Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

Muhammad bin Wasi’

Kategori: Tabi'in

Di antara tokoh ulama dan murabbi terbaik pada masa tabiin adalah Muhammad bin Wasi’.
Nama lengkap beliau Muhammad bin Wasi’ bin Jabir bin Akhnas, imam rabbani, sang teladan, Abu Bakar al-Azdi al-Bashri.
Muhammad bin Wasi’ adalah seorang imam rabbani, perawi hadis yang terpercaya, panutan dan tokoh ulama tabiin dari Bashrah, integritas ilmu dan keshalihannya sudah diakui oleh ulama di zamannya maupun generasi setelahnya.
Beliau adalah murid sahabat yang agung, Anas bin Malik, beliau juga sahabat karib tokoh besar Malik bin Dinar, dan Hasan Al-Bashri yang merupakan syaikh tabiin menjulukinya dengan zainul Quran.
Ibnu Syudzab berkata: Jika di tanya siapa penduduk Bashrah yang paling utama, maka dia adalah Muhammad bin Wasi’.
Beliau meriwayatkan hadis dari Anas bin Malik, Ubaid bin Amr, Mutarrif bin Syakhir, Abdullah bin Shamit dan Abu Shalih Siman, dan Sirin, serta ulama’ lainnya.
Beliau meriwayatkan sekitar lima belas hadis.

Murabbi yang Rabbani

Muhammad bin Wasi’ di kenal sebagai salah seorang ulama rabbani yang haus ilmu, semangat mengamalkan apa yang telah dipelajarinya, kemudian menyadari tugas dan tanggung jawabnya mendidik dan mentarbiyah masyarakat dengan nilai-nilai Rabbaniyah, nilai-nilai keislaman yang sempurna dan menyeluruh, yang tidak rela kecuali pemahaman yang utuh.
Tidak mengasingkan diri dan menjauh dari keramaian masyarakat dan hanya puas dengan puasa, shalat, dan bermunajat saja, tapi terus menempa diri dengan sikap keras terhadap hawa nafsunya, namun sekaligus menerjunkan diri dalam hiruk pikuk permasalahan yang terjadi pada orang-orang di sekelilingnya, kemudian berkontribusi untuk menyelesaikan persoalan zamannya.
Beliau juga menjadi murabbi yang sukses menggabungkan kekuatan sisi spiritual, kemudian diiringi dengan terjun ke medan perang menyambut seruan jihad.
Tidak banyak mereka yang bisa merasakan manisnya air mata yang tertumpah saat bermunajat dan berkhalwat, dengan panasnya debu dan darah di medan perjuangan.
Kehadiran ulama rabbani dalam medan jihad adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh pasukan Islam, karena mereka memberikan suntikan semangat dengan kekuatan ruh mereka.
Maka wajar jika wali Khurasan, Qutaibah bin Muslim saat melawan tentara musuh yang menggetarkan, ia mencari-cari sosok Muhammad bin Wasi’ dan ketika ia mendapati ulama’ tadi lengkap dengan senjata panahnya dan menengadahkan jemari tangannya, berdoa khusyu’ di pojok masjid, maka Quaibah berkata : Sungguh, jari-jemari itu lebih aku sukai daripada seratus ribu pedang yang terhunus dan seratus ribu pemuda yang gagah perkasa.
Maka wajar pula jika Al-Warraq berkata: Kita akan tetap dalam kebaikan sepanjang Tsabit al-Banani, dan Muhammad bin Wasi’ ada di tengah –tengah kita.
Iya, karena merekalah yang menjaga gawang akidah dan akhlak umat, yang membersamai mereka dengan ilmu dan taujihat.
Referensi: dakwatuna


۞ Variasi nama: Muhammad bin Wasi’ bin Jabir bin Akhnas, imam rabbani, sang teladan, Abu Bakar al-Azdi al-Bashri

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW
Bagikan ke WA

Video

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Dan petunjuk yang aku ikuti hanya dari Allah. Kepada-Nya aku bertawakal dan kepada-Nya (pula) aku kembali.
QS. Hud [11]: 88

Semua yang ada di bumi itu akan binasa.
Dan tetap kekal Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran & kemuliaan.
QS. Ar-Rahman [55]: 26-27

Yang demikian itu disebabkan karena kamu bersuka ria di muka bumi dengan tidak benar & karena kamu selalu bersuka ria (dalam kemaksiatan).
QS. Al-Mu’min [40]: 75

Isa alaihissalam berkata:
Tak layak bagi Allah mempunyai anak,
Maha Suci Dia.
Bila Dia telah tetapkan sesuatu,
maka Dia hanya berkata:
“Jadilah”,
maka jadilah ia.
Sunggu Allah Tuhanku & Tuhanmu, maka sembahIah Dia.
QS. Maryam [19]: 35-36

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan

Pendidikan Agama Islam #29

Sebagai perumpamaan orang yang mengajak berbuat baik, tetapi dirinya sendiri tidak melakukan adalah … Berikut kedudukan orang yang menuntut ilmu, kecuali … وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ, potongan ayat di atas terdapat pada Alquran surah … Ilmuan muslim yang dalam bidang kedokteran yang berasal dari Persia yaitu … Siapakah nabi yang lebih memilih ilmu daripada harta?

Pendidikan Agama Islam #25

Surah Al-Insyirah terdiri dari … ayat.Surah Al-Insyirah diawali dengan lafal … أَلَمْ dalam surah Al-Insyirah berarti …وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ Ayat diatas terdapat dalam Alquran surah Al-Insyirah ayat …Surah Al-Insyirah turun sesudah surah …

Pendidikan Agama Islam #9

Arti hadits maudhu’ adalah … Pengertian ijtihad menurut istilah adalah … Orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan infefensi hukum-hukum syariat dari sumber-sumber yang terpercaya disebut dengan … Berdasarkan bahasa, ijma artinya adalah … Era ketidaktahuan juga disebut zaman …

Kamus

An-Nisa’

Apa itu An-Nisa’? Surah An-Nisa’ (النسآء, an-Nisā, “Wanita”) terdiri atas 176 ayat dan tergolong surah Madaniyyah. Dinamakan An- Nisa (wanita) karena dalam surah ini ban...

bandarsah

Apa itu bandarsah? ban.dar.sah tempat mengaji (belajar) agama Islam; surau; langgar; musala … •

Asy-Syaukani

Siapa itu Asy-Syaukani? Muhammad Asy-Syaukani (1759–1834 M) adalah seorang ulama besar, Qadhi (hakim), ahli fikih, dan mujaddid (pembaharu/reformis) dari Yaman. Nama lengkapnya adalah Muhammad bin A...

Al Aakhir

Apa itu Al Aakhir? Allah itu Al-Akhir . Yaitu Allah itu Yang Maha Akhir. Bahkan kekuasaan Allah itu tidak akan pernah ada akhirnya. Dia kekal dan abadi. Al Aakhir termasuk dalam 99 Asma’ul husn...

asbat

Siapa itu asbat? Apa itu asbat? Asbat adalah anak-anak Nabi Yaqub, semuanya berjumlah dua belas orang; masing-masing orang menurunkan suatu umat, maka mereka dinamakan Asbat. Khalil ibnu Ahmad dan lai...

Nisbah

Apa itu Nisbah? Nisbah (Arab: نسبة, Inggris: atributtion), atau Nisbat merupakan sebuah istilah onomastika dalam Islam, budaya Arab yang juga telah diserap kedalam bahasa Indonesia. Nisbah digunak...