Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in posts
Search in pages

HR. Bukhari: 6678 – Tentang Memilih Pemimpin Berikutnya

Menunjuk pemimpin berikutnya?

Hadits Sahih Riwayat al-Bukhari: 6678

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ:

قِيلَ لِعُمَرَ: أَلاَ تَسْتَخْلِفُ؟ قَالَ: إِنْ أَسْتَخْلِفْ فَقَدْ اسْتَخْلَفَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مِنِّي أَبُو بَكْرٍ، وَإِنْ أَتْرُكْ فَقَدْ تَرَكَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مِنِّي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَأَثْنَوْا عَلَيْهِ فَقَالَ: رَاغِبٌ رَاهِبٌ وَدِدْتُ أَنِّي نَجَوْتُ مِنْهَا كَفَافًا لاَ لِي وَلاَ عَلَيَّ لاَ أَتَحَمَّلُهَا حَيًّا وَلاَ مَيِّتًا.

 

Dari Abdullah ibn Umar radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

Umar ditanya:
apakah engkau tidak mengangkat pengganti (untuk menjadi) khalifah?
Umar menjawab:
Kalaulah aku mengangkat pengganti (untuk menjadi) khalifah, sungguh orang yang lebih baik dari diriku, Abu Bakr, telah mengangkat pengganti (untuk menjadi) khalifah, dan kalaulah aku tinggalkan, orang yang lebih baik dari diriku juga telah meninggalkannya, yaitu Rasulullah ﷺ, maka mereka memujinya, lalu ia berkata:
Ingin dan merasa takut, aku berharap sendainya aku selamat dari (kekhilafahan ini) seutuhnya, tidak (ada kelebihan) untukku dan tidak (ada tanggungan) atas diriku, aku tidak menanggungnya baik ketika hidupku maupun kematianku.

 

Pesan hadits yang disampaikan:

Ketika Umar ditanya, apakah ia akan menunjuk khalifah yang akan memimpin umat Islam setelahnya, maka ia menjawab bahwa orang yang lebih baik darinya – yaitu Rasulullah ﷺ – tidak menunjuk pemimpin setelah beliau, namun orang yang lebih baik darinya pula – yaitu Abu Bakr – menunjuk pemimpin yang berikutnya.

Menjelang wafatnya Umar, ia menyebutkan beberapa nama yang ia rekomendasikan untuk menjadi khalifah setelahnya, di antara mereka terdapat Utsman ibn Affan, dan beliaulah yang menjadi khalifah ketiga dari Khulafa al-Rasyidin bagi umat Muslim.







Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya





Podcast

Video

Panggil Video Lainnya
Iklan


Ikuti RisalahMuslim