H.R. Bukhari: 1163 – Tentang Mengiringi Jenazah

Hukum mengiringi jenazah?

Hadits Sahih Riwayat al-Bukhari: 1163

عَنْ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ:

أَمَرَنَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِسَبْعٍ وَنَهَانَا عَنْ سَبْعٍ: أَمَرَنَا بِاتِّبَاعِ الْجَنَائِزِ، وَعِيَادَةِ الْمَرِيضِ، وَإِجَابَةِ الدَّاعِي، وَنَصْرِ الْمَظْلُومِ، وَإِبْرَارِ الْقَسَمِ، وَرَدِّ السَّلاَمِ، وَتَشْمِيتِ الْعَاطِسِ. وَنَهَانَا عَنْ آنِيَةِ الْفِضَّةِ، وَخَاتَمِ الذَّهَبِ، وَالْحَرِيرِ وَالدِّيبَاجِ وَالْقَسِّيِّ وَالآسْتَبْرَقِ.

 

Dari al-Bara ibn ‘Azib radhiyallahu ‘anhu, dia berkata:

Nabi ﷺ memerintahkan kami dengan tujuh perkara dan melarang kami dari tujuh perkara pula. Beliau memerintahkan kami untuk mengiringi jenazah, menjenguk orang yang sakit, memenuhi undangan, menolong orang yang dizalimi, menunaikan sumpah, menjawab salam dan mendoakan orang yang bersin. Dan beliau melarang kami dari (menggunakan) bejana terbuat dari perak, (memakai) cincin emas, (memakai) sutera, Dibaj dan Qashiy (sejenis sutera), serta Astabraq (sutera yang tebal).

 

Pesan hadits yang disampaikan:

Rasulullah ﷺ memerintahkan umatnya 7 hal, yang salah satunya adalah mengiringi jenazah. Mengurus jenazah seorang muslim adalah kewajiban saudaranya yang muslim, mulai dari memandikan, mengkafani, menyalatkan, hingga menguburkan.







Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya





Video

Panggil Video Lainnya
Iklan


Ikuti RisalahMuslim
               



Copied!

Email: [email protected]
Made with in Yogyakarta


Ikuti RisalahMuslim