H.R. Bukhari: 378 – Tentang Perlindungan Allah Untuk Orang Muslim

Seorang muslim berada dalam perlindungan Allah dan Rasul-Nya!

Hadits Sahih Riwayat al-Bukhari: 378

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:

مَنْ صَلَّى صَلاَتَنَا وَاسْتَقْبَلَ قِبْلَتَنَا وَأَكَلَ ذَبِيحَتَنَا فَذَلِكَ الْمُسْلِمُ الَّذِي لَهُ ذِمَّةُ اللَّهِ وَذِمَّةُ رَسُولِهِ، فَلاَ تُخْفِرُوا اللَّهَ فِي ذِمَّتِهِ.

 

Dari Anas ibn Malik, dia berkata: Rasulullah ﷺ bersabda:

Barangsiapa yang shalat seperti shalat kita, menghadap ke arah kiblat kita dan memakan sembelihan kita, maka dia adalah seorang muslim, ia memiliki perlindungan dari Allah dan Rasul-Nya. Maka janganlah kalian mengkhianati perlindungan Allah.

 

Pesan hadits yang disampaikan:

Menunaikan shalat merupakan salah satu ciri seorang muslim. Hadis ini menyimpan makna bahwa sebagai seorang muslim, kita hendaknya menilai orang dari zahirnya, jika dia shalat menghadap kiblat dan memakan sembelihan yang sama dengan kita, maka dia adalah seorang muslim.

Kita tidak diperkenankan untuk berspekulasi dan berburuk sangka terhadap saudara kita yang muslim selama tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan kesesatan darinya. Hadis ini juga menjelaskan bahwa seorang muslim berada di bawah perlindungan Allah dan Rasul-Nya, karena itu janganlah kita menyakiti seorang muslim, karena itu berarti menyakiti seseorang yang sudah dilindungi oleh Allah dan Rasul-Nya.







Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya





Video

Panggil Video Lainnya
Iklan


Ikuti RisalahMuslim
               



Copied!

Email: [email protected]
Made with in Yogyakarta


Ikuti RisalahMuslim