HR. Bukhari: 6415 – Tentang Kebijaksaan Rasulullah Dalam Bermuamalah

Ketika ahli kitab mengatakan: Semoga kematian menimpamu kepada Rasulullah ﷺ, apa yang beliau lakukan?

Hadits Sahih Riwayat al-Bukhari: 6415

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: اسْتَأْذَنَ رَهْطٌ مِنْ الْيَهُودِ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالُوا: السَّامُ عَلَيْكَ، فَقُلْتُ: بَلْ عَلَيْكُمْ السَّامُ وَاللَّعْنَةُ. فَقَالَ:

يَا عَائِشَةُ إِنَّ اللَّهَ رَفِيقٌ يُحِبُّ الرِّفْقَ فِي الأَمْرِ كُلِّهِ. قُلْتُ: أَوَلَمْ تَسْمَعْ مَا قَالُوا؟ قَالَ: قُلْتُ وَعَلَيْكُمْ.

 

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata: Sekelompok orang yahudi meminta izin bertemu Nabi ﷺ dan mengucapkan: Assaam alaika (semoga kematian tertimpa kepadamu), maka aku menjawab: Bal ‘alaikum assam wal la’nah (Justru untuk kalian kematian dan juga laknat). Maka beliau bersabda:

Hai Aisyah, sesungguhnya Allah lembut dan menyukai kelembutan dalam segala urusan.
Aku berkata:
Tidakkah engkau mendengar apa yang mereka ucapkan?
Beliau menjawab:
Aku menjawab wa’alaikum (dan untuk kalian).

 

Pesan hadits yang disampaikan:

1. Kebijaksanaan Rasulullah ﷺ saat berinteraksi dengan kaum Yahudi.

2. Kaum Yahudi sengaja memelesetkan ungkapan salam muslim (assalamualaikum) dan mengutarkan assaam alaika, yang berarti semoga kematian menimpa dirimu.

3. Anjuran bagi umat muslim, jika ahli kitab mengutarkan salam, jawablah dengan waalaikum, yang berarti untukmu juga, karena bisa jadi mereka tidak mengatakan assalamualaikum yang bermakna baik, namun mengatakan assaam alaikum, yang berarti mendoakan kematian.

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. Ad Dukhaan (Kabut) – surah 44 ayat 37 [QS. 44:37]

37. Apakah mereka, yakni kaum musyrik Mekah itu yang lebih baik kekuasaan dan kekuatannya atau kaum Tubba‘, yaitu orang-orang Himyar dan raja-raja mereka di Yaman serta orang-orang yang musyrik dan pa … 44:37, 44 37, 44-37, Surah Ad Dukhaan 37, Tafsir surat AdDukhaan 37, Quran AdDukhan 37, Ad Dukhan 37, Ad-Dukhan 37, Surah Ad Dukhan ayat 37

QS. An Najm (Bintang) – surah 53 ayat 39 [QS. 53:39]

39-40. Dan diajarkan pula dalam lembaran-lembaran kitab suci itu bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya, dan usahanya yang baik atau buruk tidak akan dihilangkan. Semua itu kelak … 53:39, 53 39, 53-39, Surah An Najm 39, Tafsir surat AnNajm 39, Quran An-Najm 39, Surah An Najm ayat 39

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #21

Bu Nindi mempersiapkan pakaian bayi, karena bu Nindi tidak lama lagi akan melahirkan bayinya, perilaku bu Nindi termasuk meyakini …

Pendidikan Agama Islam #6

Alquran bertindak sebagai Hudan, yang artinya adalah … sebuah petunjuk pewaris penyinar di alam kubur pelindung penyemangat Benar! Kurang tepat!

Pendidikan Agama Islam #19

Hari kiamat di jelaskan dalam Alquran, surah …. al-Kautsar al-Ma’un Ali Imron al-Humazah al-Qari’ah Benar! Kurang tepat! Tempat berkumpulnya manusia

Instagram