Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

Tabi’in

Kategori: Nama Golongan

Tabi’in (التابعون, ‘pengikut’‎), adalah orang Islam awal yang masa hidupnya setelah para Sahabat Nabi dan tidak mengalami masa hidup Nabi Muhammad.
Usianya tentu saja lebih muda dari Sahabat Nabi, bahkan ada yang masih anak-anak atau remaja pada masa Sahabat masih hidup.
Tabi’in merupakan murid Sahabat Nabi.

Rentang masa

Masa Tabi’in dimulai sejak wafatnya Sahabat Nabi terakhir, Abu Thufail al-Laitsi, pada tahun 100 H (735 M) di kota Mekkah; dan berakhir dengan wafatnya Tabi’in terakhir, Khalaf bin Khulaifat, pada tahun 181 H (812 M).
Setelah masa Tabi’in berakhir, maka diteruskan dengan masa Tabi’ut tabi’in atau generasi ketiga umat Islam setelah Nabi Muhammad wafat.

Tingkatan

Imam Ibnu Hajar al-Asqalani dalam karyanya Taqrib at-Tahdzib membagi para Tabi’in menjadi empat tingkatan berdasarkan usia dan sumber periwayatannya, yaitu:

  • Para Tabi’in kelompok utama/senior (kibar at-tabi’in), yang telah wafat sekitar tahun 95 H/713 M.
    Mereka seangkatan dengan Said bin al-Musayyab (lahir 13 H – wafat 94 H),
  • Para Tabi’in kelompok pertengahan (al-wustha min at-tabi’in), yang telah wafat sekitar tahun 110 H/728 M.
    Mereka seangkatan dengan Al-Hasan al-Bashri (lahir 21 H – wafat 110 H) dan Muhammad bin Sirin (lahir 33 H – wafat 110 H),
  • Para Tabi’in kelompok muda (shighar at-tabi’in) yang kebanyakan meriwayatkan hadis dari para Tabi’in tertua, yang telah wafat sekitar tahun 125 H/742 M.
    Mereka seangkatan dengan Qatadah bin Da’amah (lahir 61 H – wafat 118 H) dan Ibnu Syihab az-Zuhri (lahir 58 H – wafat 124 H),
  • Para Tabi’in kelompok termuda yang kemungkinan masih berjumpa dengan para Sahabat Nabi dan para Tabi’in tertua walau tidak meriwayatkan hadis dari Sahabat Nabi, yang telah wafat sekitar tahun 150 H/767 M.
    Mereka seangkatan dengan Sulaiman bin Mihran al-A’masy (lahir 61 H – wafat 148 H).



Mayoritas ulama penulis biografi para periwayat hadis (asma ar-rijal) juga membagi para Tabi’in menjadi tiga tingkatan berdasarkan Sahabat Nabi yang menjadi guru mereka, yaitu:

  • Para Tabi’in yang menjadi murid para Sahabat yang masuk Islam sebelum peristiwa Fathu Makkah,
  • Para Tabi’in yang menjadi murid para Sahabat yang masuk Islam setelah peristiwa Fathu Makkah,
  • Para Tabi’in yang menjadi murid para Sahabat yang belum berusia dewasa ketika Nabi Muhammad wafat.


Tokoh Tabi’in

Di bawah ini adalah daftar beberapa tokoh Tabi’in yang ternama:


Sumber: Wikipedia




۞ Variasi nama: tabi’in

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW
Bagikan ke WA

Video

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Hendaklah seseorang memperhatikan apa yang ada di masa lalu,
untuk dia bisa menentukan apa yang akan terjadi di masa depan.
QS. Al-Hasyr [59]: 18

Kami perintahkan manusia (berbuat baik) kepada ibu-bapaknya,
ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah,
dan menyapihnya dalam 2 thn.
Bersyukurlah kepadaKu & kepada dua orang ibu bapakmu,
hanya kepada-Ku lah kembalimu
QS. Luqman [31]: 14

Dan bertakwalah kepada Allah,
sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
QS. Al-Ma’idah [5]: 8

Apa yang di sisimu akan lenyap,
dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal.
Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.
QS. An-Nahl [16]: 96

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan

Pendidikan Agama Islam #13

Nama pedang Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu … … Apa nama peperangan pertama yang berlaku dalam sejarah Islam? … Apa makanan kegemaran Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam? … Apa warna kesukaan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam? … Sabda Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Siapa yang berselawat kepadaku sekali, maka Allah akan berselawat kepadanya … kali.”

Pendidikan Agama Islam #20

Berikut adalah contoh bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala Maha Mendahulukan. Zakat menurut bahasa زكة , yang bermakna …Yang termasuk mustahiq (orang berhak menerima zakat) berikut yaitu … Setelah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam wafat maka diganti oleh sahabat sebagai pemimpin ummat disebut … Jasa khalifah Umar bin Khatab yang sampai saat ini masih dipergunakan, yaitu …

Pendidikan Agama Islam #30

Yang diajarkan oleh Rasulullah adalah jika kita melihat kemungkaran untuk mencegahnya pertama kali dengan … بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً Arti dari hadist diatas adalah …Di bawah ini adalah cara untuk menjadikan semangat mengamalkan ilmu dalam kehidupan kecuali …كادَ الفَقْرُ أنْ يَكُوْنَ كُفْرًا Arti dari kalimat di atas adalah …Siapakah ilmuan muslim yang pertama menjadi penemu Al-Jabar?

Kamus

At-Talaq

Apa itu At-Talaq? Surah At-Talaq (Arab: الطّلاق ,”Talak”) adalah surah ke-65 dalam Alquran. Surah ini tergolong surah Madaniyah dan terdiri atas 12 ayat. Dinamakan At-Talaq karena k...

tanzil

Apa itu tanzil? tan.zil turun dari Tuhan (kitab suci Alquran) … •

mumayiz

Apa itu mumayiz? mu.ma.yiz sudah dapat membedakan sesuatu yang baik dan sesuatu yang buruk (kira-kira umur 7 tahun) … •

Dzu as-Suwayqatayn

Apa itu Dzu as-Suwayqatayn? Dzu as-Suwaqatayn (Arab: ذوالسوقتين, Inggris: Sueqtin) dalam eskatologi Islam adalah seorang atau kaum dari Habasyah (atau Abisinia) yang akan menghancurkan Ka...

Al Jamii’

Apa itu Al Jamii’? Allah itu Al-Jami’ . Artinya Yang Maha Mengumpulkan/Menghimpun, yaitu bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala Maha Mengumpulkan/Menghimpun segala sesuatu yang terbesar at...

Habasyah

Di mana itu Habasyah? Republik Demokratik Federal Etiopia (Ityop’iya, bahasa Amhara: ኢትዮጵያ) atau Etiopia adalah sebuah negara yang terletak di Afrika. Etiopia mempunyai salah satu seja...