HR. Bukhari: 1285 – Tentang Pertanyaan Di Dalam Kubur

Seseorang akan ditanyakan dalam kuburnya…

Hadits Sahih Riwayat al-Bukhari: 1285

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: أَنَّهُ حَدَّثَهُمْ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:

إِنَّ الْعَبْدَ إِذَا وُضِعَ فِي قَبْرِهِ وَتَوَلَّى عَنْهُ أَصْحَابُهُ، وَإِنَّهُ لَيَسْمَعُ قَرْعَ نِعَالِهِمْ، أَتَاهُ مَلَكَانِ فَيُقْعِدَانِهِ فَيَقُولاَنِ: مَا كُنْتَ تَقُولُ فِي هَذَا الرَّجُلِ؟ لِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَأَمَّا الْمُؤْمِنُ فَيَقُولُ: أَشْهَدُ أَنَّهُ عَبْدُ اللَّهِ وَرَسُولُهُ. فَيُقَالُ لَهُ: انْظُرْ إِلَى مَقْعَدِكَ مِنْ النَّارِ، قَدْ أَبْدَلَكَ اللَّهُ بِهِ مَقْعَدًا مِنْ الْجَنَّةِ. فَيَرَاهُمَا جَمِيعًا. قَالَ قَتَادَةُ: وَذُكِرَ لَنَا أَنَّهُ يُفْسَحُ لَهُ فِي قَبْرِهِ، ثُمَّ رَجَعَ إِلَى حَدِيثِ أَنَسٍ قَالَ: وَأَمَّا الْمُنَافِقُ وَالْكَافِرُ فَيُقَالُ لَهُ: مَا كُنْتَ تَقُولُ فِي هَذَا الرَّجُلِ؟ فَيَقُولُ: لاَ أَدْرِي. كُنْتُ أَقُولُ مَا يَقُولُ النَّاسُ. فَيُقَالُ: لاَ دَرَيْتَ وَلاَ تَلَيْتَ. وَيُضْرَبُ بِمَطَارِقَ مِنْ حَدِيدٍ ضَرْبَةً، فَيَصِيحُ صَيْحَةً يَسْمَعُهَا مَنْ يَلِيهِ، غَيْرَ الثَّقَلَيْنِ.

Dari Anas ibn Malik radhiyallahu ‘anhu: Bahwa dia menceritakan kepada mereka bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

Sesungguhnya jika seorang hamba (jenazahnya) sudah diletakkan di dalam kuburnya dan teman-temannya sudah pergi meninggalkannya dan dia dapat mendengar suara langkah alas kaki mereka, maka datanglah kepadanya dua malaikat yang akan mendudukkannya kemudian mereka berkata:
Apa yang dahulu kamu katakan tentang laki-laki ini, Muhammad ﷺ?
Seorang mu’min akan menjawab:
Aku bersaksi bahwa dia adalah hamba Allah dan utusan-Nya.
Maka dikatakan kepadanya:
Lihatlah tempat dudukmu di neraka, Allah telah menggantikannya untukmu dengan tempat duduk di surga.
Maka dia dapat melihat keduanya.
Qatadah berkata:
Dan disebutkan kepada kami bahwa dia (hamba mu’min itu) akan dilapangkan dalam kuburnya.
Kemudian dia kembali melanjutkan hadis Anas, dia berkata :
Sementara (jenazah) orang munafik dan kafir, akan dikatakan kepadanya:
Apa yang dahulu kamu katakan tentang laki-laki ini?
Maka dia akan menjawab:
Aku tidak tahu, aku hanya mengatakan apa yang dikatakan orang-orang.
Maka dikatakan kepadanya:
Kamu tidak mengetahui dan tidak mengikuti orang yang mengetahui.
Kemudian dia dipukul dengan palu yang terbuat dari besi sehingga ia mengeluarkan suara teriakan yang dapat didengar oleh yang ada di dekatnya kecuali jin dan manusia.

Pesan hadits yang disampaikan:

Setiap orang yang telah meninggal akan didatangi dua malaikat yang akan bertanya padanya. Salah satu pertanyaannya adalah mengenai Nabi Muhammad. Orang yang beriman akan menjawab: Aku bersaksi bahwa dia adalah hamba Allah dan utusanNya, maka bangkunya di neraka akan digantikan dengan bangku di surga.

Sementara orang kafir dan munafik akan menjawab: Aku tidak tahu, aku hanya mengatakan apa yang dikatakan orang-orang, maka ia pun disiksa oleh malaikat tersebut. Nauzubillah.

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. Al Furqaan (Pembeda) – surah 25 ayat 10 [QS. 25:10]

10. Mahasuci Allah yang jika Dia menghendaki, niscaya Dia jadikan atau anugerahkan secara khusus bagimu sesuatu yang lebih baik daripada apa yang mereka usulkan itu, yaitu kebun-kebun atau surga-surga … 25:10, 25 10, 25-10, Surah Al Furqaan 10, Tafsir surat AlFurqaan 10, Quran Al Furqan 10, AlFurqan 10, Al-Furqan 10, Surah Al Furqan ayat 10

QS. Al Hajj (Haji) – surah 22 ayat 61 [QS. 22:61]

61. Untuk memberi pertolongan kepada orang-orang beriman yang dizalimi pasti akan ditepati. Demikianlah, janji Allah, karena Allah berkuasa memasukkan malam ke dalam siang sehingga siang di musim pana … 22:61, 22 61, 22-61, Surah Al Hajj 61, Tafsir surat AlHajj 61, Quran Al-Haj 61, Alhaj 61, Al Haj 61, Al-Hajj 61, Surah Al Hajj ayat 61

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #27

Surah yang pertama kali turun secara lengkap adalah … ar-Rahman al-Fatihah al-‘Alaq an-Nas al-Kautsar Benar! Kurang tepat! Proses turunnya wahyu

Pendidikan Agama Islam #11

Berikut ini yang bukan merupakan substansi dakwah Rasulullah di Mekkah adalah … Mengubah kebiasaan bertaklid masyarakat Memperbaiki akhlak masyarakat Memperbaiki

Pendidikan Agama Islam #28

Setiap umat Islam wajib menuntut ilmu. Bagaimana hukum mempelajari Ilmu Agama? Sunnah Muakad Fardhu Ain Makruh Fardhu Kifayah Mubah Benar!

Instagram