

▪ Perintah kepada manusia supaya patuh kepada ibu bapak, memuliakannya dan mengerjakan apa yang diridhai Allah terhadapnya dan larangan menyakiti hatinya.

Kisah:

▪ Kisah Nabi Hud `alaihis salam dan kaumnya.

Lain-lain:

▪ Orang yang mementingkan kenikmatan hidup duniawi saja akan merugi kelak di akhirat.
▪ Orang-orang yang beriman kepada Allah dan beristiqamah dalam kehidupannya tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tidak bersedih hati.

Ayat-ayat dalam Surah Al Ahqaaf (35 ayat)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35

Lihat surah lainnya

Audio

QS. Al-Ahqaaf (46) : 1-35 ⊸ Misyari Rasyid Alafasy
Ayat 1 sampai 35 + Terjemahan Indonesia

QS. Al-Ahqaaf (46) : 1-35 ⊸ Nabil ar-Rifa’i
Ayat 1 sampai 35

Gambar Kutipan Ayat

Surah Al Ahqaaf ayat 17 - Gambar 1 Surah Al Ahqaaf ayat 17 - Gambar 2
Statistik QS. 46:17
  • Rating RisalahMuslim
4.6

Ayat ini terdapat dalam surah Al Ahqaaf.

Surah Al-Ahqaf (Arab: الأحقاف ,”Bukit-Bukit Pasir”) adalah surah ke-46 dalam Alquran.
Surah ini tergolong surah Makkiyah yang terdiri atas 35 ayat.
Dinamakan al-Ahqaf yang berarti Bukit-Bukit Pasir diambil dari kata al-Ahqaf yang terdapat pada ayat 21 surah ini.
Dalam ayat tersebut dan ayat-ayat sesudahnya diterangkan bahwa Nabi Hud telah menyampaikan risalahnya kepada kaumnya di al-Ahqaf yang sekarang dikenal dengan ar-Rab’ul Khali, tetapi kaumnya tetap ingkar sekalipun mereka telah diberi peringatan pula oleh rasul-rasul yang sebelumnya.
Hingga akhirnya Allah menghancurkan mereka dengan tiupan angin kencang.
Hal ini adalah sebagai isyarat dari Allah kepada kaum musyrikin Quraisy bahwa mereka akan dihancurkan bila mereka tidak mengindahkan seruan Rasul.

Nomor Surah46
Nama SurahAl Ahqaaf
Arabالَأحقاف
ArtiBukit-bukit pasir
Nama lain
Tempat TurunMekkah
Urutan Wahyu66
JuzJuz 26
Jumlah ruku’4 ruku’
Jumlah ayat35
Jumlah kata648
Jumlah huruf2668
Surah sebelumnyaSurah Al-Jasiyah
Surah selanjutnyaSurah Muhammad
Sending
User Review
4.8 (12 votes)
Tags:

46:17, 46 17, 46-17, Surah Al Ahqaaf 17, Tafsir surat AlAhqaaf 17, Quran Al Ahqaf 17, AlAhqaf 17, Al-Ahqaf 17, Surah Al Ahqaf ayat 17

Keluarga Anda ada yang belum mahir membaca Alquran? Ingin segera bisa?
Klik di sini sekarang!

Video


Panggil Video Lainnya

Ayat Lainnya

QS. Ar Rahmaan (Yang Maha Pemurah) – surah 55 ayat 24 [QS. 55:24]

24-25. Hanya milik-Nyalah kapal-kapal yang berlayar di lautan yang tampak bagaikan gunung-gunung yang menjulang tinggi. Maka, wahai manusia dan jin, nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan? … 55:24, 55 24, 55-24, Surah Ar Rahmaan 24, Tafsir surat ArRahmaan 24, Quran Ar-Rahman 24, ArRahman 24, Ar Rahman 24, Surah Ar Rahman ayat 24

QS. Ar Rahmaan (Yang Maha Pemurah) – surah 55 ayat 69 [QS. 55:69]

68-69. Di dalam kedua surga itu juga ada buah-buahan, kurma, dan delima yang lezat dan manis. Maka, wahai manusia dan jin, nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan? … 55:69, 55 69, 55-69, Surah Ar Rahmaan 69, Tafsir surat ArRahmaan 69, Quran Ar-Rahman 69, ArRahman 69, Ar Rahman 69, Surah Ar Rahman ayat 69

Hadits Shahih

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Salah satu tokoh dalam kisah umat masa lalu yang dapat dipetik pelajaran sebagai teladan yang baik ...

Benar! Kurang tepat!

Penjelasan:
Luqman adalah orang yang disebut dalam Alquran dalam surah Luqman [31] : 12-19 yang terkenal karena nasihat-nasihatnya kepada anaknya.

َبَارَكَ ٱلَّذِى نَزَّلَ ٱلْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِۦ لِيَكُونَ لِلْعَٰلَمِينَ نَذِيرًا

Dalil di atas adalah nama-nama lain dari Alquran, yaitu

Benar! Kurang tepat!

Penjelasan:
الفرقان, artinya 'Pembeda'.
Alquran dinamakan Al-Furqan karena dia membedakan antara yang haq dengan yang batil.

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا ٱلذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُۥ لَحَٰفِظُونَ

Dalil di atas adalah nama-nama lain dari Alquran, yaitu

Benar! Kurang tepat!

Penjelasan:
ٱلذِّكْرَ = Adz-Dzikr (pemberi peringatan).
Firman Allah:
'Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Adz-Dzikr (Alquran), dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.'
(QS. Al Hijr [15] : 9)

+

Array

Mujahadah berasal dari bahasa Arab, yang berasal dari kata jahada, yang berarti ...

Benar! Kurang tepat!

Penjelasan:
Mujahadah merupakan sebuah istilah yang terbentuk dari asal kata jihad, artinya berjuang dengan sungguh-sungguh menurut syari'at Islam.

Istilah lain yang juga berasal dari kata Jihad, yakni Mujahidin. Mujahidin adalah istilah bagi pejuang (Muslim) yang turut dalam suatu peperangan atau terlibat dalam suatu pergolakan.

Tujuan utama diturunkannya Alquran kepada umat manusia adalah ...

Benar! Kurang tepat!

Pendidikan Agama Islam #15
Ingatan kamu cukup bagus untuk menjawab soal-soal ujian sekolah ini.

Pendidikan Agama Islam #15 1

Mantab!! Pertahankan yaa..
Jawaban kamu masih ada yang salah tuh.

Pendidikan Agama Islam #15 2

Belajar lagi yaa...

Bagikan Prestasimu:

Soal Lainnya

Pendidikan Agama Islam #4

Surah dalam Alquran yang mengatakan larangan untuk melakukan terlalu banyak, makan dan minum adalah … QS. Al A’raf : 13

Pendidikan Agama Islam #28

Setiap umat Islam wajib menuntut ilmu. Bagaimana hukum mempelajari Ilmu Agama? Mubah Sunnah Muakad Fardhu Kifayah Makruh Fardhu Ain Benar!

Pendidikan Agama Islam #7

Hukum yang berkaitan dengan perilaku moral manusia dalam kehidupan disebut hukum … i’tiqadiyah amaliyah khuluqiyah fiqih jinayah Benar! Kurang tepat!

Instagram