HR. Bukhari: 2222 – Tentang Memohon Perlindungan Dari Hutang

Mohonlah perlindungan kepada Allah dari hutang!

Hadits Sahih Riwayat al-Bukhari: 2222

عَنْ عَائِشَة رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَدْعُو فِي الصَّلاَةِ وَيَقُولُ:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ. فَقَالَ لَهُ قَائِلٌ: مَا أَكْثَرَ مَا تَسْتَعِيذُ يَا رَسُولَ اللَّهِ مِنْ الْمَغْرَمِ؟ قَالَ: إِنَّ الرَّجُلَ إِذَا غَرِمَ حَدَّثَ فَكَذَبَ وَوَعَدَ فَأَخْلَفَ.

 

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha: Bahwa Rasulullah ﷺ berdoa dalam shalat, beliau membaca:

Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari berbuat dosa dan terlilit hutang.
Lalu ada seseorang yang bertanya:
Mengapa engkau banyak meminta perlindungan dari hutang, wahai Rasulullah?
Beliau menjawab:
Sesungguhnya seseorang apabila berhutang, jika berbicara dia berdusta dan jika berjanji dia tidak menepatinya.

 

Pesan hadits yang disampaikan:

Rasulullah ﷺ berdoa memohon perlindungan kepada Allah dari terlilit hutang. Beliau menjelaskan bahwa seseorang yang berhutang akan berdusta dan tidak menepati janjinya. Dapat kita lihat contohnya di zaman ini, saat seseorang yang berhutang ditagih, ia akan mencari-cari alasan agar tidak membayar hutangnya di saat itu, atau dia berjanji dengan mengatakan: Minggu depan saya bayar. Setelah satu minggu berlalu, ketika ditagih orang itu tidak menepati janjinya lagi dan memilih untuk berdusta dan mengarang alasan. Nauzubillah. Karena bahaya dosa yang bisa disebabkan karena hutang, kita dianjurkan untuk meminta perlindungan pada Allah dari terlilit hutang.

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. An Nisaa’ (Wanita) – surah 4 ayat 32 [QS. 4:32]

Namun sering terjadi dalam kehidupan bahwa angan-angan untuk memperoleh sesuatu sebagaimana dimiliki orang lain bisa mendorong seseorang melakukan pelanggaran. Ayat ini berpesan agar menghindari kebia … 4:32, 4 32, 4-32, Surah An Nisaa’ 32, Tafsir surat AnNisaa 32, Quran AnNisa 32, An-Nisa’ 32, Surah An Nisa ayat 32

QS. Al Baqarah (Sapi Betina) – surah 2 ayat 207 [QS. 2:207]

Ayat berikut diturunkan berkenaan dengan suwaihib bin Sina n arRaimi yang akan mengikuti Nabi Muhammad hijrah ke Madinah, akan tetapi orang-orang kafir Mekah melarang ia membawa kekayaannya. shuwahaib … 2:207, 2 207, 2-207, Surah Al Baqarah 207, Tafsir surat AlBaqarah 207, Quran Al-Baqarah 207, Surah Al Baqarah ayat 207

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #10

Sejak wahyu di Surah Al Muddasir : 1-7, Rasullullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mulai berkhotbah. Awalnya nabi melakukan dakwah kepada

Pendidikan Agama Islam #19

Surah yang menjelaskan bahwa “Allah Subhanahu Wa Ta`ala tempat meminta”, yaitu … an-Nash al-Fatihah al-Qadr al-Alaq al-Ikhlas Benar! Kurang tepat!

Pendidikan Agama Islam #8

Sumber kedua hukum dalam menetapkan Hukum tentang Alquran adalah … ijtihad fatwa para ulama hadits UUD 1945 ijma ‘ulama Benar!

Instagram