Search
Generic filters
Cari Kategori
🙏 Pilih semua
Quran
Hadits
Kamus
Podcast
Soal Agama
Artikel, Doa, dll.

Alaihis Salam

Kategori: Istilah Umum

Alaihis Salam disingkat AS adalah gelar yang biasanya diberikan kepada para nabi dan juga pada para Malaikat dalam Islam selain nabi Muhammad yang bergelar “Shalallaahu ‘Alayhi Wasallam” atau disingkat “SAW”.

Bagi muslim, perbedaan gelar pada Nabi Muhammad SAW dan utusan lainnya bukan hal asing. Gelar SAW adalah singkatan Shalallaahu Alaihi Wassalaam (SAW), sedangkan AS adalah Alaihis Salam. Gelar Alaihis Salam melekat para nabi sebelum Muhammad, dari Adam AS hingga Isa AS.


Apa beda gelar AS dan SAW pada yang digunakan para utusan Allah SWT?

Gelar Alaihis Salam (AS) berarti “Semoga keselamatan dilimpahkan kepadanya.” Berbeda dengan Shalallaahu Alaihi Wassalaam (SAW) yang artinya “Semoga Allah SWT memberikan sholawat dan salam kepadanya.”

Gelar SAW adalah wujud seorang muslim yang menghormati dan meyakini bagi utusan Allah SWT serta ajaran yang diberikan. Kewajiban sholawat telah dinyatakan Allah SWT dalam Al-Quran.

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”
(Al-Qur’an surat Al-Ahzab: 56).

Keutamaan sholawat dan salam pada Nabi Muhammad SAW juga disinggung dalam salah satu hadist. Sholawat dan salam tetap tersampaikan meski Nabi Muhammad SAW telah wafat.

“Sesungguhnya Allah memiliki malaikat yang berkeliling di muka bumi, mereka menyampaikan salam untukku dari seluruh umatku.”
(HR. Imam Nasa’i dari Abdullah bin Mas’ud).

Terkait bacaan sholawat diatur dalam berbagai hadis shahih yang lain, misal yang digunakan dalam bacaan tasyahud saat sholat. Sholawat yang dikirimkan untuk Nabi Muhammad SAW diyakini akan memberi keberkahan dari Allah SWT.


Setelah perbedaan Alaihis Salam (AS) dan Shalallaahu Alaihi Wassalaam (SAW) terjawab, mengapa Nabi Muhammad SAW menggunakan gelar yang berbeda?

Sebagai Nabi dan Rasul penutup, sosok Rasulullah SAW memiliki keistimewaan yang tidak ada pada generasi sebelumnya. Hal ini telah dinyatakan dalam salah satu hadist shahih.

“Aku diberi lima yang tidak diberikan kepada seorang pun sebelum aku:

1️⃣ Aku ditolong dengan rasa takut (di hati musuhku) selama satu bulan.

2️⃣ Bumi dijadikan sebagai tempat shalat dan suci bagiku. Siapa saja dari umatku yang sampai waktu shalat padanya, maka hendaklah ia melaksanakan sholat.

3️⃣ Dihalalkan harta rampasan perang bagiku, tidak dihalalkan bagi seorang pun sebelumku.

4️⃣ Aku diberi syafaat.

5️⃣ Seorang nabi diutus untuk kaumnya saja, aku diutus untuk seluruh manusia”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain itu, Al-Qur’an juga telah menyatakan Nabi Muhammad SAW adalah sosok manusia sempurna. Seluruh sisi kehidupannya bisa menjadi contoh yang akan membawa kebaikan pada manusia.

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.
(Al-Qur’an surat Al-ahzab: 21).

Referensi: Wikipedia, detik.com




۞ Variasi nama: a.s., a.s, AS., Alaihissalam

Bagikan ke FB
Bagikan ke TW
Bagikan ke WA

Video

Panggil Video Lainnya

Hadits Shahih

Ayat Alquran Pilihan

Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan,
niscaya Allah mengetahuinya.
Berbekallah,
dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa & bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal
QS. Al-Baqarah [2]: 197

Karena itu,
ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu,
dan bersyukurlah kepada-Ku,
dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.
QS. Al-Baqarah [2]: 152

Allah,
tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya),
tak mengantuk & tak tidur.
Kepunyaan-Nya apa yang di langit & di bumi.
QS. Al-Baqarah [2]: 255

Cari pada apa yang telah dianugerahkan Allah padamu (kebahagiaan) akhirat, dan jangan lupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi & berbuat baiklah (pada orang lain) sebagaimana Allah berbuat baik padamu, & jangan berbuat kerusakan di bumi.
QS. Al-Qasas [28]: 77

Podcast

Doa

Soal & Pertanyaan

Pendidikan Agama Islam #23

Qada dan qadar termasuk rukun iman yang ke … Al Falaq artinya … Ayat ke 5 dari surah al-Falaq yaitu … … Percaya kepada Allah dan Rasulnya termasuk rukun … Meja, kursi, manusia, hewan dan tumbuhan adalah merupakan salah satu cara mengenal Allah Subhanahu Wa Ta`ala melalui …

Pendidikan Agama Islam #21

Pembukuan Alquran dilakukan pada masa khalifah … Setiap bencana dan musibah yang menimpa manusia di bumi sudah tertulis dalam kitab … Bu Nindi mempersiapkan pakaian bayi, karena bu Nindi tidak lama lagi akan melahirkan bayinya, perilaku bu Nindi termasuk meyakini … Allah Subhanahu Wa Ta`ala.Allah Subhanahu Wa Ta`ala tidak akan merubah nasib suatu kaum , sebelum kaum itu sendiri yang merubahnya, arti ayat tersebut terdapat dalam Alquran surah ar-Rad ayat … Salah satu contoh hikmah beriman kepada qada bagi siswa adalah …

Pendidikan Agama Islam #20

Berikut adalah contoh bahwa Allah Subhanahu Wa Ta`ala Maha Mendahulukan. Zakat menurut bahasa زكة , yang bermakna …Yang termasuk mustahiq (orang berhak menerima zakat) berikut yaitu … Setelah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam wafat maka diganti oleh sahabat sebagai pemimpin ummat disebut … Jasa khalifah Umar bin Khatab yang sampai saat ini masih dipergunakan, yaitu …

Kamus

Heraklius

Siapa itu Heraklius? Heraklius (bahasa Latin: Flavius Heraclius Augustus; bahasa Yunani: Φλάβιος Ἡράκλειος, Flavios Iraklios; lahir: 575; wafat: 11 Februari 641) adalah Kaisar Romawi ...

Yahudi

Apa itu Yahudi? Yahudi adalah istilah yang merujuk kepada sebuah agama, etnisitas, atau suku bangsa. Sebagai agama, istilah ini merujuk kepada umat yang beragama Yahudi. Berdasarkan etnisitas, kata in...

islamiah

Apa itu islamiah? is.la.mi.ah berkenaan dengan agama Islam; bersifat Islam; tindak kekerasan itu tidak islamiah karena Islam mengutamakan kebajikan … •

Ubay bin Ka’ab

Siapa itu Ubay bin Ka’ab? Ubay bin Kaab (bahasa Arab: أبي بن كعب‎) (meninggal 639), yang juga dikenal sebagai Abu Mundhir (“ayah Mundhir”), adalah salah seorang sahabat Nab...

raja’

Apa itu raja’? Makna raja’ adalah (rasa) berharap…. >>

Mandi jinabah

Apa itu Mandi jinabah? Mandi besar atau mandi wajib (الغسل, al-ghusl‎) adalah mandi atau menuangkan air ke seluruh badan dengan tata cara tertentu untuk menghilangkan hadats besar. Hal itu adal...