Syariat Islam

Kategori: Istilah Umum

Syariat Islam (Arab: شريعة إسلامية Kata syara’ secara etimologi berarti
“jalan yang dapat di lalui air”, maksudnya adalah jalan yang ditempuh manusia untuk menuju Allah.
Syariat Islam adalah hukum atau peraturan yang mengatur seluruh sendi kehidupan umat Islam, baik di dunia maupun di akhirat.

Sumber Hukum Islam
Al-Quran

Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam adalah firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia hingga akhir zaman.
Selain sebagai sumber ajaran Islam, Al Quran disebut juga sebagai sumber pertama atau asas pertama syarak.
Al Qur’an merupakan kitab suci terakhir yang turun dari serangkaian kitab suci lainnya yang pernah diturunkan ke dunia.
Dalam upaya memahami isi Al Qur’an dari waktu ke waktu telah berkembang tafsiran tentang isi-isi Al Qur’an namun tidak ada yang saling bertentangan.

Al-Hadis

Hadis terbagi dalam beberapa derajat keasliannya, di antaranya adalah: ● Sahih ● Hasan ● Daif (lemah) ● Maudu’ (palsu) Hadis yang dijadikan acuan hukum hanya hadis dengan derajat sahih dan hasan, kemudian hadis daif menurut kesepakatan Ulama salaf (generasi terdahulu) selama digunakan untuk memacu gairah beramal (fadilah amal) masih diperbolehkan untuk digunakan oleh umat Islam.
Adapun hadis dengan derajat maudu dan derajat hadis yang di bawahnya wajib ditinggalkan, namun tetap perlu dipelajari dalam ranah ilmu pengetahuan.
Perbedaan al-Quran dan al-Hadis adalah al-Quran, merupakan kitab suci yang berisikan kebenaran, hukum hukum dan firman Allah, yang kemudian dibukukan menjadi satu bundel, untuk seluruh umat manusia.
Sedangkan al-hadis, merupakan kumpulan yang khusus memuat sumber hukum Islam setelah al Quran berisikan aturan pelaksanaan, tata cara ibadah, Akhlak, ucapan yang dinisbatkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Walaupun ada beberapa perbedaan ulama ahli fikih dan ahli hadis dalam memahami makna di dalam kedua sumber hukum tersebut tetapi semua merupakan upaya dalam mencari kebenaran demi kemaslahatan ummat , namun hanya para ulama mazhab (ahli fiqih) dengan derajat keilmuan tinggi dan dipercaya ummat yang bisa memahaminya dan semua ini atas kehendak Allah.



۞ Variasi nama: hukum, hukum islam

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. An Nahl (Lebah) – surah 16 ayat 123 [QS. 16:123]

Kemudian Kami wahyukan kepadamu, wahai Nabi Muhammad, “Ikutilah agama, yaitu sikap hidup dan akhlak Nabi Ibrahim yang lurus dan selalu dalam kebenaran, dan dia bukanlah termasuk orang musyrik.” … 16:123, 16 123, 16-123, Surah An Nahl 123, Tafsir surat AnNahl 123, Quran An-Nahl 123, Surah An Nahl ayat 123

QS. Al A’raaf (Tempat yang tertinggi) – surah 7 ayat 165 [QS. 7:165]

Nasihat yang berkelanjutan pada ayat-ayat terdahulu bertujuan mengantar para pendurhaka itu sadar dan bertakwa, tetapi ternyata mereka tetap lengah dan lupa. Maka setelah mereka golongan yang diberi n … 7:165, 7 165, 7-165, Surah Al A’raaf 165, Tafsir surat AlAraaf 165, Quran Al Araf 165, Al-A’raf 165, Surah Al Araf ayat 165

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #28

Setiap umat Islam wajib menuntut ilmu. Bagaimana hukum mempelajari Ilmu Agama? Fardhu Kifayah Fardhu Ain Sunnah Muakad Mubah Makruh Benar!

Pendidikan Agama Islam #25

Surah Al-Insyirah terdiri dari … ayat. 8 5 7 9 6 Benar! Kurang tepat! Penjelasan:Surah Al-Insyirah adalah surah ke-94 dalam

Pendidikan Agama Islam #2

Salah satu Asmaul Husna, Allah memiliki sifat Al ‘Adl, yang berarti bahwa Allah … Maha Adil Maha Pemilik Kebesaran dan

Instagram