H.R. Bukhari: 6662 – Tentang Mendengar Dan Taat Sesuai Kemampuan

Mendengar dan taat, sesuai kemampuan orang tersebut.

Hadits Sahih Riwayat al-Bukhari: 6662

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: كُنَّا إِذَا بَايَعْنَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى السَّمْعِ وَالطَّاعَةِ يَقُولُ لَنَا:

فِيمَا اسْتَطَعْتُمْ.

 

Dari Abdullah ibn Umar radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Ketika kami berbai’at kepada Rasulullah ﷺ untuk mendengar dan taat, beliau berkata kepada kami:

Sesuai kemampuan kalian.

 

Pesan hadits yang disampaikan:

Ketika sahabat berbai’at pada Rasulullah ﷺ untuk mendengar dan menaati beliau, beliau menambahkan: Sesuai kemampuan kalian. Hal ini menunjukkan bahwa Islam tidak menuntut seorang Muslim melebihi kemampuannya, sehingga dalam hukum agama pun kita diwajibkan untuk mentaati hukum agama semaksimal kemampuan kita.

Karena itulah ada keringanan-keringanan untuk keadaan tertentu yang dinamakan dengan rukhsah. Seperti hukum shalat: wajib, namun bagi orang sakit diberi keringanan yaitu boleh melaksanakannya dengan duduk atau berbaring. Juga rukhsah-rukhsah lain yang Allah berikan untuk meringankan hamba-Nya dalam menjalankan syariat Islam menunjukkan bahwa Islam adalah agama penuh rahmat yang memudahkan dan senantiasa menjaga maslahat penganutnya.







Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya





Video

Panggil Video Lainnya
Iklan


Ikuti RisalahMuslim
               



Copied!

Email: [email protected]
Made with in Yogyakarta


Ikuti RisalahMuslim