Gunung Hor

Kategori: Nama Tempat

Gunung Hor (bahasa Ibrani: הֹר הָהָר, Hor Ha-Har) adalah nama yang diberikan dalam kitab perjanjian lama pada dua pegunungan yang berbeda.
Satu, diberikan pada tanah Edom yang terletak pada bagian Timur dari pantai Laut Mati (saat ini merupakan bagian dari negara Yordania).
Nama lainnya adalah pegunungan yang terletak di Laut Tengah di perbatasan Selatan dari tanah Tanah Israel.


Gunung Hor di Edom

“Gunung Hor”
di perbatasan Edom (30°19′01″N 35°24′25″E) adalah salah satu tempat persinggahan orang-orang Israel dalam perjalanan keluar dari Mesir menuju ke tanah Kanaan di bawah pimpinan Musa, yang tercatat dalam Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama di Alkitab Kristen.
Gunung ini terletak
“di ujung dari tanah Edom”
(Bilangan 33:37).
Gunung ini ada dalam kisah kematian dari Harun.

Identifikasi

Sejak zaman Yosefus gunung ini sudah dikenal dengan nama Gunung Nabi Harun (“Jebel Nebi Harun
dalam bahasa Arab), yaitu sebuah gunung dengan puncak kembarnya yang berketinggian 4,780 feet di atas permukaan laut (atau tepatnya 6,072 feet di atas permukaan dari Laut Mati) yang ada di bagian timur dari lembah Yordania-Arabah.
Pada puncak yang disebut
“Welly”, terdapat tempat yang suci,
“Makam Nabi Harun
berupa sebuah masjid berkubah putih.
Jebel Harun adalah bagian dari situs arkeologi Petra, terletak di pegunungan Horeb, daerah berbatu merah di Petra.
Salah satu puncak pegunungan Horeb yang tinggi adalah Gunung Seir atau Jebel A-Shara, di mana terdapat desa Taybe dan desa kecil-kecil lainnya.
Beberapa orang peneliti di awal abad 20-an tidak setuju identifikasi ini: H. Clay Trumbull lebih condong mengidentifikasikannya dengan Jebel Madara, sebuah puncak di barat laut ‘Ain Kadis (Kadesh-Barnea).




۞ Variasi nama: Hor

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. Al Anfaal (Harta rampasan perang) – surah 8 ayat 9 [QS. 8:9]

Begitulah kemenangan diraih oleh umat Islam berkat pertolongan Allah. Kemenangan dalam peperangan itu melibatkan para malaikat. Para sahabat yang terlibat dalam perang tersebut diperintah; Ingatlah ke … 8:9, 8 9, 8-9, Surah Al Anfaal 9, Tafsir surat AlAnfaal 9, Quran Al Anfal 9, AlAnfal 9, Al-Anfal 9, Surah Al Anfal ayat 9

QS. Al Balad (Negeri) – surah 90 ayat 20 [QS. 90:20]

20. Mereka berada dalam neraka yang ditutup rapat dari semua sisinya. Tidak ada jalan keluar bagi mereka dari neraka itu dan tidak pula mereka diberi kesempatan untuk sekadar beristirahat dari siksany … 90:20, 90 20, 90-20, Surah Al Balad 20, Tafsir surat AlBalad 20, Quran Al-Balad 20, Surah Al Balad ayat 20

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #14

Ketika Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam masih remaja, baginda telah bekerja mengambil upah sebagai pengembala binatang ternak. Apakah binatang

Pendidikan Agama Islam #2

Salah satu Asmaul Husna adalah Al Akhir, yang berarti … Maha Penguasa Hari Kiamat Maha Kuasa Maha Pemberi Balasan Maha

Pendidikan Agama Islam #13

Nama pedang Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu … Needle Zulfikar Al-Qaswa Valyrian Steel Lightsaber Benar! Kurang tepat! Sabda

Instagram