Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in posts
Search in pages

Yaqub `alaihis salam

Siapa itu Yaqub `alaihis salam? Ya’qub (Ibrani: יַעֲקֹב Yaʿaqob, bahasa Arab: يعقوب‎ Yaʿqūb) adalah seorang nabi yang merupakan putra Ishaq bin Ibrahim. Ya’qub memiliki seorang saudara kembar bernama Ishau. Ya’qub, yang kemudian dinamai Israel (Ibrani: יִשְׂרָאֵל Yiśrāʾēl, bahasa Arab: اسرائيل Isrāʾīl), merupakan figur yang dikenal sebagai leluhur “kedua belas suku.”

Nama Ya’q… >> Yaqub, Yakub, Ya’qub

Kategori: Nama Nabi

Ya’qub (Ibrani: יַעֲקֹב Yaʿaqob, bahasa Arab: يعقوب‎ Yaʿqūb) adalah seorang nabi yang merupakan putra Ishaq bin Ibrahim.
Ya’qub memiliki seorang saudara kembar bernama Ishau.
Ya’qub, yang kemudian dinamai Israel (Ibrani: יִשְׂרָאֵל Yiśrāʾēl, bahasa Arab: اسرائيل Isrāʾīl), merupakan figur yang dikenal sebagai leluhur
“kedua belas suku.”

Nama Ya’qub disebut sebanyak 16 kali dalam Al-Qur’an.
Kelahiran
Ya’qub dan Ishau dilahirkan oleh istri Ishaq yang bernama Ribkah, sewaktu Ishaq berusia 60 tahun.
Kedua anak kembar ini terlahir dengan tubuh Ishau sebagai yang pertama kali keluar diikuti tubuh Ya’qub dalam keadaan tangan menggenggam tumit kakaknya.
Ishaq sangat menyayangi Ishau, sebab Ishaq menganggap Ishau sebagai putra sulung yang kelak menerima warisan anugerah dari ayahnya.
Sementara itu, Ya’qub merupakan cucu kesayangan Ibrahim, sebab Ya’qub senang tinggal di rumah untuk berada dekat serta belajar dari dirinya.
Ya’qub juga menjadi anak kesayangan ibunya, Ribkah, sebab si putra bungsu gemar membantu serta rajin mengurus rumah untuk meringankan pekerjaan orang tua.







Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya



Podcast

Video

Panggil Video Lainnya
Iklan


Ikuti RisalahMuslim