Kaum Tsamud

Kategori: Nama Golongan

Kaum Tsamūd (bahasa Arab: ثمود) adalah suku kuno Arabia yang diperkirakan hidup sekitar millenium pertama Sebelum Masehi dan dekat dengan waktu kenabian Muhammad.
Mereka diperkirakan berasal dari wilayah Arabia selatan yang kemudian pindah menuju utara.
Mereka kemudian menetap di Gunung Athlab, Madain Shaleh.

Sejumlah besar kaum Tsamud merupakan pengukir dan pemahat bukit yang baik.
Ukiran dan pahatan mereka hingga saat ini dapat ditemui di Gunung Athlab dan hampir seluruh Arab bagian tengah.

Etimologi


Kata Tsamud diambil dari salah seorang yang bernama lengkap Tsamud bin Amid bin Iram, namanya dinisbatkan sebagai pendiri klan sebuah kaum (suku bangsa).
Nama lain dari Tsamud adalah Ashab Al-Hijr (Penduduk Al-Hijr).

Tsamud dalam Al Qur’an


Dalam Al-Qur’an Tsamud disebut sebanyak 26 kali baik dalam bentuk kata yang berdiri sendiri maupun untuk menunjukkan kaum.
Tsamud merupakan sekelompok kaum di mana nabi Shaleh berasal dan diutus oleh Allah untuk kaum tersebut Al-Qur’an menggambarkan Kaum Tsamud adalah kaum berkuasa setelah kaum ʿĀd yang mahir dan rajin dalam memahat bukit untuk dijadikan tempat tinggal.
Selain itu, Tsamud juga digambarkan sebagai kota yang aman, yang terdapat sumber mata air dan banyak perkebunan, dan juga pepohonan seperti kurma.
Dalam narasi Al-Qur’an, kaum Tsamud termasuk kaum yang mendustakan nabi, sehingga kaum tersebut dibinasakan dengan gempa bumi.


۞ Variasi nama: Kaum Tsamūd, Tsamud, kaum samud, samud

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. Al Anfaal (Harta rampasan perang) – surah 8 ayat 70 [QS. 8:70]

Wahai Nabi Muhammad! Katakanlah kepada para tawanan perang yang ada di tanganmu, yakni kekuasaanmu dan sahabat-sahabatmu, “Jika Allah mengetahui, baik pada saat ini maupun akan datang, ada kebaikan di … 8:70, 8 70, 8-70, Surah Al Anfaal 70, Tafsir surat AlAnfaal 70, Quran Al Anfal 70, AlAnfal 70, Al-Anfal 70, Surah Al Anfal ayat 70

QS. Al Maa’idah (Jamuan (hidangan makanan)) – surah 5 ayat 71 [QS. 5:71]

Allah akan selalu memperingatkan manusia yang melakukan kesalahan, tetapi kaum Yahudi mengabaikan hal ini, dan mereka mengira bahwa dengan status yang dianugerahi kelebihan, maka tidak akan terjadi be … 5:71, 5 71, 5-71, Surah Al Maa’idah 71, Tafsir surat AlMaaidah 71, Quran Al Maidah 71, AlMaidah 71, Al-Ma’idah 71, Surah Al Maidah ayat 71

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #14

Dalam Islam, pengendalian diri atau kontrol terhadap diri, disebut juga dengan … Mujahadah Bi Qalbi Fastabiqul khoirot Mujahadah An-Nafs Muhahadah

Pendidikan Agama Islam #26

Surah yang terpanjang dalam Alquran adalah … Ali Imran An-Nisa’ Yasin Al-Baqarah Al-Maidah Benar! Kurang tepat! Penjelasan:Surah Al-Baqarah adalah surah

Pendidikan Agama Islam #10

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menerima wahyu pertama di … Gua Hira Padang Arafat Ka’bah Madinah Masjid Al Haram Benar!

Instagram