Fatwa Sahabat

Kategori: Istilah Umum

Fatwa Sahabat adalah jawaban, pendapat, atau putusan atas sebuah hukum yang disampaikan atau diberikan oleh Sahabat Nabi.
Selain menerangkan tentang maksud dari sebuah ayat Al-Qur’an dan maksud dari sebuah Hadis, para sahabat juga memberikan sebuah fatwa terkait sebuah hal di mana pada zaman Muhammad masih hidup tidak ada hal tersebut.
Setiap fatwa yang mereka berikan, bukanlah berdasarkan pada akal mereka saja, tetapi tetap berasaskan Al-Qur’an dan Hadis.
Oleh karena itu, Jumhur Ulama atau Sekumpulan ulama ahli Hukum Islam telah sepakat bahwa pendapat para sahabat dapat dijadikan dalil atas sebuah hukum perkara.
Di antarabanyaknya Sahabat Nabi, sahabat yang banyak memberikan fatwa antara lain Ali bin Abi Talib, Abdullah bin Umar, Abdullah bin Abbas, dan lain sebagainya.


۞ Variasi nama: Fatwa

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW

Hadits Shahih

Ayat Alquran

QS. At Taubah (Pengampunan) – surah 9 ayat 67 [QS. 9:67]

Setelah memaparkan beberapa perilaku buruk orang-orang munafik, ayat ini menerangkan kesamaan orang munafik laki-laki dan perempuan dalam hal sifat, sikap, perilaku dan akhlak. Orang-orang munafik lak … 9:67, 9 67, 9-67, Surah At Taubah 67, Tafsir surat AtTaubah 67, Quran At-Taubah 67, Surah At Taubah ayat 67

Podcast

Hadits & Doa

Soal & Pertanyaan Agama

Pendidikan Agama Islam #15

Salah satu tokoh dalam kisah umat masa lalu yang dapat dipetik pelajaran sebagai teladan yang baik … Kisah Abu Lahab

Pendidikan Agama Islam #25

وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَAyat diatas terdapat dalam Alquran surah Al-Insyirah ayat … 5 3 2 4 6 Benar! Kurang tepat! Penjelasan:وَوَضَعْنَا

Pendidikan Agama Islam #11

Berikut ini yang bukan merupakan substansi dakwah Rasulullah di Mekkah adalah … Melatih masyarakat agar mahir bersyair Memperbaiki akhlak masyarakat

Instagram