HR. Bukhari: 6286 – Tentang Larangan Syirik

Sabda Rasulullah ﷺ kepada para sahabatnya: Berbai’atlah kalian kepadaku…

Hadits Sahih Riwayat al-Bukhari: 6286

عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: كُنَّا عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي مَجْلِسٍ فَقَالَ:

بَايِعُونِي عَلَى أَنْ لاَ تُشْرِكُوا بِاللَّهِ شَيْئًا، وَلاَ تَسْرِقُوا، وَلاَ تَزْنُوا، وَقَرَأَ هَذِهِ الآيَةَ كُلَّهَا، فَمَنْ وَفَى مِنْكُمْ فَأَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ، وَمَنْ أَصَابَ مِنْ ذَلِكَ شَيْئًا فَعُوقِبَ بِهِ فَهُوَ كَفَّارَتُهُ، وَمَنْ أَصَابَ مِنْ ذَلِكَ شَيْئًا فَسَتَرَهُ اللَّهُ عَلَيْهِ، إِنْ شَاءَ غَفَرَ لَهُ وَإِنْ شَاءَ عَذَّبَهُ.

 

Dari Ubadah ibn Al-Shamit radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Kami bersama Nabi ﷺ di sebuah majelis, maka beliau bersabda:

Berbaiatlah kalian kepadaku untuk tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun, tidak mencuri dan tidak berzina.
Lalu beliau membacakan keseluruhan ayat ini.
Maka barang siapa diantara kalian yang menunaikannya maka ganjarannya di sisi Allah, dan barang siapa yang melanggar salah satunya kemudian dihukum, maka hukuman itu sebagai penebus dosanya, dan barangsiapa yang melanggar salah satunya kemudian Allah menutupinya, maka Allah akan mengampuninya jika Dia berkehendak, dan Allah akan menyiksanya jika Dia berkehendak.

 

Pesan hadits yang disampaikan:

1. Para sahabat yang hadir dalam majelis tersebut berbai’at kepada Rasulullah ﷺ untuk tidak menyekutukan Allah, tidak mencuri dan tidak berzina.

2. Seorang Muslim yang melanggar suatu hukum dan mendapatkan hukuman hadd di dunia, maka hal itu sudah menjadi kafarat baginya sehingga ia tidak diazab atas dosanya tersebut.

3. Seorang Muslim yang melanggar suatu hukum namun tidak diketahui oleh orang lain atau tidak ditetapkan hukuman hadd baginya, maka hisabnya di sisi Allah, Allah akan mengampuninya jika Dia berkehendak, dan akan mengazabnya jika Dia berkehendak.

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. Ash Shaffaat (Barisan-barisan) – surah 37 ayat 99 [QS. 37:99]

99. Nabi Ibrahim selamat dari upaya pembunuhan oleh kaumnya, dan dia berkata, “Sesungguhnya aku harus pergi berhijrah menuju tempat yang memungkinkan aku mendekatkan diri kepada Tuhanku dan mengajak u … 37:99, 37 99, 37-99, Surah Ash Shaffaat 99, Tafsir surat AshShaffaat 99, Quran Al-Shaffat 99, AshShaffat 99, Ash Shafat 99, Ash Shaffat 99, Surah Ash Shaffat ayat 99

QS. Muhammad (Nabi Muhammad) – surah 47 ayat 38 [QS. 47:38]

38. Ingatlah, wahai orang yang beriman, kamu adalah orang-orang yang diajak untuk menginfakkan sebagian dari hartamu di jalan Allah. Lalu di antara kamu yang diajak menafkahkan harta itu ada orang yan … 47:38, 47 38, 47-38, Surah Muhammad 38, Tafsir surat Muhammad 38, Quran Muhamad 38, Surah Muhammad ayat 38

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #4

Setelah Yakin, dalam surah Al-A’raf ayat 26, pakaian terbaik ada di mata Allah Subhanahu Wa Ta`ala adalah … Pakaian yang

Pendidikan Agama Islam #19

Surah yang menjelaskan bahwa “Allah Subhanahu Wa Ta`ala tempat meminta”, yaitu … al-Qadr al-Alaq an-Nash al-Fatihah al-Ikhlas Benar! Kurang tepat!

Pendidikan Agama Islam #7

Hukum yang berkaitan dengan perilaku moral manusia dalam kehidupan disebut hukum … khuluqiyah i’tiqadiyah fiqih jinayah amaliyah Benar! Kurang tepat!

Instagram