Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

Muhammad bin Ka’ab Al-Quradhi

Kategori: Tabi'in

Nama Dan Nasabnya

Beliau adalah Muhammad bin Ka’ab bin Salim Al-Quradhi Al-Madani. Beliau dinisbatkan kepada suku Quraidhah sebuah suku yang terkenal dari Yahudi. Ahli sejarah memasukan beliau kedalam tingkatan kedua dari tabi’in. Beliau tinggal di Kufah, kemudian berpindah ke Madinah.

Sikap Beliau Terhadap Umar Bin Abdul Aziz

Wuhaib bin Al-Warid berkata:
“Telah sampai kepada kami berita bahwa Muhammad bin Ka’ab Al-Quradhi menemui Umar bin Abdul Aziz, Umar melihatnya yang sedang memusatkan pandangannya kepada beliau, dan berkata:
“Wahai Ibnu Ka’ab aku melihatmu memfokuskan pandanganmu kepadaku, tidak pernah sebelumnya engkau melakukan hal ini”.


Muhammad bin Ka’ab berkata:
“Sungguh mengherankan wahai amirul mukminin, apa yang menyebabkan keadaanmu berubah setelah kami jauh darimu”.

Maka Umar berkata:
“Apakah hal tersebut terlihat jelas padaku ?”.

Muhammad bin Ka’ab berkata:
“Sebenarnya lebih dari itu, namun yang sangat nampak adalah perubahan kondisimu”.

Umar bin Abdul Aziz berkata:
“Bagaimana jika engkau melihatku setelah tiga… yang mana aku telah dimasukan kedalam kuburku, dan telah keluar bola mataku, dan telah lepas daging pipiku, dan telah mengerut kedua bibir ini dari giginya dan mulut ini terbuka dan perutku mengembung, kemudian ditinggikan bagian dadaku lalu keluar kotoran dari duburku.”

Maka berkatalah Muhammad bin Ka’ab:
“Ya Abdullah jika dirimu terinpirasi dengan hal tersebut, maka hendaknya engkau memposisikan hamba-hamba Allah di sisimu pada tiga posisi; Jika ia lebih tua darimu maka posisikan ia seperti bapakmu. Jika ia seumuran denganmu maka posisikan ia seperti saudaramu. Adapun jika ia lebih muda darimu maka posisikan ia seperti anakmu, dan siapa sajakah dari mereka yang kamu sukai untuk berbuat jelek kepadanya atau menurutmu sebagian dari mereka yang dibenci?”

Umar berkata:
“Tidak kepada salah satupun dari mereka (yang aku benci)”.

Profil pribadi beliau

Di antara profil beliau adalah:

1.Beliau menyibukan diri dengan Al-Qur’an dan dzikir

Muhammad bin Ka’ab berkata:
“Jika aku membaca pada suatu malam sampai tiba Subuh:
“إذا زلزلت والقارعة”
dan aku tidak menambahi surat lain selain kedua surat itu, lalu aku memikirkan berulang kali apa yang ada padanya, hal ini lebih aku sukai daripada menyelesaikan Al-Qur’an sekaligus”.

Muhammad bin Ka’ab berkata:
“Seandainya diberikan keringanan kepada seseorang untuk tidak berdzikir, maka tentunya telah diberikan keringanan kepada Zakariya:
(قَالَ آيَتُكَ أَلَّا تُكَلِّمَ النَّاسَ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ إِلَّا رَمْزًا وَاذْكُرْ رَبَّكَ كَثِيرًا):
“Allah berfirman: “Tandanya bagimu, kamu tidak dapat berkata-kata dengan manusia selama tiga hari, kecuali dengan isyarat. Dan sebutlah (nama) Tuhanmu sebanyak-banyaknya serta bertasbihlah di waktu petang dan pagi hari.
(QS. Ali Imran: 41),
Sungguh Allah telah menahan lisan Zakariya dari bebicara, kecuali dari berdzikir kepadanya. Dan Allah juga tidak memberikan keringanan meninggalkan dzikir kepada seseorang dalam peperangan
(يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا لَقِيتُمْ فِئَةً فَاثْبُتُوا وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا):
“Wahai orang-orang yang beriman jika kalian bertemu dengan kelompok musuh maka tabahlah kalian dan berdzikirlah kepada Allah dengan dzikir yang banyak”.

2.Semangat dalam menuntut Ilmu

Beliau adalah seorang yang terpercaya, yang banyak hafalan haditsnya, dan seorang yang wara’. Ibu beliau pernah berkata kepadanya:
“Wahai anakku, kalaulah aku tidak mengenalmu semenjak kecil dan di waktu besarmu maka tentu aku akan menyangka bahwa engkau telah berbuat dosa yang membinasakanmu (dosa besar), ini disebabkan apa yang engkau lakukan di malam dan di siang harimu (beribadah)”.

Muhammad bin Ka’ab:
“Wahai ibuku apakah yang bisa menjamin keamananku, jika Allah memperhatikanku sedangkan aku dalam perbuatan dosa, kemudian Dia memurkaiku dan berkata kepadaku: “Pergilah engkau, aku tidak akan mengampuniku”…

‘Aun bin Abdillah berkata: “Aku belum pernah melihat seorangpun yang lebih mengetahui takwil (tafsir) Al-Qur an dari Al-Quradhi”

Wafat beliau

Beliau wafat pada tahun 108 H, adapun tentang sebab wafatnya beliau maka Adz-Dzahabi berkata di dalam Kitabnya سير أعلام النبلاء :
Muhammad bn Ka’ab mempunyai majelis Ahli tafsir, yang mana mereka berkumpul di masjid Ar-badzah, kemudian terjadi gempa maka runtuhlah masjid itu dan menimpa mereka semua, dan mereka meninggal di bawah reruntuhan tersebut”.

[Referensi: islamstory.com]




۞ Variasi nama: Muhammad bin Ka’ab, Muhammad bin Ka’ab

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW
Bagikan ke WA

Video

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Kemudian Kami iringi di belakang mereka dengan rasul-rasul Kami & Kami iringi (pula) dengan Isa putra Maryam,
dan Kami berikan kepadanya Injil & Kami jadikan dalam hati orang-orang yang mengikutinya rasa santun & kasih sayang.
QS. Al-Hadid [57]: 27

Dan apabila manusia dikumpulkan (pada hari kiamat) niscaya sembahan-sembahan itu menjadi musuh mereka & mengingkari pemujaan-pemujaan mereka.
QS. Al-Ahqaf [46]: 6

(Ingatlah) ketika kamu menerima (berita bohong) itu dari mulut ke mulut dan kamu katakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikit pun, dan kamu menganggapnya remeh, padahal dalam pandangan Allah itu soal besar.
QS. An-Nur [24]: 15

Yang demikian itu adalah dari karunia Allah kepada kami & kepada manusia (seluruhnya),
tetapi kebanyakan manusia tidak mensyukuri (Nya).
QS. Yusuf [12]: 38

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan

Pendidikan Agama Islam #24

Allah Subhanahu Wa Ta`ala Melihat semua apa yang di lakukan oleh hambanya, karena Allah bersifat … Dalam memutuskan suatu perkara, Dinda sangat adil karena Dinda meneladani sifat Allah … Salah satu cara mengagungkan tanda-tanda kebesaran Allah Subhanahu Wa Ta`ala yaitu … dengan … Tata cara membaca Alquran dimulai dengan … Dalam surah Alquran, At-Tin artinya …

Pendidikan Agama Islam #2

Salah satu Asmaul Husna, Allah memiliki sifat Al ‘Adl, yang berarti bahwa Allah … Allah memiliki sifat Yang Maha Mengumpulkan, yang artinya … Sifat adil Allah berlaku untuk … Salah satu Asmaul Husna adalah Al Akhir, yang berarti … Keberadaan Asmaul Husna, dijelaskan dalam Alquran surah …

Pendidikan Agama Islam #23

Qada dan qadar termasuk rukun iman yang ke … Al Falaq artinya … Ayat ke 5 dari surah al-Falaq yaitu … … Percaya kepada Allah dan Rasulnya termasuk rukun … Meja, kursi, manusia, hewan dan tumbuhan adalah merupakan salah satu cara mengenal Allah Subhanahu Wa Ta`ala melalui …

Kamus

Hud `alaihis salam

Siapa itu Hud `alaihis salam? Nabi Hud (bahasa Arab: هود , Aubir, Ubayr, Neber) (sekitar 2450-2320 SM) adalah seorang nabi yang diutus untuk Kaum ‘Ad yang tinggal di daerah al-Ahqaf, RubuR...

Jin

Siapa itu Jin? Jin (bahasa arab: جن Janna) secara harfiah berarti sesuatu yang berkonotasi “tersembunyi” atau “tidak terlihat”. Bangsa Jin dahulu dikatakan dapat menduduki be...

muhadarah

Apa itu muhadarah? mu.ha.da.rah (1) pencurahan pikiran dan perasaan agar selalu ingat kepada Allah; (2) kuliah … •

basir

Apa itu basir? ba.sir (1) terang dan tajam pengamatannya (tentang Allah); Albasir, Yang Mahatahu; (2) ark jelas terlihat; terang; cahaya pelita itu kurang basir … •

Hawa

Siapa itu Hawa? Hawa * bahasa Ibrani: חַוָּה, Ḥawwāh; * bahasa Arab: حواء‎ Hawwāʾ; * bahasa Inggris: Eve atau Eva, Chava, Hava. Adalah nama perempuan pertama dan manusia kedua ya...

Maisir

Apa itu Maisir? Dalam Islam, perjudian (bahasa Arab: ميسر, translit. maisîr, maysir, maisira‎ atau قمار qimâr), dilarang (bahasa Arab: haram‎). Maisir dilarang oleh hukum Islam (syariah)...