HR. Bukhari: 6010 – Tentang Pencatatan Kebaikan Dan Kejahatan

Matematika pencatatan amal?

Hadits Sahih Riwayat al-Bukhari: 6010

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيمَا يَرْوِي عَنْ رَبِّهِ عَزَّ وَجَلَّ قَالَ: قَالَ:

إِنَّ اللَّهَ كَتَبَ الْحَسَنَاتِ وَالسَّيِّئَاتِ ثُمَّ بَيَّنَ ذَلِكَ، فَمَنْ هَمَّ بِحَسَنَةٍ فَلَمْ يَعْمَلْهَا كَتَبَهَا اللَّهُ لَهُ عِنْدَهُ حَسَنَةً كَامِلَةً، فَإِنْ هُوَ هَمَّ بِهَا فَعَمِلَهَا كَتَبَهَا اللَّهُ لَهُ عِنْدَهُ عَشْرَ حَسَنَاتٍ إِلَى سَبْعِ مِائَةِ ضِعْفٍ إِلَى أَضْعَافٍ كَثِيرَةٍ، وَمَنْ هَمَّ بِسَيِّئَةٍ فَلَمْ يَعْمَلْهَا كَتَبَهَا اللَّهُ لَهُ عِنْدَهُ حَسَنَةً كَامِلَةً، فَإِنْ هُوَ هَمَّ بِهَا فَعَمِلَهَا كَتَبَهَا اللَّهُ لَهُ سَيِّئَةً وَاحِدَةً.

 

Dari Ibn Abbas radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi ﷺ, yang beliau riwayatkan dari Rabbnya ‘Azza wa Jalla berfirman, yang beliau sabdakan:

Sesungguhnya Allah menetapkan kebaikan dan keburukan, selanjutnya Dia jelaskan, barangsiapa yang berniat melakukan suatu kebaikan lantas tidak jadi ia amalkan, Allah mencatat baginya satu kebaikan di sisi-Nya secara sempurna, dan jika ia berniat lantas ia amalkan, Allah mencatatnya di sisi-Nya sepuluh kebaikan hingga dilipatgandakan tujuh ratus kali hingga lipatganda yang tidak terbatas, sebaliknya barangsiapa yang berniat melakukan keburukan kemudian tidak jadi ia lakukan, Allah mencatat baginya satu kebaikan disisi-Nya secara sempurna, dan jika ia berniat melakukan keburukan dan jadi ia lakukan, Allah mencatatnya sebagai satu keburukan saja.

 

Pesan hadits yang disampaikan:

Kami mengajak kaum muslim untuk melakukan kebaikan, dimulai dengan niat yang baik, marilah kita teliti lagi matematika pencatatan amal seseorang:
1. Jika anda berniat melakukan kebaikan dan tidak jadi melakukannya, maka tercatat untuk anda satu kebaikan sempurna.

2. Jika anda berniat melakukan kebaikan dan melakukannya, maka tercatat untuk anda 10 kebaikan yang Allah lipatgandakan sebagaimana Dia kehendaki.

3. Jika anda berniat melakukan kejahatan dan tidak melakukannya, maka anda mendapatkan satu kebaikan sempurna.

4. Jika anda berniat melakukan kejahatan dan melakukannya, maka tercatat untuk anda satu kejahatan saja.

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. An Naml (Semut) – surah 27 ayat 51 [QS. 27:51]

51. Maka perhatikanlah bagaimana akibat dari tipu daya mereka, bahwa Kami, sesuai dengan kehendak Kami dan cara Kami, telah memutuskan untuk membinasakan mereka dan kaum mereka semuanya, karena dosa-d … 27:51, 27 51, 27-51, Surah An Naml 51, Tafsir surat AnNaml 51, Quran An-Naml 51, Surah An Naml ayat 51

QS. Ash Shaffaat (Barisan-barisan) – surah 37 ayat 141 [QS. 37:141]

140-144. Ingatlah ketika dia lari dan pergi meninggalkan kaumnya padahal Allah tidak memperkenankan kepergiannya, lalu dia naik ke kapal yang penuh dengan muatan hingga hampir tenggelam. Melihat kondi … 37:141, 37 141, 37-141, Surah Ash Shaffaat 141, Tafsir surat AshShaffaat 141, Quran Al-Shaffat 141, AshShaffat 141, Ash Shafat 141, Ash Shaffat 141, Surah Ash Shaffat ayat 141

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #2

Allah memiliki sifat Yang Maha Mengumpulkan, yang artinya … Al Azhar Al Akhir Al Jamii’ Al ‘Aziz Al ‘Azim Benar!

Pendidikan Agama Islam #29

Berikut kedudukan orang yang menuntut ilmu, kecuali … Terbebas dari kehinaan. Dijauhkan dari pemimpin yang bodoh. Diangkat derajat oleh Allah.

Pendidikan Agama Islam #8

Hukum penggunaan hadis sebagai dasar hukum adalah … wajib haram mubah sunnah makruh Benar! Kurang tepat! Undang-undang tentang penggunaan Hadits-Maudu

Instagram