Kitab Nikah. BAB XI : TENTANG SUMPAH LI’AN – Hadits Ke-902

HADITS KE-902

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه ( أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ -حِينَ نَزَلَتْ آيَةُ اَلْمُتَلَاعِنَيْنِ-:
أَيُّمَا اِمْرَأَةٍ أَدْخَلَتْ عَلَى قَوْمٍ مَنْ لَيْسَ مِنْهُمْ, فَلَيْسَتْ مِنْ اَللَّهِ فِي شَيْءٍ, وَلَنْ يُدْخِلَهَا اَللَّهُ جَنَّتَهُ, وَأَيُّمَا رَجُلٍ جَحَدَ وَلَدَهُ -وَهُوَ يَنْظُرُ إِلَيْهِ- اِحْتَجَبَ اَللَّهُ عَنْهُ, وَفَضَحَهُ اَللَّهُ عَلَى رُءُوسِ اَلْخَلَائِقِ اَلْأَوَّلِينَ وَالْآخِرِينَ ) أَخْرَجَهُ أَبُو دَاوُدَ, وَالنَّسَائِيُّ, وَابْنُ مَاجَهْ, وَصَحَّحَهُ اِبْنُ حِبَّان َ وَعَنْ عُمَرَ رضي الله عنه قَالَ:
( مَنْ أَقَرَّ بِوَلَدٍ طَرْفَةَ عَيْنٍ, فَلَيْسَ لَهُ أَنْ يَنْفِيَهُ ) أَخْرَجَهُ اَلْبَيْهَقِيُّ, وَهُوَ حَسَنٌ مَوْقُوف ٌ

Dari Abu Hurairah Radliyallaahu ‘anhu bahwa dia mendengar Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda -ketika turun ayat tentang orang yang saling menuduh-:
“Siapapun wanita yang memasukkan laki-laki yang bukan dari golongannya, ia tidak berharga sedikitpun di sisi Allah dan tidak akan memasukkannya dalam surga-Nya.
Dan siapapun laki-laki yang tidak mengaku anaknya -padahal ia tahu bahwa itu anaknya- Allah akan menutup rahmat darinya dan mempermalukannya di hadapan pemimpin orang-orang terdahulu dan yang akan datang.”
Riwayat Abu Dawud, Nasa’i, dan Ibnu Majah.
Hadits shahih menurut Ibnu Hibban.
Umar Radliyallaahu ‘anhu berkata:
Barangsiapa mengaku anaknya walaupun sekejap mata, maka tiada hak baginya untuk mencabutnya.”
Riwayat Baihaqi.
Ia hadits hasan mauquf.


Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. An Nisaa’ (Wanita) – surah 4 ayat 7 [QS. 4:7]

Diriwayatkan bahwa Ummu Kuhhah istri Aus bin tsabit mengadukan persoalannya kepada Rasulullah, bahwa setelah Aus gugur dalam Perang Uhud, lalu harta peninggalan Aus diambil seluruhnya oleh saudara lak … 4:7, 4 7, 4-7, Surah An Nisaa’ 7, Tafsir surat AnNisaa 7, Quran AnNisa 7, An-Nisa’ 7, Surah An Nisa ayat 7

QS. Maryam (Maria) – surah 19 ayat 8 [QS. 19:8]

8. Mendengar berita gembira itu Nabi Zakaria heran dan bertanya pada diri sendiri tentang kemungkinannya. Dia berkata, “Ya Tuhanku Yang Maha Pemurah, bagaimana mungkin aku akan bisa mempunyai anak sep … 19:8, 19 8, 19-8, Surah Maryam 8, Tafsir surat Maryam 8, Quran Maryam 8, Surah Maryam ayat 8

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #15

Mujahadah berasal dari bahasa Arab, yang berasal dari kata jahada, yang berarti … perlawanan berbahagia berkorban kembali suci bersungguh-sungguh Benar!

Pendidikan Agama Islam #27

Proses turunnya wahyu berlangsung selama … tahun. 20 10 22 13 23 Benar! Kurang tepat! Surah yang terpendek dalam Alquran

Pendidikan Agama Islam #23

Al Falaq artinya … demi waktu langit senja waktu pagi waktu subuh manusia Benar! Kurang tepat! Qada dan qadar termasuk

Instagram