Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

mauquf

Kategori: Istilah Hadis

Al Mauquf berasal dari waqf yang berarti berhenti.
Seakan-akan perawi menghentikan sebuah hadis pada sahabat.
Hadis mauquf menurut istilah adalah: perkataan atau perbuatan atau taqrir yang disandarkan kepada seorang sahabat Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam baik bersambung sanadnya kepada Nabi maupun tidak bersambung.
Hadits Mauquf adalah setiap hadits yang disandarkan kepada Sahabat Nabi –rodhiyallahu ‘anhu-, baik berupa ucapan atau perbuatan, dll.
Contohnya: Saya berkata: berkata Ibnu Mas’ud: ‘demikian dan demikian’, ini berarti haditsnya Mauquf, dari ucapan Ibnu Mas’ud –rodhiyallahu ‘anhu- ———-

Hukum hadits Marfu’, Mauquf, Maqthu’

Ketiga jenis hadits ini tidak ada hubungannya dengan Shohih atau Dhoif nya suatu hadits, karena 3 istilah ini hanya melihat dari segi MATAN SAJA, tanpa melihat pada Sanad nya.
Sama saja apakah haditsnya memiliki Sanad atau tidak, yang dilihat hanya Matan saja.

Faedah mempelajari 3 istilah ini salah satu contohnya jika terdapat 1 hadits dengan 3 jalan atau lebih, yang 1 sampai pada Rasul, yang 1 sampai hanya pada sahabat, yang 1 hanya sampai Tabi’in.
Lalu ulama hadits mengatakan: ‘yang benar hadits ini Mauquf’ maksudnya dari ke 3 jalan tadi, yang sampai ke Rasul dan Tabi’in maka Sanadnya tidak benar, yang benar hanya yang sampai Sahabat yaitu Mauquf.

Contohnya: Hadits
“Sesungguhnya ilmu ini adalah agama, maka lihatlah dari mana kalian mengambil agama kalian”

Hadits ini diriwayatkan secara marfu’ dari Nabi (Al-ilma’: 1/59, al-Kifayah: 1/121) juga diriwayatkan secara Mauquf dari Abu Hurairoh (al-ilma’: 1/59), juga dari Ali’ (al-kifayah: 1/121), juga diriwayatkan secara Maqthu’ dari Ibnu Sirin (muslim dalam muqoddimahnya)

Yang benar hadits ini Maqthu’ dari ucapan Ibnu Sirin saja, adapun yang selainnya maka sangat lemah bahkan palsu.

Adapun yang Marfu’ (al-ilma’: 1/59) maka pada Sanadnya ada Ya’qub bin Hajar (Ya’qub bin Ishaq) dia ini Pendusta seperti yang dikatakan Adz-Dzahaby, pada Jalan yang lain (al-Kifayah: 1/121) pada Sanadnya ada Al-Mubarok maula Ibrohim, majhul (tidak dikenal).

Adapun yang Mauquf dari Abu Hurairoh maka di dhoifkan oleh Syaikh Albani (silsilah adh-dhoifah hadits no 2481) sebabnya dalam Sanadnya ada Ashrom bin Ghiyats dia ini Matruk (ditinggalkan haditsnya) seperti dikatakan oleh Abu Hatim Ar-Rozy juga Abu Hatim ibnu Hibban.

Adapun yang Mauquf dari ‘Ali maka pada Sanadnya ada Al-Fadhl bin Al-Mukhtar dia ini Matruk sebagaimana yang dikatakan Abu Hatim Ar-Rozy dan Abul Fath Al-Azdy.

Wallahu ‘alam

Sumber: http://wp.me/p8nkcd-1H

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW
Bagikan ke WA

Video

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Bahwa kebaikan ada dalam sikap mengutamakan & perlakuan yang baik kepada orang lain, karena lebih dapat membawa kepada cinta kasih antara sesama manusia. Allah Mahaperiksa atas hati-hati kalian & akan memberi balasan atas sikap mengutamakan itu
QS. Al-Baqarah [2]: 237

Sesungguhnya Allah & malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi.
Hai orang-orang yang beriman,
bershalawatlah kamu untuk Nabi & ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.
QS. Al-Ahzab [33]: 56

Itulah petunjuk Allah,
yang dengannya Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya.
Seandainya mereka mempersekutukan Allah,
niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan.
QS. Al-An’am [6]: 88

Cukuplah Allah bagiku,
tidak ada Tuhan selain Dia.
Hanya kepada-Nya aku bertawakkal & Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arsy yang agung.
QS. At-Taubah [9]: 129

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan

Pendidikan Agama Islam #1

Arti fana adalah … Tuhan memiliki sifat Al Karim, yang berarti bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala merupakan zat Yang ..Allah memiliki sifat Al Kariim yang tercantum dalam Alquran surah … Tuhan memiliki sifat Al Matiin, yang berarti bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala adalah zat Yang … Dalam Asmaul Husna, Allah memiliki sifat Al Matiin yang tercantum dalam Alquran surah …

Pendidikan Agama Islam #19

Berakhirnya seluruh kehidupan di dunia dinamakan … Hari kiamat di jelaskan dalam Alquran, surah … .Tempat berkumpulnya manusia di akhirat di sebut padang … Salah satu hikmah mempercayai datangnya hari akhir, yaitu … … Surah yang menjelaskan bahwa ‘Allah Subhanahu Wa Ta`ala tempat meminta’, yaitu … …

Pendidikan Agama Islam #24

Allah Subhanahu Wa Ta`ala Melihat semua apa yang di lakukan oleh hambanya, karena Allah bersifat … Dalam memutuskan suatu perkara, Dinda sangat adil karena Dinda meneladani sifat Allah … Salah satu cara mengagungkan tanda-tanda kebesaran Allah Subhanahu Wa Ta`ala yaitu … dengan … Tata cara membaca Alquran dimulai dengan … Dalam surah Alquran, At-Tin artinya …

Kamus

Ibnu Sina

Siapa itu Ibnu Sina? Ibnu Sina (980-1037) dikenal juga sebagai
“Avicenna”
di dunia Barat adalah seorang filsuf, ilmuwan, dan dokter kelahiran Persia (sekarang Iran). Ia juga seorang penu...

Surga Darussalam

Apa itu Surga Darussalam? Surga Darussalam, diciptakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta`ala dari yakut merah. Kandidat penghuninya sesuai yang diterangkan pada QS. Al-An’am : 127, yaitu:

Orang-orang yan...

Muhammad bin Wasi’

Siapa itu Muhammad bin Wasi’? Di antara tokoh ulama dan murabbi terbaik pada masa tabiin adalah Muhammad bin Wasi’. Nama lengkap beliau Muhammad bin Wasi’ bin Jabir bin Akhnas, imam rabbani, san...

Ghadir Khum

Di mana itu Ghadir Khum? Ghadir Khum (Persia/Arab: غدیر خم) adalah lokasi di Arab Saudi, tengah-tengah antara Mekkah dan Madinah lebih kurang 200 mil.
Tempat ini menjadi terkenal karena diyakin...

mahzurat

Apa itu mahzurat? mah.zu.rat hal-hal yang dilarang oleh agama, meliputi hukum haram dan makruh; larangan agama … •

Hisyam bin Abdul-Malik

Siapa itu Hisyam bin Abdul-Malik? Hisyam bin ‘Abdul-Malik (691 – 743; umur 51–52 tahun; bahasa Arab: هشام بن عبد الملك‎) adalah khalifah yang berkuasa sejak tahun 724 sampai ...