Kriteria Orang Yang Banyak Berdzikir

Allah berfirman: “Para lelaki dan wanita yang rajin berdzikir, Allah janjikan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (Al-Ahzab [33]: 35).

Diriwayatkan dari Ibn Abbas Radhiallahu’anhuma, bahwa tafsir ayat: Maksudnya adalah mereka yang berdzikir setiap selesai shalat, tiap pagi dan sore, ketika di pembaringan hendak tidur, ketika bangun tidur, ketika keluar rumah, dia selalu berdzikir kepada Allah (dengan dzikir yang telah diajarkan).

Diriwayatkan dari Mujahid Rahimahullah, beliau mengatakan: “Seseorang belum disebut rajin berdzikir sampai dia berdzikir mengingat Allah ketika berdiri, ketika duduk, dan ketika berbaring.” (al-Adzkar an-Nawawi, hal. 10).

Imam Ibn Shalah ditanya tentang batasan berdzikir, sehingga seseorang dianggap rajin berdzikir sebagaimana dalam ayat. Kemudian beliau menjawab: “Ketika orang tersebut membiasakan diri dengan dzikir yang bersumber dari dalil yang shahih, setiap pagi dan sore, di setiap waktu dan keadaan yang berbeda-beda, baik siang maupun di malam hari, yang dia dapatkan dari buku wirid harian. Jika ada orang yang melakukan hal ini berarti dia adalah orang yang layak disebut sebagai orang yang rajin berdzikir.” (al-Adzkar an-Nawawi, hal. 10).

Sumber: http://www.facebook.com/doa.dzikir.shahih.harian/posts/150270205073046







Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya





Video

Panggil Video Lainnya
Iklan


Ikuti RisalahMuslim
               



Copied!

Email: [email protected]
Made with in Yogyakarta


Ikuti RisalahMuslim