Hisnul Muslim

Kategori: Istilah Umum

Hisnul Muslim (bahasa Arab: حصن المسلم‎; Hishnu al-Muslim) atau lengkapnya
“Hishnul Muslim min Adzkaril Kitabi Was Sunnah
yang dalam bahasa Indonesia berarti
“Benteng/Perisai Seorang Muslim
sebuah buku yang disusun oleh Sa’id bin ‘Ali bin Wahf Al-Qahthani.
Buku saku (kutaib) yang begitu populer dan telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa di seluruh dunia ini berisikan kumpulan Doa, Zikir, Wirid sehari-hari yang dianggap penting bagi kaum Muslimin untuk menghafal dan mengamalkannya.

Deskripsi

Buku saku ini diberi nama Perisai/Benteng karena dengan mengamalkan isinya seorang Muslim dapat terlindungi sepanjang hari seperti ketika sesorang berlindung di dalam Benteng atau dibalik perisai.
Doa-doa yang termuat di dalamnya mencakup seluruh kegiatan seseorang mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali.
Sumber Doa dan Zikir di dalam buku ini hanya berasal dari Hadits-hadits Nabi dari Kitab Induk Hadits dengan riwayat yang shahih saja tanpa memasukkan Doa karangan seseorang ulama tertentu.
Diantaranya wirid yang terkenal seperti: Zikir-zikir ketika Bangun Tidur, Bacaan Salat, Zikir Setelah Salat, Zikir Pagi Petang, Doa Masuk WC, Doa Penguburan Jenazah dan doa-doa yang lainnya sampai berjumlah sekitar 130-an Doa, Zikir dan Wirid.
Buku saku ini telah diberi komentar dalam sebuah buku penjelasan dan penjabaran (Syarh) dengan judul Syarah Hisnul Muslim oleh Majdi bin ‘Abdil Wahhab Ahmad.

Aplikasi untuk perangkat bergerak

Selain dalam bentuk buku fisik dan buku elektronik, buku ini juga telah banyak diadaptasi ke dalam aplikasi portabel yang lebih praktis.
Aplikasi bebas maupun berbayar tentang doa-doa sehari-hari ini umumnya dinamakan sama dengan kitab aslinya yaitu Hisnul Muslim, atau Adzkar (dzikir), atau diterjemahkan kedalam bahasa lokal, beberapa aplikasi berbahasa Inggris menamakannya sebagai Fortification/Fortress of the Muslim.
Aplikasi ini berjalan pada perangkat bergerak di berbagai platform seperti Android phone dan tablet, iPhone dan iPad, juga Java.
Aplikasi Hisnul Muslim umumnya berfungsi sebagai alat bantu untuk membaca, menghafal, menelusuri dan melakukan pencarian terhadap do’a sehari hari dalam bahasa dan teks aslinya, yaitu Bahasa Arab, juga disertai terjemahan dalam bahasa lain seperti bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia.
Sebagian aplikasi-aplikasi ini juga menyediakan audio resital dari bacaan doanya untuk memudahkan pengguna yang tidak mampu membaca teksnya, seperti mualaf, anak-anak, orang jompo, maupun orang dengan kebutuhan khusus.



۞ Variasi nama: Hishnu al-Muslim

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. Al Insyiqaaq (Terbelah) – surah 84 ayat 19 [QS. 84:19]

19. Sungguh, akan kamu jalani kehidupanmu tingkat demi tingkat. Kamu semula berupa nutfah, lalu menjadi alaqah, menjadi mudgah, lalu menerima ruh dari Tuhanmu, terlahir ke dunia, tumbuh dari kanak-kan … 84:19, 84 19, 84-19, Surah Al Insyiqaaq 19, Tafsir surat AlInsyiqaaq 19, Quran Al Insyiqaq 19, Al-Insyiqaq 19, Surah Al Insyiqaq ayat 19

QS. Abasa (Ia Bermuka masam) – surah 80 ayat 37 [QS. 80:37]

34-37. yaitu pada hari itu manusia lari dari orang yang dicintainya, seperti saudaranya, dan dari ibu dan bapaknya yang melindungi dan mengayominya, dan dari istri dan anak-anaknya yang selalu bersama … 80:37, 80 37, 80-37, Surah Abasa 37, Tafsir surat Abasa 37, Quran ‘Abasa 37, Surah Abasa ayat 37

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #25

Surah Al-Insyirah diawali dengan lafal … alam nasyrah bismika alam yaj’al alam tara alam dunya Benar! Kurang tepat! Penjelasan:أَلَمْ نَشْرَحْ

Pendidikan Agama Islam #9

Pengertian ijtihad menurut istilah adalah … membela kebenaran meskipun itu dirasa pahit mencurahkan seluruh tenaga dan pikiran dengan sungguh-sungguh dalam

Pendidikan Agama Islam #8

Sumber kedua hukum dalam menetapkan Hukum tentang Alquran adalah … UUD 1945 ijma ‘ulama fatwa para ulama hadits ijtihad Benar!

Instagram