Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

Sungai Efrat

Kategori: Nama Tempat

Sungai Efrat (bahasa Sumeria: , Buranuna; bahasa Akkadia: , Purattu; bahasa Suryani: ̇ܦܪܬ, Pǝrāt; bahasa Ibrani: פרת, Perat; bahasa Arab: الفرات‎, Al Furat; bahasa Turki: Fırat; bahasa Kurdi: Firat; bahasa Armenia: Եփրատ, Yeprat) adalah sungai terpanjang di Asia Barat, dan merupakan salah satu sungai terpenting dalam sejarah.
Sungai Efrat dan Sungai Tigris adalah dua bengawan yang menjadi sebab daerah di sepanjang tepiannya disebut Mesopotamia, negeri di antara dua sungai.

Dari sumbernya di kawasan timur Turki, Sungai Efrat mengalir melintasi Suriah dan Irak, sampai akhirnya bersatu dengan Sungai Tigris menjadi Sungai Syattul Arab yang bermuara di Teluk Persia.

Etimologi

Efrátis (Εὐφράτης), nama Sungai Efrat dalam bahasa Yunani Kuno, seakan-akan terbentuk dari penggabungan kata eu (εὖ) yang berarti “baik” dan frato (ϕράζω) yang berarti “aku nyatakan”, tetapi sesungguhnya diserap dari bahasa Persia Lama, Ufrātu ( ), yang juga diserap dari bahasa Elam ú-ip-ra-tu-iš.

Nama dalam bahasa Elam ini pun berasal dari sebuah nama yang dalam aksara paku tertulis .
Dalam bahasa Sumer, huruf-huruf ini dilafalkan
“buranuna”, tetapi dalam bahasa Akad dilafalkan “purattu”.


Ada banyak kata beraksara paku yang sama persis bentuknya, tetapi dilafalkan berlainan dalam bahasa Sumeria dan bahasa Akadia, kendati sama saja artinya.
Purattu, nama sungai Efrat dalam bahasa Akad, terlestarikan dalam bahasa-bahasa Semit (bdk. Pərāṯ dalam bahasa Suryani, dan Al Furāt dalam bahasa Arab) dan bahasa bangsa-bangsa lain di sekitarnya.


Bentuk Elam, Akad, dan mungkin pula bentuk Sumer diduga berasal dari bahasa substratum yang tak tercatat.
Tamaz V. Gamkrelidze dan Vyacheslav Ivanov menduga bahwa kata *burudu dalam bahasa Proto-Sumer (urudu dalam bahasa Sumer), yang berarti “tembaga”, adalah cikal bakal dari nama Sungai Efrat, dengan alasan bahwa Sungai Efrat adalah jalur pengangkutan bijih tembaga dengan menggunakan rakit, karena Mesopotamia adalah pusat kepandaian mengolah tembaga pada zaman Sumer.

Rujukan tertua bagi Sungai Efrat tercantum dalam naskah-naskah beraksara paku yang ditemukan di kota Šurupak dan di kota Nipur pra-Sargon yang berada di kawasan selatan Irak.

Naskah-naskah ini diperkirakan berasal dari pertengahan milenium ke-3 pra-Masehi.
Di dalam naskah-naskah berbahasa Sumer ini, Sungai Efrat dinamakan Buranuna.
Nama kota Sipar di Irak dalam bahasa Sumeria juga ditulis UD.KIB.NUN, sehingga menyiratkan adanya hubungan kesejarahan yang erat antara kota ini dan Sungai Efrat.

Sejarah alam

Aliran Sungai Efrat melewati sejumlah mintakat vegetasi yang berbeda-beda.

Meskipun keberadaan manusia selama ribuan tahun di sebagian besar daerah lembah Sungai Efrat telah merusak bentang alamnya, masih ada lingkungan-lingkungan vegetasi asli.
Curah hujan tahunan yang tetap dari daerah hulu Sungai Efrat sampai ke Teluk Persia sangat menentukan jenis-jenis vegetasi yang dapat ditunjang alam.

Aliran udik Sungai Efrat, yang melewati daerah pegunungan di kawasan tenggara dan lereng-lereng perbukitan di kawasan selatan wilayah negara Turki, menunjang keberadaan mintakat hutan belukar gersang.
Spesies tumbuh-tumbuhan di daerah-daerah yang lebih lembap pada mintakat ini adalah berbagai jenis pohon ek, pistacio, dan rosaceae (mawar-mawaran).


Daerah-daerah yang lebih kering pada mintakat ini hanya ditumbuhi hutan ek yang lebih renggang dan rosaceae.
Di mintakat ini terdapat pula berbagai jenis serealia, antara lain gandum biji tunggal, gandum biji ganda, gandum hitam, dan haver.
Di selatan mintakat ini, terbentang mintakat campuran antara hutan belukar dan stepa.
Di antara kota Raqqah dan perbatasan Suriah-Irak, Sungai Efrat mengalir melewati bentangan stepa yang luas.
Tumbuhan khas stepa ini adalah artemisia herba-alba (sudamala putih) dan chenopodiaceae (bayam-bayaman).
Sepanjang sejarah, mintakat ini digunduli oleh penduduknya yang mencari penghidupan dengan cara membiakkan serta menggembalakan kambing dan biri-biri.

Di sebelah tenggara perbatasan Suriah-Irak, terbentang padang gurun yang sesungguhnya.
Mintakat ini sama sekali tidak menunjang keberadaan vegetasi atau hanya bidang-bidang kecil yang ditumbuhi chenopodiaceae dan poa sinaica (rumput biru semusim).
Kendati kini sudah musnah lantaran ulah manusia, penelitian menunjukkan bahwa daerah lembah Sungai Efrat pernah memiliki hutan tepian sungai.
Spesies tumbuh-tumbuhan yang menjadi ciri khas hutan tepian sungai ini adalah platanus orientalis (pohon berangan), populus euphratica (pohon hawar efrat), tamarix (pohon tamariska), fraxinus (sejenis pohon salam), dan berbagai jenis tumbuh-tumbuhan lahan basah.

Di antara berbagai spesies ikan yang hidup di perairan Sungai Efrat dan Sungai Tigris, yang paling umum dijumpai orang adalah spesies-spesies cyprinidae (ikan mas), yakni 34 spesies dari keseluruhan 52 spesies ikan yang ada.
Di antara berbagai spesies cyprinidae, luciobarbus esocinus memiliki sifat-sifat yang disukai para penggemar kegiatan memancing, sampai-sampai dijuluki “ikan salem tigris” oleh orang-orang Inggris.
Rafetus euphraticus adalah sejenis trionychidae (kura-kura cangkang lunak) yang hanya hidup di perairan Sungai Efrat dan Sungai Tigris.

Relief-relief istana Kekaisaran Asyur Baru, yang dibangun pada milenium pertama pra-Masehi, menggambarkan adegan perburuan singa dan banteng di bentang alam yang subur.
Orang-orang Eropa, yang pernah berkelana sampai ke daerah lembah Sungai Efrat di Suriah pada kurun waktu abad ke-16 sampai abad ke-19, melaporkan tentang keberagaman margasatwa di daerah tersebut.
Kini banyak yang sudah langka bahkan punah.

Spesies-spesies satwa seperti kijang, equus hemionus (keledai liar), dan burung unta arab (sudah punah), hidup bebas di kawasan stepa yang memagari daerah lembah Sungai Efrat, sementara daerah lembah Sungai Efrat itu sendiri merupakan daerah yang dihuni satwa celeng.
Spesies-spesies satwa pemakan daging yang hidup di daerah ini adalah serigala kelabu, canis aureus (jakal), rubah merah, macan tutul, dan singa.
Beruang cokelat syam mendiami daerah pegunungan di kawasan tenggara Turki.
Keberadaan castor fiber (berang-berang pengerat erasia) dibuktikan oleh sekumpulan tulang temuan dari situs prasejarah Abu Hurairah di Suriah, tetapi berang-berang pengerat ini tidak pernah dilihat orang sepanjang zaman sejarah.


۞ Variasi nama: Sungai Eufrat

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW
Bagikan ke WA

Video

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Dan sesungguhnya hari kemudian itu lebih baik bagimu daripada yang sekarang (permulaan).
Dan kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu,
lalu (hati) kamu menjadi puas.
QS. Ad-Duha [93]: 4-5

Wanita-wanita keji adalah untuk laki-laki keji, dan laki-laki keji adalah buat wanita-wanita keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik
dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)
QS. An-Nur [24]: 26

Sesungguhnya ibadah yang dilaksanakan pada malam hari lebih merasuk ke dalam hati,
lebih berkesan serta lebih khusyuk bacaannya ketimbang ibadah di siang hari.
QS. Al-Muzzammil [73]: 6

Di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin. dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tak memperhatikan?
Dan di langit terdapat (sebab-sebab) rezekimu & terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu
QS. Az-Zariyat [51]: 20-22

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan

Pendidikan Agama Islam #22

Karena rajin belajar maka Afit selalu juara dalam setiap perlombaan antar sekolah, pernyataan tersebut merupakan contoh … Takdir yang bisa diubah dinamakan … Salah satu contoh takdir muallaq (bisa diubah) adalah … Matahari berputar mengelilingi sumbunya, termasuk contoh takdir … Yang tidak termasuk cara beriman kepada qada dan qadar Allah adalah …

Pendidikan Agama Islam #4

Surah dalam Alquran yang mengatakan larangan untuk melakukan terlalu banyak, makan dan minum adalah … Setelah Yakin, dalam surah Al-A’raf ayat 26, pakaian terbaik ada di mata Allah Subhanahu Wa Ta`ala adalah … Aurat dari tubuh pria adalah mulai … Fungsi pakaian adalah … Kejujuran adalah karakteristik dari seorang Muslim, sementara berbohong atau ketidakjujuran adalah fitur dari orang …

Pendidikan Agama Islam #25

Surah Al-Insyirah terdiri dari … ayat.Surah Al-Insyirah diawali dengan lafal … أَلَمْ dalam surah Al-Insyirah berarti …وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ Ayat diatas terdapat dalam Alquran surah Al-Insyirah ayat …Surah Al-Insyirah turun sesudah surah …

Kamus

Bagdad

Di mana itu Bagdad? Bagdad (بغداد) adalah ibu kota Irak dan provinsi Bagdad. Bagdad adalah kota terbesar kedua di Asia Barat Daya setelah Teheran, dengan populasinya pada 2003 diperkirakan mencap...

Nusyuz

Apa itu Nusyuz? Nusyuz secara bahasa berarti tempat yang tinggi (menonjol). Sedangkan secara istilah nusyuz berarti istri durhaka kepada suami dalam perkara ketaatan pada suami yang Allah wajibkan, da...

Daud `alaihis salam

Siapa itu Daud `alaihis salam? Daud (bahasa Ibrani: דָּוִד; bahasa Inggris Davíd; bahasa Tiberia Dāwíð; bahasa Arab: داوود (transliterasi: Daawuud) atau داود Dā’ūd; bahasa T...

Zulkifli `alaihis salam

Siapa itu Zulkifli `alaihis salam? Nabi Zulkifli (Arab: ذو الكفل, Dzū’l-Kifl) (sekitar 1500-1425 SM) adalah salah satu nabi dan Rasul dalam ajaran agama Islam yang diutus kepada kaum Amo...

istikamah

Apa itu istikamah? is.ti.ka.mah sikap teguh pendirian dan selalu konsekuen; Alquran mengajarkan kita agar mempunyai sikap istikamah ۞ Variasi nama: Istiqamah, Istiqomah … • Istiqamah, Ist...

Ar Rahiim

Apa itu Ar Rahiim? Allah itu Ar-Rahim . Allah itu Ar-Rahim (The Most Merciful), yaitu Allah Maha Penyayang. Allah sangat menyayangi hamba-hamba-Nya yang beriman, Allah juga senantiasa menolong orang-...