Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

Jabir bin Samurah

Kategori: Sahabat Nabi

Jabir bin Samurah (جابر بن سمرة) adalah seorang sahabat Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan perawi Hadis Dua Belas Khalifah.
Di samping meriwayatkan hadis dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia juga meriwayatkan hadis dari Imam Ali as dan Umar bin Khattab.
Bukhari dan Muslim mencatat hadis yang terkenal itu dalam Shahihain.
Para penulis kitab riwayat Ahlusunnah juga menukilkan riwayat darinya.

Nasab dan Wafat

Para ahli sejarah dan ahli rijal menulis bahwa nama lengkapnya adalah Jabir bin Samurah bin Amru bin Junadah al-Suwai dan julukannya adalah Abu Abdillah atau Abu Khalid.
Ia dinisbatkan kepada kabilah Bani Suwa’ah bin ‘Amir bin Sha’sha’ah.
Ayahnya merupakan sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan ibunya, Khalidah, saudari Sa’ad bin Abi Waqqash (W 55 H/675) sahabat terkenal Nabi.
Tidak ada sejarah yang mencatat secara pasti tentang kapan ia dilahirkan.
Ia bersama dengan ayahnya berada di barisan pamannya, Sa’ad bin Abi Waqqash dalam Fathu Madain 16 H/637. 4⁠⁠⁠

⁠⁠⁠Kemudian ia tinggal di Kufah bersama ayahnya.
Menurut Dzahabi ia hadir ketika khalifah kedua membacakan khutbah terkenal pada tahun 16 H/637 di Jabiyah (sekitar Damaskus, Suriah).

Para ahli sejarah berbeda pendapat mengenai tahun wafatnya.
Sebagian menyebut Jabir meninggal pada tahun 66 H/685 dan sebagian yang lain pada tahun 74 H/693 atau 75 H/694 pada masa kekhalifahan Abdul Mulk dan kekuasaan Bisyar bin Marwan di Kufah.

Riwayat-riwayat

Jabir meriwayatkan hadis dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebanyak 126 hadis.
Bukhari dan Muslim hanya mengakui beberapa hadis itu.
Penulis Kutubus Sittah lainnya juga meriwayatkan hadis-hadis ini.
Disamping meriwayatkan hadis-hadis dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia juga meriwayatkan hadis-hadis dari sebagian sahabat seperti:
Ali bin Abi Thalib as, Umar bin Khattab, Abu Ayyub al-Anshari, Sa’ad bin Abi Waqqash dan ayahnya, Samurah bin Amru.
Para perawi seperti Aswad bin Sa’id al-Hamdani, Tamim bin Tharafah, Hushain bin Abdurahman, Amir bin Sa’ad bin Abi Waqqash dan Abu Khalid Bajali juga meriwayatkan hadis darinya.

Hadis Itsna Asyara Khalifah

Dalam literatur-literatur hadis Ahlusunnah seperti Sahih Bukhari dan Sahih Muslim dinukilkan hadis yang terkenal dengan nama Hadis 12 Khalifah dengan perbedaan sedikit dalam teks.
Berdasarkan hadis itu, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dihadapan para sahabatnya, termasuk Jabir yang masih anak-anak dan ayahnya, bersabda bahwa umat ini akan memiliki 12 pemimpin.
Menurut Jabir, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam lanjutan perkataan berkata: 12 amir ini semuanya berasal dari suku Quraisy.
Hadis ini menjadi sandaran dan argumentasi dalam keyakinan Syiah Imamiyah.



۞ Variasi nama: Jabir, Jabir ibn Samurah, Jabir ibnu Samurah, Abu Khalid, Abu Abdillah

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW
Bagikan ke WA

Video

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya,
dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil.
QS. An-Nisa’ [4]: 58

Dan janganlah kamu menyembah apa-apa yang tidak memberi manfaat & tidak (pula) memberi mudharat kepadamu selain Allah,
sebab jika kamu berbuat (yang demikian) itu,
maka sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang zalim
QS. Yunus [10]: 106

dan pada pergantian malam & siang & hujan yang diturunkan Allah dari langit lalu dihidupkan-Nya dengan air hujan itu bumi sesudah matinya,
dan pada perkisaran angin terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berakal.
QS. Al-Jasiyah [45]: 5

وَمَنْ لَّمْ يَجْعَلِ اللّٰهُ لَهٗ نُوْرًا فَمَا لَهٗ مِنْ نُّوْرٍ

Barang siapa tidak diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah, maka dia tidak mempunyai cahaya sedikit pun.
QS. An-Nur [24]: 40

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan

Pendidikan Agama Islam #7

Alquran adalah keterangan yang jelas untuk semua manusia, dan menjadi petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa. Penjelasan tersebut terdapat dalam surah … Hukum yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhan secara lahiriah, manusia dengan sesama manusia dan orang-orang dengan lingkungannya disebut hukum … Hukum yang berkaitan dengan perilaku moral manusia dalam kehidupan disebut hukum … Sumber hukum tertinggi dalam Islam adalah ..Hadits adalah Mubayyin untuk Alquran. Arti dari Mubayyin adalah ..

Pendidikan Agama Islam #27

Surah yang terpendek dalam Alquran adalah … Surah yang tidak diawali basmalah adalah … Surah yang pertama kali turun secara lengkap adalah … Proses turunnya wahyu berlangsung selama … tahun.Basmalah tertulis atau disebutkan sebanyak dua kali pada surah …

Pendidikan Agama Islam #24

Allah Subhanahu Wa Ta`ala Melihat semua apa yang di lakukan oleh hambanya, karena Allah bersifat … Dalam memutuskan suatu perkara, Dinda sangat adil karena Dinda meneladani sifat Allah … Salah satu cara mengagungkan tanda-tanda kebesaran Allah Subhanahu Wa Ta`ala yaitu … dengan … Tata cara membaca Alquran dimulai dengan … Dalam surah Alquran, At-Tin artinya …

Kamus

Bani Makhzum

Siapa itu Bani Makhzum? Bani Makhzum (بنو مخزوم‎, Banu Makhzum) adalah suatu klan (bagian) dari suku Quraisy yang menetap di Mekkah. Bani Makhzum adalah keturunan dari Makhzum bin Yaqazhah b...

mukmin

Apa itu mukmin? muk.min orang yang beriman (percaya) kepada Allah; seorang mukmin yang taat akan selalu menjalankan perintah agama Mu’min (مؤمن) adalah istilah Islam-Arab, sering dirujuk d...

Antakya

Di mana itu Antakya? Antakya (Yunani: Αντιόχεια η επί Δάφνη, Αντιόχεια ή επί Ορόντου atau Αντιόχεια η Μεγάλη; Latin: Antiochia ad Orontem, atau An...

Tabiat

Apa itu Tabiat? ta.bi.at (1) perangai; watak; budi pekerti; (2) perbuatan yang selalu dilakukan; kelakuan; tingkah laku
… •

warak

Apa itu warak? wa.rak patuh dan taat kepada Allah; kita harus warak berpantang segala larangan badak ۞ Variasi nama: wara’ … • wara’

Muhammad Nashiruddin Al-Albani

Siapa itu Muhammad Nashiruddin Al-Albani? Muhammad Nashiruddin al-Albani (bahasa Arab: محمد ناصر الدين الألباني‎; lahir di Shkodër, Albania; 1914 / 1333 H – meninggal di Amma...