Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in posts
Search in pages

Zainab bint Jahsy

Kategori: Istri Nabi

Zainab binti Jahsy bin Ri`ab al-Asadiyyah (bahasa Arab: زينب بنت جحش بن رئاب الأسدية‎) atau lebih dikenal dengan Zainab binti Jahsy (lahir pada tahun 33 Sebelum H/590, wafat di Madinah pada tahun 20 H/641) adalah sepupu dan istri dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan termasuk dari Ibu Para Mukminin.

Nasabnya
● Ayahnya: Jahsyi bin Ri`ab bin Yu’ammar bin Shabrah bin Kabir bin Ghanam bin Dudan bin Asad bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Ma’ad bin Adnan.
Jahsyi adalah sekutu bagi pembesar Quraisy, Abdul Muthalib.
● Ibunya: Umaimah binti Abdul Muthalib bin Hasyim bin Abdu Manaf bin Qushay bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Lu`ay bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin an-Nadhar bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Ma’ad bin Adnan.
Umaimah adalah bibi dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Kehidupannya
Ia masuk Islam sejak lama, kemudian hijrah bersama Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam ke Madinah, setelah itu menikah dengan Zaid bin Haritsah, kemudian diceraikan oleh Zaid, maka turunlah ayat di al-Qur’an surat al-Ahzab mengenai pernikahan nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan Zainab, maka menikahlah nabi dengannya, pada awalnya ia bernama Barrah, kemudian namanya diganti menjadi Zainab, dan karenanyalah turun ayat mengenai hijab.
Ia dikenal sebagai pribadi yang sering bersedekah.

Wafat
Ia merupakan istri nabi yang paling pertama wafat setelah kematian nabi, tepatnya pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab pada tahun 20 H. Ia wafat pada usia 53 tahun dan dimakamkan di Jannatul Baqi.







Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya





Video

Panggil Video Lainnya
Iklan


Ikuti RisalahMuslim