HR. Bukhari: 6289 – Tentang Menegakkan Hukum Pada Semua Orang

Walaupun pelaku kejahatan adalah orang yang berkedudukan tinggi, hukum tetap harus ditegakkan

Hadits Sahih Riwayat al-Bukhari: 6289

عَنْ عَائِشَةَ: أَنَّ أُسَامَةَ كَلَّمَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي امْرَأَةٍ فَقَالَ:

إِنَّمَا هَلَكَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ أَنَّهُمْ كَانُوا يُقِيمُونَ الْحَدَّ عَلَى الْوَضِيعِ وَيَتْرُكُونَ الشَّرِيفَ. وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ، لَوْ أَنَّ فَاطِمَةَ فَعَلَتْ ذَلِكَ لَقَطَعْتُ يَدَهَا.

 

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha: Bahwa Usamah pernah berbicara dengan Nabi ﷺ mengenai seorang wanita (untuk memberi keringanan dari hukuman haddnya), maka beliau bersabda:

Sesungguhnya telah binasa orang-orang sebelum kalian karena mereka menegakkan hukuman hadd kepada orang-orang yang berkedudukan rendah, dan meninggalkan hukuman bagi orang yang berkedudukan tinggi.
Demi Zat yang jiwaku berada di tangan-Nya, jika Fathimah melakukan hal itu, akan aku potong tangannya.

 

Pesan hadits yang disampaikan:

1. Latar belakang cerita ini adalah seorang wanita yang terpandang diketahui mencuri sehingga berlaku hukum potong tangan untuknya. Usamah ibn Zaid, orang yang sangat dicintai oleh Rasulullah ﷺ diminta untuk melakukan negoisasi dengan Rasulullah ﷺ untuk meringankan hukuman wanita tersebut. Maka Rasulullah ﷺ bersabda seperti hadis yang telah disebut.

2. Penerapan hukum hendaknya berlaku bagi orang kaya maupun miskin, lemah maupun terpandang. Penerapan hukum ini berlaku bagi semua orang, karena pada akhirnya semua manusia hanyalah hamba, yaitu hamba milik Allah Subhanahu wa ta’ala.

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. Thaa Haa (Ta Ha) – surah 20 ayat 50 [QS. 20:50]

50. Nabi Musa menjawab, “Tuhan kita semua ialah Tuhan yang telah menciptakan semua makhluk dan memberikan bentuk kejadian kepada segala sesuatu di alam semesta ini, kemudian memberinya petunjuk dan po … 20:50, 20 50, 20-50, Surah Thaa Haa 50, Tafsir surat ThaaHaa 50, Quran Thoha 50, Thaha 50, Ta Ha 50, Surah Toha ayat 50

QS. Al Mu’min (Orang yang Beriman) – surah 40 ayat 73 [QS. 40:73]

73. Kemudian dalam keadaan direbus dan dibakar di dalam api neraka, dikatakan kepada mereka, “Manakah berhala-berhala yang banyak itu yang selalu kamu persekutukan dengan Allah. … 40:73, 40 73, 40-73, Surah Al Mu’min 73, Tafsir surat AlMumin 73, Quran Al Mukmin 73, AlMukmin 73, Al-Mu’min 73, Surah Al Mumin ayat 73

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #16

Yang berarti “menggabungkan sesuatu dengan yang lain” adalah lafaz … القرأ قرن ن قرأ الجمع Benar! Kurang tepat! Alquran adalah

Pendidikan Agama Islam #26

Pesan utama dari kandungan Alquran adalah … muamalah fikih tauhid akhlak sosial kemasyarakatan Benar! Kurang tepat! Surah yang terpanjang dalam

Pendidikan Agama Islam #28

Setiap umat Islam wajib menuntut ilmu. Bagaimana hukum mempelajari Ilmu Agama? Makruh Fardhu Ain Fardhu Kifayah Sunnah Muakad Mubah Benar!

Instagram