Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in posts
Search in pages

Taqiyyah

Kategori: Istilah Umum

Taqiyyah (bahasa Arab: تقیة, har.
‘takut’‎) adalah sebuah istilah Islam yang merujuk kepada praktik dan kepercayaan penyangkalan atau pembantahan keagamaan dalam menghadapi penganiayaan.
Istilah lainnya untuk istilah terserbut, kitmān (artinya “bertindak menutup-nutupi, menyangkal”) memiliki pengartian yang lebih spesifik untuk penyangkalan dengan cara diam.



Prakter tersebut dilakukan dalam Islam Syiah saat para penganutnya diijinkan untuk menyembunyikan agama mereka saat berada di bawah penganiayaan atau tekanan.
Namun, praktik tersebut juga diperbolehkan dalam Islam Sunni dalam ketentuan tertentu.



Taqiyyah awalnya dipraktikkan oleh beberapa Sahabat Nabi.
Kemudian, praktik tersebut menjadi penting bagi Syiah karena pengalaman mereka sebagai minoritas keagamaan yang dianiaya.
Menurut doktrin Syiah, taqiyyah diperbolehkan baik dalam keadaan berbahaya yang mengancam nyawa atau harta benda maupun tidak dalam keadaan bahaya.
Taqiyyah juga disahkan secara politik, terutama Syiah Dua Belas Imam, dalam rangka mengutamakan persatuan kaum Muslim dan keselamatan para ulama Syiah.



Yarden Mariuma menyatakan: “Taqiyyah adalah sebuah istilah yudisial Islam yang mengalihkan pengartian terkait dimana seorang Muslim diperbolehkan, di bawah hukum Syariah, untuk berbohong.
Sebuah konsep yang pengartiannya beragam di antara sekte-sekte, cendekiawan-cendekiawan, negara-negara, dan rezim-rezim politik Islam, selain menjadi salah satu istilah penting yang digunakan oleh para pakar polemik anti-Muslim saat ini.”



Video

Panggil Video Lainnya
Iklan


Ikuti RisalahMuslim