HR. Bukhari: 4678 – Tentang Menikahlah Jika Sudah Mampu

Kapan menikah?

Hadits Sahih Riwayat al-Bukhari: 4678

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ: كُنَّا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَبَابًا لاَ نَجِدُ شَيْئًا، فَقَالَ لَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:

يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنْ اسْتَطَاعَ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ، فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ. وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ.

 

Dari Abdullah, dia berkata: Kami pernah bersama Nabi ﷺ sewaktu kami masih muda, saat itu kami tidak memiliki sesuatu pun, maka Rasulullah ﷺ bersabda kepada kami:

Wahai sekalian pemuda, barang siapa diantara kalian yang telah mampu menikah, maka hendaklah ia menikah, karena ia lebih bisa menundukkan pandangan, dan lebih bisa menjaga kemaluan.
Namun barang siapa yang belum mampu, hendaklah ia berpuasa, sebab hal itu dapat menjadi penghalang baginya (meredam hawa nafsunya).

 

Pesan hadits yang disampaikan:

Menikah adalah hal yang dianjurkan dalam islam, jika seseorang sudah mampu untuk membangun rumah tangga. Mampu disini dalam arti dapat menghidupi istri dan anak-anaknya kelak, dan dapat menjadi kepala keluarga yang baik. Menikah dianjurkan karena menjaga pandangan dan menjaga kehormatan. Jika seseorang belum mampu untuk menikah, hendaklah ia berpuasa, karena puasa dapat membatunya meredam hawa nafsu.

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. Al Lail (Malam) – surah 92 ayat 13 [QS. 92:13]

12-13. Sesungguhnya Kamilah yang memberi petunjuk kepada manusia sesuai dengan kebijaksanaan Kami agar mereka berjalan pada jalan yang benar demi kebaikan mereka di dunia dan akhirat, dan sesungguhnya … 92:13, 92 13, 92-13, Surah Al Lail 13, Tafsir surat AlLail 13, Quran Al-Lail 13, Surah Al Lail ayat 13

QS. Al Mu’minuun (Orang-orang mukmin) – surah 23 ayat 117 [QS. 23:117]

117. Dan barang siapa menyembah tuhan yang lain selain Allah, padahal tidak ada suatu bukti pun baginya tentang kebenaran penyembahan itu, maka perhitungannya, yaitu balasannya, hanya pada Tuhannya. S … 23:117, 23 117, 23-117, Surah Al Mu’minuun 117, Tafsir surat AlMuminuun 117, Quran Al Mukminun 117, Al-Mu’minun 117, Surah Al Muminun ayat 117

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #1

Allah memiliki sifat Al Kariim yang tercantum dalam Alquran surah … Ali ‘Imran ayat 173 Al-Fatihah ayat 4 An-Naml ayat

Pendidikan Agama Islam #20

Jasa khalifah Umar bin Khatab yang sampai saat ini masih dipergunakan, yaitu … Mendirikan kakbah Membentuk pos pertahanan Membentuk mata

Pendidikan Agama Islam #12

Nama isteri Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam selepas Khadijah ialah … Zainab Sofia Hafsah Saudah Aisyah Benar! Kurang tepat!

Instagram