Jabir bin Samurah

Kategori: Sahabat Nabi

Jabir bin Samurah (bahasa Arab:جابر بن سمرة) adalah seorang sahabat Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan perawi Hadis Dua Belas Khalifah.
Di samping meriwayatkan hadis dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia juga meriwayatkan hadis dari Imam Ali as dan Umar bin Khattab.
Bukhari dan Muslim mencatat hadis yang terkenal itu dalam Shahihain.
Para penulis kitab riwayat Ahlusunnah juga menukilkan riwayat darinya.

Nasab dan Wafat

Para ahli sejarah dan ahli rijal menulis bahwa nama lengkapnya adalah Jabir bin Samurah bin Amru bin Junadah al-Suwai dan julukannya adalah Abu Abdillah atau Abu Khalid.
Ia dinisbatkan kepada kabilah Bani Suwa’ah bin ‘Amir bin Sha’sha’ah.
Ayahnya merupakan sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan ibunya, Khalidah, saudari Sa’ad bin Abi Waqqash (W 55 H/675) sahabat terkenal Nabi.
Tidak ada sejarah yang mencatat secara pasti tentang kapan ia dilahirkan.
Ia bersama dengan ayahnya berada di barisan pamannya, Sa’ad bin Abi Waqqash dalam Fathu Madain 16 H/637. 4⁠⁠⁠

⁠⁠⁠Kemudian ia tinggal di Kufah bersama ayahnya.
Menurut Dzahabi ia hadir ketika khalifah kedua membacakan khutbah terkenal pada tahun 16 H/637 di Jabiyah (sekitar Damaskus, Suriah).

Para ahli sejarah berbeda pendapat mengenai tahun wafatnya.
Sebagian menyebut Jabir meninggal pada tahun 66 H/685 dan sebagian yang lain pada tahun 74 H/693 atau 75 H/694 pada masa kekhalifahan Abdul Mulk dan kekuasaan Bisyar bin Marwan di Kufah.

Riwayat-riwayat

Jabir meriwayatkan hadis dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebanyak 126 hadis.
Bukhari dan Muslim hanya mengakui beberapa hadis itu.
Penulis Kutubus Sittah lainnya juga meriwayatkan hadis-hadis ini.
Disamping meriwayatkan hadis-hadis dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia juga meriwayatkan hadis-hadis dari sebagian sahabat seperti:
Ali bin Abi Thalib as, Umar bin Khattab, Abu Ayyub al-Anshari, Sa’ad bin Abi Waqqash dan ayahnya, Samurah bin Amru.
Para perawi seperti Aswad bin Sa’id al-Hamdani, Tamim bin Tharafah, Hushain bin Abdurahman, Amir bin Sa’ad bin Abi Waqqash dan Abu Khalid Bajali juga meriwayatkan hadis darinya.

Hadis Itsna Asyara Khalifah

Dalam literatur-literatur hadis Ahlusunnah seperti Sahih Bukhari dan Sahih Muslim dinukilkan hadis yang terkenal dengan nama Hadis 12 Khalifah dengan perbedaan sedikit dalam teks.
Berdasarkan hadis itu, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dihadapan para sahabatnya, termasuk Jabir yang masih anak-anak dan ayahnya, bersabda bahwa umat ini akan memiliki 12 pemimpin.
Menurut Jabir, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam lanjutan perkataan berkata: 12 amir ini semuanya berasal dari suku Quraisy.
Hadis ini menjadi sandaran dan argumentasi dalam keyakinan Syiah Imamiyah.



۞ Variasi nama: Jabir, Jabir ibn Samurah, Jabir ibnu Samurah, Abu Khalid, Abu Abdillah

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. Al Maa’idah (Jamuan (hidangan makanan)) – surah 5 ayat 45 [QS. 5:45]

Di antara hukum yang terdapat dalam Taurat adalah bahwa Kami telah menetapkan bagi mereka di dalamnya, Taurat, hukuman yang sepadan, yaitu bahwa menghilangkan nyawa dibalas dengan nyawa, melukai mata … 5:45, 5 45, 5-45, Surah Al Maa’idah 45, Tafsir surat AlMaaidah 45, Quran Al Maidah 45, AlMaidah 45, Al-Ma’idah 45, Surah Al Maidah ayat 45

QS. Thaa Haa (Ta Ha) – surah 20 ayat 4 [QS. 20:4]

4. Wahai Nabi, Al-Qur’an ini diturunkan kepadamu dari Allah Yang Mahaagung yang menciptakan bumi dan langit yang tinggi. Kandungannya merupakan petunjuk bagi mereka yang mau meyakini. … 20:4, 20 4, 20-4, Surah Thaa Haa 4, Tafsir surat ThaaHaa 4, Quran Thoha 4, Thaha 4, Ta Ha 4, Surah Toha ayat 4

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #14

Pengertian Mujahadah An-Nafs adalah … berjuang dengan akal dan sains berjuang melawan hawa nafsu berjuang melawan ketidaktaatan jihad dengan senjata

Pendidikan Agama Islam #28

Siapa nama Nabi setelah Nabi Isa ‘Alaihissalam? Nabi Yusuf ‘Alaihissalam Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam Nabi Adam

Pendidikan Agama Islam #20

Jasa khalifah Umar bin Khatab yang sampai saat ini masih dipergunakan, yaitu … Penetapan kalender hijriah Membentuk pos pertahanan Perluasan

Instagram