Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in posts
Search in pages

Hawa

Siapa itu Hawa? Hawa (bahasa Ibrani: חַוָּה, Ḥawwāh; bahasa Arab: حواء‎ Hawwāʾ; bahasa Inggris: Eve atau Eva, Chava, Hava) adalah nama perempuan pertama dan manusia kedua yang diciptakan Allah di dunia menurut catatan Alkitab Ibrani dan Perjanjian Lama di Alkitab Kristen. Menurut Kitab Kejadian pasal 1 dan 2, perempuan itu diciptakan setelah Allah menciptakan seor… >>

Kategori: Tokoh

Hawa (bahasa Ibrani: חַוָּה, Ḥawwāh; bahasa Arab: حواء‎ Hawwāʾ; bahasa Inggris: Eve atau Eva, Chava, Hava) adalah nama perempuan pertama dan manusia kedua yang diciptakan Allah di dunia menurut catatan Alkitab Ibrani dan Perjanjian Lama di Alkitab Kristen.
Menurut Kitab Kejadian pasal 1 dan 2, perempuan itu diciptakan setelah Allah menciptakan seorang laki-laki (mengambil nama Adam yang berarti
“manusia”) sebagai manusia pertama yang kemudian menjadi suaminya.
Hal ini diyakini oleh pengikut agama Yahudi, Kristen dan Islam.
Hawa dianggap sebagai Ummul Basyar (“Ibu Umat Manusia”).

Etimologi

Menurut arti bahasa arti dari Hawa adalah
“sesuatu yang hidup”
atau juga bisa berarti
“hasrat”
atau
“keinginan”.
Hawa yang berarti Hasrat atau keinginan adalah sebuah nama yang pantas disematkan karena memang manusia ini diciptakan Allah berdasarkan keinginan-Nya untuk menciptakan banyak manusia untuk memakmurkan bumi dan menjadi khalifah di bumi, yang dari rahimnya dilahirkan dan dikembang-biakan banyak manusia.
Tradisi Islam Dalam Islam Hawa tidak diceritakan dalam Kitab Al-Qur’an kecuali ada perkataan Allah kepada Adam untuk sebagaimana ayat di bawah ini:
“Hai Adam bertempat tinggallah kamu dan isterimu di surga serta makanlah olehmu berdua (buah-buahan) di mana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu berdua mendekati pohon ini, lalu menjadilah kamu berdua termasuk orang-orang yang zalim.
(QS. Al-A’raf :19) ”
Nama Hawa tidak dinyatakan di dalam al-Quran tetapi dinyatakan di dalam hadis.
Menurut hadis, Hawa dicipta dari tulang rusuk kiri Adam di dalam syurga, namun al-Quran hanya menyatakan pasangannya Adam dicipta daripada Adam.







Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya



Podcast

Video

Panggil Video Lainnya
Iklan


Ikuti RisalahMuslim