Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

Bani Qaynuqa

Kategori: Nama Golongan

Bani Qaynuqa (disebut juga sebagai Bani Kainuka, Bani Kaynuka, Bani Qainuqa (بنو قينقاع‎) adalah satu di antara tiga suku Yahudi yang tinggal di Yatsrib, sekarang Madinah.
Pada tahun 624, mereka diusir oleh Nabi Islam, Muhammad, karena dituduh melanggar perjanjian yang dikenal sebagai Piagam Madinah.

Latar Belakang
Pada abad ke-7, Banu Qaynuqa adalah sebuah suku yang tinggal di dua benteng di bagian baratdaya kota Yatsrib, yang sekarang disebut Madinah, telah menetap di sana sejak waktu yang tidak diketahui.
Meskipun sebagian besar dari mereka menggunakan nama Arab, mereka secara etnis asli Yahudi dan beragama Yahudi.
Mereka tidak menguasai lahan, mencari nafkah melalui perdagangan dan kerajinan tangan, termasuk menjadi tukang emas.
Pasar di Yatsrib terletak di tempat dimana bani Qaynuqa tinggal.
Bani Qaynuqa bersekutu dengan sebuah suku arab, bani Khazraj, dan mendukung mereka melawan Bani Aws.
Kedatangan Muhammad
Bulan September 622, Muhammad tiba di Madinah bersama para pengikutnya, yang dilindungi oleh komunitas lokal yang dikenal sebagai Ansar.
Melanjutkan penyusunan sebuah pakta yang dikenal sebagai Piagam Madinah, di antara Muslim, Ansar, dan berbagai suku Yahudi di Madinah untuk mengatur perihal politik dan pemerintahan kota, lebih jauh mencakup hubungan antar komunitas.
Isi dari Pakta, menurut sumber-sumber tradisi dari Muslim, termasuk memboikot para Quraish, dipantangkan untuk membantu mereka, membantu satu sama lain bila diserang oleh pihak luar, mempertahankan Madinah dari
“serangan asing”.
Isi dari pakta ini sebagaimana dicatat oleh Ibnu Ishaq dan di salin olehIbn Hisham menjadi perselisihan di antara para sejarahwan modern.
Beberapa mempertahankan bahwa
“perjanjian”
kemungkinan sebagai kumpulan dari perjanjian-perjanjian, lisan daripada tertulis, berasal dari tanggal-tanggal yang berbeda, dan tidak jelas kapan dibuat dan merujuk kepada siapa.
Cepatnya kekuatan Muhammad menyebar di Madinah mengejutkan kekuatan sebelumnya yang sudah ada di sana, dan menimbulkan kemarahan di antara suku-suku Yahudi dan Non-Yahudi yang berusaha membangun kekuatan.
Sehingga untuk melindungi diri dan mempertahankan kepentingan pribadi, mereka mungkin telah berinteraksi dengan Bani Quraish yang ingin mencegah Muslim mendapatkan kekuasaan.
Dengan demikian kecurigaan ini telah memberikan alasan bagi Muslim untuk mengusir mereka, para pedagang Yahudi.
Pengusiran
Bulan Maret 624, Muslim yang dipimpin oleh Muhammad telah mengalahkan Bani Quraish pada Pertempuran Badar.
Ibn Ishaq menulis bahwa perselisihan terjadi diatara Muslim dan bani Qaynuqa (sekutu Bani Khazraj) Ketika seorang Muslimah mengunjungi toko perhiasan di pasar Bani Qaynuqa, ia dikerjai seorang Yahudi, yang mengikat bajunya, sehingga ketika berdiri tanpa disangka bajunya terlepas.
Seorang muslim muncul dari kerumunan dan membunuh pemilik toko untuk membalas.
Orang-orang Yahudi membalas dengan membunuhnya.
Hal ini berlanjut dengan terjadinya saling balas bunuh sebagai upaya balas dendam, dan permusuhan bertumbuh di antara Muslim dan bani Qaynuqa Sumber dari Muslim memandang kejadian-kejadian tersebut sebagai pelanggaran terhadap Pakta Madinah.
Muhammad sediri menyatakan kondisi casus belli.
Namun Para sejarahwan barat tidak menemukan kejadian-kejadian tersebut sebagai sebab musabab dari serangan Muhammad kepada Bani Qaynuqa.
Menurut F.E.
Peters, keadaan yang menjadi sebab dari dugaan pelanggaran Konstitusi Madinah tidak dijelaskan dalam sumber-sumber.
Menurut Fred Donner, sumber-sumber yang ada tidak menjelaskan alasan pengusiran Bani Qaynuqa.
Donner berpendapat bahwa Muhammad melawan Bani Qaynuqa karena para seniman dan pedaganga, yang kemudian berhubungan dengan pedagang-pedagang dari Mekkah.
Weinsinck memandang kejadian yang dikutip oleh sejarawan Muslim, seperti kisah tukang emas Yahudi, memiliki nilai tidak lebih dari sebuah anekdot.
Dia menulis bahwa Yahudi bersifat memusuhi Muhammad, dan sebagai sebuah komunitas yang memiliki kekuatan sendiri, yang menimbulkan bahaya besar.
Wensinck kemudian menyimpulkan bahwa Muhammad, setelah kemenangan di Badar, memutuskan untuk melenyapkan Yahudi.
Norman Stillman berpendapat bahwa Muhammad memutuskan untuk melawan orang-orang Yahudi Madinah setelah Perang Badar.
Muhammad lalu menghampiri Banu Qaynuqa, mengumpulkan mereka di sebuah pasar dan menyatakan beberapa hal.
Shibli Nomani dan Safi al-Mubarakpuri melihat respon Muhammad tersebut sebagai sebuah deklarasi perang.
Menurut tulisan tradisi Muslim, ayat 10-13 surah ke 3 dari Al-Quran turun kepada Muhammad akibat hal ini.
Muhammad kemudian mengepung Bani Qaynuqa selama 14 atau 15 hari, menurut ibn Hisham, Bani Qaynuqa kemudian menyerah tanpa syarat.
sangat mungkin, menurut Watt, ada terjadi negosiasi.
Pada saat pengepungan, Qaynuqa memiliki kekuatan tempu sebanyaj 700 orang, 400 di antaranya berbaju zirah.
Watt menyimpulkan, bahwa Muhammad dapat dengan sukses mengepung sebuah kekuatan yang besar karena Bani Qaynuqa tidak dibantu oleh sekutunya.
Setelah Bani Qaynuqa menyerah, Abdullah bin Ubayy, kepala suku Khazraj, memohon belas kasihan atas Bani Qaynuqa.
According to Ibn Ishaq: Menurut Michael Cook, Muhammad awalnya ingin membunuh seluruh Bani Qaynuqa tetapi akhirnya, akibat mendengar desakan Abdullah, setuju untuk mengusir Bani Qaynuqa.
Menurut William Montgomery Watt, Abdullah bin Ubayy mencoba menghentikan pengusiran.
Desakan Muhammad adalah bahwa Qaynuqa harus meninggalkan kota, tetapi Abdullah bin Ubay berpendapat bahwa dengan 700 kekuatan tempur, dapat membantu dalam menyerang Mekkah.
Rodinson manyatakan bahwa Muhammad ingin semua anggota Bani Qaynuqa dibunuh, tetapi Abdullah bin Ubayy, yang merupakan sekutu lama dari Bani Qaynuqa, membujuknya untuk tidak melakukannya.
Akibat dari campurtangannya dan kejadian-kejadian lain antaranya dengan Muhammad, Abdullah bin Ubayy digelari sebagai pemimpin para munafik (munafiqun).
Kesimpulan
Bani Qaynuqa kemudian menuju ke sebuah koloni Yahudi di Wadi al-Kura, sebelah utara Madinag, and dari sana menuju Der’a di Suriah, sebelah baratSalkhad.
Dengan berjalannya waktu, mereka berasimilasi dengan komunitas Yahudi lainnya, yang sudah ada disana sebelumnya, memperbanyak jumlah mereka.
Muhammad membagi-bagi barang-barang milik Bani Qaynuqa, termasuk senjata dan alat-alat mereka, kepada para pengikutnya, mengambil seperlima bagian, sebagai rampasan pertama, untuk negara Islam.
Beberapa anggota suku Bani Qaynuqa memilih tinggal di Madinah dan menjadi muslim, mungkin lebih kepada prospek oportunis daripada keyakinan.
Seorang laki-laki dari Bani Qaynuqa, Abdullah bin Sailam, menjadi seorang Muslim yang taat.
Meskipun beberapa sumber Muslim menyatakan bahwa ia sudah menjadi muslim segera setelah kedatangan Muhammad ke Madinah, ulama modern lebih meyakini kepada sumber-sumber muslim lain, yang menujukkan bahwa tahun 630, 8 tahun setelah kedatangan Muhammad ke Madinah.
۞ Variasi nama:
Qainuqa, Bani Qainuqa, Bani Kainuka, Bani Kaynuka
Bagi ke FB
Bagi ke TW
Bagi ke WA

Video


More Videos

hasan gharib

Apa itu hasan gharib? Apa yang dimaksud dengan hadits hasan gharib? Istilah “hasan gharib” tidak sama dengan istilah hadits hasan. Yang dimaksud dengan hadits hasan gharib adalah hasan secara sanad dan tidak dikenal/asing disebabkan karena salah seorang perawinya meriwayatkan hadits tersebut seorang diri. Adapun istilah hadits “hasan” … • hasan li ghairihi, hadits hasan gharib

istidlal

Apa itu istidlal? is.tid.lal pembuktian; pencarian rujukan tekstual pada ayat-ayat Alquran atau hadis … •

Nuh `alaihis salam

Siapa itu Nuh `alaihis salam? Nuh adalah seorang rasul yang diceritakan dalam Taurat, Alkitab, dan Al-Qur’an. Nuh diangkat menjadi nabi sekitar tahun 3650 SM. Diperkirakan ia tinggal di wilayah Selatan Irak modern. Namanya disebutkan sebanyak 58 kali dalam 48 ayat dalam 9 buku Alkitab Terjemahan Baru, dan 43 … • Nuh

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Kategori: Nama Golongan

sesungguhnya mereka telah meyakini bahwa barang siapa yang menukarnya (kitab Allah) dengan sihir itu,
tiadalah baginya keuntungan di akhirat,
dan amat jahatlah perbuatan mereka menjual dirinya dengan sihir,
kalau mereka mengetahui.
QS. Al-Baqarah [2]: 102

۞ Variasi nama:
Qainuqa, Bani Qainuqa, Bani Kainuka, Bani Kaynuka
Kategori: Nama Golongan

Yaa siin,
Demi Alquran yang penuh hikmah,
Sesungguhnya kamu salah seorang dari rasul-rasul,
(yang berada) di atas jalan yang lurus.
QS. Ya Sin [36]: 1-4

۞ Variasi nama:
Qainuqa, Bani Qainuqa, Bani Kainuka, Bani Kaynuka
Kategori: Nama Golongan

Dan mereka tidak mempunyai sesuatu pengetahuanpun tentang itu.
Mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan sedang sesungguhnya persangkaan itu tiada berfaedah sedikitpun terhadap kebenaran.
QS. An-Najm [53]: 28

۞ Variasi nama:
Qainuqa, Bani Qainuqa, Bani Kainuka, Bani Kaynuka
Kategori: Nama Golongan

(Dan mengutus) seorang Rasul yang membacakan kepadamu ayat-ayat Allah yang menerangkan (bermacam-macam hukum) supaya Dia mengeluarkan orang-orang yang beriman & beramal saleh dari kegelapan kepada cahaya.
QS. At-Talaq [65]: 11

۞ Variasi nama:
Qainuqa, Bani Qainuqa, Bani Kainuka, Bani Kaynuka

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan

Pendidikan Agama Islam #19

Berakhirnya seluruh kehidupan di dunia dinamakan … Hari kiamat di jelaskan dalam Alquran, surah … .Tempat berkumpulnya manusia di akhirat di sebut padang … Salah satu hikmah mempercayai datangnya hari akhir, yaitu … … Surah yang menjelaskan bahwa ‘Allah Subhanahu Wa Ta`ala tempat meminta’, yaitu … …

Pendidikan Agama Islam #5

Berikut ini, yang tidak mengandung moral terpuji, adalah … Orang yang jujur akan senantiasa mengatakan … Lawan kata dari jujur ??adalah … Orang yang suka berbohong adalah orang … Bekerja tepat waktu adalah salah satu ciri orang yang …

Pendidikan Agama Islam #2

Salah satu Asmaul Husna, Allah memiliki sifat Al ‘Adl, yang berarti bahwa Allah … Allah memiliki sifat Yang Maha Mengumpulkan, yang artinya … Sifat adil Allah berlaku untuk … Salah satu Asmaul Husna adalah Al Akhir, yang berarti … Keberadaan Asmaul Husna, dijelaskan dalam Alquran surah …

Kamus

Mahram

Apa itu Mahram? Mahram adalah semua orang yang haram untuk dinikahi selamanya karena sebab keturunan, persusuan dan pernikahan dalam syariat Islam. Muslim di Asia Tenggara sering salah dalam mengguna...

Ahlul Fatrah

Apa itu Ahlul Fatrah? Dalam teologi Islam, istilah Ahlul Fatrah merujuk kepada setiap orang yang tak pernah mendapatkan dakwah namun tak memiliki sifat buruk: orang yang menghiraukan ajaran Islam pad...

Sa’id bin ‘Ali bin Wahf Al-Qahthani

Siapa itu Sa’id bin ‘Ali bin Wahf Al-Qahthani? Sa’id bin Ali bin Wahf Al-Qahtani adalah seorang alim, penulis produktif dan dosen dari suku asli Arab Al-Qahthani. Dia telah menulis banya...

Ka’ab bin ‘Ujrah al-Anshari

Siapa itu Ka’ab bin ‘Ujrah al-Anshari? Ka’ab bin ‘Ujrah al-Anshari adalah salah seorang sahabat nabi Muhammad ﷺ. Dalam sejarah Islam, golongan Anshar telah merengkuh keutamaan sangat...

Maryam

Apa itu Maryam? Surah Maryam adalah surah ke-19 dalam Alquran. Surah ini terdiri atas 98 ayat dan termasuk golongan surah-surah Makkiyah karena hampir seluruh ayatnya diturunkan sebelum Nabi Muhammad...

hadanah

Apa itu hadanah? ha.da.nah kewajiban memelihara, mendidik, dan mengatur segala kepentingan atau keperluan anak yang belum mumayiz … •