Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

Alaihis Salam

Kategori: Istilah Umum

Alaihis Salam disingkat AS adalah gelar yang biasanya diberikan kepada para nabi dan juga pada para Malaikat dalam Islam selain nabi Muhammad yang bergelar “Shalallaahu ‘Alayhi Wasallam” atau disingkat “SAW”.

Bagi muslim, perbedaan gelar pada Nabi Muhammad SAW dan utusan lainnya bukan hal asing. Gelar SAW adalah singkatan Shalallaahu Alaihi Wassalaam (SAW), sedangkan AS adalah Alaihis Salam. Gelar Alaihis Salam melekat para nabi sebelum Muhammad, dari Adam AS hingga Isa AS.


Apa beda gelar AS dan SAW pada yang digunakan para utusan Allah SWT?

Gelar Alaihis Salam (AS) berarti “Semoga keselamatan dilimpahkan kepadanya.” Berbeda dengan Shalallaahu Alaihi Wassalaam (SAW) yang artinya “Semoga Allah SWT memberikan sholawat dan salam kepadanya.”

Gelar SAW adalah wujud seorang muslim yang menghormati dan meyakini bagi utusan Allah SWT serta ajaran yang diberikan. Kewajiban sholawat telah dinyatakan Allah SWT dalam Al-Quran.

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”
(Al-Qur’an surat Al-Ahzab: 56).

Keutamaan sholawat dan salam pada Nabi Muhammad SAW juga disinggung dalam salah satu hadist. Sholawat dan salam tetap tersampaikan meski Nabi Muhammad SAW telah wafat.

“Sesungguhnya Allah memiliki malaikat yang berkeliling di muka bumi, mereka menyampaikan salam untukku dari seluruh umatku.”
(HR. Imam Nasa’i dari Abdullah bin Mas’ud).

Terkait bacaan sholawat diatur dalam berbagai hadis shahih yang lain, misal yang digunakan dalam bacaan tasyahud saat sholat. Sholawat yang dikirimkan untuk Nabi Muhammad SAW diyakini akan memberi keberkahan dari Allah SWT.


Setelah perbedaan Alaihis Salam (AS) dan Shalallaahu Alaihi Wassalaam (SAW) terjawab, mengapa Nabi Muhammad SAW menggunakan gelar yang berbeda?

Sebagai Nabi dan Rasul penutup, sosok Rasulullah SAW memiliki keistimewaan yang tidak ada pada generasi sebelumnya. Hal ini telah dinyatakan dalam salah satu hadist shahih.

“Aku diberi lima yang tidak diberikan kepada seorang pun sebelum aku:

1️⃣ Aku ditolong dengan rasa takut (di hati musuhku) selama satu bulan.

2️⃣ Bumi dijadikan sebagai tempat shalat dan suci bagiku. Siapa saja dari umatku yang sampai waktu shalat padanya, maka hendaklah ia melaksanakan sholat.

3️⃣ Dihalalkan harta rampasan perang bagiku, tidak dihalalkan bagi seorang pun sebelumku.

4️⃣ Aku diberi syafaat.

5️⃣ Seorang nabi diutus untuk kaumnya saja, aku diutus untuk seluruh manusia”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain itu, Al-Qur’an juga telah menyatakan Nabi Muhammad SAW adalah sosok manusia sempurna. Seluruh sisi kehidupannya bisa menjadi contoh yang akan membawa kebaikan pada manusia.

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.
(Al-Qur’an surat Al-ahzab: 21).

Referensi: Wikipedia, detik.com




۞ Variasi nama: a.s., a.s, AS., Alaihissalam

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW
Bagikan ke WA

Video

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Di antara tanda kekuasaanNya, diperlihatkan padamu kilat untuk (timbulkan) ketakutan & harapan, Dia turunkan hujan, lalu hidupkan bumi dengan air itu sesudah matinya.
Sungguh yang demikian itu terdapat tanda bagi kaum yang mempergunakan akal
QS. Ar-Rum [30]: 24

Dan mereka tidak mempunyai sesuatu pengetahuanpun tentang itu.
Mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan sedang sesungguhnya persangkaan itu tiada berfaedah sedikitpun terhadap kebenaran.
QS. An-Najm [53]: 28

Barang siapa yang taat kepada Allah & Rasul-Nya,
maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga-surga yang di bawahnya mengalir sungai- sungai,
mereka kekal di dalamnya.
Itulah kemenangan yang sangat besar.
QS. An-Nisa’ [4]: 13

Apa mereka tak berjalan di muka bumi lalu mereka punya hati yang dengan itu mereka dapat MEMAHAMI atau punya telinga yang dengan itu mereka dapat MENDENGAR?
Karena sungguh bukan mata itu yang buta, tapi yang buta, ialah HATI dalam dada
QS. Al-Hajj [22]: 46

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan

Pendidikan Agama Islam #28

Siapa nama ayah Nabi muhammad shallallahu alaihi wasallam? … Siapa nama Nabi setelah Nabi Isa ‘Alaihissalam? … Setiap umat Islam wajib menuntut ilmu. Bagaimana hukum mempelajari Ilmu Agama? … Kewajiban menuntut ilmu terdapat pada Alquran surah … Ada berapa syarat dalam menuntut ilmu? …

Pendidikan Agama Islam #5

Berikut ini, yang tidak mengandung moral terpuji, adalah … Orang yang jujur akan senantiasa mengatakan … Lawan kata dari jujur ??adalah … Orang yang suka berbohong adalah orang … Bekerja tepat waktu adalah salah satu ciri orang yang …

Pendidikan Agama Islam #27

Surah yang terpendek dalam Alquran adalah … Surah yang tidak diawali basmalah adalah … Surah yang pertama kali turun secara lengkap adalah … Proses turunnya wahyu berlangsung selama … tahun.Basmalah tertulis atau disebutkan sebanyak dua kali pada surah …

Kamus

talbiah

Apa itu talbiah? tal.bi.ah pengucapan kalimat Labbaika Allahumma labbaik ‘aku menyerahkan diri kpd-Mu, ya Allah’, diucapkan waktu memulai ihram haji dan/atau umrah … •

Tabi’in

Siapa itu Tabi’in? Tabi’in (bahasa Arab: التابعون, har. ‘pengikut’‎), adalah orang Islam awal yang masa hidupnya setelah para Sahabat Nabi dan tidak mengalami masa hi...

tawaf wada

Apa itu tawaf wada? tawaf yang dilakukan setelah selesai melaksanakan ibadah haji dan sebelum meninggalkan kota Mekah … •

Kaffah

Apa itu Kaffah? Sebagian orang menafsirkan istilah Islam kafah dengan kembali ke Alquran dan hadis. Bahkan ada pula yang memaknainya sebagai penerapan hukum Islam atau pendirian negara Islam. Istilah ...

padang mahsyar

Apa itu padang mahsyar? padang yang kelak menjadi tempat orang yang telah mati dibangkitkan kembali dan berkumpul pada hari kiamat … •

malim

Apa itu malim? ma.lim (1) orang alim; ulama; guru agama Islam; (2) pemimpin; penunjuk jalan; (3) pawang … •