Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

Muwatta Malik

Kategori: Nama Kitab

Al-Muwatta, Al-Muwaththa atau Muwatta Malik merupakan kitab hadis dan fiqih yang disusun oleh Imam Malik bin Anas, merupakan salah satu dari Kutubut Tis’ah (sembilan kitab hadis utama di kalangan Sunni).

Imam Malik, Yaitu Abu Abdullah Malik bin Anas bin Malik bin Abu Amir Al-Ashbahi (93 H dan -179 H).
Ia banyak tinggal di Madinah.
Ia ulama Islam yang terkenal, dan pendiri mazhab Maliki.
Ia dikenal mempunyai lebih dari seribu murid di antaranya yang terkenal adalah Imam Syafe’i.
Selama kehidupannya, Imam Malik senantiasa memperbarui Kitab Muwaththa dia ini, sehingga kitab ini mencerminkan pembelajaran dan pengetahuan dia selama lebih dari empat puluh tahun.
Kitab ini mengandung seribuan hadis.

Deskripsi
Imam Malik memberi nama kitab hadisnya dengan nama al-Muwaththa’ karena kitab ini menjadi pembicaraan umat muslim di jamannya, maksudnya kitab tersebut dimudahkan untuk dipahami dan dan diambil faidahnya oleh manusia.
Imam Malik berkata:
“Saya menunjukkan kitabku ini kepada 70 ahli fiqih Madinah.
Semuanya menyepakatiku atasnya, maka saya memberinya nama al-Muwaththa’.”
[Tanwir al-Hawalik hal 7, as-Suyuthi].
Kitab al-Muwaththa’ karya Imam Malik ini adalah kitab yang berisikan hadishadis Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam, perkataan (atsar) para sahabat, fatawa para tabi’in.
[Tanwir al-Hawalik hal 8, as-Suyuthi]

Kedudukan Al-Muwaththa’ di dalam ilmu hadis, tingkatnya di atas Shahih al-Bukhari dan Shahih Muslim.
Bahkan Imam asy-Syafi’i berkata:
Kitab yang paling shahih setelah al-Qur’an adalah Muwaththa’ Imam Malik.”
[Ulum al-Hadis hal 14, Ibnu ash-Shalah rahimahullah]

Imam Malik tidak menulis semua riwayat dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Terdapat ulama lain yang mengumpulkan riwayat lainnya.
Sehingga kitab ini terdiri dari: – Perkataan dan perbuatan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam (juga dikenal sebagai sunnah).
Riwayat perkataan dan perbuatan Nabi disebut hadis.
– Pendapat dan keputusan resmi sahabat Nabi, penerus mereka, dan beberapa ulama kemudian.

Macam penomoran
Dalam menyusun kitab Muwaththanya, Imam Malik tidak memberikan nomor.
Di kemudian hari beberapa pihak menambahkan nomor pada kitab al-Muwaththa’ untuk memudahkan perujukan hadis, sehingga dikenal beberapa penomoran berikut:

Penomoran al-Alamiyah (1594)

Penomoran ini diberikan oleh al-Alamiyah, penerbit program komputer Mausu’ah al-Hadis asy-Syarif (Ensiklopedia Hadis Syarif).
Versi online ensiklopedia ini ada di situs al-islam.com.

Penomoran Al-Muwaththa’ Imam Malik (1836)

Penomoran ini diberikan oleh Muhammad Ridhwan Syarif Abdullah ketika mentakhrij dan mentahqiqnya, Penomoran ini banyak digunakan dalam penulisan kitab, buku, dan artikel keislaman.

Penomoran Aisha Abdarahman at-Tarjumana dan Yaqub Johnson

Penomoran ini menurut penomoran pada Translation of Malik’s Muwatta, terjemah Muwaththa Malik dalam Bahasa Inggris oleh Aisha Abdarahman at-Tarjumana dan Yaqub Johnson.
Penomoran ini berturut-turut menyebutkan nomor kitab, bab, dan hadis (book, section and hadith).

Jumlah Hadis
Kitab al-Muwaththa’ karya Imam Malik ini adalah kitab yang berisikan hadishadis Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam, atsar – atsar (perkataan) para sahabat, fatawa – fatawa para tabi’in.
Dia memilahnya dari seratus ribu hadis yang pernah dia riwayatkan.
[Tanwir al-Hawalik hal 8, as-Suyuthi rahimahullah]

Menurut riwayat Yahyah bin Yahyah al-Andalusi hadis yang ada di dalamnya mencapai 853 hadis.
Akan tetapi Imm Abu Bakar al-Abhari berkata:
“Jumlah hadis Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam, atsar sahabat dan fatawa tabi’in yang ada dalam kitab al-Muwaththa’ adalah 1720 hadis, yang bersanad sebanyak 600, mursal 222, mauquf 613 dan fatawa tabi’in 285.”
[Tajrid at-Tamhid hal 258 dan Tanwir al-Hawarik hal 8]

Jumlah hadis dalam kitab al-Muwaththa’ Imam Malik ini terkadang berbeda – beda dikarenakan perbedaan orang yang meriwayatkan dari Imam Malik, dimana Imam Malik selalu membersihkan dan memperbaiki kitab al-Muwaththa’ nya ini, karena dia tetap menulis dan memperbaikinya selama 40 (empat puluh) tahun.
[Tanwir al-Hawalik hal 8]

Buku Pendamping Penjelasan
Di antara kitab Syarah (Penjelas) al-Muwaththa’ yang paling penting adalah: 1. Al-Istidzkar fi Syarhi Madzahibi Ulama’ al-Amshar.
2. At-Tamhid lima fi al-Muwaththa’ min al-Ma’ani wa al-Asanid.
Kedua kitab ini karya Imam Ibnu Abdil Baar (wafat pada tahun 463 H) telah dicetak di Maroko sebanyak 24 jilid.
3. Awjāz-ul-Masālik ilá Muwattā’ Imām Mālik yang ditulis oleh ulama Deobandi, Shaik ul Hadith Maulana Zakariyya al Khandalawi.
۞ Variasi nama:
Al-Muwatta, Al-Muwaththa
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video


Load More

maqthu’

Apa itu maqthu’? Hadits Maqthu’ adalah hadits yang disandarkan kepada Murid Sahabat dan yang setelah mereka, baik perkataan,perbuatan, dll. Contohnya: Saya berkata: berkata ‘Alqomah –rohimahulloh-: ‘demikian dan demikian’ maka hadits ini hadits Maqthu’ dari ucapan ‘Alqomah ———- Hukum hadits Marfu’, Mauquf, Maqthu’ Ketiga jenis h … •

ketakwaan

Apa itu ketakwaan? ke.tak.wa.an perihal takwa tak.wa terpeliharanya diri untuk tetap taat melaksanakan perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya; keinsafan diri yang diikuti dengan kepatuhan dan ketaatan dalam melaksanakan perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya; kesalehan hidup baju model Cina, leher tertutup tinggi, belakan … • takwa, taqwa, bertakwa

sai

Apa itu sai? Sa’i yaitu berjalan dan berlari-lari kecil pulang-pergi tujuh kali dari Safa ke Marwa pada waktu melaksanakan ibadah haji atau umrah … • sa’i

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Kategori: Nama Kitab

Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta & orang miskin yang tidak mendapat bagian.
QS. Az-Zariyat [51]: 19

۞ Variasi nama:
Al-Muwatta, Al-Muwaththa
Kategori: Nama Kitab

Ya Tuhanku sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari memohon sesuatu yang aku tiada mengetahui (hakekat)nya.
Dan sekiranya Engkau tak beri ampun kepadaku,
dan (tidak) menaruh belas kasihan padaku,
niscaya aku termasuk orang yang merugi
QS. Hud [11]: 47

۞ Variasi nama:
Al-Muwatta, Al-Muwaththa
Kategori: Nama Kitab

Negeri akhirat itu,
kami jadikan untuk orang-orang yang tidak ingin menyombongkan diri & berbuat kerusakan (maksiat),
di (muka) bumi,
dan kesudahan (yang baik) itu (surga) adalah bagi orang-orang yang bertakwa.
QS. Al-Qasas [28]: 83

۞ Variasi nama:
Al-Muwatta, Al-Muwaththa
Kategori: Nama Kitab

Janganlah kamu menyembah selain Allah,
dan berbuat kebaikanlah kepada ibu bapa,
kaum kerabat,
anak-anak yatim,
dan orang-orang miskin,
serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia,
dirikanlah salat & tunaikanlah zakat.
QS. Al-Baqarah [2]: 83

۞ Variasi nama:
Al-Muwatta, Al-Muwaththa

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan

Pendidikan Agama Islam #7

Alquran adalah keterangan yang jelas untuk semua manusia, dan menjadi petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa. Penjelasan tersebut terdapat dalam surah … Hukum yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhan secara lahiriah, manusia dengan sesama manusia dan orang-orang dengan lingkungannya disebut hukum … Hukum yang berkaitan dengan perilaku moral manusia dalam kehidupan disebut hukum … Sumber hukum tertinggi dalam Islam adalah ..Hadits adalah Mubayyin untuk Alquran. Arti dari Mubayyin adalah ..

Pendidikan Agama Islam #18

Turunnya surah Ad-Dhuha menunjukkan… ..kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.Surah Ad-Dhuha ayat ke-enam menunjukkan salah satu masa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu … sebagai … Berikut ini yang bukan kandungan surah Ad-Dhuha adalah… .. Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.Arti al-Kaafirun adalah … Arti dari lafal لَكُمْ دِينُكُمْ yaitu …

Pendidikan Agama Islam #1

Arti fana adalah … Tuhan memiliki sifat Al Karim, yang berarti bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala merupakan zat Yang ..Allah memiliki sifat Al Kariim yang tercantum dalam Alquran surah … Tuhan memiliki sifat Al Matiin, yang berarti bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala adalah zat Yang … Dalam Asmaul Husna, Allah memiliki sifat Al Matiin yang tercantum dalam Alquran surah …

Kamus

Fussilat

Apa itu Fussilat? Surah Fussilat adalah surah ke-41 dalam Alquran. Surah ini terdiri atas 54 ayat dan termasuk golongan surah-surah Makkiyah. Surah yang diturunkan sesudah Surah Al-Mu’min ini dinamai Fussilat diambil dari kata Fushshilat yang terdapat pada permulaan surah ini. Nomor … • Fushshilat, Fushilat, Fussilat

Al-Ahzab

Apa itu Al-Ahzab? Surah Al-Ahzab adalah surah ke-33 dalam Alquran. Terdiri atas 73 ayat, surah ini termasuk golongan surah-surah Madaniyah, diturunkan sesudah surah Ali Imran. Dinamai Al-Ahzab yang berarti golongan-golongan yang bersekutu karena dalam surah ini terdapat beberapa ayat, yaitu ayat 9 sampai dengan ayat 27 yang berhubungan dengan peperangan A … • Al Ahzab

Kitab Allah

Apa itu Kitab Allah? Kitab Allah adalah catatan-catatan yang difirmankan oleh Allah kepada para nabi dan rasul. Umat Islam diwajibkan meyakininya, karena mempercayai kitab-kitab selain Al Qur’an sesuai dengan salah satu Rukun Iman. Jumlah kitab yang telah diturunkan sebanyak 114 kitab suci. Etimologi Tulisan-tulisan firman Allah (Kitab Al … • Kitabullah

Al Badii

Apa itu Al Badii? Allah itu Al-Badi’ ◀ Yaitu Maha Pencipta Hal Baru/Dzat Yang Maha Pertama Menciptakan/Yang Maha Pencipta Yang Tiada Bandingannya. Allah itu menciptakan segala sesuatu dari yang tidak ada menjadi ada dan menciptakan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya. Segala sesuatu yang ada dilangit dan dibumi, yang pertama sekali menciptakan adalah Alla … • Al-Badii, Al-Badi

Al-Mumtahanah

Apa itu Al-Mumtahanah? Surah Al-Mumtahanah adalah surah ke-60 dalam Alquran. Surah ini tergolong surah Madaniyah dan terdiri atas 13 ayat. Dinamakan Al Mumtahanah yang berarti Wanita yang diuji di ambil dari kata “Famtahinuuhunna” yang berarti maka ujilah mereka, yang terdapat pada ayat 10 surat ini. … • Al-Mumtahanah, Al Mumtahanah

Hamzah bin Abdul-Muththalib

Siapa itu Hamzah bin Abdul-Muththalib? Hamzah bin Abdul-Muththalib adalah sahabat, paman, sekaligus saudara sepersusuan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Hamzah memiliki julukan “Singa Allah” karena kepahlawanannya saat membela Islam. Kelahiran Hamzah lahir diperkirakan hampir bersamaan dengan Muhammad. Ia meru … • Hamza ibn ‘Abd al-Muttalib, Abdul-Muththalib, Abdul Muththalib