HR. Bukhari: 1285 – Tentang Pertanyaan Di Dalam Kubur

Seseorang akan ditanyakan dalam kuburnya…

Hadits Sahih Riwayat al-Bukhari: 1285

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: أَنَّهُ حَدَّثَهُمْ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:

إِنَّ الْعَبْدَ إِذَا وُضِعَ فِي قَبْرِهِ وَتَوَلَّى عَنْهُ أَصْحَابُهُ، وَإِنَّهُ لَيَسْمَعُ قَرْعَ نِعَالِهِمْ، أَتَاهُ مَلَكَانِ فَيُقْعِدَانِهِ فَيَقُولاَنِ: مَا كُنْتَ تَقُولُ فِي هَذَا الرَّجُلِ؟ لِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَأَمَّا الْمُؤْمِنُ فَيَقُولُ: أَشْهَدُ أَنَّهُ عَبْدُ اللَّهِ وَرَسُولُهُ. فَيُقَالُ لَهُ: انْظُرْ إِلَى مَقْعَدِكَ مِنْ النَّارِ، قَدْ أَبْدَلَكَ اللَّهُ بِهِ مَقْعَدًا مِنْ الْجَنَّةِ. فَيَرَاهُمَا جَمِيعًا. قَالَ قَتَادَةُ: وَذُكِرَ لَنَا أَنَّهُ يُفْسَحُ لَهُ فِي قَبْرِهِ، ثُمَّ رَجَعَ إِلَى حَدِيثِ أَنَسٍ قَالَ: وَأَمَّا الْمُنَافِقُ وَالْكَافِرُ فَيُقَالُ لَهُ: مَا كُنْتَ تَقُولُ فِي هَذَا الرَّجُلِ؟ فَيَقُولُ: لاَ أَدْرِي. كُنْتُ أَقُولُ مَا يَقُولُ النَّاسُ. فَيُقَالُ: لاَ دَرَيْتَ وَلاَ تَلَيْتَ. وَيُضْرَبُ بِمَطَارِقَ مِنْ حَدِيدٍ ضَرْبَةً، فَيَصِيحُ صَيْحَةً يَسْمَعُهَا مَنْ يَلِيهِ، غَيْرَ الثَّقَلَيْنِ.

Dari Anas ibn Malik radhiyallahu ‘anhu: Bahwa dia menceritakan kepada mereka bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

Sesungguhnya jika seorang hamba (jenazahnya) sudah diletakkan di dalam kuburnya dan teman-temannya sudah pergi meninggalkannya dan dia dapat mendengar suara langkah alas kaki mereka, maka datanglah kepadanya dua malaikat yang akan mendudukkannya kemudian mereka berkata:
Apa yang dahulu kamu katakan tentang laki-laki ini, Muhammad ﷺ?
Seorang mu’min akan menjawab:
Aku bersaksi bahwa dia adalah hamba Allah dan utusan-Nya.
Maka dikatakan kepadanya:
Lihatlah tempat dudukmu di neraka, Allah telah menggantikannya untukmu dengan tempat duduk di surga.
Maka dia dapat melihat keduanya.
Qatadah berkata:
Dan disebutkan kepada kami bahwa dia (hamba mu’min itu) akan dilapangkan dalam kuburnya.
Kemudian dia kembali melanjutkan hadis Anas, dia berkata :
Sementara (jenazah) orang munafik dan kafir, akan dikatakan kepadanya:
Apa yang dahulu kamu katakan tentang laki-laki ini?
Maka dia akan menjawab:
Aku tidak tahu, aku hanya mengatakan apa yang dikatakan orang-orang.
Maka dikatakan kepadanya:
Kamu tidak mengetahui dan tidak mengikuti orang yang mengetahui.
Kemudian dia dipukul dengan palu yang terbuat dari besi sehingga ia mengeluarkan suara teriakan yang dapat didengar oleh yang ada di dekatnya kecuali jin dan manusia.

Pesan hadits yang disampaikan:

Setiap orang yang telah meninggal akan didatangi dua malaikat yang akan bertanya padanya. Salah satu pertanyaannya adalah mengenai Nabi Muhammad. Orang yang beriman akan menjawab: Aku bersaksi bahwa dia adalah hamba Allah dan utusanNya, maka bangkunya di neraka akan digantikan dengan bangku di surga.

Sementara orang kafir dan munafik akan menjawab: Aku tidak tahu, aku hanya mengatakan apa yang dikatakan orang-orang, maka ia pun disiksa oleh malaikat tersebut. Nauzubillah.

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. Al Baqarah (Sapi Betina) – surah 2 ayat 33 [QS. 2:33]

. Kemudian Allah memberikan kesempatan kepada Nabi Adam untuk menyebutkan nama benda-benda yang telah Allah ajarkan kepadanya. Dia berfirman, “Wahai Adam! Beritahukanlah kepada mereka nama-nama itu!” … 2:33, 2 33, 2-33, Surah Al Baqarah 33, Tafsir surat AlBaqarah 33, Quran Al-Baqarah 33, Surah Al Baqarah ayat 33

QS. Al Baqarah (Sapi Betina) – surah 2 ayat 194 [QS. 2:194]

Bulan haram dengan bulan haram. Jika umat Islam diserang oleh orang-orang kafir pada bulan-bulan haram, yaitu Zulkaidah, Zulhijah, Muharam, dan Rajab, yang sebenarnya pada bulan-bulan itu tidak boleh … 2:194, 2 194, 2-194, Surah Al Baqarah 194, Tafsir surat AlBaqarah 194, Quran Al-Baqarah 194, Surah Al Baqarah ayat 194

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #10

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menerima wahyu pertama di … Masjid Al Haram Padang Arafat Ka’bah Madinah Gua Hira Benar!

Pendidikan Agama Islam #8

Hukum penggunaan hadis sebagai dasar hukum adalah … sunnah haram makruh wajib mubah Benar! Kurang tepat! Sumber kedua hukum dalam

Pendidikan Agama Islam #21

Allah Subhanahu Wa Ta`ala tidak akan merubah nasib suatu kaum , sebelum kaum itu sendiri yang merubahnya, arti ayat tersebut

Instagram