Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in posts
Search in pages

Kaum Tsamud

Siapa itu Kaum Tsamud? Kaum Tsamūd (bahasa Arab: ثمود) adalah suku kuno Arabia yang diperkirakan hidup sekitar millenium pertama Sebelum Masehi dan dekat dengan waktu kenabian Muhammad. Mereka diperkirakan berasal dari wilayah Arabia selatan yang kemudian pindah menuju utara. Mereka kemudian menetap di Gunung Athlab, Madain Shaleh. Sejumlah besar kaum Tsamud merupakan p… >> Kaum Tsamūd, Tsamud, kaum samud, samud

Kategori: Nama Golongan

Kaum Tsamūd (bahasa Arab: ثمود) adalah suku kuno Arabia yang diperkirakan hidup sekitar millenium pertama Sebelum Masehi dan dekat dengan waktu kenabian Muhammad.
Mereka diperkirakan berasal dari wilayah Arabia selatan yang kemudian pindah menuju utara.
Mereka kemudian menetap di Gunung Athlab, Madain Shaleh.

Sejumlah besar kaum Tsamud merupakan pengukir dan pemahat bukit yang baik.
Ukiran dan pahatan mereka hingga saat ini dapat ditemui di Gunung Athlab dan hampir seluruh Arab bagian tengah.

Etimologi
Kata Tsamud diambil dari salah seorang yang bernama lengkap Tsamud bin Amid bin Iram, namanya dinisbatkan sebagai pendiri klan sebuah kaum (suku bangsa).
Nama lain dari Tsamud adalah Ashab Al-Hijr (Penduduk Al-Hijr).

Tsamud dalam Al Qur’an
Dalam Al-Qur’an Tsamud disebut sebanyak 26 kali baik dalam bentuk kata yang berdiri sendiri maupun untuk menunjukkan kaum.
Tsamud merupakan sekelompok kaum di mana nabi Shaleh berasal dan diutus oleh Allah untuk kaum tersebut Al-Qur’an menggambarkan Kaum Tsamud adalah kaum berkuasa setelah kaum ʿĀd yang mahir dan rajin dalam memahat bukit untuk dijadikan tempat tinggal.
Selain itu, Tsamud juga digambarkan sebagai kota yang aman, yang terdapat sumber mata air dan banyak perkebunan, dan juga pepohonan seperti kurma.
Dalam narasi Al-Qur’an, kaum Tsamud termasuk kaum yang mendustakan nabi, sehingga kaum tersebut dibinasakan dengan gempa bumi.







Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya



Podcast

Video

Panggil Video Lainnya
Iklan


Ikuti RisalahMuslim