HR. Bukhari: 6678 – Tentang Memilih Pemimpin Berikutnya

Menunjuk pemimpin berikutnya?

Hadits Sahih Riwayat al-Bukhari: 6678

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ:

قِيلَ لِعُمَرَ: أَلاَ تَسْتَخْلِفُ؟ قَالَ: إِنْ أَسْتَخْلِفْ فَقَدْ اسْتَخْلَفَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مِنِّي أَبُو بَكْرٍ، وَإِنْ أَتْرُكْ فَقَدْ تَرَكَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مِنِّي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَأَثْنَوْا عَلَيْهِ فَقَالَ: رَاغِبٌ رَاهِبٌ وَدِدْتُ أَنِّي نَجَوْتُ مِنْهَا كَفَافًا لاَ لِي وَلاَ عَلَيَّ لاَ أَتَحَمَّلُهَا حَيًّا وَلاَ مَيِّتًا.

 

Dari Abdullah ibn Umar radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

Umar ditanya:
apakah engkau tidak mengangkat pengganti (untuk menjadi) khalifah?
Umar menjawab:
Kalaulah aku mengangkat pengganti (untuk menjadi) khalifah, sungguh orang yang lebih baik dari diriku, Abu Bakr, telah mengangkat pengganti (untuk menjadi) khalifah, dan kalaulah aku tinggalkan, orang yang lebih baik dari diriku juga telah meninggalkannya, yaitu Rasulullah ﷺ, maka mereka memujinya, lalu ia berkata:
Ingin dan merasa takut, aku berharap sendainya aku selamat dari (kekhilafahan ini) seutuhnya, tidak (ada kelebihan) untukku dan tidak (ada tanggungan) atas diriku, aku tidak menanggungnya baik ketika hidupku maupun kematianku.

 

Pesan hadits yang disampaikan:

Ketika Umar ditanya, apakah ia akan menunjuk khalifah yang akan memimpin umat Islam setelahnya, maka ia menjawab bahwa orang yang lebih baik darinya – yaitu Rasulullah ﷺ – tidak menunjuk pemimpin setelah beliau, namun orang yang lebih baik darinya pula – yaitu Abu Bakr – menunjuk pemimpin yang berikutnya.

Menjelang wafatnya Umar, ia menyebutkan beberapa nama yang ia rekomendasikan untuk menjadi khalifah setelahnya, di antara mereka terdapat Utsman ibn Affan, dan beliaulah yang menjadi khalifah ketiga dari Khulafa al-Rasyidin bagi umat Muslim.

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. Yaa Siin (Yaasiin) – surah 36 ayat 54 [QS. 36:54]

54. Maka pada hari kebangkitan itu seseorang tidak akan dirugikan sedikit pun dalam menerima imbalan atau balasan dari Allah atas amal perbu-atan mereka, dan kamu tidak akan diberi balasan berupa siks … 36:54, 36 54, 36-54, Surah Yaa Siin 54, Tafsir surat YaaSiin 54, Quran Yasin 54, Surah Yasin ayat 54

QS. Az Zukhruf (Perhiasan) – surah 43 ayat 5 [QS. 43:5]

5. Maka apakah dengan penolakan kamu terhadap Al-Qur’an yang Kami turunkan itu, wahai orang-orang kafir, akan menyebabkan Kami akan berhenti menurunkan ayat-ayat Al-Qur’an sebagai peringatan kepa-damu … 43:5, 43 5, 43-5, Surah Az Zukhruf 5, Tafsir surat AzZukhruf 5, Quran Az-Zukhruf 5, Surah Az Zukruf ayat 5

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #25

Surah Al-Insyirah terdiri dari … ayat. 5 8 9 7 6 Benar! Kurang tepat! Penjelasan:Surah Al-Insyirah adalah surah ke-94 dalam

Pendidikan Agama Islam #2

Sifat adil Allah berlaku untuk … orang kaya yang bersedekah orang kafir yang senang menolong sesama semua ciptaan Allah orang

Pendidikan Agama Islam #19

Surah yang menjelaskan bahwa “Allah Subhanahu Wa Ta`ala tempat meminta”, yaitu … al-Fatihah al-Ikhlas al-Qadr an-Nash al-Alaq Benar! Kurang tepat!

Instagram