futuwwah

Kategori: Istilah Umum

Futuwwah adalah (secara harfiah) jalan hidup para pejuang ruhani (spiritual warriorship).
Setiap pelaku yang meneladani jalan ini juga disebut Fata secara harfiah berarti Pemuda yang tampan (akhlaqnya) dan gagah berani (dalam menegakkan kebenaran dan keadilan).

Kata Fata, uniknya, baik dalam bentuk tunggal ataupun jamak (fityah) hanya tersebut dalam Al-Qur’an untuk menunjukkan anak muda yang berperilaku baik.
Nabi Ibrahim dalam surat Al Anbiya ayat 60, kemudian para pemuda penghuni gua surat Al Kahfi 10-13, juga murid Nabi Musa (Yusya bin Nun) di dalam surat Al Kahfi ayat 60 dipanggil al-fata atau al-fityah.

Sementara kata Ghulam (juga berarti anak muda) kadang-kadang disebut di dalam Al-Qur’an untuk menunjukkan anak muda yang ber akhlaq buruk, surat Al Kahfi ayat 74 menceritakan seorang anak muda yang dibunuh Nabi Khidr karena (terlihat) berperangai buruk dan bila dibiarkan dapat mendorong ke 2 orang tuanya ke dalam kesesatan.
Di dalam sejarah perjuangan umat Islam pada masa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka menantu kesayangan beliau yang juga murid terdekat beliau yaitu Sayyidina Ali bin Abi Thalib Karromallohu Wajhah adalah yang pertama mengimplementasikan konsep Futuwwah kedalam kode perilaku (code of conduct) para Pejuang Islam di dalam setiap pertempuran.

Puncak dari penjabaran Futuwwah adalah dalam perang Uhud, yang dalam keadaan terdesak beliau memimpin satuan kawal kecil yang membentengi Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan menyambut kedatangan setiap musuh yang menerjang sebelum mampu mendekati Nabi umat Islam.
Ditengah hiruk pikuk suasana pertempuran dengan keberanian dan keterampilan Sayyidina Ali mematahkan setiap serangan menuju Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, terdengarlah suara menyeru dari seorang yang tak terlihat dan diduga itualah suara Malaikat Jibril,”La sayfa illa dzulfiqar walaa Fataa illa Aliy !”
Yang artinya :
“Tak ada pedang kecuali pedang dzulfiqar (milik Ali pemberian Nabi Muhammad SAW) dan tak ada Pemuda (yang gagah berani) kecuali Ali !”
Seruan ghaib ini dicatat dalam sejarah baik dari jalur Sunni (Riwayat Ibnu Jarir dan Ibnu Atsir) juga dari jalur Syi’ah.

Terdengarnya kata Al-Fata dalam seruan ghaib ini menorehkan sejarah emas bagi umat yang baru tumbuh dan menghadapi cobaan besar.
Sebagai Al-Fata yang pertama dikalangan sahabat Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, Sayyidina Ali karromallohu wajhahu mendapat gelar kehormatan seperti Nabi Ibrahim AS ketika beliau berani menghancurkan berhala-berhala kecil dan meninggalkan kampak di dada berhala yang besar, berhala yang semuanya mendapat penghormatan dan perlindungan dari Penguasa setempat.

Al-Qur’an surat Al Anbiya 60 merekam kisah ini : mereka berkata,
“Kami dengar ada seorang Fata (Pemuda) yang berani menghina berhala-berhala ini yang bernama Ibrahim”.

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Video Pembahasan

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. Al A’raaf (Tempat yang tertinggi) – surah 7 ayat 111 [QS. 7:111]

Sebagai tanggapan atas tantangan di atas, pemuka-pemuka itu pun menjawab, “Tahanlah atau berilah tempo untuk sementara waktu kepada dia, yakni Nabi Musa dan saudaranya, yaitu Nabi Harun yang menjadi t … 7:111, 7 111, 7-111, Surah Al A’raaf 111, Tafsir surat AlAraaf 111, Quran Al Araf 111, Al-A’raf 111, Surah Al Araf ayat 111

QS. Al Ankabut (Laba-laba) – surah 29 ayat 21 [QS. 29:21]

21. Dia mengazab dengan sangat adil siapa yang Dia kehendaki atas segala dosa yang dilakukannya semasa hidup, dan memberi rahmat kepada siapa yang Dia kehendaki, yaitu orang-orang yang bertobat dan be … 29:21, 29 21, 29-21, Surah Al Ankabut 21, Tafsir surat AlAnkabut 21, Quran Al-Ankabut 21, Surah Al Ankabut ayat 21

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #14

Pengertian Mujahadah An-Nafs adalah … berjuang dengan akal dan sains jihad dengan senjata berjuang melawan hawa nafsu berjuang melawan kemiskinan

Pendidikan Agama Islam #26

Pesan utama dari kandungan Alquran adalah … fikih sosial kemasyarakatan akhlak muamalah tauhid Benar! Kurang tepat! Nama lain dari surah

Pendidikan Agama Islam #3

Pembatasan aurat wanita adalah … dari siku ke lutut seluruh tubuh kecuali wajah dan kaki seluruh tubuh kecuali wajah dan

Instagram